Motherhood

Arti Nama Ransi Kalandra Mahesar

Tuesday, 30 October 2018

Ransi Kalandra Mahesar

Mencari nama anak tidak semudah yang saya dan suami bayangkan. Ketika mencari nama anak pertama, saya sudah terbayang satu nama yang harus disematkan dalam namanya, bahkan sebelum saya hamil. Sehingga pencarian nama anak pertama lebih mudah dibandingkan nama anak ke-dua.

Lihat juga: Penuntun Menuju Pintu Surga dari Yang Maha Besar

Nah, ketika anak ke-dua sudah di depan mata alias saya sudah hamil besar, baru nyadar kalau saya dan Mahe belum mencari nama sama sekali. Blank. Tapi yang jelas kami mau nama depan anak kami adalah huruf R, yang nama belakangnya tetap Mahesar.

Kenapa huruf R? Supaya pas sekolah, kalo diabsen dari depan atau dari belakang, anak ini gak dipanggil duluan jadinya gak panik kalo ada kuis atau PR dadakan yang dia lupa buat….

Iya, iya, becanda. Duh ibu-ibu millenial ini seringkali naik pitam ya kalau persoalan anak jaman sekarang. LOLLL.

Nama depan huruf R karena nama saya dan Mahe diawali huruf R juga. Remember, nama kami bukan Titiw dan Mahe, tapi Rahmayanti dan Rizki. Titiw dan Mahe hanyalah nama panggung kami saja kalo lagi mau cari duwit.

Tilik punya tilik, brosing sana brosing sini, mengerucutlah pilihan kami, dan timbul nama:

Ransi Kalandra Mahesar

Apa artinya?

Ransi: Diambil dari bahasa Cina, yang artinya: Berpikir. Dapat juga diartikan sebagai “Berotak brilyan”, “Anak yang pintar”. Huruf R dapet, arti “Berpikir” juga saya suka banget.

Kalandra: Diambil dari bahasa Jawa yang artinya “Menerangi masyarakat”, “Menerangi dunia”. Kalandra juga bisa diartikan “Riang gembira” jika mencomotnya dari bahasa Yunani. Sedangkan Kalandra dalam bahasa Hungaria berarti: Petualang. Cuco ya, kayak Papoy Mamoynya yang petualang ACI. X)

Mahesar: Nama bapake, tapi juga bisa merupakan singkatan “Dari yang maha besar.”

Jadi, kalau diartikan secara keseluruhan, arti nama anak ke-dua saya (yang laki-laki lagi ini) adalah:

Anak yang cerdas dan berpikir, sehingga seiring dengan waktu dapat menerangi dunia, dari yang maha besar“.

Kalau diperhatikan, kami selalu memberikan nama anak yang bukan hanya baik untuknya, namun juga untuk orang lain. Seperti Rayn Sherpa Mahesar, yang berarti Penuntun Menuju Pintu Surga dari Yang Maha Besar. Saya ingin ia menjadi anak yang tidak hanya menuntun dirinya menuju surga Allah, tapi juga bisa menuntun banyak orang menuju ke sana.

Sedangkan nama Ransi Kalandra Mahesar, dengan pemikirannya yang cerdas dari yang maha besar, ia tidak hanya membuat pintar dirinya sendiri, namun juga untuk orang lain, sehingga seiring waktu dapat menerangi dunia.

Dengan nama-nama anak yang baik, insha Allah perilakunya juga baik, dan ia bisa menyelamatkan diri sendiri dan orang lain. Aamiin.

Kala & dr Alesia

Pung Mama, Kala, Mamoy, dan dr. Alesia Novita

Satu lagi yang ingin saya bahas adalah nickname dari anak yang baru netes ini. Kami memanggilnya: KALA. Empat huruf KALA mungkin tidak terlalu berarti bagi orang lain. Namun saya sebagai ibunya betul-betul memikirkan arti nama dari anak ke-dua saya ini.

Secara literal, Kala berarti: Waktu, masa. Demi waktu. Demi masa. Ini berhubungan dengan surat ke 103 dalam AlQuran, yaitu Surat Al ‘Ashr. 

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran” (QS. Al ‘Ashr).

Waktu adalah hal yang sangat berharga dan tak dapat diulang. Dengan memanggil “Kala”, saya berharap ia menjadi orang yang lebih menghargai waktu. Kekayaan, kepintaran, kecerdasan, ketampanan, kekuatan, semua tidak ada artinya jika kita tidak memiliki waktu.

Dengan menjadi manusia yang berpikir, ia pasti dengan mudah dapat mengartikan surat ini yang memiliki 4 perkara: Ilmu-Amal-Dakwah-Sabar. Meskipun hanya terdiri dari 3 ayat, namun Surat Al ‘Ashr merupakan rangkuman dari seluruh isi Al Quran.

Dengan  nama panjangnya, dan nama panggilannya, semoga Kala dapat menjadi manusia yang menghargai waktu, mengamalkan ilmu yg ia miliki, sehingga menjadi banyak gunanya bagi masyarakat. Ada aminnya, om dan tanteee?

Welcome to the world, Ransi Kalandra Mahesar. 

Mamoy & Kala

Meski pake helokiti, aku cowok lho :’)

PS: Kalau kamu sendiri, siapa yang mencari nama anak? Apa nama anak yang kamu pilih dan apa artinya? Ngobrol di kolom komentar yuuk! :D

7 thoughts on “Arti Nama Ransi Kalandra Mahesar

  1. Bieb says:

    anakku yang kasih nama suami. Biasanya kita nyiapin 2 nama. trus yg milih nama si baby. Caranya? disebutin ke si baby. klo dia senyum, berarti dia suka. dan itulah yang kita pilih. Kenapa begitu…karena menurut kami, si baby jg berhak menentukan nama yang dia suka. hehehe

    1. titiw says:

      Hahahha lucu juga tuh, nanti deh ya pas nama anak ke-3. *EH GEMANA*

  2. Raseham says:

    Nama yang indah, penuh makna, dan tidak terbawa arus penamaan anak kekinian. Moga Allah senantiasa membantu Nak Kala menjadi pelita bagi masyarakat dengan pengetahuannya.

    1. titiw says:

      Terima kasih kak, aamiin ya Allah atas doa2 baiknyaa. Nggg nama anak kekinian yang cem mana yaa?

  3. Zam says:

    selamaat datang, Kala! semoga menjadi anak yang seperti diharapkan ortu melalui doa dalam nama!

    1. titiw says:

      Aamiin. Makasih doanya, kak Zam!

  4. ikhni says:

    saya hamil sdh 9 bulan belum ada calon namanya
    rencananya ambil nama maulida diambil dari ( bulan maulud )

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now