Makhluk paling kuat

Los Alamos Omega West adalah fasilitas riset reaktor jenis kolam menggunakan fuel rod yang terbenam sedalam 25 kaki di air. Selain sebagai pendingin dan moderator, air kolam itu juga berfungsi melindungi operator manusia dari radioaktif. Pada musim semi tahun 1958, para ilmuwan menemukan bahwa air di kolam menjadi keruh. Mereka kemudian memanggil ahli kimia bakteri Eric B. Fowler dari departemen limbah radioaktif. Eric menemukan air tersebut dipenuhi oleh mikro organisme, kurang lebih 1 milliar per quart. Organisme tersebut ternyata bakteri bertangkai atau rod-shaped yang berasal dari genus Pseudomonas yang berasal dari damar dan terjatuh di dalam sistem penjernih air.

Radiasi dashyat reaktor tampaknya tidak mempengaruhi sama sekali bakteri tersebut. Ketika reaktor di matikan namun radiasi masih tetap tinggi, makhluk-makhluk tersebut menggandakan diri dengan cepat. Bahkan ketika reaktor tersebut menyala dengan kekuatan penuh, mereka tetap bertahan. Tingkat radiasi yang diserap Pseudomonas sulit dihitung, karena air bersirkulasi di jarak yang berbeda-beda dari inti reaktor, namun Dr. Fowler memperkirakan bahwa mereka mungkin menyerap radiasi lebih dari 10 juta rep (roentgen equivalent physical) sebanyak 8 kali per hari, 10.000 kali dosis yang mematikan buat manusia.

Banyak mikro organisme yang terjatuh ke dalam air Omega West yang mematikan, namun hanya Pseudomonas yang mampu bertahan. Mungkin saja Pseudomonas memiliki resistansi alami terhadap radiasi. Atau mungkin juga dibawah bombardir radiasi Omega, Pseudomonas bermutasi, memproduksi semacam daya tahan untuk bertahan di dalam sinar gempuran atom.

Kemampuan untuk merubah sendiri secara cepat untuk mengatasi kondisi tertentu adalah spesialisasi makhluk tingkat rendah seperti bakteri, yang jelas strukturnya jauh lebih sederhana. Kemampuan yang tidak dimiliki oleh makhluk tingkat tinggi lain seperti hewan dan manusia.

Diterjemahkan dari TIME

5 thoughts on “Makhluk paling kuat

  1. thalique says:

    Coba duit bisa menggandakan diri seperti itu..orang jadi ga ke dukun buat gandain duit..goblok..goblok..mau kaya ko ke dukun !!

    Atau semua barang bisa gandain diri.jadi barang-barang thalique yang ilang ada lagi..ini lebih goblok commentnya..(kalau mau punya lagi yang beli lagi lique)

    Bukannya makhluk yang paling kuat itu Hulk..??

  2. titiw says:

    Orang paling kuat itu Nyonya Meneer, berdiri sejak 1925 (bediri dari taun segitu.. istilahnya kalo tu varises dikumpulin, harta gak abis2 7 turunan..) Wakakakakak.. such an absurd fantasy..

  3. rasehaM says:

    Ay, teknis blogging “diterjemahkan dari…” ini tuh murni nerjemahin sendiri atau juga ambil dari sumber mana gt yang udah versi Bahasa Indonesianya? Mohon arahannya blogger senior.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *