Traveling

Uniknya Kampung Korea Cia-Cia di Sulawesi Tenggara

Wednesday, 12 November 2014

Demam Korea alias K-Pop memang sedang melanda Indonesia. Dari boyband Super Junior, Girl Band SNSD, sinetronnya, lagunya, fashionnya, sampai-sampai atlet bulutangkis dari Korea seperti Lee Yong Dae sangat banyak penggemarnya. Namun tahukah kamu bahwa ada satu tempat di Indonesia yang dinamakan “Kampung Korea”?

Adalah Karya Baru dan sekitarnya yang ditempati orang-orang etnis Cia-Cia, Bau-Bau (Pulau Buton Sulawesi Tenggara) yang akhir-akhir ini terkenal sebagai kampung Korea. Lihatlah nama jalannya yang memakai huruf Hangeul (aksara Korea), ataupun nama sekolah yang juga dicantumkan bahasa Koreanya. Selain bahasa, ada juga peninggalan-peninggalan tradisional mereka mirip dengan properti Korea seperti lampu berbentuk lampion, hingga pernak pernik penghias rumah. Lalu, bagaimana asal mulanya etnis Cia-cia mengadopsi kebudayaan Korea?

Cia-cia Bau-bau Buton (1)

Nama jalan dengan aksara Hangeul

Menurut lurah Karya Baru yang kami temui, memang ada kebudayaan-kebudayaan dan bahasa Cia-cia yang mirip, bahkan sama dengan apa yang dimiliki oleh Korea. Karena keunikan itu serta kekayaan bahasa di Bau-Bau yang mencapai lebih dari 90 bahasa, seorang Professor Korea tertarik kepada Bau-Bau, khususnya etnis Cia-cia. Para antropolog Korea juga mulai meneliti lebih dalam mengapa ada kemiripan antara bahasa kampung ini dengan bahasa mereka.

Apakah ada garis keturunan mereka yang beranak-pinak di sini, atau alternatif kemungkinan yang lain. Dari sini, mulai timbul kerjasama antara Cia-cia dan Korea. Dari pertukaran pelajar, pertukaran guru, penelitian, hingga pertukaran kebudayaan. Hal ini membuat Indonesia, khususnya Cia-cia, makin bergaung namanya oleh masyarakat di luar negeri.

Tetapi hingga sekarang belum ada kesimpulan resmi dari para peneliti apa yang mendasari Cia-cia memiliki akar budaya yang mirip dengan Korea. Meski begitu, budaya Korea mulai disosialisasikan kepada masyarakat. Bukan untuk menghilangkan bahasa Cia-cia, namun malah untuk memperkenalkan lagi sejak dini agar bahasa daerah tidak hilang. Sekarang ini, bahasa Korea sudah diajarkan untuk anak-anak Sekolah Dasar sejak kelas 4 SD. Bahkan di SD Karya Baru, guru bahasa Korea mereka sempat orang Korea asli. Namun untuk tahun-tahun ini, guru tersebut diganti oleh guru dari Cia-cia yang sempat mendapat pelatihan di Korea langsung.

Cia-cia Bau-bau Buton (3)

Gurunya impor!

Sempat saya bercengkrama dengan murid-murid SD Karya Baru yang nampaknya sudah pada ngerti basic-basic bahasa Korea. Waktu saya tanya apa bahasa Koreanya “Halo“? Mereka dengan kompak berteriak  “Annyeonghaseo“! Dan ketika saya tanya “Kalo Saranghae artinya apa?” Mereka langsung pada nutup muka dan malu-malu. Ini karena artinya Saranghae adalah I Love You! Hahaha..

Oh ya, meskipun bahasa tulisannya seperti Hangeul, bahasa lisan mereka tetap bahasa Indonesia, lho. Senang sekali mendapatkan pengalaman baru ini di Bau-Bau, khususnya desa Karya Baru. Terima kasih untuk kelurahan dan guru-guru sekolah SD Karya Baru yang telah menerima kami dengan baik. Annyeonghaseo, Karya Baru! :D

Cia-cia Bau-bau Buton (3)

Anyeonghaseo!

Notes:

  • Kampung ini terletak sekitar 15 km dari kabupaten Bau-Bau, menuju ke arah atas.
  • Untuk menuju daerah Karya Baru, carterlah mobil seharga Rp 300.000 (sudah dengan sopir) yang dapat dipakai dari pagi hingga sore hari. Carter bisa dari hotel dimana kamu menginap.

35 thoughts on “Uniknya Kampung Korea Cia-Cia di Sulawesi Tenggara

  1. unik juga ya tulisannya bisa mirip dengan korea, salam perkenalan dari saya

    1. titiw says:

      Salam kenal juga kak riri. :)

  2. Efenerr says:

    Wuih baru tahu kak! Kog bisa ya di Indo ada budaya Korea sejak dulu kala.

    1. titiw says:

      Nah itulah yang bikin orang2 korea juga penasaran. Pantesan temenku LSM dari korea beberapa kali bulak balik kemari kak.

  3. lindaleenk says:

    Waaaaahhh
    Trus ada objek wisata apa di sana??:/

    1. titiw says:

      Objek wisatanya di Bau-bau kotanya kak. Gak terlalu jauh dari sini. Kalo ke Karya baru ya jatohnya cuma ngeliat orang-orangnya, sekolah, dan jalanan yang penuh dengan bahasa Korea. :D

  4. cino says:

    krn di pulau buton memang ada nenek moyang org korea, sblum negara butuuni brgabung dgn negara indonesia, bahkan ada lagu2 kebangsaan korea masih di meseumkn di keraton buton

    1. titiw says:

      Oh ya? Waaah terima kasih atas info tambahannya. :)

  5. rasehaM says:

    Wah mau juga ya orang Korea blusukan ke daerah kecil seperti ini. Berarti kota ini sungguh mempunyai ‘sesuatu’ sehingga bisa menarik orang dari negeri maju untuk tinggal.

    1. titiw says:

      Sebenernya mereka mau neliti karena ini penting juga untuk sejarah mereka. Bedanya sama kita.. mereka super niat dan duit untuk research gede. Hahaha.. padahal kalo kita niat kan banyak tuh jejak2 orang INA di luar negeri yang masih jadi misteri sampe sekarang kayak banyaknya suku bajo di suatu daerah.

  6. Vika says:

    Oya..baru tau, pdhl gw pernah lewat Bau Bau…

    1. titiw says:

      Karena ini letaknya di atas kak.. :)

  7. Iwan harefa says:

    wuih krenn, jangan-jangan disana ada kampung inggris, cina, jepang juga ya hehhe

    salam kenal mbak

    1. titiw says:

      Hahaha, kalo di dunia kan yang jamak itu little india sama china town.. :D Salam kenal

  8. adriszal says:

    indonesia memang kaya,dari segsla aspek terutama dari bahasa.Saya semakin bangga jadi orsng INDONESIA

  9. Oka says:

    Oh ini di Indonesia ? :D ada juga keunikan seperti ini.. keren yah .. :D

    1. titiw says:

      Iya, di Indonesia. Keren yaaa ;D

      1. S. Mudjijah says:

        Adakah lembaga kursusnya?

  10. riri says:

    Hhmmm setauq memang banyak kemiripan…kl kita melihan org keturunan ciacia asli tu kulitx memang mirip sperti org korea.. n kalau dengar bahasa mereka memang agak mirip hanya nada ucapanx berbeda..aq tau ini krn ayahq memang org ciacia..?

  11. Aulia Lee says:

    우와~ keren~^^
    Kan kata nya cuma pake aksara hangul tapi bahasa nya masih pake bahasa indonesia tapi kenapa di tulisan SD karya baru itu di tulisnya “까르야 바루 초등 학교”
    까르야 바루 emang bahasa indonesia tapi 초등 학교 itu bahasa korea yang berarti SD kalau kaya gitu berarti ada campuran bahasa korea nya doong?
    세콜앟 다사르 까르야 바루 itu baru bahasa indonesia asli~^^

    1. 갤빈 says:

      스꼴라흐 다사르 sekolah dasar tuh :D kalo huruf “ㅎ” di akhir dibacanya “t” karna batchim, trus misalhkan huruf ㄹnya ga double wlwpun di akhir bacanya masih ttp R bukan L.
      Salam bahasa korea aja
      반가워요!

      1. Ezagren says:

        Jika mau, cukup 스콜라 atau 스꼴라 versi pelafalan Cia-cia tanpa ada huruf ㅎ terakhirnya.

  12. sutima says:

    wow, keren. ingin kesana rasanya.!

  13. Dika sanjaya says:

    Weess jadi bangga bisa jadi org indonesia ky akn budaya & nilai-nilai sejarahnya… berarti aku sodaraan sama lee min ho dong secra ibu dan bapak ku org cia-cia asli.

  14. zack says:

    salam nusantara” saya dari malaysia dan apa yg boleh saya kata kan ialah kepulauwan nusantara ia nya ialah buana..tidak seperti benua” maksud Buana ialah meliputi seluruh dunia..dari semua aspek, baik sejarah mahu pun bahasa…terkumpul di tanah buana nusantara ini…ia nya terlalu banyak rahsia tersurat dan tersirat….yg di panggil….MOTHERLAND….

  15. S. Mudjijah says:

    Adakah tempat kursus atau home stay?

    1. titiw says:

      Saya kurang tahu kak. Maaf ya. :)

  16. kris says:

    konsep bahasa korea 1jam hub 085126362104 kris/kim

  17. zonasultra says:

    Bahasa cia-cia termasuk 1 diantara bahasa tua di sulawesi tenggara :)

  18. 이성경 says:

    Pen kesono ih bljr b korea

  19. ifa rahmiati azahra says:

    jadi bangga nih jadi anak-anak indonesia….

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now