Entertainment

11 Lagu Momen Saat Hujan

Sunday, 20 November 2016

lagu hujan

November identik dengan turunnya rintik hujan yang berderai. Bisa dengan bentuk tipis-tipis yang membuat para pejalan kaki dan pengendara motor acuh saja, ataupun besar-besar sampai menjadi headline di sebuah koran ibukota. Saking seriusnya persoalan hujan, Guns n Roses sampe bikin lagu berjudul November Rain yang menyayat. Ah.. Hujan selalu mencolek rasa gulana di hati.

Kalo hujan tuh cocoknya denger lagu mellow. Pastiii tambah polllll tuh mellownya.

Begitu kata seorang teman. Hmm.. manusia memang sebetulnya masokis alias suka disakiti. Bukannya mengubah rasa resah menjadi bahagia, malah terjun bebas ke dalam kubangan rasa nanar yang makin kental ketika hujan.

Untuk saya pribadi, saya suka hujan yang rintik ketika berada di jalanan. Berbekal jas hujan dan boots transparan kesayangan, kidung yang melantun dari pemutar lagu saya makin menambah syahdu jalanan yang spektrum warnanya bertransformasi dari terang menjadi abu-abu muram.

Hujan di pagi hari juga salah satu momen favorit saya dari kecil. Tinggal buka jendela, bau tanah menguar, dan saya dengan nyaman mendengar melodi jazz dari radio kesayangan sambil minum teh hangat dan cemilan di atas kasur beralaskan bed cover yang empuk.

Lalu, lagu-lagu dengan tajuk hujan mana yang menurut saya sangat cocok untuk diputar di bulan November yang rinainya mengetuk-ngetuk daun jendela? Simak madah pilihan saya disertai dengan momen di balik lagu tersebut.

1. Karimata feat Phil Perry and Lee Ritenour – Rainy Days and You

Salah satu kolaborasi jazz terbaik oleh musisi tanah air dengan musisi jazz luar negeri. Rainy Days and You selalu berhasil membuat saya mengembangkan senyum simpul. Cocok menjadi musik latar ketika kamu mengingat mantan terindah sambil melihat keluar jendela yang basah karena hujan. Hajiyeeeeehh.. *Lempar ke Awkarin*

Where the rainy day brings me back.. Brings me back into your arms..

""

2. Sting – Fragile

Lagu penutup saat Sting konser di penghujung tahun 2012 ini sukses membuat saya meneteskan air mata saat itu. Such a powerful song in such a gloomy moment. Saat itu saya lagi jomblo, lutut lagi cedera, dan semua terlihat salah di mata saya. Sampai saya merasa.. Saya hanya manusia yang rapuh, tapi nggak ada masalah dengan itu semua. Saya pun pulang dari konser dengan hati yang lebih lega ditemani hujan yang menetes rintik di atas atap taxi.

“On and on the rain will say, how fragile we are.. How fragile we are..”

""

3. B.J Thomas – Raindrops Keep Falling On My Head

Ah, yang satu ini sangat special. Bahkan saya pernah membuat sebuah cerita sendiri bagaimana saya menginterpretasikan lagu ini di SINI. Saya bukan orang yang gila perhatian, tapi dulu sekali ketika saya sedang sedih, saya menulis lirik lagu ini di twitter. Seorang karib yang kebetulan memang penyanyi, tiba-tiba saja mengirimkan voice note dengan sedikit mengganti liriknya seperti ini. Dan saya pun tersenyum lagi. :)

“Raindrops keep falling on your head, dear. But that doesn’t mean your eyes will soon be turning red, crying’s not for you, dear.. Cause raindrops keep falling on your head they keep falling..”

""

4. Tim McGraw – She’s My Kind of Rain

Mendengar lagu ini yang saya pikirkan malah cinta seorang anak cowok pada Ibunya. Dan setelah punya anak cowok, saya jadi lebih baper tiap denger lagu ini. I love you Sherpa. :’)

“She’s my kind of rain.. Like love from a drunken sky.. Confetti falling down all night.. She’s my kind of rain”

""

5. KLA Project – Gerimis

Aaah.. KLA. Satu dari sedikit kelompok musik Indonesia yang lirik-liriknya dapat membuat J.S Badudu bahagia. Diksi dalam lirik yang dipakai indah, berpadu dengan melodi yang damai. Dulu waktu nggak mau diputusin pacar, saya dengerin lagu iniiiii diulang lagi, diputer lagi, direwind lagi. Gak bikin si pacar tetep mau sama saya sih. Tapi seenggaknya bikin saya jadi hapal lagu yang bagus ini. Worth my time.

“Kekasih, andai saja kau mengerti. Harusnya.. kita mampu lewati itu semua dan bukan menyerah untuk berpisah..”

""

6. Jubing Kristianto – Morning Rain

Jubing. Jubing. Jubing. Jenius. Semua nada yang keluar dari petikan gitarnya mengalun jernih, indah, dan membuat kita mengawang. Tanpa ada vokal di lagu-lagunya, ia tetap mampu membuat hati ini gremet-gremet. Saya suka sekali mendengar lagu ini di pagi hari tatkala hujan sambil membaca buku yang belum selesai. Tak lupa ditemani secangkir teh hangat buatan mama dan kukis nikmat yang dikirim nenek dari Makassar.

""

7. Phil Collins – I Wish It Would Rain Down

Saya pernah pas lagi sakit hati yang dalem banget, sampe nangis di jalanan. Di saat itu juga saya berharap Tuhan mencurahkan air hujan yang deras agar air mata ini larut dalam hujan, bersama dengan rasa sakit yang sangat itu. Kamu lagi patah hati banget? Selamat, lagu ini cocok jadi soundtracknya.

“You said you didn’t need me in your life. I guess you were right. I never meant to cause you no pain. But it looks like I did it again. Now I, now I know I wish it would rain down, down on me..”

""

8. The Carpenters – Rainy Days and Mondays

Lagu-lagu The Carpenters seringkali menjadi andalan saya untuk sejenak menjadi orang yang melankolis. Pernah di bus yang saya tumpangi tiba-tiba hujan. Saya yang duduk di samping jendela seperti melihat orang-orang dalam laju yang slow motion. Seketika itu juga lagu ini muncul di pemutar lagu yang saya pakai. Melancholy at its highest form.

“What I’ve got they used to call the blues. Nothin’ is really wrong. Feelin’ like I don’t belong. Walkin’ around
Some kind of lonely clown. Rainy Days and Mondays always get me down.”

""

9. Michael Franks – Rainy Night in Tokyo

Gak usah dipertanyakan. Michael Franks adalah musisi jazz favorit dari yang paling favorit. Dan dulu banget pas SMA saya suka request lagu ini di S Radio. Well, radionya sendiri udah nggak ada ya. Kalo lagi jalan kaki denger walkman juga kaset beliau yang saya puter terus. Hahahaha, walkman banget siiisss. Yang jelas lagu ini bikin saya punya cita-cita untuk honeymoon ke Jepang, yang mana belum terkabul. Semoga bisa di taon depan yaaa. Aamiin.

“Paul Desmond on the stereo. We sipped the sake very slow. Kissing in the candle glow. That rainy night in Tokyo”

""

10. Neil Sedaka – Laughter in The Rain

Kalo yang ini lagu hujan tapi bahagiaaaaaaa. Jadi gak selalu tuh lagu hujan bikin nelangsa. Coba aja denger lagu ini, cocok buat kamu yang mau ujan-ujanan di taman sama pacar samabil lari-larian ala FTV. Seeeer. Oh ya, satu trivia dari Neil Sedaka, tahu gak kalo nama Sedaka dia itu artinya Sodakoh? Iya, charity. Karena Ayahnya ada separoh keturunan Turki, jadi pake bahasa Arab tuh namanya.

“Ooh, I hear laughter in the rain. Walking hand in hand with the one I love. Ooh, how I love the rainy days. And the happy way I feel inside”

""

11. Yiruma – Kiss The Rain

Sedikit mirip dengan lagu Jubing. Tanpa vokal. Tanpa ada orang yang bernyanyi. Bayangin sebuah film drama Korea. Si cewek ternyata sekarat. Tapi nggak mau bilang cowoknya. Trus cowoknya gak ngerti kenapa ceweknya ngejauhin. Lalu si cowok narik si cewek, dan mereka ciuman sambil nangis di bawah ujan. Kenapa harus Korea? karena Yiruma musisi Korea. David Fosternya Korea lah. Udah cukup mantebh gak pengetahuan saya akan drakor? :’))

""

Itu dia list lagu hujan yang cocok didengarkan di bulan November ini. Kalo kamu, apa lagu hujan versi kamu?

“I love rain, it dramatizes everything around you. ~ R.A”

© Image

Tulisan ini adalah tulisan rame-rame dengan geng #BeWonderfulBlogger. Simak tulisan lainnya di sini dengan tema HUJAN:

16 thoughts on “11 Lagu Momen Saat Hujan

  1. Evi says:

    Saya punya lagu favorit hujan tapi dalam bahasa Minang dengan judul hujan pula. Dinyanyikan oleh Tiar Ramon. Pokoknya kalau mendengar ulang lagu ini bukan hanya menye2 dibuatnya tapi saya juga bisa kembali ke masa kanak-kanak ketika bermain hujan di kampung halaman :)

    1. titiw says:

      Ahahaha, bisa didenger di mana nih mbak? :D

  2. Eddy Fahmi says:

    Rain rain go away, come again another day. Little choo choo wants to play, rain rain go away… lagu nak kanak children :D

    1. titiw says:

      Hahhaha, beda yaaaa yang udah punya anaaak

  3. sewaktu kecil juga suka hujan deras di pagi hari apalagi kalau jalan di depan rumah sampai banjir jadi ada alasan untuk ga masuk sekolah dan bisa ngelanjutin tidur x))
    sekarang kalau hujan deras malah cemas, takut banjir :((

    beberapa daftar lagunya asyik2, aku juga suka, tiw! satu lagi, ‘Crying in the Rain’ yg dibawain A-HA masih sering diputar di radio2 lawas :D

    1. titiw says:

      Crying in the rain gelap banget ya kaaak. Huhuhuhuhu Syediiihh… :’))
      Ah tidur pagi-pagi saat hujan adalah salah satu momen terbaekksss

  4. langsung didengerin deh semuanya, pas hujan di MEdan

    1. titiw says:

      Salam untuk duren ucok di medaaan :’)

  5. Bieb says:

    Lagu tentang hujan andalan emak-emak seperti saya yaitu: Rain-rain go away
    huahahahah
    liriknya gampang, bisa dinyanyiin bareng2 sama anak2. :D

    1. titiw says:

      Hahaha, kalo udah punya anak referensi lagunya jadi lain yaaak

  6. Swastika says:

    JUBING INI JUARA!!!
    Lagu naik delman aja bisa jadi keren dia mainkan!
    Btw kok lagu Lady Rain nggak masuk siiih… sbg anak 90-an aku kecewaaaa… huhuhu…

    1. titiw says:

      Aaaaaa Lady Raaaaaiiiin I hear you at my windooowwww :))

  7. Vote!
    Sting Fragile.. gak ada.. gak ada.. gak ada..

    yang ngalahin rasa “dalem’ nya dengerin lagu itu dikala hujan..

    sini sini, aku butuh peluk.

    1. titiw says:

      Awwwwwhhh peluk aku kaaaaaak! Yang kenceeeeng! Pake greepeee! *EH

  8. cream pemutih wajah aman says:

    melankolis

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now