Events

Bagi-bagi Amplop di Jenius Talk x-Card

Saturday, 1 April 2017

X Card Jenius (7)

Mengatur keuangan. Hanya dua kata. Terlihat sederhana, namun ketika dijalankan tidak semudah itu. Salah satu cara mengatur keuangan yang sampai saat ini masih dijalankan suami saya adalah membagi-bagi gaji yang ia dapatkan di hari itu juga ke amplop-amplop khusus. Begini flownya:

  • Gajian
  • Jejerin amplop
  • Menaruh uang-uang ke dalam amplop sesuai posnya.
  • Amplopnya terbagi atas: Dana untuk tagihan, dana untuk istri, dana untuk orangtua, dana untuk tabungan si kecil, dana tabungan pribadi, dana untuk traveling, dana untuk kesehatan, dana untuk kebutuhan mendadak.

Dari situ, dia kasih masing-masing amplop ke orang yang bersangkutan, atau ditransfer kalo emang harus dibayar saat itu juga seperti tagihan internet dan kartu kredit.

Jujur aja, Mahe lebih jago merencanakan keuangan untuk keluarga kami. Tapi kadang-kadang saya suka merasa gak aman kalo bentuknya amplop. Hahahahaha. Takut kececer atau kebuka-buka, atau khilaf beli sesuatu yang sebetulnya tidak dianggarkan. *balik-balik dari H&M jajan baju 7* Ada gak sih cara yang lebih mudah daripada bagi-bagi amplop begini?

Rasa dag dig dug saya terjawab ketika minggu lalu diundang oleh Jenius untuk mini gathering bersama blogger lain di Goods Dept Street Gallery Pondok Indah. Inget Jenius dong yang udah pernah saya ceritain di blog ini? Iya, aplikasi keuangan digital yang ada di smartphone kamu. Yang super membantu hidup, secara kemaren abis beli komik di PlayStore lewat Jenius. Hihihi.

Baca juga: Serius, Aplikasi Keuangan Ini Jenius!

Teruuuss.. Apaaaa jawabannya? Gemanaaaa cara ngatur keuangan yang lebih okeee?
Sabar kak, cerita satu-satu dulu yaa.

Masuk ke Goods Dept, dekornya sudah warna warni menyenangkan yang kece banget untuk diabadikan. Terlihat beberapa fashion blogger seperti Alodita dan Jovi Adhiguna, ada travel blogger kayak Kenny Kartupos dan Satya Winnie, sampe blogger-blogger kenamaan lain macem Sitta Karina hadir di sana. Cool.

X Card Jenius (6)

Dekornya kece yaaa

Sebelum acara dimulai, mingle-mingle dulu dengan blogger-blogger tersebut, daaaan makan siang yang wueeenak. Saya pesen burger pake kopi apaa gitu syedeep banget, milkshake kentel, dan orang juice yang seger. Ditutup dengan cake cokelat yang lumer di mulut manisku. :3

Febri Rusli selaku Marketing Lead Jenius ngobrol-ngobrol santai tentang Jenius, serta minta kita ikut brainstorming. Kira-kira, inovasi apalagi ya yang bisa diadain supaya lebih banyak lagi orang yang make Jenius sehingga pengaturan keuangannya lebih mudah? Saya sih suka diskusi-diskusi gini. Bikin otak terasah dan lebih kreatif.

Tim Financial Planning dari Janus juga ikut sharing tentang kehidupan blogger dan Instagrammer. Kalo orang lain traveling sebagai kebutuhan tersier, travel blogger bisa jadi naikin level kebutuhan ngetrip menjadi primer. Kenapa? Karena itu adalah modal dia untuk mendapatkan penghasilan. *angguk-angguk agak paham*

Di acara mini gathering ini juga Jenius bagi-bagi amplop! Ini dia acara utamanyaaaa.

Haaah, bagi-bagi amplop? Angpau? Ada uwitnya? Mauuuu!

Duhhh, giliran amplop aja jadi pada ijooo. Iya, Jenius bagi-bagi amplop, tapi amplop digital bernama x-Card. x-Card merupakan kartu debit ekstra yang dapat menjadi substitusi si “AMPLOP” yang di awal saya ceritakan. Itu loh yang biasa Mahe pake. Dengan x-Card, kita bisa bagi dan atur pengeluaran ke pos-pos tertentu tanpa harus kebablasan.

Secara, hari gini kalo punya tabungan, semua uang keluar masuk dari situ. Pas lagi hepi, trakteeeeerrrr temen-temen dari situ karena ngerasa uwitnya masih banyak. Pas tanggal tua, bisanya jadi cuma makan nasi pake abon. Itu juga abonnya minta tetangga.

Jadi, x-Card itu kartu debit? Iya. Tapi isi saldo di dalemnya kita yang atur dari aplikasi jenius. Kayak misalnya aja saya udah bikin 1 x-Card untuk traveling. Tiap gajian, saya masukin sejumlah tabungan untuk jalan-jalan di situ. Kartunya, simpen aja di rumah biar gak kepake. Karena kita bisa bikin x-Card sampe 3 kartu, saya udah niat untuk bikin 2 lagi, yaitu kartu untuk Orangtua (kasih Mama belanja bulanan, biaya listrik) dan kartu untuk Lifestyle (buat ngafe, nonton, makan di resto, dll).

X Card Jenius (4)

Yang cakep mau lewat dulu biar gak bosen x)

Karena isi saldo di x-Card bisa diatur lewat card center di Jenius apps, jadi insha Allah kita gak bakal kebablasan. Misalnya aja, saya naro 1 juta di x-Card lifestyle karena pos untuk g4UL sejumlah itu perbulan. Ini membuat saya menahan diri untuk tidak spend di atas sejuta sebulan, dan kalopun mau geseeeek truusss bangggg, abangnya juga bakal setop. Karena eh karena saldo di kartu kamu udah abis. Gak ada tuh ceritanya nyesel besok pagi gara-gara malemnya buka table dan khilaf nraktir temen-temen. *curhat ceuu* :))

Eh, x-Card juga bisa dikasih ke orang yang sekiranya emang perlu diberikan. Misalnya saya bakal kasih x-Card Orangtua ke Mama saya. Jadi kalo Mama mau belanja bulanan, gak usah ribet minta-minta transfer. Tinggal bawa aja tuh kartu, cusss belanja. Ma, jangan lupa beliin aku susu seger sama Astor kesukaan. *Lah, malak*

Aftermath feeling pas keluar dari Goods Dept siang itu, saya merasa senang, perut kenyang, dan juga mendapat informasi jenius seputar keuangan dan perbankan. Thankies Jenius. You really are life finance management all in one place in my mobile. :)

X Card Jenius (5)

Kalo untuk kalian, gemana sih cara mengatur keuangan? Udah pake Jenius belum? Share pleaseee kesan-kesannya di kolom komen di bawah ini! Oh ya, kalau kamu membuat akun Jenius untuk pertama kalinya jangan lupa masukin Cashtag saya $TitiwAkmar sebagai referensi ya!

16 thoughts on “Bagi-bagi Amplop di Jenius Talk x-Card

  1. Raseham says:

    Di era IT seperti sekarang ini, urusan perbankan emang harus mulai borderless ya. Kerennya, BTPN menjadi bank terdepan yang meluncurkan aplikasi Jenius ini. Jenius deh!

    Financial planning adalah hal yang gak bisa disepelekan. Buktinya, menjamur financial planner2 yang profesional. Artinya, banyak orang duitnya punya, waktu untuk pusing mikirin arrangementnya gak punya.

    Di sisi lain, ada yang uangnya ngepas, sehingga boro2 mikir hire financial planner. Nah, yang jenius, aplikasi Jenius ini bisa berfungsi untuk arranging budget kita!

    Moga sakses ya!

    1. titiw says:

      Aku sukanya sih Jenius ini mau bantu siapapun dengan uang berapapun. Pokoknya duit lu berape tetep gua bantu. Gak pilih2 klien sisss :))

  2. Udah pake dan bikin X-card buat mbak asisten di rumah.
    Sekarang ga ribet lagi nanya-nanya, “Mba, gajinya mau disimpen di saya apa mau cash ambil semua?”, cukup kirim uang senilai gaji ke dia, kasi kartu, selanjutnya terserah si mba mau pake berapa dan keep berapa. :D

    1. titiw says:

      Cakep juga idenya Re. Ini aku buat 1 lagi deh buat si mbak. Biar gak raibeeet nanya2 gaji dia mulu kapan mau diambilnya. :))

  3. Rry Rivano says:

    Aku ud punya nihhh, yg bikin gemes bisa pilih wrn juga. Buatnya ga ribet pun dianter kerumah klo sudah jadi. Dan iya… kupunya kartu khusus gesek tiap belaja. Jadi tau diri.. klo ga bisa digesek berarti uangnya dah abis… ngumpulin lagi deh.

    1. titiw says:

      Hahaha, kalo gak bisa digesek wangnya dah abisss. Syedih kaaak. Ayo2 kerja keras lagii :))

  4. Andhine says:

    Aku udah punya akunnyaaa.. tp blm dipake bener2 gituu.. 😂😂😂

    1. titiw says:

      Coba buat beli2 apps di playstore deh kaaak. Aku udah pernah beli komik di situ :))

  5. aku pake jugaaa! X card ini lumayan buat bagi2 pos pengeluaran. kalau aku yang paling boros justru beli gear lari. gak kerasa tapi ternyata racun banget. mending dibikin budget sendiri aja di xcard

    1. titiw says:

      Gpp mom sesekali. Lari dan yoganya kamu jadi duit kan? Kalo kita mah jadi cape ajaaa sama kemringet x))

  6. Soerip says:

    Dik, boleh nggak aku… pilih desain atau print foto ku di kartunya? Boleh nggak aku… Tau apakah ada saldo minimum per kartu? Biaya administrasi per bulan per kartu? Bisa digesek di EDC mana aja? Ambil uang bisa di atm mana aja? Kenapa charge berapa kalo tarik uang di luar atm2 tadi? Maap banyak tanya. Baru dateng soalnya…. Makasih ya… Moga sukses terus…

    1. titiw says:

      Kak, boleh ndak aku menyarankan kamu buka jenius.com untuk jawaban lebih jelas? :’) Helllpppp kakak2 di jeniusssss :)) Makasih yaaaakkk udah doain sakses. semoga berbalik juga untuk ki sanak.

  7. abim says:

    X-card ini pengganti amplop konservatif ya! Jangan lupa pilih warna beda-beda jadi ga skip pake dana liburan buat ngafe. etdaaaahhhh!!!

    1. titiw says:

      Makanya tanda warnanya itu bisa bikin ngebedain :)))

  8. Dini says:

    Syudah pake iniii.. ntap tenan.. mana 50 transaksi pertama ga pake biaya admin. syenangg.. abis gajian langsung plot-plotin biar ga borosss.. :))

    1. titiw says:

      Eh sampe sekarang aku gada biaya admin kok kak. Apa aku belum sampe 50 transaksi yaa? Hahahah

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now