Entertainment

Kenangan SMA dan Reuni Ada Apa Dengan Cinta (AADC)

Friday, 7 November 2014

AADC 2014

Ada Apa Dengan Cinta (AADC) merupakan salah satu simbol kebangkitan film nasional di awal tahun 2002. Hampir semua bioskop menayangkannya di banyak teater, penontonnya selalu full, dan film ini bercokol selama berbulan-bulan hingga mengalahkan film Hollywood tenar manapun kala itu. Geng Cinta, Milly, Alya, Maura, Karmen, Rangga, Mamet, seakan-akan menjadi sesuatu yang paling megang di masanya. Dari quotes yang ada di dalamnya, dari buku Aku oleh Sjuman Djaya yang dibahas di dalam film, hingga soundtrack buatan Melly Goeslaw yang dengan ikhlas saya katakan, adalah salah satu soundtrack film Indonesia terbaik sepanjang masa.

""

Sambil menyetel soundtrack AADC, saya menuliskan blogpost ini. Seluruh kenangan tiba-tiba meluap di udara. Satu demi satu ingatan masa itu naik perlahan-lahan ke dalam pikiran. Saat itu, saya masih duduk di bangku SMA dan teman-teman pada ngajakin nonton film ini dong. Tapi setiap saat dan di manapun, film AADC selalu dipastikan full booked. Dan saat itu juga, saya suka dengan seseorang di SMA saya yang kelakukannya 11-12 sama Rangga.

Bahkan sebelum AADC muncul, saya sudah memperhatikan cowok ini. Introvert, kalo waktu istirahat dia mojok di sudut kelasnya, sambil baca-baca buku sastra. Di beberapa titik, dia seperti public enemy karena ide-idenya yang tidak disukai beberapa teman cowok saya. Betapa kagetnya saya ketika akhirnya menonton AADC dan melihat kelakuan Rangga yang mirip dengan si oknum ini.

Sampai suatu saat, dia mengajak saya keluar. Nonton. Tanpa basa-basi dia menjemput saya untuk ke bioskop Megaria dengan mobilnya. Tapi apa lacur, semua bangku penuh, malah ada satu calo yang menawarkan “Nih ada sisa 2 tiket dek, paling pojok. Mau pacaran kan?” Semburat malu saya tidak bisa diumpetin dong, karena saya tidak ada apa-apanya sama cowok ini. Sumpah, saya udah kayak Cinta di AADC yang malu kalo ketauan jalan sama cowok ini. Tapi di lain pihak saya kayak kerbau dicocok hidungnya ketika out of the blue dia ngajak saya keluar.

Akhirnya kami nggak jadi nonton bareng. Di perjalanan pulang, saya memberanikan diri untuk bertanya “Eh, kok lo ngajak gw nonton bareng sih.. Kok gak ngajak yang lain..?” Jawabannya didahului oleh hening yang sedikit, baru dilanjutkan: “Oh, soalnya gw suka..” DEG. “Gw suka aja ajak lo. Lo soalnya banyak ngomong, jadi gw gak capek.” Semangat saya yang udah kembang kempis dengan kata-kata di awal, langsung lemes kayak kerupuk dikuahin karena penutup itu.

Well, pada akhirnya kita jadian sih. Hanya beberapa bulan. Dan pas sohib-sohib cewek saya tahu, mereka pada kaget. “HAAAH, lo jadian sama dia Tiw? Yaah.. dia lucu sih (ingat, ini bukan pada tataran lucu funny, tapi manis lah) tapi kaaan..” Hahaha.. anak-anak akhirnya pada ngertiin juga sih. Kenapa pacarannya cuma beberapa bulan? Lebih karena yaaa dia keras (apanya?) dan serius banget anaknya. Sedangkan saya adalah orang yang sukanya yang seru-seruan aja. Akhirnya kita putus saat selesai ujian sekolah. Lewat telpon. Kenapa saya cerita ini? Sekadar share aja karena saya care, dan semua memori ini terungkap lagi karena adanya AADC mini drama (reunion) yang hari ini baru saja launching.

""

AADC mini drama mengisahkan tentang 12 tahun sejak perpisahan Rangga dan Cinta, yang mana sejak itu mereka ternyata belum pernah ketemu lagi. Saya gak mau spoiler, mending nonton sendiri ya. Intinya sih mini film ini ternyata adalah sebuah campaign yang dibuat oleh LINE, layanan telpon dan chat gratis dari Jepang yang ingin memperkenalkan fitur barunya yaitu Alumni. Menonton mini drama AADC betul-betul menyenangkan dan bikin kangen dengan geng Cinta. Di sini saya harus salut dengan campaign dari LINE yang bisa mempertemukan mereka lagi, bahkan hingga membuat sebuah mini drama yang akhirnya menjadi viral diobrolin di linimasa. Bahkan sampai ada juga yang bikin parodinya.

AADC reuni

Ah, baru video 10 menit aja nostalgianya udah tumpah-tumpah gini. Ayo dong bikin sekuel AADC, nanti saya nontonnya bareng temen-temen SMA deh. :)) As for LINE, selamat ya buat launchingnya, idenya keren dan gak basi kayak interview yang baru mau dimasukin ke mading yang udah siap terbit. Untuk kamu-kamu para ABG berdarah yang belum pernah nonton AADC, bisa nonton sekarang juga nih karena saya taro filmnya di sini. Buruan nonton, biar kamu sama temen-temen kamu gak disalahin. Enjoy the buzz!

""

29 thoughts on “Kenangan SMA dan Reuni Ada Apa Dengan Cinta (AADC)

  1. Bieb says:

    Ini Promonya LINE emang keren banget ya. Dan langsung aja loh banyak parodinya di Ig nya “Dagelan” :D

    1. titiw says:

      Bangeeet.. videonya beautiful gitu. Dan seneng abis ngeliat mereka lagi dalam satu frame. Hehehe.. *meluncur ke Dagelan*

  2. arkilos says:

    Anyiinggg.. Gw kira sekuel lanjutan AADC ternyata iklan. Buset keren mampus iklannya. Sama seperti yang dek titiw bilang, euphoria alumni semasa SMA kembali menyeruak, membuncah, membahana pas nonton nih iklan. Pasalnya dulu tamat SMA, sekampus ama dian sastro, kebetulan gw seangkatan ama nico cuman beda pakultas. Nah ud gitu suting adegan lempar pensilnyeh di perpustakaan kampus gw FIB UI. Jadilah dulu kalo di perpus suka lempar-lempar pensil, ama mecahin gelas biar mengaduh sampai gaduh. Abis itu ditendang dari perpus karena dianggep berisik. Semoga ada sekuelnya beneran tuh AADC. Oke, aku setuju!

    1. titiw says:

      Aku dulu pernah berada di mobil di belakang nico pas nico naik ojeeek.. Diklaksonin sama temenku trus kita dadah2 dari mobil kijang tua temenku itu.. Seru abiiisss.. :))

  3. samid says:

    IIIIIIIHHHHHHHHHHH
    APA-APAAN NYAMA2IN SM CINTA.
    KAN KITA AGREE KAMU MIRIPNYA EL MA…NIK
    BAEK2 NYIMPEN HAPE KAMU KAK, NTAR MISUA BAKAL SERING NGECEK LINE KAMU :)))))

    1. titiw says:

      AAAAk.. Saking nampusnya komen kamu sampek masuk sepem kaaak.. hahahaha.. el manik FTW! :))

  4. rasehaM says:

    Aku nonton sama pacar di Plaza Senayan.

      1. Nikksas says:

        Aku nonton sama pacar di Plaza Senayan.

        1. titiw says:

          Itu bukannya mahe yaa.. -__-“

  5. Anggit says:

    nonton sama cowok brewokan di pelbagai teater #nohomo

    1. titiw says:

      Epiiiiccccc banget. Untung kagak pake ngorok kayak nongton heri potter.. Kak Hendy emang muke helloween hati helo kiti..

  6. Gerandis says:

    Ciyeeeek yg dulu pernah jd “cinta”

    1. Kresnoadi says:

      Hayoloh mbak tiw, langsung diginiin. \:3/
      Hahaha. Tapi emang bener sih, ini salah satu marketing tersakses tahun ini. Langsung viral seviral-viralnya dewa. Betul juga tuh kata Michael, aku masih cilik banget pas film ini keluar, jadi malah ya nggak tahu apa-apa. Hihihi.

      1. titiw says:

        Penipuaaan umuurr.. Siapa yang masih cilik? Anak kamu? Hahhahaha.. x)) Keren yess ini iklan.. mengaduk2 emosi para abg tuaa.. haha

        1. Kresnoadi says:

          Hahaha aku masih cilik kakaks. Suwer. \:3/

          1. titiw says:

            Apanya yang cilik kaaak? *eh*

    2. titiw says:

      Yahh.. Cinta monyet..

  7. Michael says:

    Kak, aku mau kasih ralat sedikit, ini bukan film yang nge-trend anak generasi 90an, tapi 80an. :))
    Secara kalo anak 90an, film ini keluar, umurnya mentok 12 tahun. :(

    Tapi, kalo secara konsep, LINE hebat banget nyampurin pesan komunikasinya dengan AADC. Kayaknya target market campaign-nya usia 25 – 40 tahun. #AnalisaGembel

    1. titiw says:

      Kak. Bedakan dong “generasi 90an” sama “Kelahiran 90an”. Sebagai orang yang lahir circa 80an.. maka jatohnya aku mah generasi 90an. Hwahaha.. Trus kamu angkatan yang mana?

      1. Michael says:

        Hahaha.. Aku angkatan muda, kak. Golongan muda. :’)
        Generasi abad 20. :))

        1. titiw says:

          kalo generasi film Abad 21 baru deh kamu tua kaak. Gyahahha..

  8. Catur says:

    Wahahaha,.. Damn you make me watched the movie one more time.. been trying to say no to re-watch it for so many times, but, gee, this blog is too powerful eh?
    as usual, its awesomely written Tiw! i like it! and yeah!! Yes for AADC sequel! :D

    1. titiw says:

      Ha, gotcha! Yes, I know.. AADC sequel FTW! :)) Anyway, melihat dirimu komen di sini, beberapa pieces kenangan sma membuncah lagi deh.. ahahahaha..
      PS: Thanks for the compliment bro. I’m flattered. :’)

      1. Catur says:

        Eh..Eh… Akhirnya saya nonton Ee’ disitu doongg,… #basi
        berhubung jarak geografis memisahkan saya dengan cinta,.. #jayus
        mana nih,.. i thot you’ll review the movie?
        jadi nonton sama anak anak es em a kah? #kepo #kode

        1. titiw says:

          Bahahahaha eek di situuuuu finallyyy.. Males riviu movienyaaa.. Nontonnya ama mantan pacar (a.k.a suami) deh jadinyaa. Felem pertama yg ditonton pasca lahiran. :)) Heemmmm anak2 sma siapa coba jelasin detailnyaaa x)

  9. Adiitoo says:

    Begitu selesai nonton mini dramanya, langsung memutar otak mengingat memori2 lama. Seketika itu pula ketahuan umurnya.

    “Aku nonton ini pas SMP kelas 1,” “Busyet, AADC keluar, gw kuliah semester 4,” “Gw udah jadi editor di Detik (ini sih, redpelku),” . Ada yang ngehe “Waktu AADC keluar, aku masih kelas 4 SD,” jomplang banget

    1. titiw says:

      Mini film penyingkap usia beeet ternyata.. Hedeuuh.. pucing pala cinta..

  10. Kabarnya sih bakalan ada AADC2 tuh, tante titiw.. Saya lihat infonya di ig Mira Lesmana :D

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now