Events

Serius, Aplikasi Keuangan Ini Jenius!

Sunday, 11 September 2016

Jenius BTPN

“Hi Sis, aku jadi ya beli syal cover menyusui motif bunga kamboja ini 2 pcs. Bisa minta nomor rekeningnya?”
“Boleh sis. Ini norek aku. 12345678910111213141516. Atas nama Kembang Setaman. Ditunggu sekarang juga sis, kalau nggak hangus ya. No keep.”
“Ok, sekarang juga aku ke ATM”

*Jalan, kepanasan, di atm.. Nomor rekening olshop ilang. Minta lagi, gak dibales-bales. Gak apal nomernya karena panjang. Gak transfer sekarang, barang pindah ke tangan orang*

HUAAAAAA ribet bangettt hiduuup! Hari gini mah semua bisa lewat smartphone. Transfer duit. Terima duit. Semua wajib bisa lewat smartphone! Tapi emang aplikasi mobile itu selalu cuma urusan transfer sama terima duit ya? No. Big NO. Beberapa waktu lalu saya diundang untuk datang ke sebuah peluncuran aplikasi pengatur keuangan yang super canggih. JENIUS. Iya, namanya Jenius!

Launching Jenius BTPN

Launching Jenius BTPN

Lebih detailnya, Jenius ini apa sih?

Jenius ini merupakan gebrakan dari Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN) yang membuat Life Finance kamu lebih mudah, cerdas, dan aman. Saya bisa bilang gini karena saya unduh aplikasi itu on the spot. Wait a minute. BTPN? Bikin aplikasi yang digital savvy? Sesuai nggak tuh sama target market? Itulah kenapa saya sebut di kalimat pertama: Gebrakan.

Menurut penelitian, seseorang khususnya di kota besar memegang smartphone 10 hingga 200x per hari. Mesen ojek online. Pesen makanan. Pesen tukang pijet. Beli diapers. Jadi semua-semua yang ia lakukan sebisa mungkin bisa dilakukan lewat smartphone. Itulah dia kenapa target Jenius ini adalah semua orang yang memakai smartphone, dan ingin transaksi keuangannya lebih mudah.

Fitur-fitur apa aja tuh yang ada di Jenius?

Mau dijelasin satu-satu gak nih? Yang jelas sih sebagai buibuk yang suka traveling dan suka belanja online, fitur-fitur Jenius bantu banget. Kita pakein contoh ya biar makin sip!

Fitur Jenius BTPN

Fitur Jenius BTPN

CASHTAG

“Kirimin nomor rekening dong, saya mau transfer duit beli popok kemaren”
“Sent ke Whatsapp. Nomornya 200300400500600700 atas nama TukangPopok”

*buka mobile banking* *Pilih transfer* *buka WA* *copy norek* *balik lagi ke mobile banking* *mobile banking ketutup otomatis karena sempet liat WhatsApp* *log in ulang* *Gak bisa log in dulu selama beberapa menit* *Udah bisa log in* *Pilih transfer* *Daftar nomor transfer* *Kirim uang*

Panjang kali lebar kali tinggi step-step transfer ke seseorang. Tapi emang nomor rekening ini tricky sih. Nomornya panjang, gak bisa diapalin, pas nyari nomornya, aplikasi banking kita ketutup. Mau log in, harus nunggu beberapa menit dulu sebelum log in lagi. Itulah gunanya CASHTAG. Cashtag ini adalah semacam username kita kalo di socmed, ditambahkan icon dollar di depannya. Misalnya aja cashtag saya adalah $TitiwAkmar.

Fungsi cashtag ini biar kalo ngirim-ngirim duit gak harus apalin nomor rekening, tapi tinggal search cashtagnya aja. Cashtag bisa customized dan diganti lagi jika mau. Tetap aman karena walau cashtag kita ganti, nomor yang melekat di balik cashtag tetap sama. Saya suka sama fitur ini karena cashtagnya bisa nyamain nama panggung saya, yaitu Titiw Akmar. Cepetan bikin supaya Cashtag yang kamu mau gak keburu diambil orang. Lagipula, kita terlahir dengan nama, bukan nomor kan?

Ide Cashtag $TitiwAkmar

Ide Cashtag $TitiwAkmar

SEND IT

“Poy, kirimin Mamoy Rp 200.000 dong, ada dot bayi yang harus aku beli”
“Yaudah, langsung cek tuh akun kamu.”
“Hah cepet amat, aku belum ngasih nomor rekening”
“Ih aku kirim dari Jenius via nomor HP kamu. Hare gene gak usah kirim nomor rekening deh!”

Yes, fitur Send It memungkinkan kita mengirim uang tanpa perlu nomor rekening. Cukup dengan nomor handphone, email, akun bank, hingga $Cashtag. Cepat dan mudah! Terima kasih Papoy, Sherpa langsung dapet dot bayi baru deh!

PAY ME

“Tiw, gw beli waxing strip untuk traveling dong!”
“Ok langsung transfer aja ya ke akun yang biasa”

Udah beberapa hari, si temen yang beli barang dari kita nggak bayar-bayar nih. Nagih langsung nggak enak, pake fitur Pay Me aja, ngingetin si temen berapa total yang harus dibayar. Cuma search namanya di kontak HP, minta sejumlah uang lewat fitur Pay Me, dan temen tinggal melakukan 1 langkah mudah. Accept. Atau menolak. Kalau accept, sejumlah uang yang kita minta akan langsung ditansfer ke akun kita. Kalo ditolak? Ih, putusin hubungan pertemanan kalian, Fernando!

Trus katanya Jenius bikin life finance lebih mudah? Masa itu doang? No worries ada beberapa fitur lagi nih seperti:

Fitur Jenius BTPN

Fitur Jenius BTPN

DREAM SAVER

Punya cita-cita nggak yang kira-kira harus banget punya tabungan yang gak diutak utik supaya cita-cita itu kesampean? Saya punya. Yaitu traveling ke Jepang. Setelah dihitung-hitung, mau ke destinasi liburan Jepang sampe lumayan puas 10 hari, dengan tiket promo, ples ke tempat wisata murah, bisa habis 20 juta. Tapi saya pengennya tahun depan, biar bareng sama ultah saya 5 September.

Coba klik fitur Dream Saver. Di sini, kamu bakal diitungin tuh, misalnya aja ke Jepang butuh 20 juta, harus ada duitnya per 5 September. Dream Saver akan otomatis menghitung berapa biaya yang harus kita tabung setiap harinya, didebet langsung dari rekening Jenius kamu. Khusus untuk si Jepang 5 September, kalo setoran awal saya Rp 1.000, maka saya harus nabung Rp 2.198/hari supaya kekumpul 20 juta di tanggal itu. Enak ya udah diaturin dan gak berasa beraaat. :D

SPLIT BILL

Paling males patungan sama orang. Kadang lupa, kadang lama bayarnya. Daaaan.. Fitur Split Bill to the rescue! Misalnya aja tiap saya lagi traveling ke pulau, kan biasanya patungan kapal tuh. Trus nanti pas udah di Jakarta baru kolekan. Di sini saya tinggal buka aplikasi Jenius, bagi-bagi siapa aja yang patungan, tinggal masukin cashtag mereka. Ada notifikasi deh via email atau apps Jenius. Cocok buat kamu-kamu yang gak enakan untuk nagih. Split Bill. Jangan ada bon di antara kita.

Split Bill Jenius

:’)

CARD CENTER

Ketika buka rekening Jenius, kamu kan dapet 2 kartu. Kartu fisik (M-Card) dan virtual (E-Card). M-Card adalah kartu debit atau ATM yang bisa dipakai di ATM BTPN atau mesin ATM lain berlogo Prima dan ATM Bersama. Yang satu lagi, E-Card adalah kartu elektronik berlogo Visa buat online shopping kakaaak! Inget logo VISA yang ada? Ini berarti ketika kamu belanja online di luar negeri juga bisa.

Trus saya udah coba beli aplikasi tumbuh kembang anak di Play Store, dan langganan Spotify. Sakses! Cukup pake nomor kartu dan CVV code yang ada di e-Card. Jadi kayak kedebet langsung gitu dari saldo E-Card. Cara isi saldo E-Card? Tinggal top up dari m-Card ke e-Card. Cussss. *Deg-degan dari kemaren belanja mluluuu* x)

Oiya, sebagai traveler yang cukup sering pergi-pergi, kehilangan kartu penting itu bikin trauma marisa. Langsungggg males abis dan kepikiran. Blokirnya. Nelpon ke call center yang dipingpong dan sering nggak bantu. Well, ada satu lagi kelebihan Card Center dari Jenius: bisa block kartu kamu. Gemana kalo HPnya ilang? Aplikasinya kan di situ. Chill, bisa diblock lewat web http://jenius.com. Block secara temporary juga bisa.


Itu semua yang dijelasin adalah fitur-fiturnya. Bagaimana kalau mau membuat akun Jenius? This one is mindblowing. Kita bisa buka rekening tanpa harus jadi nasabah BTPN, dan gak harus dateng ke bank yang bisa antre berjam-jam. How cool is that? Asalkan kamu siapkan dulu hal-hal berikut:

  • Koneksi internet yang mumpuni
  • KTP
  • NPWP
  • Kertas putih yang sudah kamu tanda tangani
  • Smartphone yang ada kameranya dengan batere yang full

Sudah semua? Lanjuuut:

  1. Jenius akan meminta kita isi biodata.
  2. Upload foto KTP dan NPWP, perhatikan cahaya yang ada. Jangan sampe kegelapan atau silau sehingga data KTP tidak terbaca.
  3. Jenius minta kita selfie. Aheyyy, sooo milennials!
  4. Passwordnya makin alay kayak Ak03hM4n1sH! makin bagus. Tapi kudu diinget ya, jangan nanti malah lupa password.
  5. Proses pembukaan akun dibatasi hanya dalam 45 menit. Jika selama proses pembukaan ini ada masalah di jaringan internet atau kelamaan, tenang aja. Sistem nyatet prosesnya sampe mana sehingga data kita tetap aman. Kalau mau melengkapi proses, bisa ditunggu setelah 10 menit.$TitiwAkmar Jenius

Saya yang pertamanya apatis dengan aplikasi-aplikasi keuangan jadi lebih melek finance karena Jenius yang emang serius jenius! Life finance management all in one place in your mobile. Bikin rekeningnya aja kayak bikin akun Snapchat.

Saya baca-baca juga review dari beberapa website perbankan dan tech cukup muji-muji aplikasi ini. Download aplikasi Jenius sekarang deh. Bisa di AppStore atau PlayStore, langsung dapet free 5GB data.

Untuk detail lebih lanjut atau kalo mau tanya-tanya bisa ke:

Website www.jenius.com
Email jenius-help@btpn.com
Telp 1500365

Biar bisa merasakan pengalaman langsung, Jenius ngundang kamu untuk ke acara BrightspotxJeniusLive, dimana Jenius berkolaborasi dengan Brightspot Market dengan tema “Market of The Future”. Cara ikutannya gak pake bayar, asal kamu sudah download apps Jenius ke smartphone kamu.

Langsuuuung download aja di Android atau Apple. Catet acaranya: tanggal 29 September hingga 2 Oktober!

brighspot Jenius

Yang terakhiiiirrrr dan yang ditunggu-tunggu: Siapa mau uang tunai total 100 juta?! *tunjuk tangan tunjuk kaki tunjuk idung* Wajib ikutan kompetisi Cash In Your $Cashtag Challenge sebelum event di atas ini berlangsung. Caranya seperti di bawah ini:

  1. Kunjungi Jenius Live yang ada di beberapa mall dan semua Goods Dept (like rite now!)
  2. Aktifkan akun Jenius di sana
  3. Ciptakan $Cashtag yang keren & unik
  4. Daftar langsung untuk menangkan Challenge
  5. Pemenang akan mendapatkan undangan ke private opening night Brightspot dan juga mendapatkan hadiah masing-masing 1 juta untuk 100 pemenang
  6. Challenge ini berlangsung sampai tanggal 26 September 2016

Manteb yesss? Semoga review aplikasi Jenius dan sharing event dan kompetisi dari saya di atas membuat semua transaksi keuangan kamu jadi lebih mudah dan indah ya. Jangan lupa masukan cashtag saya $TitiwAkmar pas baru pertama kali buat untuk referral. Have a great day great people! :)

19 thoughts on “Serius, Aplikasi Keuangan Ini Jenius!

  1. Wah, seru banget. Keren abis apalagi fitur Dream Saver dan Split Bill. Life saver banget buat yang suka nongkrong dan jalan-jalan. :D

    1. titiw says:

      Hi Michael, apa kabar? Iya yang Split Bill asoy sik, bikin orang2 sadar sama utangnya hahahha

      1. Michael says:

        Hi Mba Titiw, baik mba. Apa kabarnya juga? :D

        1. titiw says:

          Baekk, sedikit flu ajah. :))

  2. Bieb says:

    Huaaaa…kepingin banget nih buka rekening ini.
    Btw…ada minimal nominal setoran ga sih??

    1. titiw says:

      Selama ini aku nyetornya gak pernah di bawah 100 rb sih kak setornya. Kamu buruan ikutan itu yg cash in your cashtag. Bisa dapet sejutaaa! :D

  3. Nana says:

    mau tanya itu kalau send it pake nomor hp gimana caranya? Nomor hp sync sama nomor rekening? Kalau orangnya belum buka akun di btpn masih tetap bisa? thank you

  4. Alpredo Restu says:

    Mantep asli gan, jangan lupa pada saat registrasi masukin cashtag $alpredo buat ngedapetin saldo gratis dari jenius Rp. 50.000, lumayan gan wkwk

  5. Ajeng says:

    Mba ini kalo mau setor uangnya bagaimana? Harus ke banknya atau gimana ya?

    1. titiw says:

      Tinggal transfer juga bisa dari bank lain kak. :) Kalo mau langsung ke banknya juga bisa banget.

  6. arfian says:

    Hallo mbak mau nanya , Pengguna aplikasi JENIUS harus mempunyai rekening bank BTPN atau gimana? . Terus kalo transfer harus sesama pengguna JENIUS atau bisa ke rekening bank lain .

  7. dardi says:

    Mbak traansfer via m-bank mash susah yah… Kode bank sudah tapi gagal terus, oia mbak kok gw lom dapt 50 yah sedangkn temn gw dah ktif gmana nwh mbak titiw

  8. Ricky Setia Purnama says:

    Udah regis. Masukin Cashtag $rsp007 langsung dapat 50ribu setelah aktifasi..

  9. Robi says:

    Kalau kartu itu pas kita daftar dari aplikasi hingga sampai di rumah berapa lama mbak?

    Itu dikirim ke rumah atau diambil ke bank kartu yang dimaksud di atas mbak?

    Terima kasih sebelumnya.

    1. titiw says:

      Waktu itu kurang lebih sih 1 minggu kak. Aku dikirim ke rumah, tapi nanti kita harus ada di rumah dan akan difoto sama yang nanti ngirimin. :D

  10. Al says:

    Asli mantep nih aplikasi Jenius, mudah digunakan, simple dan gue paling demen sama fitur Dream Savernya! Mana ngasih saldo Rp 50.000 secara cuma-cuma lagi, cukup masukin $cashtag : $alpredo pada saat registrasi, dan liat sendiri hasilnya wkk 👍

  11. Oktiza Devina. says:

    Koneksi sering error.
    2 hari yg lalu sy setor tunai 1.300.000. Di struck bukti transaksi tertulisnya cuma 1.200.000. Cek saldo di hp malah ga nambah. Lapor ke pegawai di lokasi (katanya sih mekanik mesin setor tunai), segera di proses. Sampai skrg blm ada jawaban.
    Sungguh tidak profesional. Sangat tidak cocok utk berbisnis. Transaksi dg client jadi terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now