Traveling

Jalan-jalan Ke Mana Dalam 2 Hari di Bengkulu?

Friday, 25 August 2017

Bengkulu dalam 2 hari

Banyak orang yang berpendapat bahwa yang bisa jalan-jalan hanyalah mereka yang tidak memiliki pekerjaan kantoran, atau mereka yang memiliki waktu fleksibel. Worry not, traveling tidaklah harus berminggu-minggu ataupun berhari-hari. One day traveling masih bisa dijalankan jika jaraknya memang relatif dekat seperti Bandung ataupun Tangerang.

Baca juga: Rafting di Citarik: Alternatif One-Day-Trip

Namun untuk ke luar kota yang naik pesawat, sepertinya memang lebih afdol jika minimal punya waktu 2 hari 1 malam. Seperti misalnya saja ke kota yang dulunya masuk wilayah Sumatera Selatan, yaitu Bengkulu. Bulan lalu dalam rangka Festival Bumi Rafflesia saya menginap 2 malam, namun bisa dipadatkan menjadi 1 malam saja jika kamu terbang dengan pesawat pagi, dan pulang dengan flight malam.

Lalu, objek wisata mana sajakah yang wajib kunjung di kota yang harum namanya karena bunga Rafflesia ini? Berikut objek wisata dapat disambangi jika kamu hanya punya waktu 2 hari di Bengkulu:

DAY 1

1. Taman Konservasi Puspa Indah

Melihat Bunga Bangkai (Titan Arum) dan Bunga Rafflesia hukumnya sunnah muakad jika tidak mau dikatakan wajib. Lho iya dong. Bebungaan langka ini pertama kali ditemukan di Bengkulu dan sudah menjadi ikon pariwisata Indonesia. Buktinya bunga ini ada di beberapa perangko dan uang sah Republik Indonesia. Saya melihat Bunga Bangkai di taman ini, namun melihat Bunga Raffles di Taba Penanjung, Gunung Liku 9.

Baca juga: Simak 7 Perbedaan Bunga Rafflesia dan Bunga Bangkai

Karena jaraknya yang cukup jauh dari kota (1 – 2 jam), maka objek wisata ini wajib dikunjungi di hari pertama kamu menginjakkan kaki ke Bengkulu. Jangan lupa tanya orang-orang Bengkulu apakah di hari kamu datang ke sana ada bunga yang akan atau sedang mekar. Karena, waktu mekar kedua bunga ini sangatlaah singkat. Saran saya, bisa tanya-tanya Alesha Wisata untuk tahu jadwal mekar si bunga yang baunya bisa bikin pingsan 7 kambing sekaligus!

Festival bumi rafflesia

First encounter with Rafflesia Arnoldi!

2. Taman Bunga Inaya & Danau Mas Harun Bastari

Untungnya, taman bunga yang berada di kawasan Curup ini tidak terlalu jauh dari Taman Konservasi Puspa Indah. Maka itu membuat objek wisata yang cantik ini dapat dikunjungi di hari yang sama. Datanglah setelah dari Taman, setelah makan siang. Takut laper soalnya. Saya kan care. Uwuwu.

Danau mas harun bastari

Para wanita dengan senyum fakenyaaa

Ada jenis bunga apa saja di sana? Dari ladang strawberry yang bisa dipetik sendiri, bunga matahari, kenikir, krisan, dan buanyaaak bunga-bunga yang baru saya lihat saat itu. Selain pemandangan cantiknya yang digadang-gadang sebagai spot yang super ok untuk selfie, yang patut dicontoh dari taman bunga Inaya adalah: Letak antar sekelompok bunga yang berjarak. Sehingga, kita tidak harus menginjak-injak bunga untuk hasil foto yang instagrammable.

Swipe kanan untuk melihat video taman bunga!

Dari bawah, naiklah sedikit menuju puncak, kamu akan menemukan bangkai pesawat yang sebetulnya akan dijadikan restoran! Malahan taman bunga ini akan ikut serta dalam festival bunga internasional yang akan diadakan tahun 2018. Lemparkan pandangan ke sebelahnya, maka kamu akan melihat danau luas bernama Danau Mas Harun Bastari. Kenapa namanya ini ya? Mau tahu latar belakangnya? Begini ceritanya.. Menurut orang setempat, ceritanya adalah.. Mereka sendiri nggak tahu apa cerita di balik itu.. Eyaaaa… Biar lebih seru coba baca blog pak guru Edy di SINI deh. Jawabannya ada di ujung langit sana. ;)

Taman Bunga Inaya

Melihat dari animo pengunjung yang datang, sudah sepatutnya danau dan taman bunga ini tidak hanya menjadi objek wisata yang temporer. Seperti arti nama Inaya dalam Islam: Kepedulian; maka mari sama-sama peduli dengan melindungi dan menjaganya.

DAY 2

3. Pantai Panjang

Pantai Panjang adalah objek wisata yang memiliki garis pantai sangat panjang: kurang lebih 8 km! Kalo dihitung-hitung, seperti dari rumah saya di Pondok Bambu sampai Kuningan. Mayan jauh yaaa kakaaak. Letaknya tidak jauh dari kota Bengkulu. Hanya sekitar 10 menit dengan bus. Di sini, selain bisa foto-foto terus untuk memperkece feed Instagram, kamu juga bisa lebih sehat dengan olahraga!

Kenapa? Karena Pantai Panjang merupakan bagian dari Sport Center Bengkulu. Bisa jogging, main bola, main voli, dan lain-lain. Bahkan ketika saya ke sana minggu lalu, sedang berlangsung Bengkulu Triathlon yang baru pertama kali dilakukan. Malah ada Kelly Tandiono di antara peserta.

pantai panjang bengkulu pantai panjang bengkulu

4. Museum Negeri Bengkulu

Sejarah Bengkulu, adat istiadat Bengkulu, hingga peninggalan artefak Bengkulu semuanya ada di Museum ini. Sejujurnya, museum ini adalah tipikal museum biasa yang belum tersentuh teknologi atau apapun yang membuat kinclong ala-ala museum kekinian di Jakarta. Jika waktunya mepet, museum ini bisa menjadi opsi terakhir.

Museum negeri bengkulu

5. Rumah Pengasingan Bung Karno

Bengkulu merupakan kota dimana Soekarno diasingkan. Rumah Soekarno terbilang luas, dengan halaman apik, dan ruangan-ruangan yang sirkulasi udara yang baik. Cahaya matahari juga masuk secara alami di sela-sela daun pintu dan jendela khas rumah peninggalan jaman Belanda. Di belakang rumah, ada sumur yang konon katanya bisa bikin awet muda. Sedangkan di setiap ruangannya ada secercah sejarah yang diceritakan dengan lancar oleh guide di sana.

Rumah Pengasingan Bung Karno

Fisik dapat terasing, namun hati tetap berjelajah. Ya, di kota inilah Presiden pertama kita itu bertemu dengan Ibu Fatmawati. Ibu Inggit yang sudah puluhan tahun menikah dengannya tidak iklas untuk dimadu sehingga ia memutuskan untuk bercerai.

Oh ya, Fatmawati adalah istri pertama dimana Soekarno mendapatkan keturunan. Namun tahukah kamu bahwa Inggit bukanlah istri pertama? Istri pertamanya adalah Siti Oetami, anak dari Tjokroaminoto. Apakah kamu salah seorang dari penggemar Bung Karno? Bagaimana menurutmu sepak terjang Bapak Proklamasi kita tersebut? Hayooo jawab yang jujuuur. x)

Rumah Pengasingan Bung Karno

1 Bung dikelilingi banyak wanita x))

6. Fort Marlborough

Fort Marlborough. Benteng peninggalan Inggris terbesar di Asia Tenggara ini terletak di jantung kota Bengkulu. Ketika saya berkunjung ke sini, tidak terlalu berharap untuk bertemu objek wisata yang kece. Namun ternyata Benteng yang sempat dikuasai Belanda ini lebih bagus yang saya bayangkan. Bersih, rapih, apik, dan tak ketinggalan banyak pojok-pojok keren untuk berpose.

Fort Marlborough Bengkulu

Fort Marlborough Bengkulu

Saat datang ke sini, pihak Pemda Bengkulu mempersembahkan tarian yang ditemani tabuhan gendang bernama Dol. Dulunya, Dol hanya dimainkan ketika Perayaan Tabot 1-10 Muharam dan hanya boleh dimainkan orang Bengkulu Tabot atau Bengkulu keturunan India. Namun kini Dol jamak dipakai untuk acara penyambutan tamu, dan beberapa acara lainnya.


Total objek wisata: 6 tempat. Kurun waktu: 2 hari. See? Bisa kaaan? Jadi, kata siapa jalan-jalan harus butuh waktu yang super lama? Ada ide lagi nggak nih bisa jalan-jalan ke mana dengan waktu relatif sempit? I’m open to comments. Happy traveling!

7 thoughts on “Jalan-jalan Ke Mana Dalam 2 Hari di Bengkulu?

  1. Waaah, makasiiiii, Kak Titiw atas link blog saya. Mari, mari, berkunjung hehe

    1. titiw says:

      Hehee sama2 kakaaak. Ayo2 berkunjung ke blognya pak guruuu :D

  2. rasehaM says:

    Kalo bunga yang tinggi banget itu apa namanya?

  3. Eya ampuunn.. Aku kayang eh sayang padamu Kak Tiw 😘

  4. kisahnya ceritain tuh ada kapal terbang nyasar

  5. valdezmd says:

    Wadaw jadi pengen ke bengkulu nih habis baca ini kak titiw. heee, udah planning sih, mudah2an next cuti di approve. hee

  6. Eddy Fahmi says:

    Eh menarik ternyata ya… Thanks for sharing tiw, jadi tau kalo bengkulu bagus juga buat dikunjungi. Selama ini aku nggak seberapa ngerti apa yg menarik dari bengkulu hahaaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now