Traveling

Mari Kita Berkunjung Ke Tanjung Lesung

Wednesday, 18 March 2015

Mendengar Jababeka Tanjung Lesung, apa yang ada di pikiran kamu? Kalau saya: pantai, banten, resort, Anyer, Ujung Kulon. Tapi sebenernya di mana dan ada apa sih di Tanjung Lesung yang katanya Marischka Prudence adalah Bali van Banten itu?

Di manakah Tanjung Lesung berada?

Terletak di Desa Tanjung Jaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang, Banten, Tanjung Lesung merupakan daerah yang terletak di sisi paling Barat pulau Jawa. Dari sini, ada beberapa objek wisata yang tidak terlalu jauh yang dapat disambangi seperti Anak Gunung Krakatau, Pantai Carita, Pulau Umang, Taman Nasional Ujung Kulon, hingga Pulau Peucang. Itulah mengapa Tanjung Lesung juga disebut-sebut sebagai “Culture Heritage” di Indonesia.

Kenapa harus Tanjung Lesung?

Dengan luas sekitar 1500 hektar, Tanjung Lesung baru saja dicanangkan sebagai kawasan ekonomi khusus pariwisata oleh Presiden Joko Widodo bulan lalu. Saat pencanangan tersebut, Tanjung Lesung digadang-gadang akan menjadi Desain Induk Pariwisata Kota Air Tahun 2020 seperti di Venesia, Italia. Di sini, PT Jababeka Tbk mendapat mandat untuk mengembangkan Tanjung Lesung menjadi kawasan terpadu wisata melalui Peraturan Pemerintah (PP) No 26/2012.

Nantinya, di dalam kawasan tersebut akan dibangun berbagai fasilitas pariwisata seperti hotel, villa, Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata, Marina terbesar se-ASEAN, Air strip (landasan pesawat), kawasan konservasi binatang, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa akan dibuat pula jalan tol Serang – Panimbang, agar jarak yang cukup jauh dari ibukota (4-5 jam), dapat lebih dipersingkat lagi dan memudahkan masyarakat untuk mencapainya.

tanjung lesung

Itu kan masih wacana, kalo yang sekarang ada di Tanjung Lesung apa?

Buanyaaaag. Pake huruf U, pake huruf G. BUANYAG. Di Tanjung Lesung Resort sendiri ada Villa Kalicaa yang disewakan dan dijual, hotel dengan berbagai ukuran dan jumlah kamar, kolam renang infinity yang asoy buat main polo air, fasilitas meeting – outing – olahraga, water sport activities, dan restoran yang makanannya endes-endes. Sedangkan di sekitarnya terdapat pula Desa Budaya Cikadu dimana kita bisa melihat perkebunan salak dan pusat kerajinan lampu, hingga Pulau Liwungan yang instagrammable untuk dikunjungi.

Tanjung Lesung

Aktivitas paling seru di Tanjung Lesung: MAEN AER!

Bagaimana sih cara mencapai Tanjung Lesung?

Jarak Jakarta – Tanjung Lesung kurang lebih 160 kilometer dengan waktu tempuh 3 – 4 jam dengan mobil pribadi. Rute yang disarankan: lewat Pandeglang, dimulai dengan mengambil jalan tol Jakarta – Merak, keluar di Serang Timur. Jika sudah lewat kota Serang, lanjut ke arah Pandeglang dan Labuan yang nantinya akan bermuara di Tanjung Lesung.

Ada satu lagi alternatif untuk lewat Anyer. Untuk itu, silakan pilih rute jalan tol Jakarta – Merak, dan keluarlah di gerbang tol Cilegon. Perjalanan dapat dilanjutkan dengan memandangi rayuan pulau-pulau kelapa di sekitar Anyer – Carita, lanjut ke Labuan, yang mana akan sampai jua di Tanjung Lesung. Namun hati-hati kalau musim liburan, daerah sini sering padat dengan kendaraan. Bagaimana jika naik kendaraan umum? Nanya-nanya orang sana sih, naik bus aja dulu yang ke arah Labuan, baru lanjut ojeg ke Tanjung Lesung. Ah, jadi inget perjalanan Sawarna yang selalu mengandalkan kang ojek. :’)

Itu baru perkenalan tentang Tanjung Lesung. Segala aktivitas seru dan hore-hore di sana bakal tayang di blog ini juga *pastinya* gak lama lagi. Stay tuned and happy traveling!

Senja Tanjung Lesung

Senja Tanjung Lesung

Tanjung Lesung 
Phone: 62 21 572 7345
Fax: 62 21 572 7221
Email: info@tanjunglesung.com
Menara Batavia Lt 25
Jl. K.H Mas Mansyur Kav 126
Jakarta 10220

27 thoughts on “Mari Kita Berkunjung Ke Tanjung Lesung

  1. Michael says:

    Cakep banget senjanya. Jaraknya yang gak begitu jauh dari Jakarta, cocok kayaknya buat short gateaway! :D

    1. titiw says:

      Siapin aja 2 malam kak. Nanggung kalo cuma semalem soalnya :D

  2. vira says:

    hihi..foto pertama kita mirip! cuma kalo aku yang babi utan :))

    1. titiw says:

      IYaaah! Untung fotonya yang mirip, bukan kitanya yang mirip sama foto ini.. x)

  3. rasehaM says:

    Di sana cuma ada 1 resort atau banyak pilihan? Kalo resort yg katiw inap rate standarnya berapa ya? Thanks.

    1. titiw says:

      Ada beberapa pilihan. Kalo di tempatku ini jatohnya hotel. Tapi ada juga villa. Bisa dkilihat rate selengkapnya di http://tanjunglesung.com/ kakaaak

  4. HM Zwan says:

    uwaaa bagus banget tempatnya…^^
    salam kenal^^

    1. titiw says:

      Salam kenal kak HM :D

  5. Catur says:

    i have booked the place for two nights! cant waitt!! makasih infonya kakak!

    1. titiw says:

      Whoa, really? When do you get back to Jakarta? Eh ini catur SMA kan? :)) Have a pleasant stay!

      1. catur says:

        Hahah.. Catur sma kesannye tua ajeh,.. Iye tiw, skarang lg di manado,.. Tanggal 13 cus ke tg lesung! Good to know things in advance.. Thanks to titiw.com

        1. titiw says:

          Wih kalo lagi di Manado jangan lupa WAJIB BANGET ke Pantai Lihaga tuuuurrr.. COba lihat di sini deh >> http://titiw.com/2015/02/09/pulau-lihaga-manado-tempat-muda-mudi-bersalto/ Cakeep panteninyaaa

  6. Putriana says:

    Kalo gak salah ini masih dalam tahap pengembangan yah mba… Kalo saat ini masih main di pantai aja kali yah mba untuk wisatanya. Belum ada yang lain yang menarik mba?

    1. titiw says:

      Untuk KEK (kawasan ekonomi khusus) pariwisata emang akan didevelop lagi kak. Tapi untuk hotel dan villa serta beach club sih sudah ready ya

  7. Arie Okta says:

    informasinya bermanfaat sekali kak, terimakasih ya :)

    1. titiw says:

      Sama2 kak Arie :)

  8. TripID says:

    tanjung lesung alternatif buat main air yang tdk bgtu menghabiskan waktu dari jakarta, itu yang main di kolamm lucuuuuuu

    1. titiw says:

      Maksudnya aku kaaak yang lucu? Aheeeey maacih yaaa x)

  9. nadi says:

    Kalau naik motor berapa jam perjalanan’a dari Jakarta Tanjung lesung

    1. titiw says:

      Wah, maaf kak saya kurang tahu kalau naik motor. Mungkin ditambahkan sekitar 1-2 jam yaa :)

  10. yaumi says:

    Tanjung lesung indah , saya sering kesana setiap bulan dgn kendaraan motor atau mobil pribadi hehe

  11. abdurrochman says:

    D’SQUAD GAJAH TUNGGAL H-14 menuju tanjung lesung

  12. Zalfha says:

    Jadi lebih deket lewat jalur mana kak kalo dr Tangerang?? Jalur Pandeglang atau Anyer??

    1. titiw says:

      Tergantung kak. aku waktu itu sih lewat Anyer, lebih mulus jalanannyaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now