Review

5 Tips Gigi Sehat dan Terawat

Friday, 21 November 2014

tips gigi sehat

Segelintir orang mungkin melihat saya sebagai orang yang easy going, orang yang santai dalam menghadapi sesuatu ataupun orang yang gak serius. Well, it’s true di beberapa point kehidupan. Namun kalo udah ngomongin kesehatan, saya berubah jadi Satria Baja Hitam RX Robo orang yang seriusnya udah ngalahin guru BP. Apalagi dalam urusan merawat gigi. Tanya aja noh suami saya yang dari jarang sikat gigi sebelum bobok, sekarang jadi orang yang paling rajin sedunia.

Karena, kalo nggak sikat gigi dan males-malesan, dia bisa saya mamam pake cocolan mayones. Mengapakah saya segitunya sama hal gigi-geligi? Mungkin kamu sekarang melihat gigi saya baik-baik aja. Tapi dulu waktu kecil.. Beuh.. gigi saya berantakan kayak kisah cintanya Britney Spears. Numpuk layaknya rumah susun, gingsul di mana-mana sampe-sampe dikatain gingsul saya udah kayak caling babi. Belum lagi gigi susu saya adalah tipe gigi yang gampang kena karies.

Jadilah Titiw kecil itu sebagai anak yang wajib hukumnya dateng ke dokter gigi di klinik kantor Papa hampir setiap bulan. Makanya saya jadi hapal alat kesehatan gigi dari A sampe Z. Bedain tambalan amalgam sama tambalan laser mah gancil. Bahkan saya bisa apal bebauan dan rasa obat untuk gigi berikut dengan fungsinya! Familiar deh sama kamus gigi dan mulut.

Belum lagi pas SMA divonis untuk pake kawat gigi, tambahlah saya fokus luar biasa dengan perawatan gigi ini. Itulah kenapa saya tidak pernah skip untuk sikat gigi sebelum tidur. Seinget saya sih kebiasaan itu berlangsung dari sejak kelas 3 SD, hingga sekarang. Sekalipun nggak pernah skip. Bahkan saat sakit maupun saat traveling. Salah satu rekor dalam hidup yang menurut saya cukup penting. *self hifive*

Nah, sesuai dengan semangat tagline blog ini yaitu untuk berbagi, ini 5 tips saya dalam merawat gigi yang bisa jadi dibutuhkan untuk kamu-kamu semua. Check it out!

1. Sikat gigi 2x sehari

Sering diremehin tapi ini penting. Perhatikan waktu menyikatnya, waktu yang maksimal adalah setelah sarapan dan sebelum tidur. Kenapa? Karena kita tidur dalam waktu berjam-jam dan tidak melakukan aktivitas apapun yang bisa membuat kuman-kuman di mulut kesenengan kalo gigi kita tidak dibersihkan sebelum tidur. Dan nggak ada juga tuh dalem kamus kalo kita langsung sikat gigi abis bangun tidur pagi-pagi. Sarapan dulu kakak, baru sikatan. Ini udah saya praktekkan dari dulu banget, dari jamannya nabi daud masih pake celana alien street.

2. Pakai Dental floss

Dental floss atau benang gigi ini adalah salah satu senjata ampuh untuk gigi sehat, yang wajib ada di dalam genggaman kamu selain smart phone. Kalo saya seringnya pake dental floss sebelum tidur sama kalau ada makanan yang nyelip di gigi. Tapi sebetulnya fungsi dental floss ini bukan semata-mata untuk membersihkan gigi aja, tapi juga untuk menghindari terbentuknya plak ataupun karang gigi yang biasanya timbul dari sela-sela gigi karena adanya sisa-sisa makanan. Jadi, jangan jago rajut benang-benang asmara aja, tapi pakailah benang-benang itu di gigi. Gigi sehat, bersih, dapet jodoh deh!

ciptadent rawatgigiku

3. Minum Air Putih

Untuk kamu yang suka ngerokok, ngopi, ngeteh, makan makanan manis ataupun bertepung, biasakan minum air putih banyak-banyak setelah melakukan aktivitas-aktivitas tersebut. Karena mereka semua bisa bikin noda yang nempel di gigi, dan kalau ada sisa-sisa yang melekat sama gigi itu bisa menimbulkan karies gigi. Yang kalo gak diilangin cepet-cepet bikin gigi berlubang, keropos, dan rapuh. JREEENG! Gak mau kan gigi yang cuma satu-satunya itu ilang tanpa jejak?

4. Sikat Lidah

Hah? Sikat lidah? Iyes, sikatlah lidah kamu yang tidak bertulang itu. Dulu mah boro-boro kepikiran sikat lidah, sampai dokter gigi saya waktu kecil bilang “Ti, kalo lagi sikat gigi jangan lupa lidahnya disikat ya, karena banyak banget bakteri tinggal di lidah. Jadi meski giginya udah bersih, kadang masih nempel tuh sisa-sisa makanan di lidah.” Dan emang ngefek banget deh sama rasa segar di mulut. Kalo lidah gak disikat somehow mulut tetep bau gak enak, beda kalo udah disikat.. Lebih fresh dan banyak bunga-bunga! *tiduran ala Syahrini*

5. Kongkow sama dokter gigi

Minimal banget setahun 2x. Klise, tapi ini penting banget lho. Menurut website rawatgigiku.co.id, sakit gigi di Indonesia bisa bikin hilang waktu kerja rata-rata 4 hari setiap bulannya. Nahlo. Cari dokter gigi yang emang nyaman dan gak bikin kamu horor dan kena tekanan darah tinggi tiap mau ke sana karena harganya yang terlalu nguras kantong. Oh ya, kongkow sama dokternya di klinik ya, jangan di kafe. Apalagi di club malem.


 

ciptadent rawatgigiku

Bagaikan mengerti dengan habit saya dengan si gigi, kemarin Ciptadent ngirimin sepaket hampers yang isinya buanyag dan bisa dipake berbulan-bulan! Pas banget pasta giginya ada yang varian herbal, karena itu emang yang biasa saya pake. Ciptadent Maxi Herbal ini punya kandungan green tea yang baunya enak, mencegah gigi berlubang dan melindungi gusi. Ini salah satu varian barunya Ciptadent selain Ciptadent Maxi 12 dan Ciptadent Maxi White.

Btw fun facts, tahu gak kalo Ciptadent udah ada di Indonesia sejak tahun 1989? Udah 25 tahun aja kakak, udah waktunya lebih serius dalam menjalani hidup. Hihi.. Makanya Ciptadent juga udah punya website di SINI sebagai media untuk cerita-cerita tentang produknya, kegiatannya, sampe ada juga halaman untuk konsultasi dengan Ahli Gigi mereka. Masih dalam semangat berbagi juga, Ciptadent ngadain lomba yang salah satu hadiahnya adalah sepeda! Liat selengkapnya di SINI, atau twitter dan Facebooknya ya. Good luck!

 

© Pic

2 thoughts on “5 Tips Gigi Sehat dan Terawat

  1. rasehaM says:

    Ada yang untuk gigi sensitif nda?

    1. titiw says:

      Kalo ndak salah yang herbal deh seeng. Kan ada di rumah. Cobain dong.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now