Motherhood

5 Manfaat dan Tips Aman Untuk Pijat Bayi

Friday, 28 July 2017

Tips Pijat Bayi

Dari sekian banyak aktivitas Ibu-anak, mandi bareng Sherpa merupakan hal yang saya sukai. Mandi bukan sekadar cibang cibung air agar badan bersih dan segar. Ada sentuhan-sentuhan dan komunikasi yang membuat saya merasa semakin dekat dan mengerti kebiasaan anak saya sendiri.

Setelah mandi, pijat juga terkadang saya lakukan pasca mandi agar Sherpa rileks dan perutnya tidak kembung. Tapi apakah betul hanya itu saja manfaat pijat bayi? Lalu bagaimana cara aman untuk memijat si kecil? Sebelum saya kasih tips dan triknya, saya mau cerita sedikit kenapa saya menulis blogpost ini.

Cara Aman Pijat Bayi (1)

Enak bangeeet nihhh dipijettt

Bulan Mei lalu, saya dan beberapa teman datang ke acara JOHNSON’S BABY . Dari yang saya pikir “Ah, ini paling press conference biasa. Launching campaign tertentu. And so on and so on.” But turned out, it was quite interesting. Ada simulasi memandikan bayi yang baik dan juga cara aman dan tepat untuk memijat bayi agar ia merasa nyaman.

Siapa yang melakukan simulasi tersebut? Tentunya orang-orang yang kompeten seperti Bidan-bidan dari Bidan Delima. Jadi di dalam acara tersebut dikatakan bahwa pijat dan sentuhan lembut saat mandi sesungguhnya sangat diperlukan, khususnya bagi bayi yang baru dilahirkan (28 hari pertama/neonatal). Hal ini diperlukan karena tubuh bayi yang baru saja lahir ke dunia membutuhkan proses adaptasi, yang mana sentuhan si Ibu/Ayah sangat berarti baginya.

Bidan Delima Pijat Bayi

Dan di usia neonatal tersebut adalah usia anak paling rentan. Menurut data WHO tahun 2015, ada sekitar 70.000 bayi di Indonesia yang meninggal sebelum menginjak umur 28 hari. Salah satu faktornya adalah kurangnya perhatian terhadap perawatan kulit bayi sehingga menyebabkan terjadinya sepsis. Di Indonesia sendiri, ada ribuan kematian bayi karena sepsis di tahun 2015. Allaaaah, sedih bangeeett. Di situ saya bertanya-tanya. MASA SIH PERAWATAN KULIT ITU NGEFEK UNTUK BAYI NEWBORN? GAK MUNGKIN! Tapi fakta mengatakan hal lain.

Yang makin bikin saya DEG, kematian bayi sangat-sangat bisa ditekan jika perawatan kulit diperhatikan. Misalnya ya dengan sentuhan orangtuanya itu saat mandi atau pijat. Sentuhan berkaitan erat dengan bonding. Rasa nyaman. Dan rasa nyaman itu menghasilkan imunitas yang lebih tinggi pada anak. Gimanaa kalo ada bayi baru lahir langsung dibuang? Kedinginan, nggak ada yang nyentuh, kulitnya kering. Ya Allah, ngembeng lagi dah mata gua nulis begini.

Makanya JOHNSON’S Baby menyebarkan awareness pentingnya sentuhan Ibu terhadap bayi lewat mandi dan pijat, terutama saat masa neonatal. Nama gerakannya adalah “JOHNSON’S Baby Sentuhan Penuh Harapan”. Karena campaign ini ingin langsung menyentuh para Ibu, maka JOHNSON’S Baby bekerjasama dengan Alfamart dan Save The Children. Setiap pembelanjaan produk JOHNSON’S Baby jenis apapun senilai Rp 25.000 di Alfamart, maka kita telah mendonasikan Rp 500,- ke Save The Children.

Nantinya hasil donasi tersebut akan disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Untuk membangun fasilitas kesehatan daerah, membantu pengadaan alat-alat kesehatan, dan lain sebagainya. Dengan itu, para Ibu Indonesia telah membantu memberikan harapan bagi bayi yang kurang beruntung untuk hidup, tumbuh dan melihat dunia. Sedih dan terharuuuu. :’)

Biar gak sedih-sedihan, langsung aja saya share 5 Manfaat Pijat Bayi (yang ternyata luar biasaa!)

1. Meningkatkan sistem kekebalan

Ya itu tadi yang sempat saya singgung. Karena pijat itu membuat sebuah bonding erat, maka terciptalah rasa nyaman. Rasa nyaman membuat badan lebih rileks dan si kecil jadi tidak mudah sakit.

2. Memperlancar peredaran darah dan pencernaan.

Selain kulit lebih segar, sentuhan ini meminimalisir rasa gassy pada perut dan juga sembelit

3. Membantu pembentukan, koordinasi serta kelenturan ototnya.

Pantes atlet-atlet juga sesekali dipijet. Biar ototnya makin kebentuk dan lentur shaay!

4. Menenangkan serta mengurangi frekuensi menangis pada bayi

Ini juga saya baru tahu banget. Kirain ya bayi sering nangis adalah kewajaran. Tapi ternyata itu bisa diredam dengan pijat yang nyaman. Iya juga sih, kalo dia badannya kaku pasti gak enak dan nangis. Makanya dengan pijat si bayi lebih kalem karena badannya gak kaku lagi. Ya sama aja sama emaknya yang kalo lagi cranky bawaannya pengen manggil mbok pijet.

5. Menambah berat badan harian

OH. YA. LORD. Where have I been all these times? Sherpa adalah anak yang sulittt sekali bobotnya naik. Apalagi dia bukan tipe anak yang makannya lahap. Selama ini saya pijetin bocah sesekali aja kalo anaknya anteng pas abis mandi. Tahu gini dari dulu pijetin dia setiap hari!

Pijat bayi Johnsons

Gak cuma manfaat untuk si bayi, pijat bayi juga membuat orangtuanya lebih tenang dan percaya diri untuk memegang si kecil. Sekarang kita beranjak ke Tips Pijat Bayi yang Aman:

  • Waktu memijat yang tepat adalah saat bayi betul-betul sudah bangun, tidak dalam keadaan terlalu lapar atau terlalu kenyang
  • Pilih Baby Oil yang mengandung emollient sehingga dapat mencegah terjadinya kulit kering. Jangan mengoleskan baby oil atau lotion ke kulit yang sedang iritasi. Hentikan pemakaian jika terjadi ruam.
  • Cuci tangan kita dengan bersih dan lepaskan segala perhiasan agar tidak melukai bayi
  • Pijatlah di tempat yang aman dan nyaman untuk Ibu dan anak, pastikan posisi bayi dapat melihat Ibu dengan jelas
  • Karena ketika pijat baju bayi dibuka, maka pilihlah tempat yang hangat dan tidak terlalu terang atau silau

tips pijat bayi

Untuk panduan gerakan pijat bayi dengan variasi usia dapat langsung dilihat di:

  1. Pijat untuk bayi newborn
  2. Pijat untuk bayi di atas 6 minggu
  3. Pijat untuk bayi 6 bulan ke atas

Untuk informasi lebih lanjut tentang campaign ini, boleh ceki-ceki akun media sosial resmi dari Johnson’s Baby yaitu:

Semoga tulisan kali ini mencerahkan buibuk yang ingin anaknya lebih sehat, bonding lebih kuat, dan berat badannya nambah yaa. Trus apakah ada tips pijat bayi yang kamu punya? Lebih suka pijat bayi sendiri atau di baby spa? Atau malah punya tips bonding lebih erat dengan si bayi? Jangan sungkan untuk berbagi cerita di kolom komentar!

14 thoughts on “5 Manfaat dan Tips Aman Untuk Pijat Bayi

  1. hehe jadi ga sabar pengen cepet punya anak

    1. titiw says:

      Hahaah, aamiin

  2. rasehaM says:

    Apakah perlu rutin pijat bayi? Dan apa perlu ke salon bayi? Khawatir kalau pijat sendiri belum tau sela-selanya dan syaraf mana saja yang bisa dipijat.

    1. titiw says:

      Kalau pijat bayi menurutku harus rutin, ke salon bayi sesekali aja. Sebenernya sih gak akan kenapa2 kalo kita juga pelan-pelan dan gak pake tenaga. Waktu itu sih bu bidan pas nunjukiin tips pijat bayi, gak usah kenceng, yang penting kayak disentuh2 aja. Jadi yang penting sentuhannya itu loh

  3. Waaah makasih saran dan masukknaya, semoga bermanfaat buat yang lainny juga :D

    1. titiw says:

      Amiin. Thanks sudah berkunjung mas Diaz :D

  4. Kalau baca soal bayi suka kebayang shayna dan farrel masih bayi. Thanks tips2nya

    1. titiw says:

      Sama-sama kaaakkk. Tapi farrel sama shayna masih suka pijet ala-ala gaak? :D

  5. Arwen karena kebiasaan dipijat dari bayi suka tiba-tiba nyodorin minyak terus minta pijat lho..
    okebos. siap bos.

  6. Dini says:

    Tapi bener loh ya. Tanya kapan tauk diajak pijet kan yaa di salon bayi. Abis pijet dia makan kayak gak ada hari esok. Ada aja yang masuk mulutnya.

  7. Rry Rivano says:

    Iya yah kulita bayi yg baru lahir itu rupanya sensitif sekali, jadi kepikiran sama bayi-bayi yg di terlantarkan..

    *ikutan ngembeng nih mata*

  8. Disty says:

    Padahal dipijat juga bisa meningkatkan IQ loh, karena menstimulus perkembangan sel sel otak. Ayok rajin pijat bayik Ibuk Ibuk biar anaknya pintar dan ga mudah kemasan hoax, eaaaa

  9. Ranume says:

    Pokoknya adiknya Elora ntar, harus lebih sering dipijat! Soalnya si Elora jarang banget aku pijat, Kak. :(

  10. Ema says:

    Kalau ternyata pijat bayi bisa begini krusial, bersyukur banget yah banyak pelatihan-pelatihan memandikan dan memijat bayi baik yang diselenggarakan RS-RS bersalin, maupun sekadar dari postingan-postingan video di sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now