Titiw Inside

10 Blogging Lessons in My 10th Blogiversary (and Giveaways!)

Saturday, 17 June 2017

titiw.com blogiversary 10

Ti, lo gue bikinin blog aja ya. Gue bosen banget inbox email gw dipenuhin sama pesen yang itu-itu lagi. ‘Your friend Titiw has updated a blogpost on Friendster’. Hampir tiap hari!

Hah, blog yang dotcom gitu mas? Hahahahahha. Namanya apa? titiw.com? Ahahahhaa sampah bangeeet!

Mau gak lo? Blog berbayar, untuk domain dan hostingnya.”

“Yaaah, gw kan anak kuliahan mas, gak punya uwiit.”

“Udah gampang. Gw bayarin dulu. Nanti lo isi ya!”

Kurang lebih seperti itu percakapan 10 tahun yang lalu terjadi antara saya dan mas Anggit. Sebagai teman sejak kecil, saya tahu deep down mas Anggit mau buatin saya blog ini bukan  karena dia bosen. Itu adalah caranya untuk membantu saya lepas dari satu kesedihan yang amat dalam. Dengan ngeblog, siapa tahu saya akan lebih ceria kembali. Makasih ya mas. :’)

Perihal ngeblog ini sendiri sudah saya lakukan sejak sekitar tahun 2004-2005 saat Friendster memiliki platform untuk membuat blog. Senang sekali rasanya setiap mengupdate halaman blog dan  beberapa teman berkomentar di situ, apalagi jika tulisan saya diapresiasi.

And for now, I’ve officially been blogging for 10 years now, on titiw.com. Banyak pelajaran yang saya dapat selama ngeblog. Mau tahu apa aja? Mau tahu aja apa mau tahu bangeeet? So here’s my 10 Blogging Lessons in My 10th Blogiversary!

1. Do what you love and love what you do

Berasa banget kalo baca tulisan seseorang yang passionate dengan hal-hal yang dia suka. Dan ini bisa membantu kamu juga membentuk sebuah persona dan suara. Misalnya kamu suka ngeblog tentang reptil. Kalo kapan-kapan ada agency yang butuh blogger yang suka reptil, kamu langsung jadi top of mind, dan temen-temen kamu akan mereferensikan kamu sebagai blogger khusus reptil. *rangkul tokek di dinding*

2. Semua hal bisa dijadikan bahan postingan

Dalam beberapa waktu, saya sering menemukan blogger yang tidak update berbulan-bulan. Ketika ditanya, banyak yang bilang “Bingung mau nulis apa.” WHAT? Semua hal di dunia ini bisa dituliiis. Misalnya saja kamu keluar rumah dan nemu kucing terluka, ini bisa ditulis dengan menyertakan tips menyelamatkan hewan dengan aman.

Kamu di rumah saja? Coba liat kamar kamu. Ada tumpukan buku-buku? Tulislah “10 Buku Novel Romantis Favorit Sepanjang 2007 – 2017.” Jangan terlalu banyak mikir deh pokoknya. Nulis. Nulis. Nulis. Ide itu akan terbersit di tengah-tengah saat kamu mulai mengetik beberapa  kalimat pertama. Percaya deh sama Allah. Loh kok Allah? Yaiya kalo percaya sama saya jatohnya musyrik!

3. Bad comment is better than no comment

Beberapa kali saya sedih jika ada komentar yang buruk terhadap postingan saya. Malah ada yang niat email atau kirim pesan di FB untuk menyuarakan kekesalan atau kemarahannya. Tapi setelah dipikir-pikir, mereka melakukan effort lebih karena sadar dengan adanya tulisan saya. Jadi saya tetap berpikiran bahwa komentar yang buruk itu memang menyedihkan, tapi lebih menyedihkan lagi jika sudah tidak ada komentar terhadap tulisan kamu.

4. Akan ada orang atau brand atau agency yang suka dengan blog kamu

Ini saya amini. Senyampah apapun blog kamu, akan ada tiba-tiba orang yang ngomong “Oh kamu yang ngeblog di blablabla.com ya? Lumayan tuh jadi pegangan saya ketika mau beli bla bla“. Atau malah ada email yang mengajak kerjasama untuk paid blog? Percayalah, ketika kamu rajin ngeblog dan sering share-share, akan ada orang yang membaca atau malah suka. Tapi ya sabar aja, saya mulai ngeblog 2007, dan dapat kerjaan pertama paid blog di tahun 2009. Jangan lupaa bikin rate card yang rapi ya!

5. Ngeblog dengan nama domain pribadi dan hosting

Kenapa? Ini salah satu cara untuk branding diri kamu dan apa yang kamu lakukan serta apa yang kamu suka. Hampir nggak mungkin orang yang domainnya naikgunung.com ternyata nggak suka naik gunung. (Oke barusan saya cek ternyata domain iini adalah website jualan alat-alat outdoor. See?) Terlebih lagi, punya domain sendiri serta hosting berbayar akan mengurangi keinginan untuk hiatus atau nggak ngeblog. Kenapa? Ya karena merasa rugi! Udah bayar kok gak diisi ini blognya!

6. Roda itu berputar

Tidak hanya di atas, tapi juga kadang di bawah. Kalo tulisan kamu kemarin banyak yang lihat dan hari ini sedikit yang lihat, jangan terlalu sedih. Ada waktunya pembaca memang tidak tertarik, atau BELUM tertarik. Tulisan yang saya buat di tahun 2014 tentang Teater Buaran baru viral di tahun 2016. Yang biasanya hanya 1.000 visitors perhari di blog ecek-ecek ini, langsung naik jadi 60.000 visitors di hari tersebut gara-gara tulisan tanpa visi misi itu! Crazy eh?

7. Ikut komunitas dan networking membantu membesarkan blogmu

Tentu saja. Misalnya saya gabung dengan komunitas Travel Blogger Indonesia, ada waktunya saya share di WA group, atau tulisan saya dishare di FB page komunitas itu. Hal ini membuat blog kamu makin dikenal, dan network kamu dalam hal blogging makin banyak lagi. Eventually, akan ada 1-2 orang dari  network itu yang kapan-kapan menawarkan kamu sebuah pekerjaan ngeblog atau malah jalan-jalan ke Ambon atau Raja Ampat. Sweeeeet.

8. Social media bukanlah segalanya

Yes, tapi social media bisa membantu mengamplifikasikan pesanmu. Jujur saja, titiw.com tidak terlalu banyak dibuka dari link-link social media. Lebih banyak orang yang membukanya dari hasil googling ataupun yang membuka titiw.com secara langsung.

Namun ketika saya share sebuah topik di social media, orang jadi tahu kalau saya suka topik tersebut dan itu lagi-lagi membuat mereka aware terhadap blog saya. Apa saja yang saya sering kemukakan di sana. Istilahnya, blog itu adalah sebuah produk, dan social media adalah cara beriklannya.

9. Ngeblog itu adalah lari maraton

Santai saja ketika ngeblog. Anggap lari maraton, sedikit-sedikit dan napas dijaga. Jangan ketika baru ngeblog kamu langsung lari sprint. Posting setiap hari. Setiap waktu. Akan ada titik di mana kamu lelah, jenuh, dan blank. Saya melakukan ini di tahun pertama ngeblog. Tepatnya di bulan-bulan awal ngeblog. Bayangkan, jumlah blogpost saya lebih banyak dibandingkan jumlah hari dalam sebulan!

Namun semua berubah ketika negara api menyerang. Saya mulai nyaman posting 1-2x tulisan per minggu. Kalo lagi banyak kerjaan banget bisa 2x postingan aja sebulan. Tapi ini jangan ditiru ya adik-adik! x) Lagipula beberapa postingan saja dalam sebulan membuat pace kita terjaga dan dilihatnya tidak melelahkan. Jujur aja kalau melihat archive seseorang yang posting sampai 25x dalam sebulan, saya udah males duluan. Tapi ini subjektif yaa.

10.Never stop learning

Dunia digital berubah-ubah dengan cepat. Jika dulu postingan blog akan tinggi viewsnya jika kita beri kunjungan balik kepada beberapa blogger, sekarang banyak yang menggunakan Pinterest sebagai media untuk sharing konten blog. Jika dulu blogging hanya sekadar tulisan, sekarang membutuhkan juga foto cakep yang menunjang tulisan. Malah sekarang makin dicari juga blogger yang bisa buat video atau vlogging.

Di sini kita tidak bisa stuck dan nyaman dalam sebuah platform. Kita harus mau belajar dan berubah demi kemaslahatan blog kita sendiri. Ingatlah bahwa meteor memusnahkan dinosaurus, tapi tidak demikian dengan kecoa. Mereka yang bertahan bukanlah yang paling kuat, tapi yang paling mampu beradaptasi. Sahhhdeeesssh.


Okeeeeeh sekiannnn untuk yang serius-serius. Pasti  udah pada menantikan bagi-bagi kado kaaan? Ngakuuuu! Secaraaa setiap ultah titiw.com selalu bagi-bagi hadiah, ye kaaan? Seperti di blogiversary ke-9, blogiversary ke-8, blogiversary ke-7, dan masihhhh banyak lagi.

Nah dalam rangka 10 tahun titiw.com, hadiah yang akan saya berikan ada 10 juga. Apakah ituuuuuu?

1. Sepaket perawatan Nivea

Dari sunblock si pelindung kulit kalau kamu lagi panas-panasan, pembersih muka yang penuh makeup 2 ukuran, hingga lipbutter yang melembabkan bibir kering dan pecah-pecah selama bulan puasa.

Blogiversary titiw.com 10

2. Shampoo dan Lotion Mothercare

Ini udah gak usah dijelasin lagi. Mothercare selalu memakai bahan-bahan ramah kulit untuk si kecil. Gak cuma anaknya, sekeluarga juga bisa pakai karena cocok untuk yang kulitnya mudah alergi.

Blogiversary titiw.com 10

3. Sepaket toiletries anak

Merknya campur-campur nih, tapi semuanya berguna buat bocah. Ada sunblock, hair detangler, shampoo, diaper rash cream, tissue basah, dan juga hand sanitizer.

Blogiversary titiw.com 10

4. Squiggles Drawing & Painting Book

Secara yang buat orang Jepang, pasti lucuuuu. Bukunya penuh dengan sketch-sketch yang bisa kita gambar dengan utuh dan kita warnai. Cocok untuk kamu yang baru mau coba-coba gambar ataupun untuk koleksi.

Blogiversary titiw.com 10

5. Lipgloss Shiseido

Buibuk, yakin nih gak mau lipglossnya Shiseido yang sudah terkenal itu? Brand new loh belum pernah dipake. Masih ada harganya. x))

Blogiversary titiw.com 10

6. Voucher Bersih-bersih dari MasClean Rp 300.000

Sudah pernah dengar pembersihan hydrocleaning? Gak sekadar divacuum, tapi disedooottt itu debu dan tungau-tungau dari dalam. Karena yang bersih di luar, belum tentu bersih di dalamnya. Saya pernah pakai servis ini, dan debu serta tungau kasur dan karpet saya keangkattt semua dan kelihatan beda before-afternya. Cocok dipakai pasca Lebaran ketika rumah udah kotor dan berdebuuuu.

Mau buru-buru bersihin tanpa nunggu voucher dari tante Titiw? Bisa cek Instagramnya di MASCLEAN, email ke mas.clean@yahoo.com atau telpon langsung ke 0857.6700.8700|0812.1201.2011 yaa!

Blogiversary titiw.com 10

7. Baju Batik dari Giffa Indonesia

Sering ngelihat saya traveling dengan baju batik berbahan jersey yang ready to wear? Itu berarti saya lagi pake baju Giffa ini. Untuk giveaway blogiversary titiw.com ke-10, Giffa dengan baik hati memberikan sebuah baju Wina Top Red untuk salah seorang pemenang terpilih. Cek baju-baju terbaru dari Giffa di Website dan Instagram. Banyak juga yang lagi sale lho, lumayan buat Lebaranan!

Blogiversary titiw.com 10

8. Dua (2) Baju Anak dari Nomme

Nomme adalah brand baju anak untuk usia 1-5 tahun. Konsepnya casual, mengutamakan kenyamanan berpakaian si kecil ketika bermain karena usia toddler adalah usia yg aktif bergerak. Selain nyaman, tentunya harus kece dong. Nah, Nomme memberikan tidak hanya 1, tapi 2 baju anak untuk kamu yang beruntung! Boleh banget lihat-lihat koleksinya di Instagram, tanya-tanya via email di nomme.cs@gmail.com, atau langsung WA ke 081296151441 dan Line di (at) nomme.id

Blogiversary titiw.com 10

9. Syal serbaguna dari Rumah Dua Pohon

Ada yang suka pakai syal untuk hijab ataupun sekedar aksen fashion? Syal handmade hasil gambar dari Tia dengan brand Rumah Dua Pohon ini sedang hits lho di kalangan Instagrammer. Tia yang baik hati akan membagikan syal bertajuk Aroma Pinus untuk 1 pemenang yang terpilih. Cek koleksi syal dan handmade drawing Tia yang lain di Instagram @rumahduapohon_ yaa!

Rumah Dua Pohon, “we create fine good for your home and your daily essentials
Line : @rumahduapohon – FB : Rumah Dua Pohon – WA : 0818683705

Blogiversary titiw.com 10

10. Mini Router Smart Fren

Karena ini anniversary titiw.com yang ke-10, saya nggak segan-segan bagi-bagi hadiah yang banyak dan berguna. Seperti mini router ini yang bisa digunakan oleh 32 orang sekaligus ketika dinyalakan. Ada bonus data pula 19 GB. What could you ask for more?

Blogiversary titiw.com 10

Itu dia hadiah-hadiah yang akan saya bagikan dalam rangka Blogiversary titiw.com ke-10. Lalu bagaimana cara mendapatkannya? Check this out!

Pertanyaan:

  1. Sebutkan artikel mana yang menjadi favorit kamu selama ini
  2. Kasih masukan dong untuk titiw.com, apa yang harus ditambahkan, atau malah dikurangi. Bisa dari konten, ataupun tampilannya. :)
  3. Ada berapa total postingan titiw.com selama 10 tahun ini dari 16 Juni 2007 hingga 17 Juni 2017? Clue: Lihat ARCHIVE.

Syarat dan Ketentuan:

  • Like FB page titiw.com di SINI
  • Subscribe blog ini lewat “Subscribe Now“. Tuh di pojok kanan bawah, tinggal masukin email
  • Share link artikel ini bit.ly/titiw10 di twitter dengan mention @TitiwAkmar ya. Misalnya gini “Ikutan giveaway @TitiwAkmar yuk di bit.ly/titiw10, hadiahnya banyak banget dan keren-keren!” Lebih oke lagi kalo foto hadiahnya dishare. :D

Udah itu aja. Gampang kan? Jangan lupa di komentar kamu tulis mau hadiah yang mana yaa biar tante gak bingung milihinnya. Karena bisa aja kamu cowok tapi maunya syal. Atau kamu mau baju anak buat hadiah untuk ponakan. Ye kaaan? Ditunggu komentarnya yaaaaa semuanyaaa. Ajak bapak ibu pacar suami istri temen sodara tetangga daaaan semuanya untuk ikutaaan. Good luck!

29 thoughts on “10 Blogging Lessons in My 10th Blogiversary (and Giveaways!)

  1. Bieb says:

    Emang deh..klo postingan kita disukai dan dishare sm orang lain (walau cuma 1 orang) rasanya seneeeng banget.
    Nah…aku walaupun ud pke domain dan hosting berbayar tp kebanyakan hiatusnya nih. Padahalm topik yang mau ditulis selalu ada (dan hanya jadi PR yg numpuk). Dan sekarang lg digiatin lagi. Mau membangun lagi ke-ules-an dalam menulis. :D
    Btw..klo ud jadi emak-emak emang beda yak hadiah giveawaynya?! :))

    1. titiw says:

      Secara anak udah 2 kak, aku anak satu aja kayak susaaah bagi waktu buat ngeblog. Emang gak boleh dibawa males. Yang ada hiatus mulu. Hihihihi makasih Bieb udah jadi pembaca titiw.com dari lama, gak mau ikutan giveawaynya nihhh? :D

      1. Bieb says:

        Mau deh mba’. Yg voucher Masclean ya. Lumayan tuh..buat bersihin sofabed yg rupanya udah ga karuan karena anak2. :)
        many thanks

        1. Bieb says:

          oiyaak…lupa jawab pertanyaannya
          1. hampir semua aku suka artikel mba’ Titiw. agak susah sebenernya klo harus milih. Eh tapi…ada 1 yg sempet aku inget. Sesuatu ttg kesedihan. Kaya’nya sih pas dirimu abis putus waktu itu looh (th 2013 klo ga salah yak?? Gileee…koq aku apal banget yak?? eh tapi koq ga nemu artikelnya. Hiks… tapi..tapi..Ada 1 lagi yg paling disuka ding. Judulnya “Because little things matter”. Itu 1 artikel yg bikin kita sedih dan ngingetin betawa waktu sebentar bersama org2 tersayang itu sangatlah penting :) *kemudian kangen bokap-nyokap* *al-fatihah*
          2. Soal masukan, dari aku masih sama dg tahun yg lalu. Font nya masih agak kegedean buat aku. tp aku ngerti koq mungkin font segini supaya kita ga terlalu deket2 layar komputer. :)
          3. Ngitungin postingan mba’ Titiw dari 2007?? *ternganga* mba’ Titiw emang paling pinter ngasih ide untuk menunggu waktu berbuka nih. hahahaha. Setelah diitung ada 966 artikel. Fuiihhh…
          Klo udah sampe 1000 postingan mau bikin giveaway lagi ga?? Saya mau loh..jadi salah 1 sponsor nya. Beneran deh. :D

  2. Nurul Laelatul Latifah says:

    Hai mba, salam kenal.. Pertama kali saya tahu blog mba dari retweetan dari seorang selebtweet yang saya ikuti. karena penasaran, saya langsung buka blognya. hehehehe.. pikir saya, mayan nih dapet bacaan gratis, eh ada bagi-bagi hadiah juga dari yang ulang tahun. Double combo!

    1. Kalo artikel favorit dari blog mba setelah ngubek-ubek arsip berjam-jam, artikel terakhir tentang 10 blogging lessons sepertinya paling menarik perhatian saya. Kebetulan saya sedang mencari artikel tentang belajar ngeblog bagi pemula yang pemalu seperti saya karena takut tulisan saya tidak ada yang membaca dan takut menulis karena takut salah beropini dan bingung harus memulai dari mana. Aduh malah curhat  Dan ternyata setelah membaca postingan ini sepertinya saya mulai ada bayangan apa yang harus saya lakukan selanjutnya, dan semoga bisa mengikuti jejak Mba Titiw berbagi informasi secara konsisten sampai sekarang. Dan saya salut mba Titiw bisa update blog setiap bulan dan tidak pernah bolong.

    2. Kalau menurut saya, dari segi tampilan sudah bagus. Komposisi warna dan background pas, tidak terlalu mencolok dan selaras satu sama lain, jadi enak buat mata pas baca postingan. Font dan ukuran juga pas dan tidak berlebihan, hanya saja mungkin menurut saya tampilan homenya diberi content slider image agar tidak monoton. Apalagi gambar home yang sekarang menampilkan gambar postingan dengan judul “5 Fasilitas Ramah Anak Untuk Staycation di Novotel Mangga Dua Square” terlihat agak kurang fokus dan sedikit ngeblur, sehingga agak mengganggu tampilan. Mungkin bisa dipertimbangkan untuk memberikan gambar slide pada halaman awal. Mungkin itu mba Titiw..

    3. Setelah membuka arsip blog dan menjumlahkan secara manual dikertas, jumlah postingan yang berhasil dipost sejak 16 Juni 2007 hingga 17 Juni 2017 sebanyak 966 artikel.

    Kalau boleh, saya mau mba routernya buat browsing-browsing di rumah. Hehehehe, biar hp saya ga kerja banyak-banyak karena sering buat tethering… Makasih sebelumnya mba, Insya Allah 10 belajar ngeblog yang mba posting berguna sekali buat saya. Terima kasih sudah berbagi banyak pengalaman di blog mba, semoga tidak pernah lelah berbagi 

    1. titiw says:

      Makasih bangettt buat masukannyaa. Semoga saksesss! :D

  3. Liza says:

    Lak titiw, sejarah ngeblog kita mirip ya. Aku juga mulai ngebbloh di fs tahun 2004-2005, terus 2006 mulai buat blog di blogspot. 2009 dikasih domain gratis sama teman. Aaah, waktu cepat sekali berlalu ya, kak. Udah 10 tahun waks, btw selamat ulang tahun untuk blog kakak titiw. Tetap semangat blogging ya

    1. titiw says:

      Wawawawa.. Iya kak Lizaaaa, makasih yaaa. Gak mau ikutan giveawaynya nihhh? :D

  4. Indri Juwono says:

    waaaahh, hebat sekali ceceurhat selama 10 tahun hingga punya babie. aku jadi malu soal nama blog yang tidak brandingable. kayaknya aku perlu nulis soal kehidupan ngarsitek supaya kelihatan tindaktanduknya beneran deh, gak sekadar kelhiatan jalan-jalan melulu. nanti aku ikut giveawaynya ah kalo udah dapet contekan,#ups.

    1. titiw says:

      Ahahaha, tapi kan tindak tanduk setiap jalan2 sering mengangkat tentang arsitektur setempat kak. Malah menurutku blogmu brandingable (halah) banget loooh. AYooo ikutan giveawaynyaaa1 *ctar*

  5. Swastika says:

    Guah mau ikutaaannn… bentaaarrr… mikir dulu jawabannya

    1. titiw says:

      Ayo doongggg manaaaa ini jawabannyaaa

  6. alandz says:

    hai mbak titiw salam kenal, numpang ikutan giveaway-nya ya siapa tahu beruntung hehehe,,, 1. untuk artikel favorit diblog ini sebenernya banyak sih, cuman kalo disuruh milih satu aja, maka yang paling jadi favorit yaitu artikel ‘7 Cara Menyimpan Obat dengan Baik dan Aman di Rumah’ suka banget sama artikel itu, soalnya bisa langsung aku praktikin dirumah.

    2. Buat tampilan blognya udah bagus sih, cuman aku ngerasa kalo font bagian content itu sedikit janggal, biasanya kalo mampir ke blog-blog lain, itu font nya gak sebesar itu, sarannya sih dikecilin dikit.

    3. trus jumlah postingannya, setelah aku hitung pake kalkulator ada 966 postingan. Kalo ampe salah, berarti kalkulatornya yang error…

    trus kalo pilihan hadiah giveaway, mau dong yang Squiggles Drawing and Painting Book.

    1. titiw says:

      Siaaaap. pilihan yang kereeeen. Semoga berhasill! :D

  7. soerip says:

    tiw, di rumahku ada tokek….. teketektektektektektektek TOKEEEE!!! TOKEEE!!!!! TOKEEEEEEEEEE!!!!

    1. titiw says:

      INi.. harus dibales cemanaaa yaaa

  8. Dhiyan says:

    1. Artikel favorit: The Power of Passion. Kayaknya ini salah satu artikel pertama yang aku baca di blog ini waktu dulu masih suka update ttg badminton. Terus pas buka-buka posting lainnya, eh, kok seru! Akhirnya jd sering balik lagi deh ke blog ini.

    2. Masukan untuk tampilan titiw.com, menurut aku font-nya terlalu besar tapi warnanya kurang jelas/kurang tebal.

    3. Total 966 postingan.

    Mau hadiah nomor 10 kak :D

    Sukses terus buat kak Titiw

    1. titiw says:

      Aww, jadi inget kalo udah lamaa gak update tentang badminton. Padahal kalo nonton badminton sih masih sering. KAyak misalnya Indonesia Open Super Series Premiere kemaren. Go Owi Butettt! Hahahaha. Makasih udah ikutan yaaa. Good luck!

  9. snydez says:

    *sigh
    hate comment better than no comment

    :D
    jadi inget blog gue yg sepi komen

    1. titiw says:

      Jan gitu kaaak. Meski sepi komen teteuup harus nuliiss x)

  10. Siti Faridah says:

    Hallo kakak,salam kenal ya. Aku adalah seseorang yang juga suka menulis di blog. Aku tinggal di Kendal. Tahu info ada giveaway ini dari salah satu blogger yang akun Twitternya yaitu @fahmianhar

    1. Artikel yang saya sukai dari http://www.titiw.com adalah artikel yang diposting pada hari Senin tanggal 6 Juni 2016 yang berjudul 4 Pilihan Wisata Religi Semarang (http://titiw.com/2016/06/06/4-pilihan-wisata-religi-semarang/) Saya tertarik membaca artikel ini adalah karena Jawa Tengah adalah provinsi dimana saya tinggal. Saya sudah pernah ke MAJT,Sam Poo Kong,Gereja Blenduk. Tapi saya belum pernah ke Vihara Buddhagaya padahal saya sering melewati jalan itu. Sudah lihat si bagaimana bentuk Vihara Buddhagaya waktu lewat jalan tersebut tapi saya belum masuk ke Vihara Buddhagaya. Jadi,setelah baca artikel tersebut saya jadi tambah kepengen ke Vihara Buddhagaya karena kakak menceritakan apa saja yang ada di Vihara Buddhagaya.

    2. Menurut saya,blog http://www.titiw.com sudah bagus tampilannya. Saya juga suka sama background blognya,menarik dan tidak membosankan saat dibaca. Lucu juga sih backgroundnya dan warnanya tak merusak mata. Saran saya sih kalau nulis artikel di blog trus disharing ke media sosial kayak Twitter gitu. Biar saya bisa blogwalking dan dapat ilmu baru dari http://www.titiw.com

    Selamat ulang tahun yang ke 10 untuk titiw.com semoga tetap menjadi inspirasi bagi semua orang dan juga semoga setiap ulang tahun selalu mengadakan giveaway . Saya kagum dengan mbak @TitiwAkmar yang tetap semangat ngeblog selama 10 tahun. Menulis itu kadang memang mengasikkan,tapi kadang saya merasa buntu untuk menulis karena sedang banyak masalah misalnya. Banyak dapat ilmu dari http://www.titiw.com karena banyak artikel yang bisa nambah pengetahuan baru yang belum saya ketahui.

    3. Total postingan titiw.com selama 10 tahun ini dari 16 Juni 2007 hingga 17 Juni 2017 adalah 966 tulisan berdasarkan perhitungan saya. Berikut adalah rinciannya.

    Tahun 2007 yaitu 146 artikel
    Tahun 2008 yaitu 95 artikel
    Tahun 2009 yaitu 176 artikel
    Tahun 2010 yaitu 121 artikel
    Tahun 2011 yaitu 110 artikel
    Tahun 2012 yaitu 79 artikel
    Tahun 2013 yaitu 60 artikel
    Tahun 2014 yaitu 77 artikel
    Tahun 2015 yaitu 43 artikel
    Tahun 2016 yaitu 39 artikel
    Tahun 2017 yaitu 20 artikel

    Kalau disuruh pilih pengen hadiah yang mana,saya pilih hadiah nomer 3 yaitu Sepaket toiletries anak. Soalnya kadang suka bingung kak, di rumah aku nggak punya peralatan mandi untuk anak kecil. Kadang ada keponakan yang nginep di rumah trus saya bingung gitu nggak punya peralatan mandi anak kecil. Kalau saya bisa dapat hadiah Sepaket toiletries anak kan bermanfaat dong ya.

    1. titiw says:

      Waaa, pilihan tepaat! Thank you atas partisipasinya ya kakaak! :D

  11. cK says:

    Dari list yang dikasih, sampe sekarang yang belum dilakukan adalah punya domain sendiri. :)))

    1. nonadita says:

      Titiw dan Chika hebat, ngeblognya awet

      1. titiw says:

        Kak nona, kami awet karena pakai borax! :)) *klasik*

    2. titiw says:

      Eiiya ini sering aku pertanyakan dalam hati loh kaak. Hahahah, gak mau beralih ke chikastuff.com nih? lebih asoy diejanya gak panjang2. :))

  12. Mila Wu says:

    Bingung mau panggil mba/tente ya?liat semua yang komen pada manggil mba. Ya udah deh.. panggil mba aja. Pertama-tama:

    Hai mba titiw ,Salam Kenal.
    Lagi buka twitter eh.. ada yang posting giveaway hadiahnya banyak lagi, pas klik linknya jadi pengen ikutan. (kok jadi curcol gini ya ) ^_^

    1. Favorit aku adalah 10 Blogging Lessons soalnya dulu aku pernah ada niatan buat jadi blogger trus sampe sekarang belum juga terlaksana . Masih ragu dan bingung. Apalagi klo gak nemu ide bahan postingan bisa2 hiatus beberapa bulan atau gak berhenti dari ngeblog kayak bloger lain, kebanyakan gitu.Tapi mba titiw tetap konsisten selama 10 thn jadi termotivasi buat bikin blog . Apalagi kata mba titiw banyak yang kita dapatkan dari ngeblog.
    2.Menurutku postingannya ditambahin lagi semakin banyak mba titiw share artikel yang bermanfaat semakin banyak pula hal berguna buat orang lain. Trus tampilan pada home ada ikon burung sebelah kiri titiw.com klo buat aku warna burung sama background nya dibedakan mba kayak kurang pas. Sama ikon burung bagusnya ada gerak misal terbang atau gak mengepak-epak sayap agar gak monoton .
    3.Ada 966 klo gak salah ngitung sih segitu . Maaf juga klo emang salah ngitung postingan nya hehe..(berarti saya kurang teliti) .

    Klo di suruh milih hadiahnya aku pengen Mini Router Smart Fren lumayan klo dapet bisa buat browsing bareng temen sama keluarga.

    1. titiw says:

      Hahahah tanteeeee. Makasih yaa udah ikutan. Semoga berhasil!

  13. Freddy Wally says:

    Hello Titiw,
    Mau cobak ikutan kuis 10 tahun kamu nge-blog haha..singkat-singkat aja ya, secara ini ngetik di iPad.
    1. Artikel yang gue suka tentang “Generasi Milenial Wajib Punya Property Sendiri”, very inspiring mak!
    2. Saran buat blog-nya, udah bagus, paling banyakin konten aja sih dan kalo bisa tematik gitu, tapi overall gue baca, sudah oke dan mewakili ibu ibu muda bingit hihihi
    3. Ada 966 artikel rite? Ini angka keberuntungan apa gimana?

    Nah tentang hadiah giveaway kalo bisa milih maunya router Andromax hohohoho….

    Eniwey selamat ya Tiw ngeblog udah 10 tahun, pencapaian yang luar binasaaaaaaaaa euy!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now