Events

Kumpul Blogger: (Ternyata) Blog Bukan Tren Sesaat

Monday, 27 October 2014

Kumpul Blogger

“Ngeblog itu bukan lari sprint, tapi lari marathon”. Kalimat dari Ndoro Kakung itu selalu menempel pada otak dan bergaung di hati saya yang sudah hampir 10 tahun ini ngeblog. Dimulai dari kerajinan ngeblog di Friendster di sekitar tahun 2004-2005, sohib saya bernama mas Anggit yang merangkap sebagai programmer handal dengan murah hati membuatkan domain sendiri untuk saya, www.titiw.com. Dan seperti layaknya blogger yang baru punya blog, di awal-awal memang kecepatan ngeblog saya berlari dengan cepat. Sprint.

Buktinya dalam satu bulan bisa 30 sampai 40an posting yang bercokol di blog ini. Namun ketika kita all out dari awal, kita akan capek dan tidak punya lagi napas untuk memperpanjang usia blog. Akhirnya saya sadar, blogging is all about consistency. Konsisten. Marathon. Maka dengan bangga saya bisa mengatakan bahwa saya bukanlah blogger kafir atau blogger ngeblog setaun hanya 5 kali. Minimal ada lah 5 postingan dalam sebulan yang ditulis dengan sepenuh hati setulus jiwa.

Sebagai blogger yang setia dan kaffah, di satu waktu beberapa minggu lalu saya tergiring dalam sebuah percakapan di twitter antara mbak Wiwik, Choro, Mbak Dewi, Zam, Galesh, Goen, Ulan, dll yang ngobral ngobrol tentang mengadakan kumpul-kumpul blogger. Sedikit mengangkat nostalgia blogging yang pernah terukir di antara kita, lah. *sedap* Gabunglah saya dengan percakapan itu, yang bermuara pada keputusan: Oke, kita adakan yuk, Kumpul Blogger.

Harus diadakan sebelum hari blogger nasional, dan wajib mengundang blogger-blogger yang “megang” pada masanya.  Dari situ, kita mengadakan 3 kali meeting saja di bawah koordinasi Mamah Wiwik yang dengan sat set memberdayagunakan team Idblognetwork-nya. Dan terwujudlah event bertajuk Kumpul Blogger: Blogger Kenangan vs Kenangan Blogger yang diselenggarakan Sabtu 25 Oktober lalu di Hotel Harris Tebet. Sebelum masuk ke ruangan, tamu-tamu wajib isi buku tamu, nempel nama blog di dada, dan menuliskan kesan dan pesan di blogosphere tree.

Kumpul Blogger (12)

Saya, Leoni, dan Ulan selaku penerima tamu kenalan dengan banyak teman-teman blogger dan rasanya nostalgia banget ngeliat Pakde Mbilung, Mas Iman, dan beberapa begawan blogger yang jaman kuliah dulu sering saya sambangi blognya. Bahkan tatkala itu sebagai mahasiswa kere, cara saya baca tulisan-tulisan blogger adalah save dulu tulisannya di flashdisk, baru dibaca di komputer kosan. Maklum, di era tersebut harga ngewarnet lebih mahal dari harga diri, jreng. Makanya senang sekali melihat atmosfer guyub dan intim yang terjadi di acara kumpul blogger. :’)

Kumpul Blogger (1)

Bagaimana dengan kronologi acara? Apa aja sih yang diobrolin? kebanyakan adalah “kasus-kasus” jaman ngeblog dulu. Tahun 2005-2009 lah. Jadi Kumpul Blogger dibuka dulu oleh Mamah Wiwik yang berterima kasih pada sponsor dadakan yaitu Indosat, dan juga latar belakang terbitnya acara ini. Dilanjutkan dengan Choro yang membahas dengan bahasa-bahasa ngeblog pada jamannya, yaitu “Pertamax”, “Hai Roy!”, dan semacamnya. Saat itu, Roy Suryo memang merupakan musuh bersama para blogger. Entah karena kumisnya yang malu-maluy nanggung, ataupun kalimatnya yang sangat kondang: “Blog itu hanya tren sesaat”.

Ada 5 kasus utama yang kami bawakan, yaitu:

1. Zam membawakan “Meme & Blog”

Meme baru diciptakan beberapa tahun belakangan? Salah besar. Blogger-blogger sudah menciptakan meme dari awal tahun 2000an. Dan penyalahgunaan meme yang cukup sohor ialah ketika gambar Bambang Soeharto dan Mayang Sari diedit oleh Didik (didikgate) dan diedit lagi dengan kocak oleh Momon yang mengganti foto Mayang Sari dengan SBY, Armand Maulana, dan beberapa seleb lain. Sayangnya, gambar itu bukannya berahir di 9gag, tapi malah berakhir di kantor polisi!

Yes, Momon ditangkap polisi, dengan dalih pencemaran lambang negara (presiden). Dengan percakapan via skype, Momon pun curhat bagaimana ceritanya kok bisa dia sampai ditangkap. Makanya Momon merupakan salah satu blogger yang giat menentang UU ITE yang ia pikir adalah pasal karet. Karena itu bukan untuk melindungi segelintir orang saja, tapi juga segenap bangsa Indonesia yang menggunakan Internet. ah Momon, aku tambah padamu. *lho*

Kumpul Blogger Momon

2. Dewi membawakan “Money Gemes”
Masih ingat Anne Ahira? Saat itu, dia ditengarai melakukan penipuan atau scam dengan alibi bahwa orang-orang yang bergabung dengan afiliasinya akan mendapatkan banyak uang. Tapi bayar dulu. Kalo sekarang jamannya twit berjamaan, dulu sempet ada ngeblog berjamaah karena bersumber dari kekesalan orang-orang akan skema Anne Ahira. Gak tanggung-tanggung, 84 blogger menulis “Aksi Prihatin” tersebut! Dan bang Enda sebagai pentolan blogging yang juga tergabung dalam aksi itu sempat berbagi juga via skype karena sedang di luar kota. Technology rules!

Di tengah-tengah, mas Kukuh TW menjelaskan sedikit mengenai digital marketing dan bagaimana ngeblog itu bisa dibagi-bagi berdasarkan waktu. Menurutnya, di tahun 2004-2005 baru ada kira-kira 100-200 bloggers di Indonesia, dan belum ada yg motivasinya untuk cari uang. Peta trend blogger kurang lebih seperti ini: 2001-2007 : ngeblog fun, 2010 – sekarang : blogger+buzzer, pemasangan banner, seo contest, review produk. Terima kasih mas sudah berbagi, sekarang lanjut dengan kasus ke-tiga!

Kumpul Blogger - Enda

3. Ulan membawakan “Penipuan”

Selebtweet nipu ini itu, tidur dengan X dan Y, dan segala gosip di dunia twitter, ternyata sudah ada pendahulunya, yaitu seleb blog. Di sini Ulan mengetengahkan kasus yang pernah diulas di blog Ndoro Kakung, yaitu kasus Kopitozi  sebagai pe-ni-pu. Komentar dalam blog tersebut? Hingga 500 lebih komentar! Sekarang mah dapet 5 komentar di blog juga udah sujud syukur gak sih? :D

4. Titiw membawakan “Plagiarisme”

Iyak, saya sendiri menyampaikan sebuah kasus yang nggak habis-habis. Yaitu copy-paste. Di akhir tahun 2007, mas Iman Brotoseno sebagai blogger senior sekaligus fotografer punya anak didik seorang model bernama Sarah. Lagi-lagi, Ndoro Kakung berperan di sini. Tulisan Sarah ia angkat di blognya dan mendapatkan coverage yang luas. Namun kenapa tulisannya ini mirip dengan tulisan seseorang? Ternyata Sarah “menjahit” satu demi satu tulisan dari Mbak Dewi untuk dijadikan satu tulisan! Waw!

Cercaan demi cercaan dituai oleh Sarah yang mengakibatkan ia menutup blognya di blogspot dan membuat lagi di wordpress atas saran Ndoro Kakung. Lucunya, mas Iman menulis tentang kasus itu dan opini publik terputar. Dari yang merundung Sarah, malah mengasihani anak ini. Apakah karena ia anak didik mas Iman? Apakah karena dia cantik? Atau apa? Akankah lain cerita jika ia tidak punya bekingan siapa-siapa dan parasnya tidak seayu itu? Wallahualam. :)

Kumpul Blogger - Titiw

5. Leoni membawakan “Zarry vs Arman Dhani”

Mungkin ini kasus yang masih paling diingat anak-anak jaman sekarang karena baru saja terjadi saat kampanye Presiden di tahun ini. Intinya, Zarry Hendrik seorang selebtweet mendukung Prabowo banget dan menuliskannya di blognya, yang menurut Arman Dhani itu adalah sebuah kesalahan besar atas sejarah dan kemanusiaan. . Dari sini ada sisi pro dan kontra. Ada yang bilang kalo ngeblog sah-sah aja mengutarakan pendapat, karena itu bukan media massa. Ada yang gak setuju karena Arman Dhani menggunakan penggunakan kata-kata yang sangat kasar seperti “bebal”, “tolol”, dan semacamnya. Arman Dhani sih dateng. Tapi Zarry absen, padahal udah diundang. Katanya sih kesiangan bangun.

Selepas semua kasus dibawakan, Mamah Wiwik tampil lagi untuk menjelaskan komunitas blog di Indonesia, dan mempersilakan wakil dari Indosat untuk berbicara. Terakhir, acara direkap oleh mas Anggara Suwahyu, seorang lawyer yang menilik kasus-kasus itu dalam ranah hukum. Beliau juga menjelaskan mengenai regulasi Internet di Indonesia. Bikin pinter deh pokoknya.

Kumpul Blogger - Choro

Kumpul Blogger Eny

Kumpul Blogger - Titiw

Oh ya, ada beberapa pertanyaan mengenai acara ini yang aku bantu jawab: 

  • Mengapa saya gak diundang, saya kan blogger juga?
    –> Acaranya digagas dalam 2-3 minggu, yang kepikiran ya blogger-blogger senior dan mapan terlebih dahulu. :)
  • Kok dadakan sih acaranya?
    –> Ya itu dia, memang gak ada wacana sebelumnya. Untung dapet sponsor yang gak macem-macem untuk biayain.
  • Apakah acara ini diperuntukkan bagi blogger Jakarta saja?
    –> Tidak, buktinya ada blogger dari Jogja seperti Indah Juli. Namun karena keterbatasan waktu dan biaya, kami tidak bisa memfasilitasi. Makanya kebanyakan undangan adalah blogger yang berdomisili di Jakarta.
Kumpul Blogger

Kenal mereka? :D

Acara ditutup dengan foto-foto dan makan siang wuenak. Jadi bagaimana menurutmu, apakah blogging hanyalah sebuah tren sesaat? Hal itu hanya bisa dijawab masing-masing pribadi ya. Tapi menurut saya sih blogging ternyata bukan hanya tren sesaat. Mari terus ngeblog. Mari mendokumentasikan hidup kita. Mari terus memiliki kenangan blogger, jangan menjadi blogger kenangan. Selamat Hari Blogger Nasional.

""

PS: Kumpulan tweet #kumpulblogger dapat dilihat di STORIFY oleh @amasna dan juga STORIFY oleh @kukuhtw. Foto-foto di postingan ini adalah kumpulan foto yang diambil dari teman-teman blogger atas hashtag #kumpulblogger yang sempat menjadi trending topic Indonesia di tanggal 25 Oktober kemarin. Video karya Goenrock.

Kumpulan blogpost tentang Kumpul Blogger juga bisa ditemui di:

  1. Choro: Selamat Hari Blogger Nasional! (Tentang #KumpulBlogger)
  2. Indobrad: Happy National Blogger’s Day #kumpulblogger
  3. Indah Juli: Menjadi Blogger Profesional #kumpulblogger
  4. Liputan6: Blogger Kenangan vs Kenangan Blogger di #kumpulblogger
  5. Loenpia: Kenangan Blogger vs Blogger Kenangan
  6. Chic: Masih Blogger? 
  7. Epat: Selamat Hari Blogger Nasional 2014
  8. Goenrock: 6 Alasan Konyol Unfriend di Social Media – Selamat hari Blogger Nasional!
  9. Zam: Mengenang Blog dan Hari Blogger Nasional
  10. Mamah Wiwik: #kumpulblogger 2014, Antara Blogger Kenangan vs Kenangan Blogger
  11. Amril: Hari Blogger Nasional Setelah 7 Tahun Berlalu
  12. Arya: Jalan Sepi
  13. Hedi: Blog Cuma Wadah
  14. Isnuansa: Kenangan Ngeblog
  15. Adiitoo: Selamat Hari Blogger Nasional & HUT Adiitoo.com
  16. Gie: Blogger yang Layak Dikenang

55 thoughts on “Kumpul Blogger: (Ternyata) Blog Bukan Tren Sesaat

  1. goenrock says:

    Kalau jadi blogger yang layak dikenang boleh nggak?

    1. titiw says:

      Boleh kaaakk.. asal jangan dikenal sebagai blogger lupa password.. :’)

      1. Tekno Bolang says:

        Kalau jadi blogger yang selalu dalam kenangan boleh gak? *mengulang

        1. titiw says:

          Emang kamu bunga kak. Kenanga. eyaaak..

  2. zam says:

    halo, salam kenal! :D

    sekarang lagi nyoba ngeblog lagi.. :D

    1. titiw says:

      Salam kenal juga MAS zam! Denger2 blognya tentang traveling yaa? x)

  3. Anggara says:

    Jadi semangat ngeblog lagi :D

    1. titiw says:

      Ayo ngeblog lagi masnyaaa! Selamat hari blogger nasional! :D

  4. Wiwikwae says:

    Mantap ulasannya, kak titiw!
    Gara-gara event ini aku jadi update blog haha

    1. titiw says:

      Thanks mamaaah.. Hihi.. seneng yaaa omongan kita gak jadi wacana semata. :*

  5. Fahmi says:

    Duuh, acaranya seru kayaknya ^^ kapan – kapan kalau ada lagi mau dong ikutan kaak XD hehee~

    1. titiw says:

      Ini blogger-blogger kapiran kok kak. Kamu mah blogger rajin dan sering menang.. Kastanya lebih tinggi. Hahahaha.. siaaap :)

  6. nengbiker says:

    duh aku malah ga ngerti hari blogger x))))
    tapi aku ngikuti kumpul blogger ini. biarpun ngga ngerti hari blogger jatuhnya hari apa.

    maapkan.. aku seneng ngeblog kok tapinya. masih mau temenan ama aku kan mbatiw? T_T

    1. titiw says:

      Kamu ngeblog dari th berapa kak? Kayaknya Hari blogger nasional itu ditetapkan menteri kominfo M Nuh pas acara Pesta Blogger pertama di th 2008 deh. Hehehe.. Aku mau temenan sama kamu koook *modus biar ada tebengan lg kalo ke malang* :))

  7. Thanks ya Titiw atas reportase acara Kumpul Blogger. Sayang saya tak bisa hadir karena menghadiri pernikahan adik ipar di Yogyakarta. Ini catatan saya dalam rangka #HariBlogger http://daengbattala.com/hari-blogger-nasional-setelah-tujuh-tahun-berlalu/

    1. titiw says:

      Sama2 daeng. besok kalo udah ketrmu laptop akan kuupdate dan tambahkan dengan link blog di atas ya. Terima kasih :)

  8. Salman Faris says:

    Blog akan terus berkembang, karena sharing is caring :D

    1. titiw says:

      Sekedar share.. kita kan care.. :)

  9. agil says:

    Yaoloh kak, gw mah ud niat ngeblog 10 taun lalu, bahkan sebelom gw dilahirkan. Tapi yah gitu, godaan syaiton yg terkutuk bikin males nulis. Kalo dah gini paling enak nyalahin syaiton. Untungnya punya temen blogger kek kak titi.. Pake w apa t ya, yg rajin nyuruh ngeblog. Akirnya eng ing eng hampir setaun sudah nulis, walau rata-rata cuman sekali sebulan nulis kerana kesibukan sebagai orang tersibuk ke empat di republik ini. Pertama pak Jokowi, Kedua pak JK, ketiga pak Ahok, baru dah gw diposisi keempat.
    Sempat tidak sempat mari nge-blog.

    1. titiw says:

      Ayo kaaak ngeblog ttg hari blogger nasional. Tapi batesnya hari ini. Nanti aku link ke sini. Ttp semangat ngeblog agileee :*

  10. warm says:

    ..yang kepikiran ya blogger-blogger senior dan mapan terlebih dahulu

    ..
    wow! kesannya piye gitu ya haha #nyinyirmodeOn

    1. titiw says:

      Wajar kak. Kalo org nanya siapa blogger yg patut dikenang.. kebanyakan sdh pasti paman tyo.. ndoro.. mbilung.. dll. Titiw.com ndak bakal disebut. Aku mah dtg karena panitia aja. Hehe.

  11. malaikat says:

    masih rame ya…
    saya sudah tenggelam lama banget dan sudah hiatus lama banget dalam hal ini. hari ini saya bka twitter. home timeline diatas saya menemukan tweet yang isinya link ini. memory saya teringat lagi dan kembali di tahun 2005 silam.

    banyaak teman yang sudah menghilang. banyak pula yang sudah pergi entah kemana. bahka ada beberapa yang saya mendengar sudah dipanggil yang maha kuasa.

    sekalipun saya belum pernah mengikuti acara yang namanyaa kumpul blogger atau pesta blogger atau semacamnya. tidak pernah punya waktu dan sibuk dalam pekerjaan itu adalah alasan utama.

    semoga sukses terus ya… salam.. :)

    1. titiw says:

      Kak mata apa kabaaar.. Masih ngeblog ndak sih? Kok ndak nulis alamat blognya di form komen? Sibuk banget ya emangnya? Huehehehe.. Kayak kehilangan 1 teman yang dulu sering berkunjung deh. Semoga kapan2 bisa aktif lagi ya kak cerita2. Masih inget dlu blogmu di blogdrive. Hehe.. Sakses juga untuk dirimu.. :)

  12. arya says:

    tahun ini aku aktif lho. sejak agustus udah ada 5 postingan, 6 sama postingan menyambut hari blogger. hahaha.
    thanks ya udah bikin acara seru begini.

    1. titiw says:

      Lumayan lah ya kak.. 1 bulan 2x.. daripada 1 th 2 x. Hihi.. Sama2.. selamat hari blogger nasional.. :D

  13. Zippy says:

    Asik banget ya bisa ngumpul rame3 gitu kak :D
    Eh tapi saya bersyukur banget ya udah sempat kopdaran sama mba Dewi dan bang Enda, hahahah :D
    Selamat hari blogger nasional :)

    1. titiw says:

      Zippy ini yang di papua ya? Sepertinya mbak dewi pernah cerita2 tentang dirimu. Semoga kapan2 kita bisa sua ya.. Gak cuma blogwalking aja.. Selamat hari blogger Nasional. :)

  14. Tina Latief says:

    salam kenal kak Tiw..
    aku kemarin baca-baca saja di linimasa, sepertinya acaranya seru sekali. Kangen sekali sama tulisannya mas momon, suka banget sama gaya nulisnya..
    semoga blogger2 senior masih lanjut nulis supaya yang junior2 makin banyak yang terinspirasi untuk ngeblog..

    1. titiw says:

      Aku juga kangeeen sama tulisan2 bernasnya momon. salah satu blogger awal yang selalu kubaca dan kusave tulisan2nya. Hihi.. Jadi dengan kata lain kamu masih junior ngeblog? Selamat hari blogger Nasional. :)

  15. Thia says:

    Akhirnya ketemu Kak Tiw, yg ngehits itu!!

    Hihiii..

    Mayan banyaj belajar dari kasus-kasus blogger sebelumnya :)

    1. titiw says:

      Hamdallah ketemuan juga sama Thia yang ultahnya sama Akuuh! Hahahah.. Selamat hari blogger nesyeneeel! :D

  16. sibair says:

    Aku setuju sama kalimat ndoro “Ngeblog itu bukan lari sprint, tapi lari marathon”. Aku udah mulai ngepost 1, lumayan lah post awal tahun..

    1. titiw says:

      Satu dari awal th 2014? Hahhahaha.. yaaah lumayan daripada nggak sama sekalii..

  17. Selamat Hari Blogger Nasional! \o/

    Ini event yang bikin jadi apdet blog masal… :lol:

    1. titiw says:

      Yoeh.. trus kamu apdet gak blognyaa? ;)

  18. rasehaM says:

    Huaaahh acaranya pasti perpaduan antara seru, informatif, dan bisa jadi ajang kangen2an sesama blogger. Diadakan periodically dong kak, terus ada juga versi yang untuk umum alias semua blogger bisa ikutan. asek asek asek.

    1. titiw says:

      Dulu setaun sekali ada yang namanya pesta blogger kak. Massal. Tapi jadinya kurang guyub dan terlalu acaranya brand. :'( Kapan2 ada kumpul blogger kamu kudu ikut.. kan udah masuk tipi jadi “travel blogger” x)

  19. Adiew Cen says:

    Ikut komen ah…

    Semoga saya tidak menjadi blogger sesaat.

    Sekian & Terima Kasih…

    Eh, akhir kata, salam kenal Mba… :D

    1. titiw says:

      Aamiin. Salam kenal kakaak.. :D

  20. hahahah!!! epic-epic-epic !!
    kata” di video nya yg “mau mulai ngeblog (lagi)?” tuh bner” nanclepppp !
    Iya nih, blog saya uda dri tahun 2010 (tapi mungkin karena pas itu saya masih sangat muda-umur 11 bro.. blom ngerti apa” mau digimanain tuh blog). Sempat hampir hit, tapi saya break (dan itu cukup lama).. Saya sekarang sudah menemukan api yang membara itu setelah melihat postingan mbak titiw xD aww.

    Matur Suwun !! Trus berkarya wahai anak-anak bangsa (start to write [again]) haha:D

    1. titiw says:

      Hahaha, ayo ngeblog lagi dong Felicia, jangan mau kalah sama yang tua2! :D

  21. kjebetulan saya juga baru mulai blogging dan memang sih blogging di awal itu senang tapi lama2 menemui jalan buntu soal apa yang ingin kita buat artikel nya

    lalu bertemu kawan2 blogger medan dan merekalah yang mengajari aku segala

    1. Wahyu Blahe says:

      Semoga fajar makin rajin ya. Saya lihat udah sering buka-buka tulisan2 senior2 lain nih. Mantap..

      1. titiw says:

        Aamiin. Semangat kak Fajar! :)

    2. titiw says:

      Semoga tambah rajin nulis dan berbagi yaaa :)

  22. Wahyu Blahe says:

    Ulasannya keren. Selama ini nggak begitu memperhatikan kegiatan blogger lokal. Kayaknya seru setelah kami di Medan mulai membangun waktu untuk mulai berkumpul lagi. Seru lihat ngumpul blogger kayak kakak disana :)
    *domain premium titiw keren

    1. titiw says:

      Ahahaha makasih kakaaak x)

  23. Tekno Gadget says:

    Setuju, blogger adalah masa depan untuk mencari penghasilan. :D

    1. titiw says:

      Semoga rejekinya lancar selalu dengan ngeblog yaa :)

  24. Hetty says:

    Gimana caranya biar bisa konsisten terus ngeblognya mba?

    1. titiw says:

      Pake blog berbayar, biar bawaannya rugi kalo gak ngeblog x))

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now