Penggila Horor Wajib Tonton Munafik, Dijamin Bergidik!

Film Munafik

Seperti biasa, weekend setelah berkeluarga diisi dengan streaming film horor dengan suami. Bahkan sebelum nikah pun kami sering streaming film horor di kantor lama saya. Hari Sabtu lalu, entah apa yang ia pikirkan, Mahe memilih film berjudul.. “MUNAFIK“. Cukup membuat alis saya mengerenyut. Munafik? Film dari Malaysia? Emang Malaysia bisa bikin film bagus? Horor pula?!

Agar tidak menjadi ganjalan dada, eh ganjalan di dada, mari kita kupas satu persatu mengenai film dari negeri jiran ini. Saya berusaha banget gak spoiler, namun sekelumit tulisan ini semoga memberi pencerahan untuk kamu segera nonton. Enjoy!

What?

Seorang pria bernama Adam (Syamsul Yusof) tidak menerima takdir ketika ia dan istrinya mengalami kecelakaan. Ia terluka, namun istrinya meninggal dunia. Adam yang sebetulnya pria soleh dan alim, menjadi sosok yang mengucilkan diri dan tertutup.

Di kampung yang sama, adalah Maria (Nabila Huda), wanita muda yang mengalami depresi. Dan entah kenapa Maria yang rajin solat dan ngaji ini selalu dihantui sosok misterius dan menyeramkan. Untuk itu Adam yang memang ustad diminta untuk membantu Maria.

Namun dalam perjalanannya untuk membantu Maria, selalu ada kejadian-kejadian buruk yang menimpa. Ditambah lagi ada orang-orang yang tidak jelas apakah ia lawan atau kawan, seperti Ibu tiri Maria, pria yang menyukai Maria, Ayah Adam, dan beberapa pemeran lain.

Di sinilah keimanan Adam diuji, apakah ia mau membantu Maria hingga tuntas? Apakah Adam merupakan golongan orang-orang yang dibenci Allah karena tidak menerima takdirnya? Lalu.. Siapa/Apa sosok yang menganggu Maria? Bagaimana akhir dari cerita ini?

Opini Saya:

Ternyata.. FILMNYA MASHA ALLAH SUMPAH DEMI APAPUN SEREM BANGET GILAAAAK! LIGHTS OUT, CONJURING, INSIDIOUS, SEMUANYA LEWAT GAK ADA SEREM-SEREMNYA! Ceritanya mungkin 7 dari 10, tapi 9 dari 10 untuk rasa ngeri yang ditimbulkan. Saya sampe gak mau ditinggal suami yang cuma pengen ke WC sebentar!

Saya adalah orang yang sudah menonton puluhan film horor, tapi Munafik ini betul-betul membuat bulu kuduk bergidik. Karena nuansa Malaysia mirip dengan Indonesia, maka level kengerian dari film ini bertambah. Suara tonggeret yang biasa kita dengarkan di malam hari, suara adzan, orang muslim membaca doa, semua itu menyatu membantuk sebuah pikiran “INI MUNGKIN BANGET TERJADI DI INDONESIA. DI JAKARTA. DI RUMAH GUE!

Sedangkan film-film horor luar negeri meskipun serem, ada hal-hal yang kita merasa “jauh” dan gak sesuai kearifan lokal. Bahkan “penampakan” yang ada di film ini gak norak, aktingnya pas, dan bahasa Malaysianya gak sesulit yang saya pikir untuk dimengerti. Cukup membantu karena nonton di layarkaca21.tv yang punya subtitle jelas.

Oh, dan saya orangnya masih agak penakut dibanding Mahe. Tapi Mahe mengeluarkan kalimat yang jarang sekali ia ucapkan saat nonton film horor “Ini filmnya nyeremin sih“. Terdengar sederhana, but when it comes from Mahe, itu berarti filmnya SEREM LUAR BIASAAA! Dan kata temen saya Kapkap yang tinggal di Malaysia, waktu film ini rilis, bioskop pada ngantriii. Penasaran kaaaan?

Cocok Ditonton Oleh:

Kamu yang nyalinyaa sejuta, kamu yang bosen sama horor yang itu-itu aja, kamu yang mau nonton bareng-bareng temen. Saran saya, gak usah terlalu idealis saat menonton film ini. Gak usah terlalu mikirin detail-detail yang bikin kamu jadi sotoy. Lemesin aja shay.

Yang jelas, film Munafik worth to watch untuk memperluas literatur film horor kamu. Kalo udah nonton, coba kasih komen di sini. Gih sono buruan nonton. Tapi jangan nyesel ya.. you’ve been warned!

26 thoughts on “Penggila Horor Wajib Tonton Munafik, Dijamin Bergidik!”

  1. Sy jg termasuk yg udah kebal sama film horror malahan sering nonton tengah malam saat anak2 udah tidur sendirian (klo suami ada tugas luar daerah), di kasih film munafik sama suami yg di kasih sama temennya & katanya bagus & sempat ku bilang males nonton apalagi film malasyia pasti biasa saja gak jauh dari film horrornya indonesia, tapi pas suami nonton mau gak mau yg lagi duduk di sebelahnya jadi ikut nonton.. Dan sumpah sy kaget spontan beberapa kali sampe teriak (tapi tetap stay cool) . Memang film munafik ini sangat masuk akal karna banyak sekali ayat2 alquran yang dibawah.. Kengeriannya dapat banget.. Setannya syereeem, penampakannya banyak sekali. Hohohoo dijamin yg mau nonton tdak nyesel

  2. Mba titiw, sy udh nonton film nya tadi di cgv blitz Bekasi cyber park. film nya bagus bgt, merinding dan terharu disaat yg bersamaan. Biasanya sy suka anti Malaysia, tp tidak untuk film ini. hehehe…

  3. Indah Purnamasari

    Btw kak titiw ini untuk usia berapa aja ??? Klo remaja bisa nggak??…Please di jawab kk soalnya klo remaja bisa aku mau nonton please di jawab ya kak!!!

    1. Kayaknya 17 tahun ke atas deh kak. Gak ada unsur2 yang porn tapi darah2 dan tingkat violent agak tinggi aja. Kamu umur berapaa? Kalo udah sma gak papa kok deeek

  4. berawal dari temen bilang ada film malaysia keren judulny munafik, agak males sih nonton film malaysia karna bahasanya kecuali upin ipin hihi
    tapi karna paksaan dan bocoran yg diceritain jd pengen nonton
    agak sedikit gimana gitu abis nonton filmnya soalnya, pas adegan yg kekuburan bawa cangkul terus teeett *sensor buat aku mikir nih bapak kalo kesel kirakira kali jgn gitu amat wkwk
    overall ni film mampu buat aku ternganga bener apa kata mbak titiw the conjuring lewat
    dan film ini buat aku jdi agak takut ditinggalin sendiri drmh hihihi

  5. kemaren temen-temen saya banyak banget yang nonto, mungkin hampir satu asrama deh, tapi saya kok belum kepingin yah, mungkin besok-besok juga harus liat yah….

  6. hammer Of Thor

    waduh , jadi penasaran nih , lansung menuju ke situsnya ah , ohya , kenapa gak di iframe gan biar bisa nonton filmnya dimari , , , hehehe usul aja gan ,

  7. TRAVEL MALANG BLITAR

    aku jg pecinta film horor, aku udh nonton banyak film horor., sendirian pula. tapi klo yg ini aku nobar di kelas sama temen-temenku dan guruku jg, menurutku film ini beda bgt sama film horor lainnya, apalagi sama film horor indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pulau Padar Titiw

Titiw

Ngeblog sejak 2005

Female, Double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau lihat nomor angkutan umum doang. Virgo abal-abal yang sudah menjadi blogger sejak tahun 2005 yang pengalaman menulisnya diasah lewat situs pertemanan friendster.

Scroll to Top