Traveling

First Trip in 2015: Manado, Jo!

Tuesday, 6 January 2015

sam-ratulangi-manado

Hasil berburu tiket di Garuda Ticket Fair beberapa bulan lalu membawa hasil yang asoy. Tiket Garuda PP Jakarta – Manado dijual sekitar 1,2 jutaan saja. Padahal biasanya mah harga segitu Lion Air juga susah dapetnya. And this lucky bastard chose Manado to be her first trip in 2015! Kenapa Manado? Pertamanya Mahe mau milih Ternate, tapi dengan trip 4 hari yang nanggung, kami harus mikir-mikir dan bikin itinerary yang bener. Akhirnya kami memutuskan untuk ke Manado saja. Setidaknya pulau Sulawesi adalah pulau kampung halaman saya yang jong celebes tepatnya Makassar.

Itinerary saya serahkan sepenuhnya ke suami, dan untungnya di tanggal 1 – 4 Januari 2015, sohib ACI kami Regy Kurniawan sedang ada di Manado. Karena kami juga berwacana ingin diving, saya pun maksa-maksa Audrey Jiwajennie sang diver kebanggaan kita semua untuk ikut dan menemani saya discovery dive. Pertamanya doski males, tapi akhirnya luluh juga. Sebenernya sih bukan karena saya, tapi karena ada oknum yang bayarin tiket pesawat. Cih.

Penerbangan pagi dari Cengkareng Alhamdulillah lancar. Check in santai gak pake ngantri karena tiba-tiba mbak-mbak Garuda nyuruh saya antre di tempat ngantri yang Sky Priority. Sepertinya muka saya udah pantes jadi istri pengusaha batubara sehingga dianggep punya kartu sky priority. Di atas pesawat selama 2 jam 40 menitan juga gak terlalu gemana-gemana kayak biasa karena tertolong flight entertainmentnya Garuda yang bikin saya lupa sama turbulence yang biasa bikin saya ndredeg. Maklum, saya traveler cupu yang sebenernya takut naik pesawat. Surprisingly, Manado cukup cerah selama saya di sana. Padahal sebelumnya ada di berita bahwa Manado terkena banjir dan hujan badai. Ah, Tuhan memang maha baik kepada umatnya yang niat traveling dan berbagi hasil tripnya di blog.

Sebelum detail-detail, saya mau berbagi itinerary sederhananya dulu ya, ngapain aja sih kemarin kita di Manado?

Day 1

  • Kongkow di daerah Malalayang makan Tinutuan, Jagung manis sambal roa, pisang goreng, dengan view laut dan pulau manado tua sambil berghibah
  • Sowan ke makan Tuanku Imam Bondjol di Pineleng
  • Hiking menuju air terjun Kali, masih di Pineleng
  • Menuju Tomohon untuk lihat Bukit Kasih dan Pasar Tomohon. Tapi karena gak keburu dan gak tega liat binatang digantung-gantung jadinya ke Danau Tondano aja.
  • Wisata Kuliner di boulevard dekat danau Tondano, namanya Warung Baasap.
  • Nginep di Aston hasil diskon dari pegipegi.com

Day 2

  • Makan di kawasan kuliner Tinutuan Wakeke
  • Menuju salah satu pantai paling megang di Manado, pantai Lihaga
  • Lunch nasi kuning daun woka
  • Nginep di Novotel gak lupa sumbang lagu dengan homeband *sades*

Day 3

  • Sewa alat-alat selam di manado Dive Community (MDC)
  • Diving 2x di Bunaken. Spot 1 Pangalisang, spot 2 Fukui
  • Makan di warung makan dekat Bastianos Dive Resorts. Harga terlalu pricey
  • Beli oleh-oleh di Merciful Building, pusat oleh-oleh 24 Jam
  • Makan malem KFC ampe mabok

Hari ke-empat sebenernya gak bisa diitung sih karena kita punya tiket pulang super pagi yaitu jam 6.15. Hamdallah lagi perjalanan lancar meskipun berangkat 30 menit sebelum boarding dari hotel. Yah namanya juga sama Regy si orang daerah, semua harus rada drama kalo jalan-jalan sama dia. Buktinya aja, di bandara tempat check-in udah nguler. Saya dengan pedenya masuk line Sky Priority meskipun akhirnya dikasih tampang asem mbaknya karena ngeliat kartu Garuda saya masih yang blue.

Di pesawat, dapet tempat duduk seat 46 yang palinggg belakang. Bawaannya deg-degan karena suara flush di toilet saya kira suara mesin. Udah gitu jadi bauuu karena deket WC. Muahaha. Yah, kurang lebih seperti itulah perjalanan Manado saya. Detailnya akan diterbitkan di postingan yang terpisah ya. Kalo kamu, liburan akhir tahun kemarin ke mana aja nih? Let’s share and happy traveling! :)

16 thoughts on “First Trip in 2015: Manado, Jo!

  1. rasehaM says:

    Kamu selalu cantik ya sayang. Semoga trip berikutnya seru lagi ya. Aamiin.

    1. titiw says:

      Kamu lg kesambet ya seng? x)) Aamiin..

  2. Fahmi says:

    Beruntung banget! dapet tiket pesawat PP Jakarta – Manado 1,2 jutaan. Kemarin pas terios 7 wonders mampir doang di manado, nggak sempet tengok sana sini :( nanti pasti maen ke manado lagi nih! Ditunggu tulisan yang lain kak :D

    1. titiw says:

      Hooh kak. Biasa aja Garuda bisa sejutaan cuman bolak doang belon balik. Siaaap lagi diproses tulisan lainnya :)

  3. nonadita says:

    Liburan akhir tahunku di ibukota ajhya. Garing pisan.

    Waktu ke Manado dulu itu, pengen banget liat langsung tarsius. Tapi baru kesampean di Belitung.

    1. titiw says:

      Ya ampyun nondiiittt apa dikabar? Lama banget ddeh kamu gak berkunjung ke sini! Ibukota ini means bogor atau jekardah kak? Kemaren jg mau liat tarsius tp HTM taman nasional mahaal huhu

      1. windi says:

        iya,, mahal bingits tiket masuk TN.Tangkoko.
        skrng harganya 170rb/orang.. blom lagi mobil..

        tapi kalo beruntung bisa ketemu tarantula sama cuscous (ras marsupilami)

        1. titiw says:

          Iya, kemaren kata temen aku juga segituan. Hahahaha, mau sih segitu asal masuk sana bener2 langsung liat makhluk2 ituu x)

  4. Foto kamu yang mejeng di airport, caem banget kak. Istri capaaaa cih? Hahahahaa.. Suaminya udah komen pertamax!

    Asik dikasih contekan itinerary! Jadi kepingin ke Manado lagi.
    Aku awal tahun (bener2x tgl 1 Januari), ke candi Sambisari. Menarik, walaupun kunjungannya singkat sekali.

    1. titiw says:

      Hahaa.. ini juga itinerary abal2 kak gak detail banget. Sambisari di mana euy? Kemaren banget tgl 1 inih?

  5. Catherine says:

    Hallo Titiw, terima kasih untuk posting nya. Saya kebetulan sedang survey tempat pariwisata di Manado untuk liburan summer nanti. Saya lihat kamu juga pergi ke pulau Lihaga & diving di Bunaken. Apa ada tempat pelesiran lain yang kamu bisa sarankan di daerah sekitar Manado / Tondano / Tomohon ? Kami akan tinggal 8 hari disana. Kami lebih memilih tempat yang tidak terlalu komersial / penuh tourist & juga bisa untuk edukasi anak2 saya supaya bisa mengenal budaya indonesia. Terima kasih. Salam dari jauh.

    1. titiw says:

      Bisa juga ke ke Kuburan Tuanku Imam Bonjol dan Air terjun Kali. 2 tempat ini berdekatan, di daerah Pineleng. Untuk yang lain saya kurang tau karena kemarin 3 hari di Manado cuma ke situ saja. Mungkin bisa tanya2 teman saya yang orang manado di blog regykurniawan.com :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now