Titiw Inside

Kelola Sampah di Rumah Dengan Cara Mudah (Khusus untuk orang males!)

Wednesday, 25 September 2019

Kelola sampah organik rumah

Jujur aja deh. Deep down di hati kamu yang busuk itu, muncul keinginan untuk mengubah dunia ke arah yang lebuh baik. Sedikiitt aja. Ada kan? Misalnya saja, tidak pake sedotan plastik lagi, bawa tas belanja sendiri, bawa tumbler, dan lain sebagainya.

Begitu juga di rumah, rasanya resah melihat sampah menumpuk, tapi kok ya rasanya ribet. Pilah sampah, kalo udah dikasih ke tukang sampah, digabung lagi. Sampah organik? Dikompos? Tunggu dulu Ferguso. Bayanginnya aja lelaaah. Gak ada waktuu!

Sekadar share, sampah terbanyak di Tempat Pembuangan Akhir adalah sampah organik. Dikutip dari SINI, per harinya setiap manusia membuang sampah 0,5 kg sampah makanan. Menurut Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta, sampah DKI Jakarta menuju Bantargebang, Bekasi mencapai 7500 ton/hari dengan 750 truk pengangkut sampah oleh petugas kebersihan.

Hal ini menyebabkan 2,7 juta ton sampah dihasilkan setiap tahunnya, dengan sampah makanan mencapai 54%. Sampah organik. Bayangkan jika tiap orangĀ  dapat mengelola sampah organiknya sendiri, betapa besarnya dampak positif yang dihasilkan!

Fakta sampah makanan

Trus gemana? Paling mudah, kalo makan ya harus habis. Jangan kemaruk, sehingga gak terlalu banyak sampah dihasilkan. Lalu, satu-satunya kelola sampah organik rumah tangga kan dengan dikompos? Iya. Tapi sebagai ibu-ibu pemales level 1000, saya punya tips untuk kamu semua.

Caranya gancil, segancil ngafalin lagu Mungkinkah dari Stinky. Begini tahapannya!

1. Beli pot agak besar. Saya beli merk Lion Star yang ukuran L, dengan betuk rectangle atau persegi panjang. Ada 2 pilihan warna, coklat atau ijo.

2. Beli tanah sekarung. Biasanya harganya Rp 15-20 ribu di toko online. Tapi ongkirnya mahal karena berat. Jadi kalo emang sempet, ke tukang taneman aja yang deket rumah.

3. Isi pot dengan tanah, sekitar 1/2 sampai 3/4 pot. Aduk-aduk pake sekop kecil atau garu.

4. Masukkan segala sampah organik ke situ. Apa aja sih sampah organik yang dimaksud?

  • Kulit telor
  • Sisa sayuran
  • Kulit bawang
  • Kulit buah
  • Biji buah
  • Cangkang telur
  • Dll

Kalau kamu masukin tipe sampah organik yang seperti ini, maka tidak akan bau. Cuma ya pasti ada belatung, semut, dan mikro organisme lainnya yang membantu proses penguraian.

5. Aduk-aduk sampah organik dengan tanah dalam pot setiap hari.

Kalau memang mau totalitas, buang juga aja tulang ayam, tulang ikan, sisa makanan yang sudah dimasak, dll. Tapi bear in mind, jika buang makanan seperti ini, akan menggoda lalat datang, sedikit lebih bau, dan kucing-kucing jadi rajin nyambangi untuk aduk-aduk si sampah. Sisi positifnya, sampah lebih cepat terurai karena belatung jadi lebih banyak.

Udah. Segitu doang. Gak pake compost bag, gak pake cairan ini itu, gak pake dedaunan kering. Pot + tanah aja. Jangan lupa siapin sekop dan garu kecil untuk memudahkan pengadukan.

Sampah organik
Kadang dari food scrap ini bisa ditanem lagi lho!

Sudah 2 bulan ini saya melakukan hal terebut dan dampaknya cukup positif. Bak sampah saya jadi gak terlalu bau, kuantitas sampah tidak sebanyak biasanya, dan Sherpa jadi ada kerjaan untuk ngaduk-ngaduk sampah organik. Hahahahaha.

Selain itu, saya juga jadi seneng berkebun kecil-kecilan. Malah terkadang dari sampah organik itu beberapa kali ada tanaman yang tumbuh lho! Terus juga dari sisa-sisa makanan, saya kasih air lagi atau tanam lagi, dan tumbuh lagi. Seperti daun bawang, ataupun batang kangkung.

Sekian sharing saya, semoga berguna untuk kamu yang masih mageeeer mau ngompos tapi pengen melakukan sesuatu supaya dunia sedikiit lebih baik. Kalo ada tips-tips lain kelola sampah dengan cara mudah, boleh bangeet share di komen yaa!

One thought on “Kelola Sampah di Rumah Dengan Cara Mudah (Khusus untuk orang males!)

  1. rasehaM says:

    Wah aku baru tau bgt soal pengelolaan samvah organix ini. Kirain ya semua sampah rumah tangga, sekalian aja minya angkut truk Dinas Kebersihan. Nanti minta istri ah untuk kerjain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now