Motherhood

Daftar Perlengkapan Ibu dan Bayi Baru Lahir & Budgetnya

Thursday, 4 October 2018

Perlengkapan Bayi Baru lahir

Sekitar 3 tahun lalu, sudah terbersit di kepala saya untuk membuat daftar keperluan dan perlengkapan ibu dan bayi baru. Iya, 3 tahun lalu saat saya mengandung Sherpa. Tiga tahun kemudian, masih juga hal tersebut menjadi wacana dan tidak saya tumpahkan dalam sebuah tulisan di blog. Dan sekarang, saya sudah hamil yang ke-dua yang mana duedatenya adalah sekitar minggu ke-2 Oktober 2018. Baiklah pemirsa, dengan segenap semangat yang tersisa di balik perut gendatsku ini, sekaranglah saat yang tepat untuk membuat daftar perlengkapan ibu dan bayi yang baru lahir!

Seperti jamaknya para Ibu yang sudah memilki anak pertama, persiapan anak ke-dua ini saya lebih santai. Tidak terlalu kulak kulik website parenting, nggak ngotot belanja ini itu, dan gak kepikiran untuk membuat maternity photoshot. Kalau adeknya Sherpa bisa ngomong, mungkin dia udah bilang:

Moy, harus banget nihhhh giliran aku gak diperhatiin?

Well, sebenernya bukan gak diperhatiin nak. Tapi pekerjaan sehari-hari Mamoy juauh lebih sibuk dan menantang dibandingkan 3 tahun lalu dimana pekerjaan tidak seberat sekarang, ditambah pula dengan kost di belakang kantor, sehingga tidak ada stres tambahan dalam mengarungi kemacetan ibukota. *Alesan ajaaa lu Junaediiii!*

Saya sendiri baru belanja kebutuhan bayi beberapa minggu lalu, yang mana gak semuanya banget saya beli. Seperti misalnya stroller, pompa asi, sterilizer, semua masih ada dari lungsuran Sherpa. Bahkan ada beberapa barang yang menurut saya gak harus dibeli seperti box bayi. Dari situ, saya berpikir lagi untuk membuat daftar kebutuhan bayi ini. Karena meskipun hamil ini hanya berbeda 2 tahun dari yang pertama, rasanya udah lupaaaa semuanya.

Jadi, siapa tahu daftar perlengkapan ibu dan bayi ini bisa membantu orangtua baru yang masih clueless untuk belanja-belanja. Here you go!

PERLENGKAPAN IBU

Karena perlengkapan yang dibutuhkan Ibu lebih sedikit daripada perlengkapan bayi, maka kita jabarkan dulu ya apa saja yang dibutuhkan si Ibu:

1. Outfit

  • 5 Baju menyusui: @100K. >> Ini saya beli merk yang gak mahal-mahal banget seperti Mamigaya, atau JustMom. Ada yang sedikit di bawah Rp 100,000, ada yang sampe Rp 150,000. Untuk baju menyusui saya pilih bahan-bahan kaos yang nyaman dipakai di rumah. Kalo ada budget lebih, boleh juga beli baju menyusui yang lebih fancy dikit untuk keluar rumah. Harganya sekitar Rp 150,000 – Rp 250,000.
  • 7 Bra Menyusui: @50K >> Saya pilih merk Sorex tipe 8200. Nyaman, tidak membuat sakit puting yang sedang menyusui, dan tidak pricey. Dari 7 bra ini, saya bagi jadi 2 ukuran. Biasanya kan ukuran non hamil saya 32, Nah ini saya beli 4 pcs ukuran 34-36, dan 3 pcs ukuran 36-38 (lebih nyaman untuk menyusui).
  • 7 CD hamil: @30K >>Loh, pas melahirkan perutnya kan sudah kempes. KATA SIAPAAA? CD ini bisa dipakai sejak hamil hingga pasca melahirkan. Lagi-lagi pilihan saya jatuh kepada merk Sorex, tipe 1129.
  • 1 Stagen: @100K >> Stagen membantu perut kita gak bleber dan gak berasa melayang pasca melahirkan. Ada juga merk-merk bagus yang digadang-gadang bikin perut langsung kempes, seperti merk Belly Bandit. Tapi harganya 10x lipat merk Sorex. Lagi-lagi Sorex ceuuu.
  • 2 Nursing Cover: @100K >> Saya lebih suka nursing cover dari bahan kain yang stretch karena bisa dwifungsi menjadi syal ataupun alas stroller Kurang cocok dengan nursing cover yang berbahan agak keras dan dikalungkan di leher, rasanya bayi jadi tertutup betul. Kenapa 2 pcs? Biar bisa ganti-ganti aja, karena akan lumayan sering dipake.
  • 5 Pembalut Nifas: @30K >> Merk yang saya suka adalah Softex Maternity, karena lebih jejek pas ditaro di celana dalem. Ada lagi sih merk lain, tapi saya kurang cocok. Oh ya, harga segini dapet yang isinya 22 pcs ya. Dalam sehari kemungkinan kita ganti pembalut 4-5x, dan mulai sedikit menjelang 40 hari masa nifas berakhir.
  • 3 Breastpad: @40K >> Fungsi breastpad ini membuat ASI gak merembes di baju atau mengalir keluar bra. Untuk harga ini, dapat breastpad merk MamaPad isi 56 pcs. Kalau mau lebih hemat, pakai breastpad yang bisa dicuci ulang, seperti merk Avent isi 6 dengan harga Rp 35,000.

2. Lain-lain

  • 1 Nipple Cream: @150K >> Sebetulnya nipple cream ini butuh nggak butuh. Ada yang putingnya lecet tapi hanya mengandalkan ASI untuk mengoles putingnya, ada yang sama sekali gak lecet. Kalo saya dulu sih leceeet buangett sampe nipple cream ini ya jadi satu hal yang wajib beli. Harga ini bisa dapet merk Mothercare, bisa juga cari yang lebih murah di apotek seperti merk Kamillosan, harganya sekitar Rp 50,000-an.
  • 1 Breastpump Elektrik: @1,5mio >> WAAAA MAHAL YAAA. Iya, ini adalah harga breastpump yang double, elektrik, merk Spectra 9+. Harga bisa lebih tinggi lagi di toko. Perlu gak sih? Kalo kamu ibu pekerja yang aktif lagi setelah 3 bulan cuti melahirkan, saya sarankan BELI AJA. This is my savior dalam memberikan ASI untuk Sherpa. Dengan spec yang sama, kamu gak akan dapat lebih murah daripada merk ini. Coba-coba aja dulu beberapa merk dan tanya temen-temen, karena ada aja orang yang cocok manual, ada yang cocoknya elektrik.
  • 1 Breastpump manual: @150K >> Saya mencoba breastpump manual merk Mooimom yang silikon untuk cadangan dari yang elektrik. Kalo mau kulik-kulik online shop, harganya bisa lebih murah dibanding di toko, bisa jadi Rp 115,000. Pastikan jangan beli yang KW ya. Inget, ini untuk makanan anak kamu lho. :)
  • 1 Bantal menyusui: @100K >> Saya sempat under estimate bantal menyusui ini. Namun ternyataaaaa, bantal ini sangatlah berfaedah. Dapat mengurangi sakit punggung, sakit lengan, jika menyusui tanpa bantal. Recommended!
  • 1 Kulkas ASI: @1,5 juta >> Ini adalah kulkas ASI second merk Toshiba super cool, dengan 5 rak. Perlu gak sih punya kulkas khusus ASI begini? Kalo saya sih perlu, karena ternyata kulkas di rumah nggak muat diisi ASI perah. Dan secara saya Ibu-ibu bekerja yang harus nyetok banyak ASI, pembelian kulkas ini cukup worth it. Kalo bisa sih beli second dari temen sendiri biar lebih trusted yaa.
  • 2 Vitamin Pelancar ASI: @60K >> Harga segini harga sedus kecil kaplet pelancar ASI bermerk Herbatia – Sari ASI. Saya sih gak minum setiap hari, kalo lagi merasa ASI agak dikit aja, pasca 3 bulan melahirkan. Ngefek gak? Ngefek bangeet buat saya, herbal dan gak berbahaya untuk busui.
  • 1 Tas ASI: @200K >> Merk yang jamak untuk tas ASI ini adalah merk Gabag. Harganya sih variatif tergantung besar dan model. Kalau saya yang muat 6 botol dan 2 blue ice. Kalo isinya pake plastik ASI, bisa muat lebih banyak lagi.

Checklist Perlengkapan Bayi

PERLENGKAPAN BAYI

1. Outfit

  • 12 popok kain (selusin): @7K >> Jaman Sherpa sih, saya make popok kain sampe sekitar 2 minggu. Setelahnya diapers sekali pakai yang sangat membantu ibu baru agar lebih waras. Kenapa? Karena popok kain selalu berasa basah, jadi si bayi akan nangis-nangis terus. Tapi kalo kamu langsung pake diapers sekali pakai, ortu, mertua, dan semua orang akan menjadi manusia segala tahu yang mengatakan bahwa tidak baik kalau bayi itu langsung memakai diapers sekali pakai. Jadi beli aja, urusan dipake nggaknya nanti silakan dipikir sendiri. 12 popok ini bisa dipake sekitar 2-3 hari, jadi harus rajin nyuci biar bisa dipake ulang teruuus.
  • 6 Singlet/kaus dalam: @10K >> Kalo bisa sekalian yang agak nyaman. Buat anak pertama saya, percaya gak percaya, itu singlet masih kepake sampe dia 2 tahun. Kenapa cuma saya anjurkan setengah lusin? Karena gak butuh-butuh banget singlet ternyata, apalagi kalo cuma make kaos yang udah adem. Cuma dibutuhin kalo pake kemeja, mau pergi, dll.
  • 6 Stel baju panjang: @40K >> Maksudnya ini baju atasan dan bawahan, tapi yang panjang. Atasan lengan panjang dan celana panjang. Buat dipake sehari-hari, merk Velvet gitu juga udah paling bener dan SNI.
    stel baju panjang velvet
  • 6 Stel baju pendek: @35K >> Ini juga stelan baju atasan dan bawahan, tapi atasannya lengan pendek, dan bawahannya celana pendek. Nyaman buat sehari-hari di rumah.
  • 10 Jumper pendek: @25K >> Ini recommended banget buat punya banyak! Anti gerah, anti repot gonta ganti celana, dan bikin bayi terlihat auto-cute! Saran saya, jangan semuanya beli yang ukuran newborn. Beli yang ukuran 3-6 bulan, dan juga ukuran 6 – 9 bulan. Jumper pendek alias bajuu kodok ini biasanya dikeluarkan sepaket. Misalnya Carter’s, isinya 5 harga variasi. Bisa 80 – 130 ribu per paket. Jadi pinter-pinter milih yaa.

    jumper pendek bayi

    Jumper pendek

  • 6 Jumper panjang: @40K >> Baju terusan, yang biasanya ketutup sampe kaki. Ada variasi yang pake capuchon, ada yang nggak. Bisa buat jalan-jalan keliling komplek sore hari.

    jumper panjang bayi

    Bisa juga buat bobok

  • 3 stel baju pergi: @150K >> Kok mahal? Karena biasanya ini sepaket: Jumper, celana panjang, topi, kaos kaki dan tangan, selimut. Lucu untuk dipake jalan-jalan pas mau imunisasi, atau pas pulang dari RS.
    Set baju pergi bayi
  • 3 Bedong Instan: @60K >> Percayalah. Ngebedong bayi itu tidaklah mudah. Buat kain jadi segitiga, ditarik ke kiri, ditarik ke kanan, bagian bawah membungkus ke perut, dll dsb. Terdengar mudah. KALAU ANAKNYA GAK GERAK KAYAK KENTANG. Kalo lagi nangis, gerak, dan cranky, yang ada maknya setres. Wajib punya deh bedong instan yang tinggal srat sret, klaar!
    bedong instan bayi
  • 6 Set kaus tangan & kaus kaki: @15K >> Kaus tangan fungsinya untuk mencegah si kecil mencakar mukanya sendiri, karena kontrol gerakannya belum baik. Sedangkan kaus kaki bisa jadi pengganti sepatu kalau keluar rumah. Jadi secara logika, kaus kaki akan dipakai lebih lama daripada kaus tangan yang hanya cuma dipakai 1-2 bulan. Kelamaan pake kaus tangan nanti bikin dia bingung untuk meraba dan merasakan suatu benda.
  • 6 set topi: @10K >> Biasanya saya memakaikan topi untuk si kecil kalau pergi-pergi atau ke luar rumah saja. Jika tidur di kamar sih jaraaang pakai topi. Oh ya, terkadang juga ada yang jual udah 1 set: topi-kaus kaki-kaus tangan dengan harga yang relatif murah, yaitu RP 20,000 per set.
    Set topi kaus tangan kaus kaki bayi
  • 6 Celana Pop: @10K >> Dulu sih Sherpa gak terlalu kepake karena Mamoynya males pakein dia celana lagi abis pake diapers. Bahahah, jangan ditiru ya ibu-ibu, nanti anaknya masuk angin. Lagipula celana pop berfungsi agar popok gak terlalu geser, dan dapat mencegah agar tidak ada kekacauan dalam rumah tangga lebih banyak lagi.
  • 1 Cardigan/Jaket: @90K >> Gak terlalu terpakai sehari-hari. Kalau keluar rumah saja di cuaca dingin/hujan. Untuk urusan outfit anak, jangan terlalu mikir kalau bayi itu terlalu sensitif. Cerminan diri kita aja, kira-kira kita kedinginan gak nih kalo gak pake jaket, kalo berasa kedinginan, ya udah pakein deh bayinya jaket. Sherpa punya 1 cardigan yang bertahan sampe 1 tahun lebih.
    jaket bayi
  • 3 Baby bib/slaber: @15K >> Slaber sekarang tuh lucu-lucu banget, bentuknya jadi semacam syal koboi, atau dengan motif-motif unyu. Fungsinya sih sama aja, supaya itu iler gak basahin sebaju-baju alias tadah iler.
  • 2 Sepatu bayi: @50K >> Ketika masih di bawah 6 bulan atau belum bisa berdiri, sepatu bayi nih gak guna banget. Cuma bagus buat foto-fotoan. Makanya saya cuma beli 1-2 biji aja yang prewalker shoes. Sisanya gemana dong kalo lagi ke luar rumah? Pake kaus kaki aja!

2. Mandi

  • 1 Baby bather: @150K >> Buat apa beli ini? Kan udah ada bak mandi bayi? Percayalah ki sanak, baby bather ini lebih aman, lebih nyaman, untuk para orangtua baru yang masih takut-takut dalam memandikan si kecil. Tinggal taro, sirem, sabunin, bilas. Kalo pake bak mandi, ngeri harus diangkat-angkat, belum lagi takut kepleset sehingga bikin air malah masuk mata dan hidungnya. Cuma harus sering-sering dibersihkan ya, karena gampang jamuran/kotor, secara dipakai setiap hari.
    baby bather
  • 3 Handuk: @50K >> Kulit bayi berbeda dengan kulit dewasa, masih lembuuut banget. Jadi usahakan jangan pake handuk dewasa dulu, apalagi pake handuk bergantian meski itu dengan ortunya. Biasanya keywords untuk cari handuk bayi itu “Handuk jepang” dan semacamnya. Beli tiga biji biar bisa sering-sering diganti yaa.
  • 2 Washlap: @20K >> Washlap masih guna pas bayi baru lahir, kalo masih takut mandiin bayi dan mau dia dielap-elap doang. Atau saat bayi sakit dan kita cuma mau dia kena air sedikit. Kalau udah gak terlalu dipake, bisa buat Ibunya, kompres-kompres payudara kalo kena bengkak menyusui alias mastitis.
  • 8 Saputangan: @5K >> Kenapa 8? Karena ada yang jual seset isi 8 dengan motif-motif lucu seperti Merk Gerber. Saputangan ini penting buat: lap iler, lap ingus, lap keringet, atau buat tetes-tetes oil dan ditaro di deket bayi pas dia lagi sakit. Sungguh multifungsi!
  • 1 Paket toiletries: @150K >> Saya tidak breakdown toiletries bayi jadi sampo, sabun, cologne, hair lotion, baby oil, diaper cream, dll, karena semuanya sudah tercakup dalam paket toiletries. Paket pertama yang saya pakai untuk Sherpa adalah Pigeon. Dia cocok, gak masalah sama kulitnya, ya hajar ajaaa. Yang jelas, dalam paket toiletries itu hanyalah bedak yang tidak terpakai oleh saya.
    toiletries bayi
  • 3 Minyak telon: @20K >> Nah, minyak telon adalah salah satu essential thing untuk baby, yang biasanya tidak terdapat di paket toiletries. Makanya saya beli terpisah. Selain bikin anget perut bayi, wanginya bikin hhhhhmmmm mau cium bayik teruuus. Minyak telon rekomendasi saya: Bebe Rosie berbentuk krim yang tidak nempel di baju, Konicare ungu sekalian dengan anti nyamuk, atau minyak telon My Baby yang disukai bayi dan tidak panas.
  • 1 Paket sisir-sikat: @150K >>  Lagi-lagi saya tidak breakdown perlengkapan bayi untuk menunjang kesehariannya. Beli saja paket ini yang biasanya berisi: Sikat gigi, sisir, gunting kuku, kikir kuku.
    paket sikat sisir bayi

3. Tidur

  • 6 Alas Ompol: 10K >> Diletakkan di atas perlak, agar itu pipisnya gak langsung ngalir ke kasur. Beli alas ompol yang agak besar, karena bisa difungsikan juga jadi selimut, alas iler/gumoh (muslin) yang ditaroh di bahu, ataupun jadi bedong.
    alas ompol bayi
  • 6 Piyama: @40K >> Piyama ini sebenernya gak beda sama baju panjang & celana panjang, ataupun jumper/bodysuit panjang. Cuma, pilih yang bahannya lebih nyaman untuk bayi. Kalau beli yang kakinya tertutup, perhatikan kalau si baju udah kekecilan ya, nanti bayi gak nyaman karena kakinya udah sempit.
  • 3 Selimut: @50K >> Pilih selimut yang nyaman dan lembut, dengan ukuran agak besar. Kalau saya jarang kasih Sherpa selimut karena sering dia tendang. Tapi tenang saja, selimut bisa difungsikaan juga jadi alas ompol, atau alas stroller.
  • 1 Bantal Peyang: @200K >> Harganya agak mahal, saya beli dengan merek Baby Bee dan dipakai hingga 6-7 bulanan. Pertamanya sih ngerasa gak ada bedanya sama bantal biasa, kecuali si bantal peyang ini agak lebih keras karena terbuat dari latex. Tapi Sherpa yang lahir palanya agak panjul, lama-lama palanya jadi bulet cakep lho. Gak ngerti juga apakah ini dikarenakan si bantal atau bukan.
  • 1 Set bantal matras: @200K >> Biasanya saya pakai kalau bayi mau diletakkan di ruang TV atau di luar kamar. Isi set ini biasanya terdiri dari matras, 2 bantal guling, dan 1 bantal biasa, 1 bantal peyang. Ada yang lebih murah dari ini, ada yang jauh lebih mahal. Dipilih aja sesuai kebutuhan ya.
    set bantal guling matras bayi
  • 1 Perlak Besar: @100K >> Bener-bener dipake setiap hari sebagai alas dia bobok. Kalau kena pipis? Tinggal dielap atau dicuci dikit. Relatif mudah lah untuk perawatannya.
  • 1 Kelambu: @100K >> Perlu-perlu nggak sebenernya. Kalau kamu punya rumah yang gak banyak nyamuk, ya gak butuh. Tapi karena rumah saya lahaulaaa isinya nyamuk semua, tentulah si kelambu ini adalah sang penolong yang wajib dimiliki ibu baru!

Checklist Bayi dan Ibu Baru

4. Menyusui

  • 1 Sterilizer: @500K >> Ada sterilizer yang multi fungsi, ada yang emang cuma buat sterilizer aja. Apa saja yang harus disterilkan? Alat-alat pompa ASI (asal bukan mesinnya yes), botol ASI, dot, gelas, piring. Tapi harga segini ya dapet sterilizernya bukan yang sterilizer kering ya. So pasti ini sterilizer basah, misalnya saja merk Chicco. Setelah 3 tahun, masih bagus dan terpakai lagi kok.
  • 1 Penghangat botol: @120K >> Fungsi penghangat botol buat saya ini ya untuk melelehkan ASI dan untuk menghangatkan makanan MPASI. Gak semuanya otomatis tapinya, harus tetep dicek udah anget belum, udah meleleh belum. Harga segini, paling bisa dapet merk Crown yang kecil.
    penghangat botol ASI
  • 30 Botol kaca 100ML: @5K >> Kalau memang sudah pasti jadi Ibu-ibu yang nyetok ASI, botol kaca emang bagus untuk storage ASI dibandingkan plastik ASI. Tapiiiii, butuhnya bener-bener berrrrrbotol-botol loh. Saya aja dulu pas udah masuk kerja, bisa 3x pompa, dan per pumping, bisa dapet 2 botol ASI yang satunya ukuran 100ml. Berarti, 6 buah sehari. Jadi, 30 botol kaca paling ya buat seminggu. Sehingga, saya sarankan lebih baik pinjeeeeem botol kaca ke teman yang sudah tidak butuh nyetok ASI lagi. Pinjem, cuci, steril, pakai deh. Saya juga pinjem sampe ratusan botol ASI dari teman saya, karena selain mahal kalo beli banyak, botol kaca tuh gak bisa didaur ulang lho. Save the earth, save money juga! :D
    botol asi kaca
  • 3 Plastik ASI 240ML: @45K >> Harga segini adalah harga sebungkus plastik ASI, merk Natur, dan isi 30. Saya beli yang plastik ini buat jaga-jaga kalo dulu ngantor lagi bawa banyak barang sehingga lebih ringan nyetok ASI dengan plastik dibandingkan kaca. Nanti pas dirumah baru dituang di botol kaca.
  • 2 Cup feeder: @10K >> Merk medela, ukurannya keciiiil banget. Kayak gelas mini berbahan plastik yang ada ukurannya. Fungsinya apa? Ada kalanya payudara ibu bengkak, berdarah, dan kesakitaaan banget sehingga menyusui langsung itu gak sanggup. Di sinilah cup feeder berperan. Taro ASI perah di cup feeder, minumkan sedikit-sedikit. Jangan sampe tumpah-tumpah ya, supaya airmata ibunya juga gak tumpah-tumpah. Penting untuk orang rumah belajar nyusuin si kecil pake cup feeder. Karena, selain minimalisir bingung puting, juga bantu banget kalo si ibu ngantuk atau butuh istirahat.
  • 2 Botol dan dot: @100K >> Loh, aku kan langsung nyusuin anak, ngapain pake botol segala? Nanti malah bingung puting. Iya Bun.. Sabar dikiittt. Ini fungsi botol adalah untuk minum susu ketika kita sudah masuk kantor lagi. Kalo bingung puting? Itu wallahualam, karena kalo anak udah di atas 3 bulan, udah nyerah tuh nyusuin pake cup feeder. Susah, tumpah-tumpah pula. Untuk mengurangi bingung puting, 1-2 minggu sebelum masuk kantor lagi, coba selang seling pakai botol dan nyusui langsung. Saya sih hamdalah sukses waktu nyusuin Sherpa. Pake botol merk apa? Avent natural yang pendek, yang ukurannya cuma 125 ML, dengan dot NB alias paling kecil. Ini kunci juga agak gak bingung putih. Pake dot yang flownya sedikittt, biar dia gak berasa mudah puas sehingga masih mau netek secara langsung.
  • 1 Sikat botol & 1 Sabun khusus botol bayi: @80K >> Untuk sikat botol, sangatlah membantu hidup kalau sikat botolnya yang bisa diputer seperti merk Huki. Untuk sabun khusus botol bayi sudah pasti Sleek Baby adalah pilihan pertama. Harganya Rp 50,000 untuk yang ukuran paling besar atau 500ML.

5. Travel

  • 1 Carseat: @500K >> Ini adalah harga carseat yang murah, gak bermerk, dan gak terkenal. Kalo mau yang rada serius antara 1,5 – 2 juta. Kalau kamu punya mobil, dan sepertinya akan sering bepergian dengan si kecil, carseat emang direkomendasikan banget. Tapi karena pas Sherpa lahir suami saya jual mobil, jadi carseat bukan merupakan kebutuhan primer dan tidak kami beli. Namun interview beberapa teman, car seat ini sangattt bantu kalau mereka nyetir sendiri dan kalau sering bepergian.
  • 1 Baby Carrier: @2mio >> Gendongan bayi, tapi bukan yang bahan kaos. Duh kalo ngobrol sama komunitas gendongan bayi mereka paham banget nih tipe-tipenya. Tapi yang saya mau bahas di sini adalah yang merk-merk seperti Ergo atau iAngel. 2x saya ke luar kota, minjem Ergo yang original sama temen, dan Ergo yang 360. Untuk saya pribadi, saya lebih suka yang ori karena tidak bulky. Dan guna bangettt kalo keluar kota 2 tangan penuh tapi harus ttp gendong bayi. Kalo ada budget, sok dibeli!
  • 1 Stroller: @1mio >> Stroller harga seginian mah ada Elle Baby, atau stroller-stroller lipet yang ringkes dan gak jejek. Saya sendiri punya 2 stroller di rumah, 1 buat jalan-jalan komplek (yang lebih kuat), 1 yang buat traveling (bisa dijadiin seukuran kotak pizza). Tapi menurut hemat saya mah punya 1 aja, yang gak mahal-mahal amat juga aman kok.
  • 1 Gendongan kain: @100K >> Lagi hits nih yang namanya Geos atau gendongan kaos. Bisa juga kalo kamu emang lebih percaya gendongan kain jarik, pake gendongan ini yaa. Gendongan itu bukan cuma buat memudahkan kita, tapi juga menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Misalnya aja kita kepleset, karena bayi ada di gendongan, jadi meminimalisir lukanya, dibandingkan jika si bayi kita gendong dengan tangan.
    gendongan kaos bayi
  • 1 Tas bayi atau tas popok: @200K >> Tas popok biasa digunakan untuk mudah membawa segala macem perlengkapan bayi dalam 1 bawaan saja. Tapi kekurangannya tas popok ini, jarang ada yang warnanya netral atau keren. Sehingga para bapak agak segan membawanya. Kalau saya, beli tas Jansport aja ukuran gede. Popok – baju ganti – diapers- toiletries – cooler bag, semuanya mashook!
  • Perlak kecil: @15K >> Buat jaga-jaga kalo pas lagi ganti popok di umum. Mayan kan kalo hadas kecil atau besarnya ngaliirrr, kudu ngepeeel broooh!
  • 1 Paket toiletries kecil: @30K >> Biar sreet langsung bawa kalo jalan-jalan. Isinya kudu ada sabun, sampo, oil, diaper cream, cologne.

6. Lain-lain

  • 1 Termometer Digital: @500K >> Hahhhh termometer kok mahal banget? Ngapain pake yang digital? Gak bisa pake termos es aja? *anak 90an banget* Percayalah bu, termometer digital ini sangat membantu jika Anda punya anak yang gak mau diem dan harus gerak per 2 detik sekali. Hasilnya instan, dan cukup akurat pun. Berguna juga untuk menakar suhu udara, atau permukaan benda (misalnya suhu air). Tapi kalo emang budget terbatas, pake aja termometer biasa yang dijepit di ketek itu ya. Harganya sekitar Rp 100,000.
  • 1 Bouncer: @400K >> Dulu saya mikir bouncer ini gak guna. Ternyata sodara-sodaraaa, bocah lebih anteng dan mau bobok kalo di bouncer. Enak kali ya, rasanya digoyang-goyang asooy. Harga segini tentulah bouncer biasa dengan merk-merk misalnya Fisher Price. Kalo udah ngomongin bouncer Nuna Leaf, bisa lebih dari 1 juta sendiri. Tapi sebagai orang yang pernah punya Nuna Leaf. saran saya sih mending bouncer biasa, Nuna overrated, kemahalan, dan antengnya bayi sama aja di dua bouncer yang berbeda ini.
  • 1 Baby Tafel: @2,5mio >> You know what, baby tafel is a must! Selain mengurangi pegel pada pinggang, baby tafel juga menjadi pitstop untuk segalanya. Mau mandi, mau ganti baju, mau ganti diapers, dll. Tapi jangan beli baby tafel yang ringkih dan cuma buat ganti baju dan popok aja. Beli sekalian yang kayu, sehingga ketika si kecil udah beranjak gede, ini bisa berfungsi sebagai lemari biasa. Saya waktu itu beli second dari temen, dan super worth it! Ini udah mau dipake lagi buat anak ke-dua.
    baby tafel kayu
  • 1 Keranjang baju kotor: @50K >> Beli aja yang merk IKEA atau apapun yang murah. Ini fungsinya lebih untuk memisahkan baju bayi dan baju dewasa di dalam satu rumah. KArena perawatan dan deterjen yang bayi pakai berbeda dengan orang dewasa.
  • 1 Clear Box besar: @150K >> Untuk menyimpan segala barang bayi yang belum tahu ditaro mana, tapi nanti akan diperlukan. Misalnya untuk naro Baju bayi yang belum terpakai, hadiah lahiran dari teman dan kerabat, dll. Pastikan jangan yang berwarna, tapi yang transparan agar kita tahu apa saja isinya tanpa membukanya.
  • 1 Playmat: @350K >> Playmat baru berguna ketika bayi sudah mulai merangkak. Harga segini buat playmat yang merk-merk Korea, dan bukan yang muahal banget seperti lumba mat atau Cobyhaus yang bisa menyentuh angka jutaan. So far saya pakai safe untuk bayi.
    playmat bayi
  • 1 Jemuran baju bayi: @60K >> Merk IKEA udah paling bener yang warna putih dan buat jemur-jemur baju bayi yang cilik-cilik apalagi buat kaos kaki dan topinya. Kenapa kudu beli? Simply biar keliatan kalo dijemur dan gak kecampur baju dewasa.
  • 3 Kapas bulat: @10K >> Fungsinya untuk bersihin selangkangan bayi setelah  pipis atau pup. Kalo udah usia 2 bulanan bayinya sih udah gak terlalu kepake, karena saya lebih suka bilas langsung pake air di kamar mandi.
  • 6 Tisu Basah: @8K >> Rata-rata tisu basah jaman sekarang buy one get one, jadi udah dibundel gitu. Saya pribadi makenya nggak tiap hari, karena tisu basah bukan untuk bersihin selangkangan bayi. Tapi lebiih kalau ada kotor-kotor. Bersihin selangkangan pake tisu basah kalo kepepet dan di luar rumah saja.
  • 1 Sedotan ingus: @70K: Saya beli yang merk Pigeon, dan ini cukup berguna sih di kala si kecil pilek, waktu anak masih bayi dan belum bisa ngeles.
  • 2 Diapers NB isi 44: @120K >> Nggak semua brand diapers sekalai pakai itu memiliki varian ukuran untuk New Born. Salah satunya yang ada dan sudah teruji ok dengan bayi saya adalah Nepia. Harganya emang mihil sih, tapi gak rash dan bikin anteng. Pampers juga mengeluarkan diapers untuk Newborn, namun saya tidak cocok karena mudah bocor. Secara harga sih mereka 11-12. Oh ya jangan langsung beli banyak ya, karena kadang usia 1 bulan saja, diapers ukuran NB itu sudah tidak muat lagi.
  • 3 Cotton bud: @5K >> Honestly, saya jarang bersihin kuping bayi. Cuma bagian luarnya aja dan gak ke dalem-dalem. Takuuuttt, dan kata dokter anak juga gak dianjurin pake cotton bud. Tapi ini dibeli gak cuma buat bersihin kuping, tapi juga untuk bersihin udel, upil, atau apapun lah. Pilih yang kecil yang ukuran buat baby ya.
  • 2 Kain kassa: @15K >> Fungsi kain kassa macem-macem, untuk plester luka bisa, untuk bersihin lidah bayi juga bisa. Caranya: cuci tangan kita, lilitkan kain kassa di telunjuk, masukkan telunjuk ke mulut anak, perlahan gosok gusi dan lidah bayi.
  • 2 Deterjen baju bayi @50K >> Harga segini untuk merk Sleek ukuran 500ML. Enaknya Sleek Baby ini, dia ada 2 tipe. Deterjen cair, sama yang gel gitu. Yang gel sangatlah ok dibawa buat jalan-jalan, karena gak bakal bikin tumpah-tumpah dan praktis tentunya!

Checklist Perlengkapan Ibu dan Bayi Baru

Jadi, total budget kalo emang mengikuti semua yang saya sarankan di atas adalah:

  • Keperluan Ibu:
    – Outfit: Rp 1,630,000
    – Lain-lain: Rp 3,720,000
    – TOTAL: Rp 5,350,000 >> Mahal di kulkas ASI, dan breast pump.
  • Keperluan Bayi:
    Outfit: Rp 2,159,000 >> Mahal di baju pergi
    Alat mandi: Rp 740,000
    Perlengkapan tidur: Rp 900,000 >> Mahal di bantal peyang
    Perlengkapan menyusui: Rp 1,205,000 >> Mahal di sterilizer
    Travel: Rp 3,845,000 >> Mahal di Carseat, baby carrier, dan stroller
    Lain-lain: Rp 4,543,000 >> Mahal di termometer digital, bouncer, dan playmat
    TOTAL: Rp 13,392,000

BOOM!

Hal printilan yang sekiranya kamu pikir “murah” ternyata setelah dikumpulkan ya lumayan menguras kantong. Itu saja saya memilihkan peralatan-peralatan dengan harga standar dan bukan yang premium. Oh dan saya juga tidak memasukkan box bayi ke dalam sini. Muahahahahaa, kejamnyaaa duniaaaaa.

Tapi tenang.. Untuk mengurangi budget, pintar-pintarlaah pilih merk yang valuenya ok dengan harga terjangkau. Ada juga opsi menyewa atau pinjem temen. Bisa juga perlengkapan yang agak pricey dijadikan Wishlist Kado Lahiran. Biasa kan temen dan keluarga pada nanya tuh “Mau kado apaaa?” Jangan ragu, bikin Wishlist saja seperti yang pernah saya tulis di artikel “Ide Kado Lahiran“. Gak usah gak enakan, ini membantu mengurangi budget banyak.

Sekian sharing saya, semoga berguna dan membantu banyak orang ya. Silakan juga download checklist saya di bawah ini dan dibagikan dengan mention blog saya ya. Untuk bumil yang baca ini, atau para suami siaga, semoga kelahiran kamu atau istri tercinta lancarrrr dan baik-baik saja ya. Have a fabulous new life being new parents!

© Featured image

7 thoughts on “Daftar Perlengkapan Ibu dan Bayi Baru Lahir & Budgetnya

  1. Bieb says:

    Waaahh…HPL nya minggu depan ya mba?
    Semoga diberikan kelancaran dan kemudahan ya.
    Tambahan…mungkin perlu juga Silicon Milk saver. Jadi kan biasanya klo netek-in si anak, trus tiba2 yg sebelah netes2. sayang banget kan klo merembes gt aja. Sekarang ada silicon milk saver. Jadi tinggal ditempelin di breast. Klo ga salah harganya sekitar 120k. :)

    1. titiw says:

      Insha Allah kakkk. Amin amin amin. Oh iyaaa aku gak pake milk saver krn pompaku udah yang double, jadi gak kebuang2. Hehe :D Makasih sarannya bieb. Anak2mu apa kabaar?

      1. Bieb says:

        Alhamdulillah baik mba. Lagi pusing2nya sama biaya sekolah anak. *curcol wkwkwkwk

        1. titiw says:

          Lolll hahahah insha Allah lancar2 jaya yaaa

  2. Zam says:

    wah, panjang juga, ya~

    anyway, semoga lancar dan sehat semua sampe dedenya Sherpa lahir ke dunia

    1. titiw says:

      Woh, ini gak kulist semua lho Zam. Kalo list semua semuaaa banget jauh lebih panjang. Hahah, makasih yooo! :D

  3. liyoskin says:

    wah ternyata ribet juga yah jadi seorang ibu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now