Review

KKP Tanjung Priok: Tempat Tercepat Suntik Meningitis Untuk Umroh

Sunday, 19 March 2017

vaksin meningitis

“Trip selanjutnya ke mana Tiw?”

Pertanyaan di atas dapat saya jawab: “Insha Allah mau ke Arab Saudi nih. Ada rejeki buat Umroh.” Hamdalah yesss punya suami soleh yang mendahulukan hal-hal seperti ini, dibandingkan ke tempat-tempat lain. Mampu bekerja keras sehingga bisa bawa istrinya Umroh. Eh tapi Poy, ke Jepang sama New Zealand tahun depan teteup kan yaa? :’) *dasar istri gak tau diri*

Nah, untuk Umroh yang akan saya lakukan bulan depan ini, ada beberapa prosedur yang saya lakukan. Seperti mengganti nama paspor menjadi tiga kata, dan juga suntik meningitis. Nanti cara ganti nama di paspor saya jelasin di postingan lain, sekarang kita fokus dulu sama tata cara untuk melakukan vaksin meningitis. Yuk, diencuuusss!

Apa sih Meningitis itu?

Seperti namanya, Suntik Meningitis ini dilakukan agar badan kita tidak terkena meningitis atau radang selaput otak. Itu lho, penyakit yang diderita oleh pelawak Olga yang bikin beliau meninggal dunia. Suntik meningitis dianjurkan untuk kamu-kamu yang suka bepergian, karena kita nggak tahu ada penyakit apa di daerah atau negara lain. Khusus untuk perjalanan Umroh, status dianjurkan naik level menjadi WAJIB. Secara ya orang yang ngumpul tumplek blek di situ dari semua titik negara di dunia.

Apa itu Meningitis

Apa saja syarat untuk suntik meningitis? 

Cukup membawa:

  • Fotokopi Paspor (halaman depan yang ada foto, sama halaman yang ada pertambahan 3 nama. Di tukang fotokopi bilang aja itu dikopi di halaman yang sama.)
  • Fotokopi KTP
  • Pas Foto 4×6 selembar

Suntik meningitis bisa di klinik atau RS mana saja dong?

Ooootidak bisaaaa kalau tujuannya untuk Umroh. Karena nantinya kamu harus menunjukkan buku kuning alias buku vaksin yang berlaku internasional. Buat apa? Ya penanda sahih kalo kamu udah vaksin. Jadi gak bakal disambut di airport di Arab sana pake tarian hula-hula akan dianggap ancaman untuk negara mereka. Ya logis lah. Kalo ada anak sakit trus mau main sama anak kamu aja, pasti deg-degan kan? Makanya anaknya divaksin Bun. Oke oke maaf OOT dikit.

Baca juga: Polemik Vaksin Palsu: Anda Pro atau Anti Vaksin?

Trus di mana saja bisa kita suntik meningitis yang dapet buku kuning? 

Di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), yang ada di beberapa tempat ini:

  • KKP Halim Perdana Kusuma
  • KKP Soekarno Hatta
  • KKP Tanjung Priok
  • KKP Tanjung Priuk – Sunda Kelapa
  • KKP Tanjung Priuk – Marunda
  • KKP Bandung – Asrama Haji Bekasi

Selain di KKP bisa juga di RS Persahabatan dan RS Fatmawati. Namun harus cepet-cepetan karena mereka hanya punya kuota suntik meningitis untuk kurang lebih 100 orang per hari. Saya pribadi memilih untuk datang ke KKP Pelabuhan Tanjung Priok yang digadang-gadang sebagai KKP yang paling sepi dan tidak antre. Ya menurut nganaaaa Di Jakarta Utara cooooy, masuk sono udah bau lauuut.

Karena paginya harus urus anak, kerja dikit, foto untuk pasfoto, dan fotokopi, saya dan Mahe baru berangkat dari rumah sekitar jam 11 lewat. Letak KKP ini betul-betul di dalam pelabuhan. Jadi masuk aja pelabuhannya, nanti ketemu gerbang yang bikin keder. Kirain harus ambil tiket ternyata disuruh lewat aja. Pas lewatin gerbang, belok kanan, udah keliatan deh itu KKP. Turun dari Uber, pintu mobil saya dibukakan oleh pak satpam yang baik hati. Kesan pertama masuk KKP Tj.Priok: Adem, bersih, nyaman.

KKP Tanjung Priok

Nanya sedikit sama mas-mas di bagian informasi, kami diarahkan untuk mengisi formulir berwarna biru. Jangan panik, bolpen sudah disediakan. Klaar isi formulir, serahkan lagi sama mas informasi dan lampirkan persayaratan yang sudah dibawa. Inget gak kalo tadi saya bilang persyaratannya fotokopi KTP, fotokopi paspor, dan foto? Di KKP ini ternyata cukup kasih fotocopy paspor doang! Gini dong, lebih efisien jadinya. Secara bikin paspor udah pasti pake KTP kan? Abis itu disuruh bayar ke loket BRI yang jaraknya cuma 5 langkah dari bagian informasi. Total pembayaran ialah sebesar Rp 305.000/orang.

Formulir Suntik Meningitis

Tidak sampai 5 menit, saya dan Mahe dipanggil ke dalam ruangan vaksinasi. Tapi kami beda ruangan, saya dapat ruangan vaksinasi II, Mahe dapet tirai ZONK ruangan vaksinasi III. Di dalam ruangan saya, semua tenaga kesehatannya adalah perempuan. Saya ditanya riwayat alergi dan riwayat kesehatan yang lainnya.

Sebelum diencus, perhatikan agar jarumnya betul-betul baru. Kalo gak yakin boleh ditanya aja kayak saya kemarin. Vaksin meningitis ditujes di lengan bagian bahu agak ke bawah sedikit. Kata tenaga kesehatan yang nyuntik “Ini emang agak sakit ya Bu. Efek sampingnya kadang malah agak mual“. Iya sih, bekas suntikan meningitis terasa pegal dan agak nyeri hingga keesokan harinya. Ini wajar.

Ruang Vaksinasi

Ada satu hal yang saya skip, yaitu menanyakan tes kehamilan. Karena ibu hamil itu disarankan untuk tidak suntik meningitis. Yang jelas kalo kamu perempuan dan pernah berhubungan sex, wajib periksa kehamilan yaa. Ini masukan juga buat KKP Tj.Priok agar selalu screening orang yang melakukan vaksin meningitis. :)

Jadi berapa lama proses suntik meningitis?

Saya sampai jam 11.40, dipanggil 11.45 setelah mengisi form dan bayar, masuk ruangan 11.50, selesai 11.55. Sungguh luar biasa pelayanan KKP Pelabuhan Tanjung Priok. Total jendral 20 menit, tanpa mengantri sedikitpun alias gak ada orang yang antre! Oiya kalo dateng jangan jam 12, bisa-bisa disuruh nunggu sampai 1 jam karena itu adalah waktu istirahat. Terima kasih bapak-bapak dan ibu-ibu di KPP Tanjung Priok, saya sangat terbantu dengan pelayanannya yang tidak menyulitkan. Keep up the good work!

Notes:

  • Harga suntik meningitis yang official adalah Rp 305.000 (Maret 2017). Jadi kalau sampe lebih dari itu, tanyakan apa saja variabelnya
  • Sekali suntik meningitis, biasanya berlaku untuk 2 tahun, tapi kemarin saya tanya bisa berlaku hingga 3 tahun karena vaksinnya yang sekarang lebih baik dari pendahulunya
  • Kekebalan vaksin meningitis baru terjadi 2 minggu setelah suntik. Jadi, pastikan kamu untuk suntik vaksin sebulan sebelum berangkat lah paling lambat.
  • Jikalau memang mengantre, gak perlu datang sebelum jam buka. Karena tidak dibagikan nomor antrian sementara. Pas KKP buka (sekitar jam 7.30 pagi) akan diberikan form pendaftaran, dan siapa yang paling cepat mengembalikan ya dia yang duluan dipanggil.
  • Tanya agen travel kamu, apakah ada suntik meningitis secara kolektif? Terkadang kalo kolektif (minimal 20 orang biasanya) bisa manggil dokternya langsung.
  • Pendaftaran suntik meningitis bisa online, tapi lebih untuk ngambil kuota saja. Detail bisa dibaca di SINI

Tips Suntik Meningitis versi saya 

  • Tidak seperti orang-orang yang nyuruh dateng pagi, dateng agak siang aja karena pagi-pagi malah titik terbanyak orang untuk antre. Ini berlaku untuk KKP yang tidak pake kuota seperti Tanjung Priok ya.
  • Wajib udah sarapan
  • Cek kehamilan sekalian
  • Inget-inget kamu punya alergi apaan dan jangan ragu untuk menyebutkannya
  • Usahakan tidak begadang malam sebelumnya agar aliran darah lebih lancar

Semoga tulisan ini membantu kamu-kamu yang mau suntik meningitis ya. Insha Allah ibadahnya lancaaaaaar. Aamiin! :)

KKP Pelabuhan Tanjung Priok
Jl. Raya Nusantara no 2
Telp (021) 43931045
Senin – Jumat pukul (08.00 – 15.00)

11 thoughts on “KKP Tanjung Priok: Tempat Tercepat Suntik Meningitis Untuk Umroh

  1. Raseham says:

    Kalo naik teksi online mending bayar, trus minta dia offline, biar dia bisa nunggu. Soalnya liat ibu2 bawa anak resah order teksi online gak dapet2. Secara lokasinya di dalam pelabuhan.

    1. titiw says:

      Ini sungguh sangatlah benar, ki sanak. Jangan main turun aja, nyari teksi di sana susyahh!

  2. budiono says:

    wah ini catatan yang akan sangat berguna bagi banyak orang di kemudian hari. semoga perjalanan umrohnya lancar ya kakak cantik!

    1. titiw says:

      Siaaap. Terima kasih banyak ooom buat doanyaa! :D

  3. Bieb says:

    Waaahh..senangnya. Selamet ya mba’ Tiw…
    Sebut namaku di sana biar Tahun depan bisa Umroh juga ya :)
    Mudah2an semua diberi kelancaran. Si undul bisa anteng ditinggal mamoy papoy. :)

    1. titiw says:

      Amin amin aminnnn.. MAkasih kakaaak.. Semoga kamu juga bisa diberi rejeki ke sana yaaa. Amin juga supaya undul tenang dan sehat2 selalu. :)

  4. ayu says:

    mbak… ini bayarnya tunai atau bs debit via edc?

  5. Nana M says:

    Hari sabtu sudah tidak melayani lagi suntik vaksin karena kebijakan dari pusat (Ditjen P2P). Mohon informasi tentang waktu pelayanan di atas diperbaiki.

    Terimakasih

    1. titiw says:

      Baik, terima kasih masukannya Pak.Sudah saya revisi.

  6. nicko says:

    tgl 19 oktober 2017 harga masih sama 305rb
    syarat nya pakai fotocopy paspor aja. yg 2 lembar (lembar depan dan lembar penambahan nama)
    bayarnya di kasir BRI didalam kantornya. bayar cash.

    1. E Haeromi says:

      Mau tanya dong,kalo suntik sama hepatitis biyayanya berapaya..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now