Traveling

13 Fakta Menarik Tentang Bau-Bau Nan Semerbak

Thursday, 27 November 2014

Jika mendengar Sulawesi Tenggara, kebanyakan orang akan mengarahkan destinasinya menuju Wakatobi. Namun tahukah kamu bahwa ada kota bernama Bau-Bau di Pulau Buton yang cukup menarik disusuri jika ingin belajar kebudayaan, dan sejarah? Berikut 13 fakta Bau-Bau yang saya dapatkan ketika berkunjung ke sana.

1. Mengapa dinamakan “Bau-Bau?” Katanya dulu bangsawan Bugis yang datang ke pulau Buton mayoritas memiliki gelar “Andi Bau”. Mereka sebagai saudagar kapal menetap di dekat pelabuhan karena usaha dagangnya. Karena banyaknya nama “Bau” itu makanya daerah ini disebut Bau-Bau.

Pantai Kamali Bau-bau Sulawesi Tenggara (2)

Pantai Kamali di sore hari

2. Kok di Bau-Bau banyak kelihatan orang Ambon? Tetooot! Menurut orang-orang setempat, yang benar itu banyak orang-orang Buton yang merantau ke Ambon. Makanya ciri khas fisik mereka mirip.

3. Temukan Benteng Wolio, benteng terluas di dunia (401.911 m2) hanya 3 km dari kota Bau-Bau. Tulisan mengenai Benteng Wolio dapat ditemukan di >> Benteng Terluas di Dunia Itu Bernama Benteng Keraton Wolio

Benteng Wolio Bau-bau Sulawesi Tenggara (1)

Benteng Wolio

4. Taksi di sini tidak memakai argo, dan memakai hitungan zona. Dan merknya cuma satu, jadi jangan sok-sok milih-milih taksi. Yang ada nanti malah gak naek-naek. Kayak jodohlah, jangan terlalu lama milih-milih, ntar gak kawin-kawin.

5. Kota Makassar ada di Sulawesi Selatan, tapi di Bau-Bau ada Pulau Makassar. Dinamakan seperti itu karena konon banyak orang Makassar yang ditawan di sini  Lihatlah dari Simpangan kilometer 5, maka pemandangan akan pulau tersebut akan terlihat lebih jelas dan indah.

6. Nama jalan di Bau-Bau menggunakan aksara Wolio yang mirip dengan bahasa Arab.

Aksara Wolio Bau-bau Sulawesi Tenggara (4)

Aksara Wolio

7. Kalau di sekitar pusat kota nama jalannya memakai aksara Wolio, di Desa Karya Baru nama jalannya memakai huruf Hangeul. Itulah letak Kampung Korea! Tertarik ke sana?

8. Coba deh ke Pelataran Wantiro yang sedikit berada di atas pusat kota. Enak nongkrong di sana sambil lihat-lihat pemandangan dari atas sembari makan pisang goreng dicocol sambal. Bentuknya gede dan harganya cuma Rp 1.000

9. Mau berfoto dengan naga yang besar dan matanya merah menyala? Datanglah ke Pantai Kamali, pantai paling “megang” di Bau-Bau.

10. Dengan slogannya yang SEMERBAK (Sejahtera, Menawan, Ramah, Bersih, Aman & Kenangan), Bau-Bau pernah menerima penghargaan Adipura sebagai kota terbersih.

11. Wajib nyicip makanan semacam batagor yang berbahan dasar ikan bernama Pentol. Biasa dijual di depan kampus atau di dekat pantai Kamali.

12. Ke mana-mana sungguh asyik naik becak motor (bentor) yang bertarif Rp 5.000 jarak jauh-dekat. Itu tapi tahun 2011, kalau sekarang jadi Rp 10.000 kali ya. :D

Bentor Bau-bau Sulawesi Tenggara (4)

Bentor

13. Jika ingin wisata Pantai, bertolaklah ke Pantai Nirwana, pantai jernih yang dapat ditempuh sekitar 15 menit (7 km) dari pusat kota. Di sini juga kamu bisa melihat budidaya rumput laut. Saya baru tahu kalo rumput laut itu ketika dikeringkan bisa berwarna ungu kehitaman!


Ada lagi yang dapat menambahkan fakta-fakta tentang Bau-Bau? Drop your comments below dan akan saya tambahkan di tulisan ini. Happy traveling! :)

11 thoughts on “13 Fakta Menarik Tentang Bau-Bau Nan Semerbak

  1. rasehaM says:

    Waaaahh kotanya bersih banget! Layak dapet Kalpataru!

    1. titiw says:

      Iyaa.. Bener-bener bersih sih sih gitu..

  2. Adin says:

    that is my lovely town

    1. titiw says:

      U have a lovely little town. :)

  3. David Baus says:

    I love U Baubau..,saya bangga menjadi orang Baubau Buton Wolio Makesana

    1. Vie says:

      Saya juga sebagai pengunjung sangat takjub melihat pandangan dsni..

      1. titiw says:

        Wah kapan ke Bau-bau nih? Apa yang paling disuka di sana? :)

    2. titiw says:

      Senangnya jadi orang Bau-bau :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now