Traveling

7 Tips & Trik Atur Budget Ke Luar Negeri

Friday, 30 January 2015

Tahu Cita Cinta?  Majalah yang membahas tentang lifestyle untuk anak kuliahan hingga orang kantoran itu lho. Setelah menjadikan saya narasumber untuk tulisan “Tips bermain hashtag di social media“, sekarang mereka juga meminta saya jadi narasumber untuk tulisan yang berhubungan dengan traveling sekaligus finansial. Judul di majalahnya adalah “Bujet Tepat Traveling Nyaman“.

Yep, uang bisa jadi masalah paling penting dan juga genting di dunia per-traveling-an. Masalah finansial sering menghambat kita khususnya ketika melakukan perjalanan ke luar negeri. Belum lagi gambaran menghadapi situasi darurat finansial saat berada di negeri orang. Padahal itu semua bisa dihindari jika kita memiliki persiapan matang dan managing budget yang tepat. Makanya simak yuk beberapa trik mensiasati budget traveling kamu, di bawah ini!

1. DANA PERSIAPAN

Sebelum berangkat traveling, persiapkan finansial dengan baik. Pastikan kamu menyiapkan dana untuk tiga hal paling krusial berikut; tiket pesawat, penginapan, dan transportasi lokal. Lakukan persiapan sejak jauh-jauh hari setelah menentukan tanggal keberangkatan yang diinginkan. Lebih cepat dipersiapkan, kemungkinan berhemat akan lebih besar.

  • Tiket Pesawat
    Sebelum membeli tiket pesawat lakukan simulasi terlebih dulu, satu per satu dari berbagai maskapai penerbangan. Tujuannya untuk mendapatkan harga terbaik. Jangan langsung tertarik dengan harga promo, perhatikan harga pijat plus-plus, termasuk, bagasi, asuransi, konsumsi dalam pesawat, dan sebagainya. Terkadang harga tiket pulang-pergi (PP) promo pun tidak selalu sama. Cek pula harga tiket pesawat yang melakukan transit ke satu negara sebelum melanjutkan ke negara tujuan. Sering kali harga direct flight dari lokasi awal langsung ke negara tujuan jauh lebih mahal dibanding penerbangan transit.

  • Penginapan
    Saat ini sudah banyak situs penyedia jasa reservasi online yang cukup akurat. Kita bisa melihat review penginapan beserta keterangan harga, foto, dan testimoni untuk dijadikan pertimbangan. Situs reservasi online pun sering memberikan potongan harga. Namun perhatikan juga lokasinya, ya. Jangan sampai hemat biaya penginapan, tapi uang terkuras habis untuk transportasi karena terlalu jauh. Kalo saya seringnya lihat di Agoda, tapi telpon juga ke penginapannya karena bisa jadi harga yang diberikan saat kita telpon lebih murah daripada di Agoda atau booking.com.
  • Transportasi Lokal
    Jika berkunjung ke negara-negara yang sudah maju moda transportasinya, manfaatkan MRT atau subway untuk jalan-jalan dalam kota. Kita bisa mengakses situs MRT atau subway tersebut untuk menentukan dan memetakan tempat tujuan serta tentu saja mengetahui ongkosnya. Kalo akan bolak balik dan memakai transportasi yang sama, beli saja tiket terusan yang seringnya lebih murah.

2. DANA UNTUK PRIORITAS KE-DUA

Selain tiket pesawat, penginapan, dan transportasi lokal, kita juga wajib perrhatikan dana lain pas traveling. Misalnya:

  • Tiket Masuk Objek Wisata
    Supaya nggak kena “tembak” harganya kayak turis, cari tahu dulu info tentang harga tiket obejk wisata yang akan kamu kunjungi. Banyak kok travel blog yang nyantumin HTM objek-objek wisata. Tapi cek dan ricek lagi tahun berapa blogpost itu dibuat biar gak salah catet.
  • Kegiatan Wisata
    Caving, diving, snorkeling, nungging ataupun beberapa water sport lain biasanya makan budgetyang lumayanan nih. Kalo emang tujuan traveling kamu memang untuk mencoba kegiatan tersebut, maka kamu harus prioritasin budget ini, bahkan di atas budget untuk makan.
  • Belanja
    Nih biasanya wece-wece paling ribeeet pengen belanja. Inget, pikirin baik-baik apakah barang itu emang butuh atau laper mata doang? Siapa tahu barang itu ada di Indonesia dengan harga yang sama. Jangan sampe juga perhitungan salah sehingga quota bagasi pesawat kelebihan dan terpaksa keluar duit lagi. Supaya lebih hemat, belilah jumlah yang banyak sekaligus di satu toko, siapa tau jadi bisa ditawar. Belanja di satu tempat kayak gini juga demi tercapainya sebuah efisiensi waktu. Kalo mau lebih sedep, coba deh belanjanya di flea market macem pasar Chatucak di Bangkok.

3. DANA YANG DIBAWA

Buatlah estimasi kasar dana yang dibutuhkan selama traveling sesuai itinerary yang disusun. Saya sarankan, sebaiknya sediakan uang lebih dalam bentuk dolar Amerika sekitar 70% dari perkiraan budget. Dolar Amerika merupakan mata uang yang liquid dan mudah ditukarkan di negara mana pun. Jika tersisa pun akan mudah ditukarkan kembali ke rupiah.

travel jar

 

4. KUNCI BERHEMAT DI LUAR NEGERI

  • Riset, riset, riset 
    Riset bisa dari browsing, website-website traveling, ataupun tanya langsung sama travel blogger yang kamu kenal. Kalo udah risep segenap tenaga dan upaya, baru deh menentukan hal-hal lain. Berikut nih ada list website traveling yang mungkin kamu belum tahu tapi guna banget.
  • Pergilah saat low season
    Udah jelas kan kenapa? Sama aja kayak kamu, kalo lagi cakep-cakepnya pasti lebih jual mahal daripada pas lagi bapuk. *eh kenapa begini ya*
  • Ngetriplah berjamaah
    Karena kalo solo trip ini biasanya makan lebih banyak biaya. Costnya gak bisa sharing, terus kalo nyewa segala hal harus bayar sendiri. Kecuali kamu udah solo travel expert yang biasa join sama orang yang baru kenal.
  • Siasati waktu tidur dengan transportasi
    Misalnya gini, kalo kita pindah-pindah kota untuk perjalanan darat yang lumayan panjang, kita bisa manfaatin bus malam sehingga gak perlu lagi nyewa penginapan.
  • Bawa makanan sendiri
    Abon-abonan dan rendang adalah beberapa makanan yang lumayan awet beberapa hari. Jadi kalo bawa beberapa makanan itu dari rumah siapa tau bisa menghemat toch, misalnya dengan cara cuma beli nasinya aja atau minumnya aja. Atau ketika mau piknik ke pantai jajan dulu ke minimarket biar gak harus beli-beli minuman yang harganya udah dimahalin pake banget di tempat-tempat wisata. *kelas menengah ngehek rules!*

  • Ikut komunitas
    Couchsurfing mah udah pada tahu ya, tapi komunitas di sini maksud saya adalah network-network kamu. Misalnya aja saya gabung di Travel Blogger Indonesia, bisa jadi ini mempermudah ketika saya bisa numpang nginep di rumah salah satu member yang tinggal di tempat yang saya kunjungi. Gak harus komunitas travel, tapi sering-seringlah jalin silaturahim yang baik.

5. POTONG BUDGET

Untuk hemat biaya traveling di luar negeri, tekanlah budget di beberapa pos seperti pos makan dan belanja karena dua pos itu yang paling adjustable. Istilahnya gini, harga HTM objek wisata gak bisa ditawar kan? Tetapi, kita bisa banget “menawar” hasrat makan kita yang pengennya steak diganti jadi ati ampela ajah.

6. TUNAI ATAU KARTU KREDIT?

Sebelum menggunakan uang, tilik jumlah yang dikeluarkan. Apakah masih masuk budget di hari pertama, masih akan sisa di hari kedua, dan seterusnya. Itinerary dengan kisi-kisi pengeluaran yang rapi akan sangat bermanfaat di sini. Perhatikan pula bunga dan nilai tukar rupiah saat itu. Saat traveling, sebaiknya gunain uang tunai sebagai transaksi harian karena penggunaan kartu kredit cenderung gak terkontrol. Beberapa temen saya bilang kalo tagihan kartu kreditnya membengkak saat traveling, ini bisa aja terkait dengan nilai tukar mata uang atau biaya-biaya administrasi lainnya. Tapi hati-hati juga bawa uang tunai yang banyak. Kita sebagai turis Asia sering jadi sasaran empuk copet di sana karena memang sering bawa uang tunai ke mana-mana.

7. TAMBAH PEMASUKAN

  • Pre Traveling
    Menabung ya udah tentu. Tapi ada hal-hal yang bisa hasilkan duit cepat tanpa harus menabung bertahun-tahun yaitu adain garage sale. Garage sale ini gak harus offline, bisa aja jual barang-barang preloved kamu di Facebook atau Instagram. Ada juga nih tips saya yang pernah sukses, yaitu kasih “proposal singkat” ke hotel atau restoran yang akan kamu kunjungi kalo kamu akan ke sana dan bersedia mereviewnya di blog kamu dengan timbal balik nginep atau makan gratis. Malu-maluin? Ih, hari gini mah kita jemput bola, neng! Just have a shot guys, cuz I had and it worked! ;)
  • Saat Traveling
    Kadang ada saat-saat di mana perhitungan kita mungkin gak cocok dengan budget yang sudah disiapkan. Teman saya pernah ke Perancis dan tiba-tiba kurang uang. Dia beraniin diri masuk ke sebuah toko buku untuk volunteer bantu-bantu di sana dan si toko mau loh ngasih dia sejumlah uang yang emang gak gede tapi bisa buat makan sehari-hari. Again, just have a shot! :)

Itulah 7 tips dan trik saya sebelum, dan saat ke luar negeri. Emang sih trip luar negeri saya baru ke Asia aja, tapi siapa tau ada rejeki untuk ke Eropa atau negara-negara lainnya tahun ini dengan persiapan saya yang udah lumayan mumpuni. Thanks for reading, kalo ada yang mau kasih tips lain boleeeh banget ditaro di komen yaa. Happy traveling!

© Jar Pic

PS: Tulisan dimuat di majalah Cita Cinta no.21/XV. 20 Oktober 2014 dengan banyak penyesuaian untuk blog ini. :)

11 thoughts on “7 Tips & Trik Atur Budget Ke Luar Negeri

  1. rasehaM says:

    Wah bermanfaat bgt postingannya! Tp sedih lihat IDR babak belur sama USD kaya gini.

    1. titiw says:

      Iya kak. Euro noh yg lagi turun. Apa kita nge yurotrip aja yaaak

  2. Mol says:

    Nice post! Mungkin yang perlu diperhatikan juga, walau terdengar agak remeh, tabungan khusus untuk traveling. Dengan memisahkan rekening ini, harapannya bisa meminimalisir “gangguan” terhadap komitmen awal, seperti menarik uang untuk jajan atau belanja hal-hal yang kurang urgent.

    1. titiw says:

      Iya ya. Kadang orang cuma bilang nabung tapi gak tabungan kepisah. Gak harus nomor rekening kepisah sih. Asal “amplop” kepisah. Itu udah aku dan suamiku jalankan setahun ini. Thanks buat remindernya ya :)

  3. cK says:

    Wah tipsnya emejing! Pengen ke Jepang tapi harga tiketnya belum bersahabat. T__T

    1. titiw says:

      Iyah aku juga pengiiin bingits Japon. Kapan2 sapa tau kita bisa jalan bareng neeeng :3

  4. Fahmi says:

    setuju sama masalah “proposal singkat”, terutama buat blogger :D lumayan membantu buat mengiriti biaya akomodasi~ bisa dialokasikan buat jajan deh :D

    1. titiw says:

      Hidup brief proposal! :))

  5. Terima kasih tipsnya sangat membantu buat saya. tapi sayangnya dananya tidak bersahabat ya.

    1. titiw says:

      Apanya yang tidak bersahabat kak? Ke luar negeri? Tergantung apa yang digantung kok. Kadang2 ke daerah di Indonesia malah lebih mahal daripada ke luar negeri. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now