Traveling

Pentol, Jajanan Pentolan Bau-Bau

Tuesday, 4 November 2014

Mungkin pentol bukanlah makanan khas dari Bau-Bau. Namun saya baru pertama kali melihat makanan ini ya di Bau-Bau! Apa sih pentol itu?

pentol bau-bau

Sllrruup! :9

Pentol yang ditusuk seperti sate ini adalah bakso. Tepatnya bakso yang berbahan dasar ikan. Tunggu dulu, pilihan pentol ini tidak hanya bakso loh, tapi ada juga pentol tahu. Dan pilihannya bisa yang direbus atau digoreng. Hmm.. Seperti batagor makanan khas Bandung, namun menurut subjektivitas saya sih.. Rasanya lebih enak dari Batagor!

Yang membuat pentol lebih menarik, pembeli memilih pentol yang ia inginkan, dan dicelupkan sendiri ke dalam saus kacang yang kental. Pokoknya rasa pentol ini juara kelas! Juara nasional! Lulus SPMB! Harganya juga makin bikin panik, karena murah. Cukup Rp 1.000 saja untuk setusuk pentol. Itu pas saya beli tahun 2011 sih, mungkin sekarang karena inflasi jadi Rp 1.500 atau malah Rp 2.000

pentol bau-bau

Pentolnya 200 tusuk bang..

Dengan pilihan goreng atau rebus, pentol akan makin nikmat jika dimakan dengan ditemani secangkir teh hangat. Dan dengan ini pula saya menyatakan bahwa jajanan pentolan khas Bau-Bau yang paling nampol di dalem mulut adalah PENTOL! Nah, apakah pentol ini dapat dijumpai di daerah kamu? Mari berbagi. :)

Notes:
Penjual pentol dapat dijumpai di depan Istana Ilmiah, di depan KFC,ataupun berjejer di depan Pantai Kamali.

11 thoughts on “Pentol, Jajanan Pentolan Bau-Bau

  1. Michael says:

    wah sepertinya enak. Mungkin kalo di Jakarta kayak stall yang suka di mall ya yang ada nugget, sosis, baso dibikin tusuk sate. :D

    1. titiw says:

      Itu juga enaaaak.. semua yang ditusuk itu enaaak! Tusuk aku masss… tusuuk! *eh*

  2. rasehaM says:

    Deym, salah banget bacanya menjelang makan siang gini. Jadi makin laper dan ngiler!

    1. titiw says:

      Kamu udah mamam syang belommmm? *cemil takotak*

  3. Fahmi says:

    yang namanya pentol ini jajanan masa kecil aku banget kak >,< dulu waktu ngaji pulang sekolah sering beli, tapi pake saus tomat merah, enggak saus kacang hehe. mungkin rasanya mirip ya?

    1. titiw says:

      Itu bukan pentol namanya.. macem cilok nggak sih itu jatohnya? Mwahahaha saat2 pulang ngaji emang debes buat jajan..

  4. Wuiihh, postingan ttg pentol buat kangen sama Baubau euy…
    Kemarin emang sempat ke Baubau, Mbak? Slain 2011 kemarin mksdx. :)

    1. titiw says:

      Belom sempet ke bau-bau lagi.. Cuman sekali doang yang 2011. Hehe.. Eh ini blog yang punya postingan tentang pentol juga ya? Makasih udah berkunjung yaa :)

  5. Elsaseptiand says:

    Wuiihh.. excited banget ada yg mau nulisin tentang daerahku di blognya. Makasih ya mbah, eh mbak maksudnya
    Saya orang baubau tapi gak asli sini sih sbnernya, kapan kesini lagi mbak, jadi pengen ketemu deh kyaknya.heheheh

    1. titiw says:

      Ahahahaha duh jadi pengin mamam pentol niiih.. Semoga aku punya rejeki bisa ke sana lagi yaaa :)

  6. Copas says:

    Q juga pernah rasain pentol ikan di bau2 , rasanya tuh enak dan saos kacangnya juga rasanya nyambung dgn pentolnya , pengen tau deh resepnya bgaimana jadi pengen ke bau bau lagi deh

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now