Traveling

9 Wacana Yang Bisa Dilakukan di Palembang

Tuesday, 24 March 2015

Palembang. Ada apa sih selain jembatan Ampera dan Pempek? Ternyata banyak yang bisa diexplore di kota Pempek ini asal kamu mau meluangkan waktu untuk jali-jali ke sana sini. Buktinya saja saya hanya sowan 1 malam di sana namun bisa mendapatkan 9 hal seru yang nggak semua orang pernah lakukan. Langsung deh saya jelaskan 9 hal tersebut di bawah ini:

1. Sarapan di Resto Wangi Ketan
Iya, nama restonya nggak salah, “Wangi Ketan”. Mengapa ketan? Ketan adalah makanan khas dari Ogan Ilir yang biasa disajikan ketika Lebaran. Tujuan dibuka resto ini juga agar ketan dapat diangkat tidak sekadar sebagai makanan daerah tertentu dan waktu tertentu, tapi juga dapat dimakan di manapun dan kapanpun. Menjual beragam makanan ketan dengan topping manis dan asin, Wangi Ketan terletak di Jl. Bidar No. A7 Kampus Palembang, dengan waktu operasional pukul 07:00 – 22:00 wib.

Tips: Kalau mau makan yang asin, pilih ketan sup ayam, kalau yang manis ketan durian. Be prepared karena porsinya buanyak.

Resto Wangi Ketan

2. Mengunjungi Museum Balaputra Dewa
Museum nasional merupakan objek wisata yang sudah hampir pasti ada di kota-kota besar, begitu pun juga di Palembang yang memiliki museum Balaputra Dewa. Ada apa saja di museum ini? Ketika saya berkunjung, ternyata ada resepsi pernikahan di bagian auditoriumnya, yang berarti ruangan ini bisa disewakan. Selain itu ada 3 ruang pameran, Galeri Melaka, dan 1 ruang pameran khusus. Di tengah-tengah museum tampak taman yang cantik, arca, serta patung-patung peninggalan Sriwijaya yang sayangnya terlihat kurang terawat. Problem klasik khas museum.. Cobalah ke belakang museum, kamu akan disambut oleh Rumah Limas, rumah adat Palembang. Museum berada di Jl. Srijaya, km 5 Palembang, dengan HTM Rp 2.000 (umum), dan Rp 1.000 (pelajar & anak-anak)

Tips: Jangan lupa foto ala uang Rp 10.000 di bagian Rumah Limas

Museum Balaputra Dewa

3. Foto-foto di Jembatan Ampera
Katanya sih belum sahih ke Palembang kalau belum foto dengan latar belakang Jembatan Ampera (AManat PEnderitaan RAkyat). Dibangun pada tahun 1962, jembatan yang sebelumnya bernama Jembatan Bung Karno tersebut dibuat dengan biaya Rp 4.500.000 (kala 1 dollar = Rp 200), dibantu oleh tenaga ahli Jepang. Dulunya, badan jembatan ini bisa diangkat ke atas agar tiang kapal yang lewat dibawahnya tidak tersangkut badan jembatan. Namun seiring waktu hal tersebut dihentikan karena terlalu mengganggu kelancaran lalu lintas. Selengkapnya tentang Jembatan Ampera bisa dibaca di SINI 

Tips: Mendingan foto-foto jembatan di malam hari ajah agar keliatan warna-warni

Jembatan Ampera Palembang

4. Main-main ke Stadion Jakabaring
Ada yang tahu nama asli stadion kebanggan Palembang ini? Namanya Stadion Gelora Sriwijaya. Dibuat tahun 2001 dalam rangka menyambut PON 2004 di Palembang, stadion Jakabaring juga merupakan stadion utama SEA Games 2011 di Palembang, sekaligus markas dari klub bola Sriwijaya FC. HTM Rp 10.000 (mobil), Rp 5.000 (motor)

Tips: Stadion Jakabaring cuco buat yang mau jogging-jogging santai di pagi dan sore hari, ataupun sekadar melepas lelah dengan jajan-jajan makanan gerobak di pinggir danau tempat olahraga jetski.

Stadion Jakabaring

5. Naik Kapal Kayu ke Kampung Kapitan
Kampung Kapitan sebenarnya adalah nama kampung Arab, sekaligus nama restoran apung yang terletak di seberang Benteng Kuto Besak. Untuk menuju restoran ini, bisa booking ataupun datang ke KBTR (Kuto Besak Teater Restoran). Nantinya kita akan diantar oleh kapal khusus ke Kampung Kapitan ini.

Tips: Coba kangkung tauco dan ikan pindangnya. Joss! Jangan lupa foto-foto dengan latar belakang jembatan Ampera.

Kampung Kapitan

6. Makan Mie Celor
Kuahnya yang kental. Mienya yang legit. Bawang gorengnya yang nikmat. Kesemuanya itu membentuk makanan bernama mie celor yang merupakan salah satu kuliner khas Palembang yang wajib dicoba . Digadang-gadang sebagai pembuat mie celor paling megang, Mie Celor 26 H.M Syafe’i dapat kamu temukan di JL. KH A. Dahlan No. 2, Pasar Ilir.

Tips: Banyakin bawang gorengnya dan pake kerupuk!

Mie Celor 26 Palembang

7. Melihat Al-Quran Terbesar di Dunia
Al-Quran itu bernama Al Akbar, Al Quran terbesar di dunia dalam kategori pahatan. Dipahat di atas kayu pohon tembesu (trembesi), 30 juz ayat Al-Quran dituangkan dalam 315 lembar kayu dengan dana 2 milyar. Digagas oleh Sofwatillah Mohzaib, wong kito galo aseli, Al Quran ini dibuat dari tahun 2003 – 2008 dengan didanai oleh para donatur dan alim ulama SumSel. Tebalnya termasuk sampul sampai 9m, sedangkan ukuran halamannya 177 x 140 x 2,5 cm. Cara membacanya seperti membaca Quran biasa, namun jika sudah sampai bawah, jangan langsung membaca halaman di sebelahnya, namun putar halaman tersebut. Yes, halaman Quran ini bisa dibolak balik sehingga menghemat tempat.

Di mana sih tempat dipajang Quran Al Akbar? Alamatnya tidak jauh dari Jembatan Musi 2 Palembang, yaitu di Jalan Pangeran Sido Ing Lautan Lrg Budiman, No 1009 Kelurahan 35 Ilir Palembang, ke arah Gandus. Jangan ragu untuk masuk sebuah rumah yang nampak seperti rumah pribadi karena Al Quran Al-Akbar memang dipajang di rumah Sofwatillah Mohzaib. Namun karena kendala dana, baru 15 jus saja yang terpasang, dan 15 jus sisanya masih diletakkan begitu saja. HTM: Rp 5.000

Tips: Pakai alas kaki yang gampang dilepas karena untuk jalan-jalan lihat bagian dalam harus lepas sepatu/sandal

Al Quran Al Akbar

8. Makan & Bawa oleh=oleh pempek
Ini udah pasti nggak sih? Gak usah dipertanyakan. Rata-rata restoran pempek sudah sipa untuk acara bungkus membungkus bahkan hingga proses pengiriman kalo kita gak mau ribet-ribet untuk bawa berat-berat. Yang tenar ada pempek Candy, pempek Vico, dan masih banyak lagi.

Tips: Kalo mau alternatif yang lebih murah dan rasanya lumayan, coba deh Pempek Sentosa di Jl. Plaju.

Pempek Sentosa

9. Foto Ala uang Rp 10.000
Nah, ini penting. Foto Sultan Badaruddin 2 yang merupakan nama bandaranya, juga foto bersama Rumah Limas. Jadi sediakan uang Rp 10.000 ya.

Tips: Foto Sultan ada di Bandara, foto Rumah Limas ada di Museum Balaputera Dewa

sultan badaruddin 2

 

Itulah 9 hal yang bisa kamu lakukan di Palembang. Ketika saya di sana, sinyal sih tidak menjadi masalah untuk upload-upload foto ke social media. Menurut mas-mas guide, Indosat sudah makin marak digunakan dan cukup kencang karena adanya modernisasi jaringan Indosat secara nasional. Maklum, kebutuhan orang-orang yang memakai layanan data kan juga semakin meningkat. Itulah kenapa Indosat makin meningkatkan kualitas, kapasitas dan cakupan jaringan yang lebih luas dengan jaringan barunya.

Ngomong-ngomong traveling dan Indosat, siapa yang mau ngetrip gratisan? Coba buka INI dan ikutan #IndosatSnapWithCitilink, sebuah kompetisi foto yang berhadiah paket liburan, smartphone, merchandise Citilink, dan juga voucher Indosat. Kompetisinya sendiri diadain di Twitter & Instagram, yang berakhir 26 Maret besok ini. So what are you waiting for? Jalan-jalan, pake gratis? Yuk mariiii! :D

Notes:

Tante bagi-bagi 2 voucher Indosat @50.000 juga nih buat kamu-kamu. Mau kan? Coba siapa yang bisa jawab: “Kira-kira kenapa sih jaringan Indosat di Palembang sudah lancar?”

  • Jawab di komentar
  • Share postingan artikel ini di twitter kamu sambil mention @TitiwAkmar sekaligus follow ya

Good luck and happy traveling!

32 thoughts on “9 Wacana Yang Bisa Dilakukan di Palembang

  1. Mira says:

    Thx infonya. Very useful

    1. titiw says:

      Sama2 miraa :)

    1. titiw says:

      Ndak kaaak, cuma semaleeem hehe. Kamu udah pernah ya? Apa yang seru dari situ?

  2. abim says:

    blom pernah ke palembaaang. sangat useful sekaleee kakaaaakkkkk!!

    pake indosat sinyal kenceng, pake citilink ke bandara deket!!!

    1. titiw says:

      SETUJUUUU BANDARA DEKEEET! :))

  3. biasa says:

    hahahahah gw gak nyangka rumah limas itu ada beneran :D gue kira hanya sebatas gambar di duit cebanan :p

    mi celor 26 itu emang endyes bener yak…

    etapi gw belom pernah liyat yg alquran gede itu. itu… tekun (baca:rajin) bener yg bikin ya :D coba sekalian terjemahannya indonesianya dibikin di panel kayu xD

    skrg gw mo ikutan kuis ah. mayan kali aja dapet pulsa goban.

    karenaaa mmm … karena ada modernisasi teknolohi jaringan indosat. bismillahirohmanirrohim!

    1. titiw says:

      Wahahaha kalo terjemahan indonesia dibikin juga gw rasa yang bikin tipus berkepanjangan dah. Thanks for trying your luck! :D

  4. abim says:

    QUIZ JAWAB…KAN TANTE TITI UDAH BILANG TADI DI ATAS

    Menurut mas-mas guide, Indosat sudah makin marak digunakan dan cukup kencang karena adanya modernisasi jaringan Indosat secara nasional. Maklum, kebutuhan orang-orang yang memakai layanan data kan juga semakin meningkat. Itulah kenapa Indosat makin meningkatkan kualitas, kapasitas dan cakupan jaringan yang lebih luas dengan jaringan barunya.

  5. Aslan Hamidi says:

    karena adanya modernisasi jaringan Indosat secara nasional untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan layanan data yang semakin meningkat.

    1. titiw says:

      Thanks Aslan udah jawab

  6. rasehaM says:

    Baca postingan ini pas jam makan siang, lapernya jadi bikin kalap! Pempek salah satu keajaiban dunia! Indosat kenceng ya di sana? Pasti karena bts Indosat buanyak di Palembang makanya sinyal kenceng bgt!

    1. titiw says:

      Yang jelas yang buanyak di palembang sih pempek! :))

  7. Yanti says:

    untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan layanan data yang semakin meningkat
    Dan karena adanya
    modernisasi jaringan Indosat secara
    nasional. Maklum, kebutuhan orang-
    orang yang memakai layanan data kan juga semakin meningkat. Itulah
    kenapa Indosat makin meningkatkan kualitas, kapasitas dan cakupan jaringan yang lebih luas dengan jaringan barunya.

    1. titiw says:

      Thank you Yantii :)

  8. Zizy Damanik says:

    Wah ternyata Palembang itu banyak juga ya Ti yang bisa dikunjungi. Padat tapi semua tempat dapat tuh.

    Lancar karena sudah jaringan baru kan Kakak…. Hihihi…

    1. titiw says:

      Sebenernya masih banyak mbak kalo sempet. Ke taman prasejarah gitu sayangnya cucup. Hehehehe..

  9. Tomio says:

    Jaringan Indosat di Palembang sudah lancar karena Indosat telah melakukan program Modernisasi Jaringan Indosat secara nasional pada 8 kota tambahan, yang mana salah satu kota diantaranya adalah Palembang, sehingga saat ini Jaringan Baru Indosat telah siap di 23 kota di seluruh Indonesia, yang akan memberikan pelanggan pengalaman terbaik dalam menikmati layanan data/internet Indosat yang cepat dan stabil.

    1. titiw says:

      Terima kasih untuk jawabannya :)

  10. titiw says:

    Ok, it’s time for the announcement! Semua jawaban teman-teman bener, tapi akan aku ambil 2 orang yang paling cepet jawab ya yaitu:
    – Biasa
    – Abim
    Congrats! Kirimkan nomor telpon kamu ke email titi.akmar@gmail.com ya. Nanti akan dikirimkan pulsanya. Untuk semuanya, thanks for participating! :)

  11. Tahun ini aku harus ke Palembang, dan rupanya saat blogwalking, nemu 2 blog yang bahas Palembang. Aku yakin bukan kebetulan :)

    Terima kasih tipsnya, kak. Aku selalu tertarik dengan tempat publik dan perkampungan komunitas :))

    1. titiw says:

      Jadi.. ini blog aku hasil kamu brosing? Ahahaha senangnya.. Siaaap, sama2 kak Nug..

  12. agun says:

    Sebenarnya memang potensi tiap wilayah di Indonesia gede banget ya mbak, tapi sayangnya infrastrukturnya masih kurang. Semoga bisa cepat beres hal2 seperti ini. Juga semoga bisa dijaga kebersihannya haha.. Yang paling gw sayangkan juga di beberapa lokasi wisata pemerintah daerah malahan tanpa mereka sadari melakukan pengrusakan situs sejarah (padahal gw yakin maksud mereka itu baik sih) dengan menambah fasilitas2 yg tidak “masuk” dengan tema si tempat wisata tsb. Misal: Gua jepang di Bukittinggi. Terowongannya di semen, lalu dibuat toilet/mushalla didalam terowongan (yg akhirnya ga kepake juga). Semoga pariwisata kita bs dikelola lebih profesional lagi. Sorry panjang. haha

    1. titiw says:

      Aaaah serius? huuhuhu.. Suka mau sok memfasilitasi pengunjung tp jadinya ngerusak. Sama tuh kayak di museum prasasti, malah dijadiin tempat suting serem2 dan dipindah2in gitu batu2annya. Eyaaa

  13. agun says:

    Btw, kalau saja Pemerintah Daerah mau menggali lebih dalam soal Sriwijaya menurut gw ini pariwisata di Palembang akan naik banget… *sekian*

    1. titiw says:

      Bener, seperti pas aku mau ke taman prasejarah sriwijaya. Udah diminta duit masuk.. pas masuk edilallah kok tutup.. Brengseeek kena scam.. :))

  14. aku pernah ke Palembang sebulan kak. tapi udah puluhan taon lalu abis lulus SMA trus menyambangi rumah Pak Dhe yg ada di Ogan Ilir. Dulu pernah diajakin ke pasar durian, Pusri, ama perumahan pertamina. trus juga melipir2 ke pasar. klo mpek2… belinya di tetangga2 yg rata2 bikin mpek2. ampir tiap hari sarapan mpek2 hahaha.. duh jadi kangen palembang, eh pak dhe *takut durhaka*

    1. titiw says:

      Lulus sma. Puluhan tahun lalu. *menghitung umur kastin* x)) *durhaka*

  15. Reza says:

    :)Waaah infonya sangat-sangat bermanfaat ka…
    Hobi sya pun traveling nusantara.
    *Mari terus kita ekspose ke indahan nusantara ini yg kaya dgn keanekaragaman.

    1. titiw says:

      Siaaap. Makasih udah berkunjung kaaak :D

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now