Titiw Inside

Langkah-langkah Penggabungan NPWP Istri dan Suami

Saturday, 6 January 2018

Penggabungan NPWP suami istri

Circa tahun 2008-2009, pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sedang marak-maraknya. Saya ingat betul, Pak Darmin Nasution (Dirjen Pajak saat itu) cukup menggebrak dengan merangkul anak-anak mudah untuk membuat NPWP. Di mana-mana tersiar bahwa dengan memiliki NPWP, maka akan banyak kemudahan di berbagai bidang. Seperti misalnya, bayar pajak menjadi lebih kecil, membuat paspor jadi gampang, dan pengajuan kredit menjadi lebih mudah.

Saya adalah salah satu manusia yang membuat NPWP di tahun 2009, dan memiliki pengalaman baik tentang cara membuat NPWP. Waktu demi waktu berlalu, saya menikah, dan beberapa kali agak bingung dengan masalah pajak. Setelah berdiskusi dengan salah satu karib saya bernama Farchan yang kerja di Pajak, ternyata jika sudah menikah lebih baik NPWP suami dan istri digabung saja, jangan punya masing-masing.

Kenapa begitu? Gimana cara penggabungannya? Tenang.. Coba saya jabarkan satu-satu pertanyaan dari Netizen yang terhormat.

Jadi kak, mengapa kita lebih baik menggabungkan NPWP dengan suami atau istri? 

Mengacu dari artikel di HaloMoney, Undang-Undang Pajak Penghasilan di Indonesia mengatur keberadaan keluarga sebagai satu kesatuan ekonomi. Dengan begitu, seluruh pendapatan ataupun kerugian seluruh anggota keluarga digabung menjadi satu kesatuan yang dikenai pajak. Adapun pemenuhan kewajiban pajak dilakukan oleh kepala keluarga, dalam hal ini adalah suami. Mengacu pengertian tersebut, maka segala penghasilan dan kerugian istri akan dianggap sebagai penghasilan dan kerugian suami.

Nah, ketika NPWP kita terpisah dengan suami, maka itu bisa membuat kita harus membayar beban pajak lebih besar. Dengan hitungan tarif pajak progresif atas penghasilan gabungan suami-istri, maka akan terbuka resiko kurang bayar atas pajak yang ada. Intinya, lebih banyak yang harus dibayar kalau NPWP masih pisah. Agar lebih mudeng, ilustrasi yang lengkap dan cukup jelas bisa dilihat di SINI.

Lalu, apa lagi manfaat penggabungan NPWP?

Selain jadi bayar pajak lebih sedikit, NPWP yang sudah digabung juga sangat memudahkan para pegawai pajak untuk mendata. Informasi penghasilan istri cukup dilaporkan dalam lampiran Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT), yaitu di kolom penghasilan terkena PPh Final dan/atau bersifat Final. Tidak usah SPT terpisah lagi.

Tapi, saya lebih mau dipisah aja deh NPWPnya. Takut kenapa-kenapa!

Maksudnya? Nggak percaya sama suami? Hehehehehe. Selama kamu bukanlah artis-dangdut-super-terkenal-dan-banyak-duit-yang-ditanggep-tiap-malam-di-panggung-rakyat, maka lebih baik NPWP kalian digabung saja. *Apa kabar mas Adamnya Inul yaa?*

Situasi apa yang membuat kita tidak bisa menggabungkan NPWP?

Jika sebelum menikah, kalian berdua ada perjanjian pra-nikah atau prenuptial yang menyatakan bahwa harta kalian ya terpisah dan masing-masing. Kedengerennya sih keren, tapi hukum Islam itu udah sangat memudahkan untuk wanita. Harta suami adalah harta istri, namun harta istri adalah harta istri. NYAHAHAHAHAHAHA. *mon maap jika penulis tidak objektip*

Sudah ngerti tetek bengkak bengek NPWP, sekarang cara ngegabungin NPWPnya bagaimana kak?

Ada 2 step, yaitu melakukan Permohonan penghapusan NPWP istri, dilanjut dengan Permohonan penggabungan NPWP istri dengan suami. Berikut langkah-langkah dan apa saja yang dibutuhkan!

STEP 1: Permohonan penghapusan NPWP istri

  1. Langsung datang ke KPP dimana NPWP kamu dibuat untuk pertama kalinya. 
  2. Syarat yang harus dibawa ada di bawah, semua yang difotocopy masing-masing 1 lembar. (Bawa 2 buat jaga-jaga)- Fotocopy KTP istri & asli
    – Fotocopy KTP suami
    – Fotocopy NPWP istri & asli
    – Fotocopy NPWP suami
    – Fotocopy KK
    – Fotocopy surat nikah
    – Formulir permohonan penghapusan NPWP yang diisi lengkap & ditandatangan (ini ada di kantor KPPnya)
    – Surat pernyataan pemisahan harta. Sebelumnya saya kurang ngerti jadi gak bawa. Pas di sana gak papa, dikasih kertas kosong dan didiktein apa yang perlu kita tulis. Nanti ditempel meterai. (gak typo, berdasarkan KBBI yang bener itu meterai, bukan materai) *maaf OOT*
    – Meterai 6.000
  3. Pas dateng, langsung tanya di mana ambil formulir permohonan penghapusan NPWP, lalu isi dengan baik. Bawa bolpen sendiri biar nggak ngantre. Tanya baik-baik yang mana formnya, jangan sampe salah. Daaan pastikan kamu tahu akan ke loket berapa sehingga antrinya nggak sia-sia. Di KPP Matraman – Duren Sawit, saya udah ke loket C eh ternyata kudu ke loket A. Sia-siaaaaa ngantri.
  4. Ketika sudah semuanya, mbak/masnya akan ngasih tanda bukti penghapusan NPWP kalo mau gabungin NPWP. Lalu nanti akan ada pemberitahuan ke alamat pos atau email atau telp, kalau NPWP kamu sudah terhapus. Berapa lama? Maksimal 6 bulan. Kok lama? Karena banyak verifikasi dan lain-lainnya.

STEP 2: Permohonan penggabungan NPWP istri dengan suami

  1. Step 1 sudah selesai? Saatnya menggabungkan NPWP. Bisa di hari yang sama kok, tapi balik lagi ke pak satpam yang duduk-duduk di deket form. Ambil antrian untuk penggabungan NPWP, karena ini antriannya beda dari yang step 1. Kalo tadi saya di loket A, sekarang harus antri di loket C.
  2. Kasih tanda bukti kalau NPWP istri sudah dihapus (step 1 point 5). Nanti dia akan minta syarat-syarat lain, yaitu:- Fotocopy NPWP suami
    – Fotocopy NPWP istri & asli (kalo udah pernah bikin sebelum menikah)
    – Fotocopy KTP suami
    – Fotocopy KTP istri & asli
    – Fotocopy Kartu Keluarga
    – Semuanya 1 lembar
  3. Pas saya datang ke KPP, saya pikir semuanya itu 1 lembar. Buat penghapusan NPWP dan penggabungan. Ternyata beda, jadi buat jaga-jaga fotocopy semuanya 2 lembar ya.
  4. Di loket ini agak lama, karena harus mencocokkan semua domisili, KTP, KK. Nah, karena KK yang saya berikan adalah KK baru ketika Sherpa lahir, kata si Ibu pajak KK saya masih belum terdetect oleh sistem. Biasanya gitu, agak lama. Tapi, penggabungan NPWP tetap bisa dilakukan, hanya saja kapan-kapan kalau ada waktu main-main lagi ke KPP tersebut untuk ngecek apakah KKnya sudah terdeteksi.
  5. Habis itu, dibuatin deh Kartu NPWP baru. Nomornya adalah nomor NPWP suami, tapi namanya jadi berdua. Kayak saya, jadinya begini formatnya >> (Nama Mahe)/(Nama Saya)

HAMDALAAAAAAH akhirnya NPWP saya gabung juga dengan Mahe. Total waktu yang saya butuhkan sekitar 1 jam 15 menit. Lebih karena salah antre sih. Dari jam 14.15 – 15.30. Dan ini saya nyuri-nyuri waktu ketika lagi antre BPJS! Luar biasa bukaaan? :)) Oh ya, ada beberapa tips lagi nih biar gak keblinger di KPP:

  • Tanya beberapa kali dan ke beberapa orang, formulir mana yang harus kamu ambil
  • Tanya juga kamu harus ambil antrean loket yang mana kalo mau hapus NPWP, dan yang mana kalo mau gabung NPWP
  • Bawa bolpen sendiri
  • Bawa aer biar gak aus
  • Tukang fotocopy di KPP Matraman Duren Sawit agak jauh, jadi mending fotocopynya dilebihin aja ya daripada kurang
  • Mendingan dateng siang biar gak terlalu crowded.
  • Jam operasional KPP adalah jam 8.00 – 16.00, tapi kadang tutup jam 15.00 karena antrian yang membludak. Jadi jangan kesorean juga.

Gabung NPWP udah, tinggal bayar pajak aja deh di tahun 2018, semoga gak gede ya. Lagipula kalopun pajaknya gede, Alhamdulillah berarti penghasilan juga gede. Nyah nyah nyah, amiiin. Thank you bapak/ibu pegawai pajak, mohon maaf ya kalo saya juga suka spanneng-spanneng. Kalo ada yang mau tanya-tanya, sok atuh komen di bawah, atau sekalian ke Twitter @kring_pajak dan telp ke 1500200. Good luck, netizeeeeeeeen! :))

Previous Post →

3 thoughts on “Langkah-langkah Penggabungan NPWP Istri dan Suami

  1. Aulia says:

    Informasi berguna untuk dunia perpajakan dan khususnya bagi yang sudah bekeluarga, yang jomblo suatu waktu juga akan berguna. Thanks mba titiw :)

  2. Irna says:

    Nah ini yang mau dilakukan trus bingung sendiri. Kmrn nanya di twitter ternyata gak bisa di KPP terdekat. harus ke KPP asal. KPP asal dl bikin NPWP pas masih gadis. Di luar kota alamat dinas ortu. Skr ortu jg sudah tak disana Yassalam.
    😑😑. Aku belum pernah ke kantor pajak sih untuk konsultasi. tp kalau ke kantor pajak dan mau konsultasi segala macem ketemunya siapa sih? Hahaha blank banget.

  3. krim penghilang flek hitam says:

    bikin masing-masing banyak keuntungan bisa buat kredit lebih banyak hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now