Traveling

7 Fakta Hutan Bakau Taman Nasional Rawa Aopa

Thursday, 10 May 2018

Hutan Mangrove Rawa Aopa

Mungkin sebagian dari kita sudah tahu fungsi hutan mangrove atau bakau, yaitu sebagai penahan abrasi pantai dan menahan air laut agar jangan sampai ke daratan. Namun tahukah Anda jika Indonesia merupakan negara dengan hutan mangrove terluas di dunia? Menurut data Kementrian Negara Lingkungan Hidup yang saya lihat di Alamendah, luas hutan bakau di Indonesia tahun 2006 mencapai 4,3 juta ha. Itu melebihi Brazil dan juga Nigeria. Luas di Indonesia malah mencapai 25 persen dari total luas bakau di dunia, namun sebagian kondisinya kritis.

Kali ini, saya ingin sedikit berbagi informasi mengenai hutan mangrove seluas 6.200 hektar yang berada di TN Rawa Aopa Watumohai di Sulawesi Tenggara. Sebagai salah satu sabuk hijau di Indonesia, hutan bakau di TN ini benar-benar wajib kunjung. Mengapa? Mari saya jabarkan di bawah ini:

1. Ketika kami menyusuri Sungai Lanowulu, dengan perahu milik balai TN, pemandangan hutan mangrovenya luar biasa indah.

2. Mangrove di TN Rawa Aopa merupakan salah satu kawasan mangrove tercantik di Indonesia karena tinggi besar dan jarak yang rapat antar pohon.

3. Kayu-kayu mangrove dipakai secukupnya untuk menjadi bahan baku rumah penduduk suku Bugis yang tinggal di atas air, tepatnya di bagian Muara Sungai Lanowulu.

Hutan Bakau Rawa Aopa

Kayunya dipakai untuk membuat rumah

4. Bakau di sini memang tumbuh indah dengan sendirinya, namun TN bekerjasama dengan masyarakat juga mengadakan penanaman pepohonan ini secara berkala.

5. Hutan mangrove Aopa merupakan habitat alami dari bangau, monyet, elang sulawesi, rangkong, hingga Anoa. Namun Anoa sulit ditemui karena dalam jarak 1-2 km sudah bisa mencium bau manusia, dan ia langsung menjauh.

Hutan Bakau Rawa Aopa

6. Mata pencaharian penduduk sekitar juga berpusat di hutan mangrove ini. Dari budidaya rumput laut, rebon, udang, ikan, kepiting bakau, kepiting rajungan.

7. TN bekerjasama juga dengan beberapa pihak untuk mengeksplor fungsi mangrove selain fungsi alaminya. Tahukah Anda jika pohon ini juga dapat dibuat sirop? :)

Hutan Bakau Rawa Aopa

Buah pohon ini bisa dijadikan sirop!

Bagaimana? Seru kan mengetahui seluk beluk hutan mangrove di TN Rawa Aopa? Jangan mentang-mentang pohonnya di sini terlihat banyak, maka jadi seenaknya ya. Karena jika 1 bakau itu rusak, perlu waktu kurang lebih 100 tahun untuk recovery lho. Jadi yuk sama-sama merawat hutan mangrove kita, untuk kita-kita juga di masa sekarang dan di masa depan. Happy (eco) traveling!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now