Review

Pindah Rumah: Segala Tips & Trik Bebas Ribet

Wednesday, 29 November 2017

Pindah Rumah Go-Box Go-Send (1)

Pindah Rumah? Yes, you heard it right! So guysssss, I’m officially moving! Dari Pondok Bambu, ke daerah Jatiwaringin. Masuknya sih Bekasi, padahal jaraknya cuma sekitar 4 km dari rumah lama. Sudah hampir 2 bulan ini saya pindah. Dari yang pertamanya beraaaat banget pindah (secara udah puluhan tahun tinggal di Pondok Bambu, gak pernah pindah dari lahir!), sekarang saya mulai enjoy di rumah baru yang sedikit lebih luas, lebih terang, dan lebih nggak banyak nyamuk, hihihi.

Aaaaaah, no nyamuk, no cry..

Sebulan sebelum pindah, saya dan Mahe packing packing packing kayak nggak ada hari akhir. Packing untuk ngetrip gak ada apa-apanya dibanding packing untuk pindahan rumah. Bongkar pasang, bongkar lagi, pasang lagi. Beli-beli furniture baru, dan di sisi lain harus mengikhlaskan beberapa barang lama yang punya kenangan-kenangan indah di baliknya. *Tserrrrrr*

Daaan setelah 2 bulan ini, barulah kami mulai merasa lebih nyaman. Selain rumah sudah lebih rapih, beberapa barang yang dibeli dari online shop juga sudah datang semuanya. Buat kamu yang mau pindah rumah juga, saya punya beberapa tips dan trik yang bisa diikutin supaya jadi nggak terlalu lelah dan makan waktu. Dengan ini, kuhempasssskan tips ini kepada kalian pembaca yang budiman.

1. Siapkan timeline yang jelas

Maksudnya? Misalnya sudah tahu akan pindah tanggal 1 Desember, maka 2 bulan sebelumnya sudah mulai mencicil pindahan. Bisa dari packing barang-barang yang sepertinya tidak dibutuhkan dalam 2 bulan ke depan, dan buang atau sumbang barang-barang yang sama sekali tidak akan terpakai. Garage sale adalah ide bagus untuk “buang barang” tapi dengan cara yang lebih iklas. Jual via socmed atau teman-teman sendiri dulu sebelum diumumkan lebih luas lagi.

2. Siapkan packing kit yang mumpuni

Gunting, pisau, tali, kardus-kardus, stiker label, isolasi, lakban, box, plastik, spidol, semua harus berada dalam tempat yang mudah terjangkau dan diletakkan di dalam 1 tempat. Sehingga, ketika kamu nyicil packing, semua akan lebih mudah dan gak ada stress yang gak perlu karena harus nyari tali untuk ngiket atau spidol untuk nulisin label. Untuk kardus pindahan, gak usah beli baru. Cukup minta di swalayan terdekat ketika kamu lagi belanja bulanan. This works a lot for us!

3. Kasih nama semua kotak dan kardus

Labelin semua kardus, semua kotak, semua plastik. Misalnya “Dokumen penting Mamoy” “Dokumen penting Papoy”. Kita jadi aware ada apa saja di dalam kardus tersebut dan gak bakal bolak balik untuk bongkar-bongkar. Kalo mau lebih jelas, kasih nama semacam: “Dokumen penting Mamoy: Akta kelahiran, KK, Ijazah”

4. Sedia 1 koper untuk “moving essentials

Ketika pindahan, kita tetap akan butuh baju bersih, butuh sabun dan shampo, tissue, makeup, charger, dll yang akan susah diambil jika kamu memasukkan semua itu ke kardus pindahan. Jadi si koper itu adalah amunisi kita “bertahan hidup” selama 2-3 hari lah.

5. Backup semua barang berharga

Misalnya saja kita pindahin komputer, backup semua datanya di hard disk external kalo-kalo amit amiitttt pas pindahan si mas-mas jasa pindahan rumah careless. Untuk emas, dokumen penting, duit, dan barang berharga lain sebisa mungkin kamu bawa sendiri di storage yang safe dan tidak mudah tercecer.

Pindah Rumah Go-Box Go-Send (1)

Rumah baru aku, guys!

6. Pengiriman barang baru jangan dibarengin hari pindahan

Hari pindahan adalah saatnya untuk fokus memindahkan barang yang ada di rumah lama ke rumah baru. Jadi kalo kita beli TV baru, kulkas baru, sofa baru, atur agar barang-barang itu datang beberapa hari setelah kita pindah sehingga kita lebih tenang dan gak stress dengan banyaknya barang menumpuk. Kalo saya sendiri atur seminggu setelah pindahan hari pertama.

7. Bersih-bersih Rumah

Bersih-bersih rumah is a must! Lakukan selama 3-4 hari sebelum panggil jasa pindahan rumah. Ini membuat kita lebih nyaman karena barang yang datang akan diletakkan di lantai yang sudah bersih, di atas lemari yang bebas debu, dan di tembok yang tidak ada sarang laba-labanya.

8. Memilih Jasa Pengiriman Barang yang Terpercaya

Dua bulan lalu sih saya pake jasa antar barang Go-Box untuk pindahan barang-barang besar, dan pake Go-Send untuk beberapa barang yang beli di toko online atau e-commerce. Dan kedua jasa antar barang ini sangaaaaat membantu buibuk yang males rempong macem saya (a.k.a mager).

Kenapa? Karena di Go-Box ada pilihan additional orang kalau mau ada orang yang bantu-bantu angkat barang. Jadi gak cuma dapet supir yang anter aja, tapi juga orang yang angkat barang sampe di ruangan yang kita mau. Murahhhh banget biayanya cuma Rp 50.000/orang. Bisa nambah sampe 2 orang yang bantuin.

Pindah Rumah Go-Box Go-Send (1)

Sedangkan Go-Send yang sering make suami saya karena dia udah gak sabar pengen lihat barang yang baru dia beli di olshop. Secara Go-Send juga udah kerjasama dengan banyak e-commerce untuk jadi salah satu pilihan jasa pengiriman barang.

Pindah Rumah Go-Box Go-Send (1)

Saya pribadi cukup happy memakai 2 aplikasi ini karena gak pernah ada drama dan terpercaya. Terpercaya karena apa? Ya ini Go-Box sama Go-Send under Go-jek gitu loh. Ada asuransi yang mencover hingga 500 juta, dan ada CS yang sedia 24 jam lewat email, telpon, dan social media. Ntappps! Apalagi pas Go-Box, mas-masnya baiiiiikk banget bantu angkut-angkut juga meski dia drivernya. Makasih ya paaak. :’)

Cek ongkir Go-Box sama tarif ongkir Go-Send gimana? Udah ada di aplikasinya. Nih caranya: 

  • Go-Box:
    Pilih tipe mobil box yang diinginkan. Isi lokasi pindahan dan lokasi yang dituju. Masukin semuanya dengan detail biar kamu puas. Misalnya aja tulis di kolom “Instruction” kamu isi “Mohon mobil dibersihkan dahulu” atau “Mohon sediakan terpal untuk alas pick up”. Trus isi mau additional mas-mas apa nggak buat angkut-angkut, sama masukin insurance yang kamu inginkan. Udah deh yang terakhir pilih mau pick up now atau pick up later. Ketika next, udah tertera tarif ongkirnya.
  • Go-Send:
    Masukin lokasi asal dan tujuan. Udah deh keliatan berapa tarifnya. Cek ongkir Go-Send mah begitu aja. Tapi setelah itu kamu harus isi detail nama dan telp pengirim dan penerima, serta barang apa yang dikirimkan itu.

Sekiaaaaan tips dan trik dari saya untuk kelian semuanya. Terakhir, jangan lupa kasih sekadar minum, ucapan terima kasih, atau sedikit tips untuk driver Go-Box dan Go-Send yang sudah berbaik hati untuk mengantarkan barang dengan selamat. Kamu sendiri ada tips pindah rumah supaya lebih woles? Ditunggu curhatnya di kolom komentar yaaa! :D

Pindah Rumah Go-Box Go-Send (1)

Anak jelik ngejar kucing depan rumah. X)

12 thoughts on “Pindah Rumah: Segala Tips & Trik Bebas Ribet

  1. krim penghilang flek hitam ampuh says:

    cari yang praktis tanpa ribet

  2. rasehaM says:

    GoBox ngebantu banget sih. Yaqin lah kalo sewa pick up konvensional kagak ada yang semurah pake GoBox!

    1. titiw says:

      Betullll gobox pilihankoeee

  3. Bieb says:

    waaahh…rumahnya luas banget kaaak..
    Btw..aku pas pindahan juga pke GoBox trus milih mobilnya yg semi truk gitu. Murceee.
    Pas aku pindahan pas banget tahun baru. Jadi 1 Jan 2018 ini akan resmi 2 tahun tinggal di Depok. Syukurnya sih barang ga gitu banyak. Tapi tetep aja 1 bulan setelah pindahan baru keliatan beres. heheheh
    Ngomong2 soal pindahan…hmm..jadi kepikiran ngedraft postingan baru nih. :D

    1. titiw says:

      Hahaha gak gede2 banget kok Bieb. Ini hanya angle. EHEHEHEHE.. Yuk ditunggu postingan barunyaa! :D

  4. budiono says:

    wohoho selamat Tiw atas rumah barunya. gede dan bagus!

    **ngebayangin duitnya pasti di atas 5M tuh**

    btw semua cerita pindahan tadi, pernah kualami 2012 lalu pas mau pindahan dari rumah kontrakan ke rumah kami sendiri. ngeboxnya butuh 1 bulan, unboxingnya 1 tahun gak kelar. kwkwwk..

    sayangnya waktu itu belum ada gobox ;)

    1. titiw says:

      GAK KAAAAK INI RUMAH MERTUAAAA YANG BIASA DIKONTRAKIN. AKU CUMA RENOVVV BAHAHAHAHAH :))) Tapi amiiiin kalo bisa punya rumah seharga 5 M amiiin. :)) Bahh unboxing emang gak klar2 ya, gak semudah vlogger2 itu unboxing gadget. x))

  5. Selamat atas rumah barunya kak Tiw. Infonua lumayan bermanfaat nih buat nanti kalau pindahan

    1. titiw says:

      Makasih momfit cancik. Yaaay snangnya kalo bisa membantu :’)

  6. Yang repot kalo ngontrak terus harus pindah dadakan. Nnnaaah itu!

    1. titiw says:

      NNNAHHH INI DIAAA! :’)))

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now