Doraemon Ending

Hampir semua orang tahu kisah Doraemon si robot kucing masa depan yang dikirim ke masa Nobita berada. Setiap cerita mau tidak mau harus berakhir. Menurut saya, akhir kisah Doraemon di bawah ini paling pas dan fair diantara ending-ending lainnya yang sempat beredar.

Tanpa basa-basi lagi, inilah Doraemon Ending alias kisah akhir petualangan Doraemon dan Nobita yang mengharukan itu. Jangan nangis yaa.. :’)

583 thoughts on “Doraemon Ending

  1. Tobias Ringga says:

    wah wah wah…. sangat mengharukan sekali yah, kira” apa yang bisa diambil dari cerita ini??? huehuehue…. seru” lagi dong tiw huehuehue

  2. Hamdiy says:

    Waaah, hebat, lo punya komik ini, dulu gwe pernah dikirimin versi inggrisnya udah lama banget, masih pake email gwe di hotmail, yang sekarang udah ga ketauan apa username+passwordnya, hehehe..

    Thanks udah share yaa, Tiiiww..

    Btw, website blog lo itu masih terkesan kaku bin serius, ga elo banget, Tiw.. :D

  3. Niez says:

    Type your comment here.

    wuuuahhh endingnya mengharukan sekali..gag nyangka ajah walaupun nobita anak yg cengeng dan ceroboh tp dia tipe temen yg sejati huhuhhu^_^

  4. Risca says:

    cerita yang sudah lama kutunggu akhirnya.
    Senang sekali membacanya.
    Sedih…dan menghatukan.
    Tapi merupakan akhir yang bahagia.

  5. Hamdiy says:

    P.S. buat Titiw + Mas Ang : Link ini abis gwe kirim ke milis chicklitindonesia, kemaren hehe.. Lumayan lah, menambah2 tenar-in blog kalian, hehehe..

    Maap minta ijinnya setelah melakukan tindakan, hohoho.. *bukan minta ijin sih, ngasih pemberitahuan..* :D

  6. angga says:

    Mengharukan..hik.. meskipun singkat, tetapi makna persahabatan, kerja keras dan kasih sayang serta kemauan untuk meraih cita2 tergambar jelas disini. bravo tuk semua yang terlibat dalam proses penyampaian komik ini. Mari menjadi “Nobita”!!

  7. vina says:

    hiks..hiks…sungguh sangat mengharukan. ending ini emang beneran paling pas dibanding ending2 lain yang gue denger.

    hmmm.. banyak banget yang bisa diambil dari manga paling terkenal sejagad raya ini..

    bagus banget….;p

    btw, ending ini ditulis sama siapa ya?

  8. titiw says:

    Kagak ngapeh bung Hamdun, lumayan menyebar luaskan site kami. Thx anyway pal.. btw untuk mas anggit: ini endingnya dibuat ama om Fujiko F Fujio bukan sih? iya kan ya? soalnya ada yang nanya nih…

  9. apy says:

    Hmmm pada saat ending ini dibuat, Fujiko Fujio kan dah mati, tapi yg buat ini tetep tim studio komiknya Fujiko Fujio dan berdasarkan masukan dari para fans.

  10. Nick says:

    wah sungguh mengharukan…
    ending terbaik yg pernah kulihat
    nobita meskipun manja,malas,tidak pintar tapi tetap setia kawan….
    Hiks..Hiks…

  11. kuy says:

    ehm…hik…hik…hiks…huaaaaa……mengharukan mampus nih ending…
    btw ada alternate ending nya nggak?
    kite khan pengen tahu juge…

  12. titiw says:

    Ada, coba diklik di atas itu kuy, yg ada tulisan “ending-ending lainnya”, entar kamuh bisa liat Series_finale_rumours versi wikipedia kalo gak salah.. enjoy reading!

  13. meity says:

    wah,,,,,seru bgtzzzzzzz…..tp syank ud slesei…cb msh b’lanjut,,,,tp kyana msh kurang jlz ending’nya,,,,tp bgzzz bgdzzz ko,,,

  14. rat says:

    sumpa deh…ending yg satu ini bener2 nyentuh gue bgt….sedih euy….apalagi pas lagi baca ini tiba2 mp3 gue maenin lagu sebelum cahaya nya letto….bah….ingusan gue sambil ngetik comment ini saking terharunya…

    add my friendster pls for all of u guys doraemon’s fans….

    [email protected]

    or

    [email protected]

    thx yaaaa tiwiiiiiii

    nb: gimana ya cara donlot komik ini…pengeeeeen (T-T)hiks

  15. titiw says:

    @apri: Wah kurang tau juga tuh kalo beda sama ending Jepangnya.
    @Rat: cep cep cep.. jangan nangis dong. Downloadnya? eh downloadnya dari mana ya mas ang? Tapi kalo ga nemu ya save halaman ini aja.. Ya toch? hehe.. Kembali kasiih..

  16. bono says:

    wellwellwellwell
    nice story!!!!!

    cma doraemon,kartun yg nemenin gw dr lahir ampe skrg!!!!!!!!!!!

    sdih bgd klo baca endingnya!!!!!!!!!!!!!!!!

  17. Kang_ikin says:

    Gw inget banget, gw belain ninggalin kursi Sunatan gw demi nonton Doraemon. eh ternyata Ada ending nya. jadi terharu nih. Emang bener kata bono “cma doraemon,kartun yg nemenin gw dr lahir ampe skrg!!!!!!!!!!!”

    makasih ya komiknya…

    –> Hahaha.. berarti nonton sambil bedarah2 gitu dong? hehe.. kartun yang dari dulu setia menemani jam 8 pagi di hari minggu pagi.. Kembali kasih.. :)

  18. dewy says:

    Type your comment here
    waaaaaaach………..so scwiit bgd.nobitanya jadi orang hebaaaaaaat………………………………………………………………

  19. Mizuto says:

    huweee hiks hiks, btw mengharukan banget!
    nggak nyangka akhirnya gini, pokoknya bagus banget! two thumbs up! sesama pecinta doraemon ^_^ bye >.

  20. bermani says:

    aduuhh…. mengharukan sekali……

    gw nangis nihh… udah ngikutin tuh cerita dari gw umur 4 taun sampai sekarang umur 20 tahun…hix!

    tapi doraemon blum mati! dia dan teman-temannya masih hidup di hati gwa! bravo nobita!viva doraemon!

  21. dhani aditya says:

    keren banget tuch..?

    tapi koq di komik belum keluar cii..

    kenapa?

    pastii kloo daa keluar banyak org yg blii dech..?

    sukses iaa bwt doraemon…cao!!

  22. ranran says:

    endingnya keren deh..
    kupikir doraemon gada endingnya.
    abizz,komik yang terbit cerita2 itu2 aja..
    thanx ya buat websitenya..
    sukses selalu buat titiw…
    semangat p^_^q!!!

    –> Thx kembali.. :)

  23. akhlis says:

    Aduuuuuhhhh…. sedih bener. kapan terbitnya di mIndonesia..? tetap semangat yaaa…. Shizzuu kereeen bangettt….

  24. tampan says:

    hihkhkhkhkhhssssssssss hwhwaaaaaaa… sedih banget artinya perjuangan nobita buat hidupin doreamon g sia2 donk…hidup nobita…..

  25. Noris Dekers says:

    Sebuah ending ceita yang mengharukan sekaligus membuat hati untuk selalu berkata “Pasti akan ada seri Doraemon yang berikutnya untuk ku tunggu. Dan dari cerita ini sesuatu yang dapat kita ambil ialah masa depan ada di tangan tuhan dan dipercayakan kepada kita. KUTUNGGU SERI BERIKUTNYA…..:-)

  26. vrda_purple says:

    mnghrukan bgt ny cerita akhirnya… awalw q pikir doraemon gak akan prnah tmat…. but akhirnya tamat juga…. gk nyngka… q dh ngoleksi doraemon dri q SD, so q jd ngrsa deh pndritaan nobita,tnpa doraemon…

    WE LOVE U DORAEMON…..

  27. audrey mentari p.a. says:

    ya ampun…mengharukan skali endingnya!!!!sebgai pecinta komik doraemon,gak ngerti lo klo cerita ini ada ending-nya.bagus banget,swear!!!!!!

  28. afif says:

    buuuuuuuuuset da seru banget ampe2
    aku terharu n netesin air mata
    bener2 happy ending yang sanyat menyentuh hati

  29. oline says:

    critanya dah bwat gw terharu bgt!!
    keren2….
    so sweet tp ga garink n ga maksa bgt critanya!
    uh,,jd terharuuuuu!!!
    Luv DoraemOn bgt deh!!!

  30. WAHYU says:

    DORAEMON … CERITA YANG BISA MEMBUAT ORANG MENYUKAINYA. TAK KENAL USIA JENIS KELAMIN RAS BANGSA. ALL LOVE DORAEMON
    DORAEMON CERITA SEDERHANA YANG BEGITU MEWAH
    KERUMITAN MESIN …
    KERUMITAN ALAT DORAEMON YANG AJAIB …
    DI SEDERHANAKAN HANYA DENGAN KELUAR DARI SEBUAH KANTONG …
    “KANTONG AJAIB !!!” (0711) 7425746 -WAHYU-

  31. siska says:

    hwua hwua hwua…haru banget liatnya…hiks hiks…
    untungnya doraemon bisa sembuh lagi…hiks hiks..
    tapi..masa udahan siy??..hwuaaaaaa

  32. merah says:

    aku sayang sekali doraemon!!!!dari beberapa versi ending cerita ysng gw baca,cerita ini emeng yang paling mengaharukan dan cocok banget.dari versi yang gw baca, gw baru liat yang versi komiknya,bagus banget tiw!!!!

  33. rara Telaumbanua says:

    doraemon, kartun yang paling gw cintain !!
    critanya bagus banget !!!
    ga nyaka kalo kejadiannya akan begini ..

  34. reena says:

    oush..oushh..oushh…

    so sad…

    sumpah,,tragisss beud iia???

    ni komik bener bisa bikin guw berlinang air mata..

    thanx iia,,dah bikin guw nangis..
    coz guw jaraang beud nangiss…

  35. Emo Margi says:

    Kapan cerita ini ditayangkan di televisi? Aku ingin buru-buru nonton ceritanya. Pasti lebih seru dari film apapun!!!!!

  36. vAno says:

    ending yang begitu mengharukan
    sebagai doraemonholic aq says very very thenkz buat yang udah buatin ending doraemon yang sangat bagus n mengharukan ne…
    nice to doraemonholic always

  37. memordial says:

    nice ending …. btw temen” da yang tahu site movienya doraemon versi ending ga? coz mau download.. klo ada yang tahu tolong kasih tahu yah…arigataou.^_^

  38. ramlian says:

    wah,mengharukan sekali ya ceritanya aku salut sama nobita yang berusaha mati2an buat memperbaiki doraemon pokoknya aku salut sama nobita

  39. Biemo says:

    Wah keren banget nichh…
    Sangat mengharukan & saya merasa tersentuh. Saya ampe hampir nangis lhoo…, saya penggemar DORAEMON meski udah gede. Thanks ya buat titiw.
    Byeee…

  40. era says:

    ooooooooo, gt yupz endingnya!?
    tp kq agk beda dngan yang prnah aq baca yupz, dr yang aq baca sich, c’doraemon nya emang udah mau pergi k asalny dan dia pergi scara diam diam waktu c’nobita lagi tidur, soalnya dia sadar banget klo c’nobita tau pasti ngelarang! sama SAD nya seeh, cuma beda cerita adja kalee,n beda sumber!!!!!!!! tapi yang ini agak kurang greget ya………..

  41. hesti says:

    wow….endingnya bagus banget,,,mengharukan tapi aq pngennya lebih di jabarkan lagi akh….jangan garis besarnya za….pasti lbih asik

  42. Tazzy says:

    wah qo ceritanya beda banget ya sama yang versi jepangnya
    ceritanya malah jadi serius bgt, ga seru ah..
    kayaknya lebih seru yang versi jepangnya tuh..

  43. ecka says:

    wah,,,,,,,,,
    doraemon…
    komik ksayangan…
    thx banget mw share yah….
    ending terkeren ever!!!
    sedih komik ni tamat
    tp gpp
    pasti bakal terkenang oleh sluruh doraemon fans slamanya
    moga2
    komik ini ttep bredar
    sampe dateng zaman doraemon d dunia…
    hehe ;)
    i love doraemon!!!!!!

  44. ichan edogawa says:

    hix-hix….

    knapa bgitu akhirnya…

    mang mmpi tuh menyakitkan…

    jadi sedih nontonnya sekarang…

  45. tiara says:

    aduh mengharukan bgt cerita ending nya ternyata ga sia2 nobita berusaha….. kalian memetik seatu arti ga dari cerita ini??? ” jku manusia yang bodoh n malas sekali pun dapat menggapai mimpinya sampai langit tertinggi…”

  46. Jacky says:

    wuuuu….sedyh bgt. Tp akhirnya nobita bs ngembalikin doraemon and happily ever after. thx loh tiww, q udh bc siy, tp d bs inggriskan, skrg, bs bc deyh. Tp sediain lanjutannya yach, jd penasaran……….

    –> Kembali kasih jack!

  47. ~nAdYa~ says:

    OHH!!

    Its so..so..so..sweet!!

    Sumpah, ‘ni kartun kyk abadi bgt! udah ada pas nyokap gw SMA!!

    gw gk rela cerita ini BERAKHIR!!

  48. putri k.n says:

    Wwah….!!!!!
    endingnya bagus banget, aku ska banget sama doraemon, dia itu lucu….

    buat yang bikin ending cerita ini, aku bakal kasih kamu penghormatan deh…..

    keren abis…walaaupun udah berakhir kayanya susah di lupain!!!!

  49. Clara Novquenea Zello Cutterbell says:

    gw suka banged ma doraemon soalnya dia lucu banged,,, and gw dr dulu pingin banged baca ending nya doraemon dan skrng gw seneng banged udah bisa liat endingnya soalnya gw dah tw pertama ceritanya gimana doraemon dtng….
    dari sekian banyak komik doraemon yang udah gw baca, di situ tuh gak ada ending yang pazzz sekarang baru gw temuin ending yg pazz bange

  50. junkriekz says:

    WELEH…
    SI NOBITA JENGGOTAN????
    TAPI HARU BIRU JUGA YAH…
    YAUDALAH DAH TAMATKAN CERITANYA…
    YANG PENTING HAPPY ENDING…

  51. wLan says:

    HuuuuaaH…

    Mengharukan banget yawh…sampe2 gw nuliz neyh c0mment sambil nangis…

    gw dah pernah lyat yang bahasa inggris,,,cm ga ngerti…
    br ngerti pas baca dsin…

    Ga nyangka akhirna Doraemon udahan juga…
    Tp endingna bagus banget…
    N pas doraemon bangun…itu bener2 mengharukan banget…

    AKU SAYANG SEKALI…DORAEMON

  52. ajeng damadhatya says:

    hiks…hiks…hiks…
    ceritanya menyedihkan dan mengharukan sekali…

    duuuh pengen dech punaya sahabat seperti nobita dan doraemon,,,,

  53. gAbrielLa says:

    hua…,,sdih bgt…,,aQ fans brt doraemon neh…,,ga nyanka nobita bsa jd pinter bgt…,,wkwkwk…

    (T.T)sdih…

  54. intan says:

    menyedihkan banget deh

    ngomong-ngomong nie doraemon no brapa yawh???

    XXX

    –> Waduh, kurang tahu juga deh nomor2an gituh..

  55. kembar says:

    Aq Tidak pernah lupa dengan cerita doraemon. Doraemon adalah film kartun dengan kisah yang melegenda.Cerita Doraemon itu adalah mimpi setiap anak. Hidup terus doraemon

  56. esii doraemon lovers says:

    sumpaa .
    ending na mngharukan bangedd .
    gg nyangka ajj ama nobita iiang bandel gtuu . trnyata masa depan na dia iiang mnciptakan doraemon .

  57. Fonesia says:

    wah cerita yg begitu panjang, menyenangkan akhirnya berakhir dengan kisah yang sediiih….
    akhirnya seorang nobita yg hanya bisa mengandalkan org lain menjadi org yg sukses akibat kehilangan doraemon.
    sungguh cerita yang mengharukan.
    thx ya bwt ceritanya…..

  58. mathgirl30894 says:

    wih, aku sangat tersentuh!!! betul betul happy ending!! tapi sayang ga ada komik ttg doraemon lag?

  59. panca surya says:

    hiks……………..
    hiks…………………
    hiks…………………
    aku juga sayang doraemon………………

  60. nufi says:

    seru buanget. satu hal yang ngebuat aku terharu, yaitu sama nobita. cz setelah doraemon tidak berfungsi dia begitu berubah. sangat tangguh. hingga akhirnya dia menjadi ilmuwan. dan tekadnya untuk menghidupkan doraemon kembali sangat gigih.pokoknya aku tekesan buanget. ;-)

  61. wida_Luv_cumi says:

    U. .so sweet
    Jadi pengen nangis,hiks. .hiks
    Yaq udah lha hal sepele,
    yang penting masih tetap di hatiqu,

    Cerita doraemon telah mengajarkan kita makna persahabatan yang sesungguhnya…

    _Luv Cumi_

  62. hexcah says:

    asyik,,, jadi keseratus,,, dapet hadiah apaan yak…hehehehe
    wew,, manteblah endingnya,,, jadi pengen punya komiknya,, ntar buat anakku komiknya,,biar seperti nobita, jadi rajin trus pandai,,,,kayak pepatah SD ja,,, hihihihi

  63. yvonne n natasha says:

    gyaaaa..
    mengaharukan sekali..
    semoga persahabatan nobita n doraemon abadi untuk selamanya..
    we luv u…
    all da bezt!!

  64. adi putra says:

    endingnya mengharukan sekali.. ending ini tepat sekali bagi kita2 yang dah gede.. agar jangan lagi hanya bermimpi aja.. tapi usaha dan kerja keras agar mimpi kita terwujud.. gak nyangka nobita bisa berubah begitu rupa.. agar doraemon hidup lagi.. sampe ngorbanin tidur siangnya (mungkin ampe begadang kali) , gak baca komik, sekedar refreshing juga enggak.. semua demi doraemon…
    tapi katanya kan ini bukan ending resminya kan?
    katanya buatan fans gitu..

  65. aga says:

    huhuhuhu… gw jadi sedih… sahabat itu memang slalu menjadi penolong ya… dikala penolong susah, yang ditolong pun berbalik menjadi penolong

  66. gita says:

    hiks,,,hiks,,,hiks,,,hiks,,,,

    Endingnya mengharukan bangEt!!!!!
    SaluT foR nobita

    I LOVE U DORAEMON,,,,,,,,,,_^

  67. shizuu says:

    komik’a lumayan bagus..
    tapi akhir’a itu sangat singkat . harusnya ada cerita tentang perjalanan nobita tanpa doraemon . jadi lebih seru !
    tapi walaupun gini juga udah bagus koq. yang penting kita tunggu nantu layar lebarnya ! saya pasti jadi penonton yang pertama !

  68. qnanthie says:

    waaaaaaaawwww…..
    endingnya bagus bgt!!
    aku bner2 salut sama pak fujiko fujio (kalo ga slh pngarangnya) kok bza sich buat cerita sebagus ini.
    tapi….aku ga mau doraemon tamat!!!!

  69. aNggie & Ronie says:

    wow….
    ceritanya seru bgd…!
    apa Lagi Ending nya….
    gw penggemar berat dOraemon Lho…
    hehehe..
    cayoooooo
    teruz Lanjutin yah cEritanya….!!!

  70. imoet says:

    Type your comment here.

    keren!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    ag ngfans berat ma doraemon dari umur 4 tahun.

    sekarang aq dah umur 16. dari aq sd ampe sma nobita masih sd!!!!!!!!!!!!

    aq dah tuuir dia awet muda dan awet bego+awet sial….
    heheheh…………

    tapikok ga difilmin ya? kan sayang.

  71. tantry says:

    y ampyuuun,,,
    sedih bgD kalo mesti udahan!!!!pAdahal dri dLu doraemon tuWh inspirasi bWat saYa,,,
    Kenapa mZti udahan si???
    adain lagi donk

  72. Franz says:

    wew…..ngeri banget nobita yang dulunya ceroboh,cengeng,males,salu ngandelin tiba2 bisa brubah demi seorang teman yang ia sayangi..salut dehhh buat nobita…
    btw,aku klo di panggil pacarku juga nobita lo..^^

  73. pHY says:

    sEdiH,,sEdiH,,

    hUkZ..hUkz,,

    mPe mEriNding bAcA nA,,

    huAaA aaAaAaa aaAaaAaa

    sEdiH,,

    tApE iNI mAnk EndiNg yAng kUEreN mgEd dAgH,,

  74. nHie says:

    Sumpah…
    sedih banget Ending nya..
    air mata gw ampe seemberrr..
    Nobita keren banget..
    Gw salut ma lo…
    Luff uww Nobita..
    Luff uww too Doraemon…

  75. empe says:

    emang mengharukan banget ni endingnya doraemon…

    huaaaaaa huaaa huaaa :((

    btw, tadi lagi main-main, gak taunya nemu doraemon versi hentai!!

    asem!!! ngerusakin image gw ttg doraemon
    tega-teganya sampai ada versi hentainya

    lalalalala

  76. balon says:

    wah akhirnya tamat juga y doraemon

    padahal q kira tu film, film sepanjang massa
    he” :)

    ga da abiznya gtu

  77. asthye says:

    hebaaaaat sech, tp cepet banget kan jadi kurang seru, maunya doraemon tetep idup kan gak seru kalo gak da doraemon

  78. hosiq says:

    wah jd bgung mw komen paan..
    akhirnya cerita favorit masa kecilq dah tamat..
    walo agak sedih,tp sneng jg akhirnya bs liat endingnya..
    tp,ampe tua nanti psti komik ni msi jd yg plg mantebh d memori…

  79. A.Szami Ilman says:

    Jujur ya,tapi hebat bgt punya komik sebagus ini.
    Lg pula gw terharu bgt sampe-sampe gw pingin ada doraemon yg baru lagi…
    Smoga keinginan gw terkabul…

    AMIN……..

  80. Ilman {Doraemon-holic} says:

    Yah Doraemonnya selesai dech……..
    Coba aja ada lg……
    Gw salut bgt ama Nobita yg mau berusaha buat menghidupi doraemon lg!
    Truz akhirnya nobita nikah dech ama Shizuka..
    Jujur,gw udah baca komik versi jepangnya tp g ngerti..thx y,tiw
    gw juga udah baca dari umur 6thn-11,11 thn..sng bgt!gw bakal baca truz dech!!
    Titiw,klo udh punya endingnya Detective Conan,kabarin gw y!soalnya gw jg suka ama komic ini!!

  81. ktl says:

    sampah bgt critanya ini hanya rekayasa pengarang… yaaaa pinter2 pegaranglah ngarang cerita bulsit kaya gini

  82. Adhisukma says:

    Ending versi ini keren bgt..
    kita harus berjuang buat orang2 yg penting di hidup kita, seperti nobita ama doraemon..

    ga nyangka nobita yg pas sd, madesu (masa depan suram) abis.. bisa jadi kyk gitu.. salut2!

  83. rahmat says:

    aku sedih banget waktu membaca artikel kamu tentang doraemon. dan saya berharap doraemon takkan pernah berakhir, teruslah berkarya,pls karena saya dalah pengeemar berat doraemon sejak umur 7 tahun aku selalu menyaksikannya.hingga akuk kuliah dan beranjak dewasa aku tetap menyukai doraemon walaupun teman2ku bilang sama aku klu aku kekanak-kanakan udah gede tapi masih nonton doraemon.key thx

  84. intan says:

    wuuuuiiiiiihhh….
    keren abisssss…..sedih bgd gelo…

    kapan(kuadrat)di bikin film ya,.,

    pasti gw bakal nangis nontonnya… gw bdoa semoga doraemon dapat berkumpul kmbli bsama keluarga nobita dan shizuka.dan juga doraemon bs nghibur anaknya nobita n shizuka…

    thx yupppssssss….

  85. _oLHinE_ says:

    hwaaaa….mengharukan bangettt….
    aq jadi pengen nangis neh..hikz…99x
    aq syeedihhhhhhh….T_T…

    lanjutin lagi donkzz ceritanya……

  86. CiMoeL says:

    q gA aKan perNah reLa kLo ceriTa DoraemOn berAkhir Gitu Ajja!!!

    DoRaemon,, jaNgan pErgiii…

    QiTa sAyang qammuu…!!!

    T_T

  87. ryah says:

    tw gk dre kcil ampe q da clas 2SMA q snang bnget
    karton doRAeMOn….
    cOz cRItax aCIk bNGet,,,,,
    n q b’hRAP MA yANG nAXAngIN NC JgaN AmpE sTOP yA …..
    bY….By……ByYyyyyYYYYy……..
    ;>

  88. lamunah says:

    aku terharu bgt amatttttttttttttttttttt aku aja bacanya mau nangis hiks hiks…..
    {T_T;} seandainya itu emang terjadi. hebat ya… Nobita dapat berubah dalam sekajap hiks hiks hiks hiks…

  89. nisa says:

    kereeen
    aku baru tau endingnya
    pokoknya mengharukan.
    andai masyarakat Indonesia bisa punya hati kayak Nobita..

  90. Dhoni says:

    Waaaahhhh…..! Mengharukan Sekali…! Akhirnya Nobita Bisa Juga Jadi Orang Sukses! Coba Dibuat Novel Tentang Perjuangan Nobita Untuk Membangkitkan Doraemon Lagi! Domo Arigarou Gozaimas Udah Share Manganya…………

  91. Ogin says:

    Perlu diperhatikan bahwa ending ini merupakan doujin atau buatan fans aja. Menurut info yang saya dapat, Doraemon belum tamat. Katanya sih, buat menghormati sang kreator yang udah tamat duluan.

  92. rahmi adhyaksa says:

    wah….wah…wah…amt sngt mengharukan skl y?!q rasax pengin nangiz trus2an ampe9 hr 9mlm klo pux”hewan peliharaan”yg”MATI”menda2k kyk gt.hu…hu…hu…T_T.tp akhirx Nobita brhsl utk”menghidupkan”doraemon yg”mati”tu.wah…wah…Nobita pntr jg y!(meskipun…?)SEMANGAT,NOBITA!!!^-^

  93. [email protected]"[email protected] says:

    wah..wah..wah..amt sngt mengharukn skl,y?!klo q jd Nobita,pgn dech rasax nangis9 hr 9mlm8->he..he..he..^-^:)(pdhl,q jg br bc:)
    tp sjk Nobita”ditinggal”DORAEMON,dia jd anak yg serius,pintar(meskipun dia jd kutubuku)&genius lho!!!;)
    smpai2,nilai UNASx tak terkalahkn!!
    tp q menentang klo Doraemon M A T I..
    soalx”tugas”Doraemon adlh merawat&membntu Nobita pd wkt kesusahn..bkn”meninggalkan”Nobita pd wkt kesusahn..psti,smua fans brt Doraemon(trmsk q)menentang hal itu..!(wah…bhsx..;-))krn q g rl klo Doraemon”t a m a t”..hu..hu.hu..T_TNobita jg g rl klo ditinggal Doraemon..!bhkn,dia bersikeras utk”menghidupkn”kmbl Doraemon.dan..dia berhsl1!!HOREEE…!!!:Dkrn jk kt pux keyakinan terhadp sesustu,kt hrs ykn klo kt psti bs..!!makax,contoh Nobita!meski kclx dia pemals,tp bsrx berjs lh0!!^0^ HIDUP [email protected]!:D

  94. elisa says:

    suedihhhh….mengharukan…..
    ternyata kalau dibilang nobita tuh jenius,cma males aja,,
    buktinya bisa jdi profesor gtu…
    ayo,kita semua pasti jenius juga!!!

  95. Asty says:

    waaah…………….

    Bentar lagi dah mw abiz…….n ending na mengharukan bgt n buat dokz komik na…………..

    N smga da doraemon ya ke dua……
    Yipp….Yipp

  96. wahyu says:

    Wah, soo sad…
    udah lama gw ngarep supaya nobita bisa jadi pintar….
    dan ternyata nobita pinter juga karena doraemon pergi ya…
    thank’s tiw..

  97. leonado liusudarso says:

    hiks hiks hiks
    menyedihkan sekali baca ini bikin
    aq nangis
    emang k titiw suka doraemon y?
    aq pencinta doraemon sejati
    aq baru pertama kali baca komik ini,
    kak nanti komiknya ad d jual ga?

  98. bunda and ayah says:

    i love doraemon……..

    bunda seneng bgt……..but emng manga ampe kapan pu y super is the best.
    moga ja kelak ank cu2 bunda jg cinta ma doraemon
    and…..thank jg atas ending y super happy and buat terharuuuuuuu…

  99. ubay says:

    wahhhhh……KEREN BANGET Ceritanya
    gw ampe sedih kalo emang bener Doraemon hilang Ingatan…terharu gw baca komk terakhirnya ini.

    KEREN BANGET DAH….!!!!!

  100. Barly Sonic says:

    oke banget ni.. cerita ga bakal ada matinya…
    dari gw TK ampe gw kuliah gini.. tetep ini kartun favorit gw..

  101. mas ganteng says:

    setelah sekian lama, akhirnya cerita doraemon berakhir. Sejak saya masih kecil, yang saya tunggu untuk ditonton psds hsri minggu psgi adalah doraemon. Meskipun komiknya sudah sering saya baca, tapi tidak ada kebosanan dalam membacanya.
    Trima kasih doraemon. Kau telah mengisi masa kecilku dengan cerita-ceritamua yang selalu kukenang hingga sekarang

  102. kokon says:

    perasaa dulu nobita dimasa sepan enggak kayak deto dech…..!
    tapi setelah kepergian doraemon segala sesuatu munking dapat berubah…!soalnya doraemon dulu kan pernah berjanji tdk akan ninggalin nobita sendirian to…..,jadi giliran nobita yang ngk akan ninggalin doraemon!tp koq di indo ngk kluar versi endingnya ya…..?apa ada kelanjutannya ya………?(versi laen..)

  103. mala says:

    wah……..endingnya boleh juga..tapi rada gak jelas gitu………
    kalo bisa lebih panjang lebar pasti lebih bagus.

    tapi jangan sampai doraemon tamat dongk
    nanti robot kucing paling terkenal sejagad raya dah gak ada lagi….

  104. syarifah says:

    hu….hu…so sad…
    dr zaman saya masih ingusan ampe sekarang doremon selalu datang dalam hidupq….
    gk pernah bosan ma doraemon…
    gk mau doraemon berakhir….
    jarang ada yang kayak doraemon ma nobita..sama seperti aq dan kka(aq yang ceroboh seperti nobita and kkq yang sabar dan menolong seperti doraemon….)!!!

  105. april & adzra says:

    Cerita doraemon ini bikin kita terharu bgt “krn perjuangan nobita yang pengen bwt doraemon ini hidup lagi”….. smoga cerita doraemon gak tamat krn kita masih mau nonton acara ini ok!^_^

  106. erni says:

    hoi salam kenal anak sebangsa dan setanah aer. mmm……… jadi pengen nangis juga neeh… doraemon.. emangnya lho punya komik ampek yang keberapa. tiw.. gw punya lho mulai dari yang 38 ampek yang 45.. yach gw belina dari belakang..

  107. michael says:

    wah doraemon tu menurutku sudah masuk dalam sejarah.. benar2 cerita akhir yg sedih.. susah untuk di ungkapkan dengan kata2.. top deh untuk DORAEMON dan NOBITA

  108. wiwit says:

    ane udah taw klu endingnye doraemon bakal , sad ending ………. tapi ane baru taw serial komik endingnye kayak gene ,,,, jadi sedih buanget dech.

  109. aNa says:

    hiks…hiks…..sunGguh-sUnggUh mEngHarukan!!!
    hua….hua……hua……
    tpi gW snEng kLo EndingNya HappY gitHu!!!

    i LovE yOu DoraEmon….muAckz….mUakcz….:)

  110. Ayu says:

    uwaa.. mengharukan ya! >_< dlu pernah liat sih, tapi bahasanya jepang.. jd kurang ngerti.
    thx buat terjemahannya! ^^

  111. tanti_azhary rahayu says:

    hheee………….hhe………
    bagus bgt……Q suka ngt sm doraemon,meskipn skrng umur Q sdh 14 thn tp Q msh menyukai dpraemon lho,,,,,,,,,,,ow y,Q msh gag ngti sm yang pling trakhir,sbenarny doraemonny mati gag sichhhhhhh???????or hidup kmbali gag sich????tp gag ap2 lah Q sangat menghargai sm pembwtnya,,,,,,,,,,,trm’s ya sdh menggidupkn kisah seorang robot & tmn2 sejatiny

    I LOVE DORAEMON

  112. cindy caesar says:

    hua…. aku pingin nangis baca cerita diatas. gak nyangka nobita yang ceroboh dan selalu bergantung pada doraemon bisa berubah. itu artinya, selalu ada jalan bagi kita yang mau berusaha.

  113. rio says:

    waaah gue klo baca mpe nangis gak nyangka sebaus ini coba klo comic nya bahasa jepang pasti lebih seru!!!!!!!!!!!!!!!

  114. suci says:

    ok bgt deh!!!ni buktiin klo nobita itu bs juga pinter,hee…
    semua krn persahabatannya dgn doraemon…n terxta semua syg ma doraemon.hiks…hiks…

  115. Marcella says:

    wah2!!!

    g bnr2 ga nyangka doraemon t’nyata bgn akhrny!!!

    g jg ga nyangka t’nyata nobita yg nemuin doraemon!!!

    ^o^”

  116. haning says:

    gilaaa…..
    bagus bgt ending nya….
    sangat menyentuh sekali.komik doraemon tu adlah temen dket ku dlu.umur nya aja sama am aq..
    pokok nya keren ending nya..

  117. yvonne micheLLe chen says:

    haqz.haqz…haqz………

    wahh kyend iia endingnya ,,,,,,,,,
    mnrt app iiang bza dambil dr ini??????????//

  118. yvonne micheLLe chen says:

    haqz.haqz.haqz.
    sdh bgt shh ending na?????????
    tp gag ppa 2 dee iiang pntng doraemon ttp idubb….

  119. Cez says:

    wow…….
    it’s amazing,
    so sad& so sweet bgt gw ngebcanya.
    doraemon tlah menemani masa kecilku dan sampai sekarang walaupun gw hampir menginjak 20 thn q ga pernah malu bwat baca doraemon. bahkan sampai-sampai di kampusku yang lama (diploma IPB)aku dipanggil ma tmn2 matrikulasi ku dengan “Doraemon”. ga nyangka bklan berakhi kyk gini. terharu bgt!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    walaupun da web yang ngejelek-jelekin doraemon. gw ga terima. jgn bawa-bawa agama deh kalo ngiri ma prestasi orang lain. klo mo bikin film kartu yang katanya ‘menyimpang dari aqidah’, bikin ja sendiri kartun yang ga da fantasinya yang ‘sesuai dengan akidah’ sekalian ajarin solat puasa dll.sekalian juga bikin ja pengajian ga usah BIKIN KARTUN!!!!!!

  120. aya says:

    bener2 ending yang mengharukan bgt!
    gak nyangka bgt kalo doraemon yg kubaca dari sd bakal ky gn endingnnya

    jd pengen nangis deh…
    hiks hiks hiks

  121. Rizky Fajar Ryanda says:

    nangis aq…
    ternyata yang membuat doraemon itu nobita sendiri!??
    aq baru tau hiks…
    ternyata inilah tamatnya doraemon

  122. Frans says:

    Type your comment here.wa.. wa terharu ma cerita
    Doraemon pada yg hari terakhir dia jadi pintar begitu dan menjadi anak yg baik sungguh menakjub kan(Hiks…) dan Why cerita Doraemon mesti selesai??

  123. tanty says:

    makasih banget ya
    walopun aq telat bacanya
    hehe
    tapi aq seneng banget
    klo boleh ijin ngopy aq masukin ke blog’s fs ya

  124. Kireina says:

    Apa beneran nech ceritanya….
    kok aq ga bgitu nyambung yach….
    padahal yang ngarang cerita “Doraemon” udah meninggal….
    nich cerita endingnya yang bener donk….
    biar yang baca ga salah paham……

  125. James says:

    jujur aja.. bagus bgt nih ceritanya nobita yg
    malas hanya demi doraemon langsung bekerja keras
    untuk mengembalikannya sip deh… ;-D

  126. nastiti says:

    wwwuuuuuaaaaaaaa………….
    mengharukan……….
    hiks….hiks…hiks…..
    kueereeen banget!!!!
    salut buat Fujiko F Fujio

  127. endo says:

    saya suka sama doraemoon tapi doraemon pertama kali datang dgn sewasih cicit dari cicitnya nobita, dan pertama kali dia selalu membanggakan kalau dia datang dari abad ke 22, jadie klo endingnya si nobita dimasa depan yg bikin doraemon apa tidak terlalu cepat? jadi tidak nyambung..

  128. sucii says:

    huuua …..
    tnyt kygn akhr crtna ,,
    huuuhuu
    sdih bnr yak crtna ??
    tp kren ko ,,
    wlu gmans pun doraemon g akn prnh mt yak ..

  129. eva says:

    huhuuuw,,,
    kenapa doraemon harus berakhir… T.T
    aku sayang diaaaa…
    hiks,hiks,,,
    aku masih ingin setelah itu ada doraemon 2!!!

  130. nia says:

    DORAEMON!!!!!!

    AKU GAG SANGGUP KEHILANGAN DIRIMU,,,,

    tamat nya bzk ja donk klo aku dah tiada!!!

    huhuhu!!!! T.T

  131. mode says:

    well..at last…a happy ending.. just like we all always wanted.
    Kisah yang mengharukan, akhirnya nobita mampu menghidupkan kembali sang sahabat.
    Tapi gmana kl nobita yg meninggal, apakah doraemon menghidupkan nobita sebagaimana nobita menghidupkannya…?? the story (still) continous…

  132. evi pUtri P says:

    doraemon….
    jangan tamat dnk….

    entar2 aja tamat nya…

    aq kan slalu jd fans doraemon….

    hu..hu…hu…

  133. Bagus says:

    wow!!!
    amat sangat mengharukan
    hikz………
    walopun aq dah gede gini,doraemon tetep jdi favoritQ
    klo bs c jngn tamat dlu
    eman2 bgt

  134. ayu dan tamy says:

    wah,
    crita’a agak menyedihkan..

    tapi akhir’a itu yang aku bingung..
    bkin penasaran..
    huh,
    menyebalkan..
    tapi aku tetep suka doraemon

    nobita hebat ya..
    bisa mencipta ulang doraemon..

    saluttt…………………….

    ternyata dia juga pintar, tidak seperti waktu kecil. nakal, bodoh, pemalas, dan tidak bisa apa2..

    tapi ternyat…….

    pikir aja sendiri deh..

    aku males nulis lagi..

  135. dhie says:

    sumpah doraemon tuh mang qren bgt..
    plizz dwonk jgn end..bt w ga ad doraemon sumph ga seru..
    salut w bt nobita yg care sm doraemon..
    w hrp doraemon te2p ad..plizzz!!

  136. faceless n nameless says:

    Aku sayang sekali Doraemon…~~~

    Muantep abiz nech ending…

    Bener2 rapi klo diliat dr episode ptama ampe ke endingnya..
    Doraemon emank dtg buat suatu tujuan.. Bukan cuma buat si Nobita jd rajin blajar doank.. Dia emank bener2 jd inspirator n seorang sahabat sejati..

    Nobita juga ga kalah mantepnya.. Dari awalnya yg karakternya kaya tempe gt pas ud tau tujuan hidupnya sih lgs jd seseorang yg berkualitas n punya mimpi.. Salut2.. Ga gampang tuh rubah karakter jelek ky gt..

    Seorang sahabat sejati bisa membawa mimpi itu kepadamu.. Siapa sahabat sejatimu..?? Bravo Doraemon !!

  137. Reza says:

    Terimakasih ya Sudah menaktifkan doraemon bagian terakhir !
    gw yakin doraemon semakin terkenal diseluruh dunia Hampir 40 tahun.

  138. michu cute says:

    gilleeeeeeeeeeeeeeeeee……………………..
    hebat bangetz endingnya bikin aku terharu apalagi pas di bagian nobita berhasil menghidupkan doraemon ada tulisan lagunya doraemon lagi

  139. Erwin mutz says:

    WAH………
    KEREN BGT YAW CRITANYA…
    TERHARU BGT AQ…

    TP DR THN 1970, WKT DORAEMON PRTAMA KALI TERBIT,, NOBITA KOK MASIH KELAS 5 SD YA????
    AEH YA…
    WKEWKEKWKEKW….

    BUAT FUJIKO F. FUJIO : “PLEASE MAKE DORAEMON COMIC AGAIN…
    PLEASE………. WEKWKEKWEKWKEKWK….”

  140. yogi says:

    ceritanya bagus. dan buat lagi cerita doraemon versi anaknya/tahun berapa gitu. jangan lupa petualangannya lebih di menangtangin lagi. karena apabila filmnya kurang menangtang kurang enak. tolong episode ini ditayangin di televisi.aku tunggu ya.

  141. Hamdiy says:

    Wooggh, gilaa,, setaun lalu lebih gwe naro link ini di salah satu milis, dan sekarang gwe dapet fwd-an lagi di milis yang lain, huahahaha,,

    The power of forward-an canggih juga yak ternyata,, mantaff !!
    Banyak banget pecinta doraemon ternyata,, :D

    Bagi yak, Tiw/Mas Ang, mau majang di blog jugaa,, :o

  142. Hansen.D says:

    wah” ini kan bukan tamat aslinya ==” … katanya Fujiko.F kan Doraemon gak akan ada endingnya o_O~ (tapi walau bukan aslinya bagus juga si komiknya) hahaahaha~

  143. kuy says:

    excellent….keren nih finale nya!!!
    denger2 beberapa versi ya endingnya doraemon?
    kalau iya mau dooong!

  144. zee says:

    berarti saya ketinggalan jaman sekali. terakhir baca komiknya 8thn lalu. nonton filmnya di tv juga udah jarang.
    tp doraemon tetep fave gw lah.

  145. arie says:

    cerita’a sangat menyedihkan sekali…
    apalagi disni menceritakan tentang penting’a sebuah persahabatn….

    walaupun sudah hbis crita’a…
    doraemon tetep jadi komik fav saya….
    hohohohohoh

  146. DORAEMONERS says:

    AHK!
    Aneh tau. Kenapa ga pake “KAIN WAKTU” aja trus balikin Doraemon ke wujud semula? Bener2 cerita yg buhung!!!

  147. iaksz says:

    doraemon …. yang katanya episode terpanjang dalam kartun RCTI..

    wah .. aku udah nonton sejak SD (kalo gak salah).. tapi sekarang

    masih ada ya …

    kalo endingnya begini … jadi Nobita and Shizuka kembali ke masa

    lalu ya ???

    di masa depan itu, Doraemon bisa bicara dengan orang donk :)

    * kalo bisa sih, pengarangnya diundang ke indonesia ya ..

    biar bisa sharing sama animanesia :) :) *

    * agak ngantuk waktu comment ini …….. *

  148. licha,eVy,tata says:

    doraemon memang komik paling panjang n pling mnarik!!
    dri bayi aja ku dah nonton kartunx!!!
    biar pun gK nYata,,,,aKhirx sDih bgt!!!!ingin bGt kTemu ama dOraemon…biar bZa kabulin sMua prMintaan kT(heHeHeHe)
    ^_^

  149. aryanisme says:

    sumpah… keren bgt… keren abs.. mengharukan.. bgt.. bgt..

    tapi, katanya bukan yg ini ending dr crita doraemon?

  150. lala says:

    de best lah doraemon..

    daripada jaman sekarang totonannya pada naruto,bleach,death note,Avatar <—- ini sih gw suka :D

  151. tttiee aray nniii says:

    hhiikksss… padahal qta b2 mwuu bgdhh truss bisa nuntundh doraemonnn mpe jadi oma opa . tapi kluuw emang doraemon add endignya qta cuma bisa ceritainn all about doraemon buad anak cucu qta nanti……………… hikkksss !!!!!!!!!!!!! salam yya buadd ssiii doraemonn .. ttiie amm ary syangss doraemonn

  152. rakhaietshu says:

    wih nich cerita pa sekenario??

    gila sedih abis!!!,pengn tuh wa punya cerita tragis kya gitu

    BTW yang bikin orang jepang kan??

    HIDUP JEPANG

  153. Mada says:

    Ketemu Titiw di PestaBlogger..
    Padahal belum kenalan tapi langsung kenal ajah…(mancing buka Blognya Titiw.com) hehehe….

    Pas buka blognya ada tulisan ttg Doraemon habis. kira2 apa ada lanjutannya ga ya??

    nice to meet u Titiw

    Mada
    http://www.mahadaya.com

  154. Mada mada dame says:

    ada animenya ga??????

    Kalo ada kan bgs bgt???

    Kalo crita ending doraemon yang laen ada gA?????????

  155. joshua says:

    kenapa kok doraemon endingx jelek bagusan petualangan seperti waktu Nobita kelas 4 terakhir bilang aku tiba-tiba nilai ulangan itu juga yang paling akhir Doraemon bilang “Nobita!PR-mu sudah selesai belum? aku enggak ngerti

  156. m3d1 says:

    sedih,,
    sedih bgt…
    qw smp nangis(T_T)
    bagus bgt dh ceritannya, dr kcl smp skrg qw msh sk bgt ma doremon..
    episod terakhrny VErY toUching.. akhrny nobita bs nkh jg ma Shizuka..
    Q-RenT bgt dh….
    BTW sbnrny episod terakhrny th yg mn sh??
    poko’ny
    I LUV DORAEMON,,,,
    FOREVER!!

  157. thary says:

    hu…hu…hu…
    endingx sdih bgt.. qw ampe nangis….
    v lcu jg akhrx nobita nkah m shizuka:-)..
    krenn dah,, tq doraemon,, loe emg kartun favorit qw mali qw SD

  158. VICO says:

    Ceritanya keren, tapi gimana ceritanya setelah nobita kembali kecil apakah akan sama dengan cerita lama atau ada cerita baru?????????

  159. L1M5 says:

    Doraemon emank pahlawan…. dari aq masi kecil ampe skg uda gd doraemon tetap menghibur…. dan nobita tetap masih kecil masi kelas 6 sd ga nae2…. he….. doraemon will never have an ending 4 ever….. peace… love doraemon……

  160. notleri says:

    WAH,,,ending yang ini lengkap…gara2 tadi baca di blog org ga lgkp..gw ga ngerti deh apa itu time paradox,,sekarang uda rada ngertian.
    btw mengenai yang dekisugi bilang kalo dia ga pernah ikut petualangan msim panas mereka,kalo ga salah di doraemon petualangan kalo ga no 2,3,4 ada dekisugi kok..apa gw yang salah ya?

  161. Lina Arfad says:

    aduh, kereeeen bgt.. tapi itu bukan cerita akhir deh kayaknya.. trus doraemonnya gmn ma nobita? nobita masih minta alatnya doraemon gitu?

  162. shety nur moenasharoh says:

    aQ penggemar berat sama doraemon karna ceritanya lucu banget apalagi petualangannya semoga saja doraemon tetep bertahan okkk

  163. Dhanu says:

    wa bru tahu cerita akhirnya ,sedih,sedih bgtttttttttttttttt
    wa terharu ma nobita bahkan wa jg mau nangis rasanya

  164. zha says:

    sdih ya akhirnya,,

    tapi critanya krenz bget..

    Aq pnggemar berat doRaemon,
    critanya yang seru n ga ngebosenin,,,

  165. nimas says:

    keren bgt endingnya…

    akhirnya doraemon selesai juga..

    menyentuh bgt,
    dan membuat semangat..

    demi seorang sahabat.
    nobita yg bodoh bisa berubah jadi ilmuwan.

    ga ada yg ga mgkn.

    keren…

  166. Reni says:

    aduh… gila..
    keren bgd critanya!!
    gk nyangka nobita jd pinter gt..

    ternyata selama-lamanya cerita doraemon, endingnya bagus bgd gk ngecewain..

  167. Chaca says:

    doraemon emg paling keren dah..

    endingnya nyentuh bgdh..
    akhirnya nobita bisa ngalahin keepinteranya dekisugi..
    tercapai dah

  168. Fugu Goreng says:

    hiks.. emang sedih bgt.. tapi cerita doraemon serasa ngasi harapan ke saya utk tetap berjuang tentang apa yg saya cita2kan..

    Tengkyu doraemon!!

  169. fujiko says:

    woii .. itu versi plasu yg buat para penggemar2 aja sedangkan aslinya dari fujiko f fujio production sama sekali tidak pernah ngeluarin tamatnya doraemon .. alias doraemon tu ndak ada tamatnya..
    episode itu dibuat krna doraemon gak pernah ditamatin.. tp pihak official fujiko yg aslinya sana tidak akan pernah menamatkan doraemon…….

  170. rio says:

    wuiiiihhhh kwerenz bwanggeeet!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    memang dari pertama gw lebih mendukung shizuka menyukai nobita d bandingkan dengan dekisugi.

    ending yang very very kwereenz

  171. fffinda says:

    gilla… nyetuh bangets gw sampe terharuuu…
    yach nggak nyangka, sejak gw dari kecil perasaan gitu – gitu aja tapi pas liat yang ini langsung terasa menohok n merasa nggak relaa k-lo semua ini berakhir well…

  172. luthfia says:

    bagus,mengharukan, keren! nobita yang bego bisa bertekad seperti itu! dan sangat tidak rela kalo doraemon pergi meniggalkan dia sanagat nggak disangka cerita doraemon yang bissnya lucu dan kocak,endingnya sangat mengharukan

  173. luthfia says:

    bagus,mengharukan,mantep,keren,pokoknya siplah.
    nobita yang bego bisa jadi pinter dan dipilih shizuka cuman gara-gara gak rela ditinggal doraemon. koq bisa ya orang bego kayak nobita bisa mewujudkan tekadnya?

    pokoknya mengharukan sampe mo nangis hiks…hiks…hiks….

  174. Adolf chung says:

    Really touching…
    Doraemon itu adalah tokoh yang temani aku dari semasa aku kecil. Yep, aku setuju dengan admin, ending paling fair buat semua tokoh utama dalam Doraemon ya harusnya begini. Walaupun agak menyedihkan, tapi sangat menyentuh. Nobita yang malas menjadi super rajin karena termotivasi untuk menghidupkan kembali doraemon, teman baiknya. Aku berumur 28, tapi langsung terharu membacanya. Salut untuk semuanya. You can be old, But never lose the youth inside.

  175. cwit says:

    doraemon eManG kEren Bizzzzzzzzzzzz kga da tandingannya dweychhhhh
    kueren uabiz……….
    endinkna menyentuh heart buandzzzz
    luph doraemon forever dech……..

  176. gemblonk says:

    Jaaaaaaaaaaaaaah….!!!!!

    Abis dah film kartun pavorit gw!!!!

    Padahal umur tu film sama ma umur gw, sayang dia abis duluan

    Buat Fujicko F Fujio, gw tantang lo untuk buat kartun yang lebih keren dari DORAEMON

    Kasihan kan entar anak cucu gw g tau bahwa ada kartunis sehebat lo!!!!!

    Banzaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaiiiiiiii!!!!!!!!!!!!!

  177. ichi says:

    Hikkkkzzzzz..T_T
    Bener2 akhir yang mengharukan,,So sweet bgtz,,,
    Sayang bgt harus berakhir,,padahal ntu kartun dah seumuran sama gw,,bulan lahirnya aja sama..Huhuhuhuhuhuhu..

  178. mahendra says:

    waduh bener2 cerita yang sangat mengharukan sekaligus membuat kita tau bahwa hidup ini harus tetap berjuang
    buat nobita selamat ya akhirnya bisa ngidupin doraemon lagi
    tpi jgn gra2 itu jd dodol lagi ya n bergantung ma doraemon tpi klo bisa kolaborsi biar makin mantab n dunia gak stag seprti yang dibilang dekisugi
    btw ini bener2 udah endingnya doraemon ya
    coz di wikipedia ad beberapa versi tuh
    tpi ad yang ditantang jga hahahahahaha

    • apy says:

      tapi Dorami terlalu sempurna, jadi kurang lucu. Sementara Doraemon adalah produk defect (cacat) jadi terlihat lebih manusiawi. Lagipula justru di momen inilah Nobita jadi penentu masa depan.

  179. titiw says:

    Bener tuh mas, gw setuju. Malah yang tidak sempurna kadang kadang bisa menjadi suatu kesempurnaan. Coba kalo doraemon gak takut tikus, kesannya dia sempurna banget dong. Coba kalo doraemon selalu dan selalu mau membantu nobita, berarti dia juga gak pikirin mas depan nobita dong..Doraemon menjadi suatu bacaan yang sangat bagus untuk dibaca anak2. Misalnya saja, anak2 di dalam cerita doraemon, tidak pernah ingin mendapatkan uang yang banyak. Yang mereka inginkan hanyalah mendapatkan sesuatu tanpa harus bekerja terlalu keras. Dan ada pesan moral yang selalu bisa ditangkap. Misalnya saja, mesin yang dikeluarkan Doraemon malah menjadi senjata makan tuan bagi nobita dan teman2nya.. Dan itu menjadi suatu pembelajaran yang bagus daripada doraemon harus marah2 sama nobita dan tidak membantu apa2. Yang penting kasih aja dulu, baru dia tau rasa kalo gak menggunakan dengan sebaik2nya. Nahlo, gw jadi curhat berat nih.. Sorry yak kalo out of topic.. :)

    • Dheyre Jacob says:

      aduh km lucu dehh..
      heheheeh…
      2 jempol wat km dechh…
      btw punya brg2x doraemon gak???
      klo pux mau donk tukeran..
      hehehehehe.. ^_^

  180. Imat says:

    srius..tmen gw amp sedih bgt..pdhl dy cowok..dasar anak cengeng..waktu nonton nodame chantabile ma densha otoko aj am sedih gitu dech

  181. achi says:

    hiks… kok yaa sedih bacanya.. sangat mengharukan.. persabatan mereka memang tulus dan awet hingga dewasa… huaaaa dari pertama muncul di RCTI sampe sekarang , aku masih cinta dan tetep cinta ama doraemon…

  182. endy says:

    seu juga doraemon, dulu sih gw suka tapi lama2 juga karena g kelar2,tapi sekarang gw nonton lagi biz seru juga,klo gw nonton sekarang2 nih…………….mantapz pokoknya

  183. Celcus says:

    Aq g prcy ending’na bisa kayak gitu….
    Nobita yg bisa’na cuma ngandalin doraemon,
    jadi anak yg puinter

  184. The Tomzzz says:

    gw suka banget ama ending nya,,,tapi eh tapi katanya yang ngarang nie cerita dituntut ama shogakukan…

    mksd gw yang ngarang akhir cerita ini,,nama Tajima Yasue,,bukan yang ngarang doraemon nya,,,tapi gw tetep suka ma doraemon en biar pengarang akhir cerita nie dituntut kata gw tetep bagus,,,sipp…

    V^O^V

  185. devi says:

    Huhuhu…keren sekali sich?!tapi udh disetujui blom ya???gw pengen tanya yang bkn ni blog,dpt gambar komik doraemon yang pas banget darimana? bikin?gambar?minta dari pengarang?ato apa? pengen tau deh?!

  186. groinkick anima says:

    Uhuhuhuu -_- T_T
    sedih skale critanya mbak
    Btw u dpt drmn?
    di onemanga kyknya blm ada
    hasil scannya bagos oi !!!!!!!!!!!

  187. rachel says:

    huhuhuu…T_T
    duh ceritanya sedih banget
    ceritanya ok banget!tapi ceritanya dapet dr mn?
    pengen tw nich!!!

  188. nury says:

    sedih bgt ending nya!!!
    aq smpe nangis baca review nya…
    aq pecinta daraemon bgt,hanpir tiap minggu aq nonton film nya.
    dr aq umur 6tahun smpe skrg (23tahun) tetep ga bosen nonton film nya.
    smpe dibilang masih ky anak kecil :-p

  189. andi riadi says:

    hem.. ini br ending yang menyenangkan.. haru, perjuangan, dan eksistensi tokoh-tokohny masi esensial banget.. cocok dah.
    happy ending. cess

  190. buayadarat says:

    haa berapa kali baca cerita ini pasti tetep terharu, inget bgt pas jaman gw SD, setiap minggu jam 8 nonton Doraemon, sekarang anak gw nonton Doraemon kalo minggu pagi, emang ceritanya bagus2 bisa tahan sepanjang masa, walaupun cerita tamatnya yg bikin bukan si Fujiko n Fujio tapi ini versi tamat yg paling bagus.

  191. siti says:

    uuuh…… sungguh mengharukan.
    nobita mang tulus, sayang bgt ma doraemon.
    persahabatan sejati.
    ini nunjukin di balik suatu cobaan pasti ada hikmahnya
    “there is a silver thing behind a dark cloud”
    i like it…..
    (tapi koq kenapa ya mereka balik lagi ke masa kecil?)

  192. rani says:

    saya suka bgt sm ending doraemon yg ini. saya suka doraemon dr kecil, sampe sekrang pun saya masih jadi penggemarnya doraemon :D
    ga sia- sia saya ngumpulin komik doraemon dr umur 5 taun.

  193. zye says:

    great…!!! aku suka cerita ini…

    hiks..hiks..hiks… ceritanya mengharukan sekali…

    aku kasih nilai 1.000.000 dech.

    gak percuma aku suka doraemon dari kecil himgga sekarang!!!

  194. izaz farandy says:

    Gila bagus bgt ceritanya.Komik lain mah lewat. Cerita doraemon lebih mengejutkan,mengharukan,menyenangkan

  195. excella says:

    wow ! baru pertama kali ini doraemon kehabisan baterai?
    kisah nya sangat,sangat mengharukan.lain kali kirim komik ke gmail ya tapi buat aku aja ya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  196. falah says:

    q terharu,mpe nangis gini!? higs,,,higs
    aq cinta doraemon dari pertama ada mpe di g’da pun q ttp cint ma doraemon,I LUPH DORAEMON

  197. depika says:

    giLAa dahh !! ge ampe nangis .. hhehe ~ sayng bgt iaa Fujiku F.fujio meninggaL . huhuh ~ jd sedih bgt ..pokokny doeaemon mesti ad seLamaaNy !! huhuh ~ T.T

  198. nelly says:

    jdii critany doraemon itu hdup lag kan ya….
    kmbali ke msa kcil nobita lagi gak????

    duuhh asliii….. aku cinta DORAEMOn………..” :D

  199. Dheyre Jacob says:

    aduhhhhhh sedih banget ceritax.
    hmpir jatuh ni air mata….
    doraemon aq sayang kamu….
    makasih dah nemenin dari kecil ampe skrg…
    T_T

  200. septian riza aswan says:

    cerita na bkin aq sedih,aku pingin doraemon ga’ pnya ending krna ending na bkin penggemar doraemon sedih,dah dri umur 4 thun we nonton n skrg mpir 21 taon,klo we baca komik terakhir na bkin we sedih
    krna dah 17 tahun baca n nonton doraemon,n tiba” pnya ending ky gitu bnr” ssuatu hal yang ga’ bsa we terima.

  201. JUWINURIYADI says:

    ADA HIKMAH DARI BERAKHIRNYA CERITA DORAEMON INI,,,,,, IALAH KEAHLIAN SEBENARNYA ADA PADA DIRI NAMUN DIA TAK AKAN NYATA TANPA USAHA DAN PENGORBANAN YANG SEBANDING DENGAN KEKUATAN YANG ADA,,,,,, BOLEH DI BILANG NOBITA MEMANG HARUS MENERIMA KEPERGIAN DORAEMON,,, NAMUN DIA TELAH MENJEMPUT KEDATANGAN YANG LEBIH BAIK DARI KEJADIAN YANG TELAH BERLALU. MAKASIH

  202. Philip says:

    Aku cinta doraemon!, but aku cinta pengorbanan nobita cz dari hal itu maka nobita maw blajar n dpt lu2s, endingnya adalah kbahagiaan brkeluarga dgn sizuka..

  203. yesi says:

    ceritanya sedih banget! tapi semoga cerita ini tidak ditayangkan karena para penggemar doraemon nanti tidak bisa menonton episode doraemon lagi.

  204. dimas says:

    Cerita yang mengharukan..skaligus membahagiakan denger2 katanya doraemon cm khayalan nobita..dan nobita anak yang terbelakang,temen2 nya pun tidak ada yang kenal nobita..sempat kecewa banget tapi setelah baca ini seneng banget..

  205. ty says:

    1 aj yg bisa akku ambl moral value dr doraemon nni..

    nobita ank yg pmls, ceroboh, slalu aj mnta bntuan doaramon.. nmun di saad doraemon khbisan batere nobita gag tw hrus ngelakuin ap..
    mreka adlh shbt sjk kcl..

    jd jika ad suatu kemauan tug ngelakuin sesuatu n tekad ittu kuad, pzti qa bs tug lakuin.a.. n persahbtn sjti gga akn prnh mati..

    pokok.a pggmnr doraemon, kudu punya kemauan yg kuad tug lakuin sesuatu.. krna sesuatu yg diawali tekad n kmauan slalu jd akhir yg mmbahagiakan..

  206. danz says:

    wah ending ini benar2 membuat sedih,,
    dri kecil sampai skg saya kuliah pun doraemon tetap teringat di memori syh,,

    tokoh khayalan favorit aku jmn kecil..
    syh lebih suka ending yg ini,dibandingkan ending yg ternyata nobita hanya bermimpi memiliki doraemon yg pernah disiarkan ..

    doraemon,,benar2 sebuah fantasi bagi setiap anak kecil di dunia..
    ending doraemon yg ini benar2 membuat terharu…

    doraemon forever,,

  207. luthfia setyaningtyas says:

    hmmm,,, gimana ya….
    tapi menurut gw ini cerita buatan,

    karena dalam cerita doraemon, shizuka menikahi nobita karena kasihan terhadap nobita, karena nobita tetap bodoh.
    namun dalam cerita ini, nobita sudah pintar ketika SMA
    dan sampai akhir khayatnya nobita tidak berubah

    lagipula cerita doraemon tidak ada akhirnya..

    tapi…… cerita ini tetap bagus, mengharukan, dan membuat saya terkesan.

  208. EnggAr diAnn says:

    wow!!! ceRitaNya kereN bgT…
    duH samPek terHaru aKu :'( ikS…
    taPi aKhirNya endiNg yaNG mengHarukan…

  209. ara says:

    wuuuiiihhh sedih bo…
    terharu aku…
    kalo ngebayangi si nobita bisa hidup dan mandiri tanpa doraemon, rasanya SELAMAT NOBITA, KAMU BISA!!!
    tapi berarti ceritanya lanjut lagi dong,,, ke anaknya nobita.
    oiya, selamet ya, akhirnya nobita jadian juga sm shizuka,,,
    WOW KEYEN, KEYEN, KEYEN, KEYEN, KEYEEEEEEN!!!!!

  210. Cahyo says:

    aku paling suka baca atau nonton doraemon, ceritanya menarik sekali. tapi sayang ceritanya harus berakhir… kalau boleh sih cerita petualangannya diperbanyak lagi kali ya…

  211. chino says:

    huaa .. sumpah endingnya kerend banget ! ga nyangka nobita yang dulunya anak yang maless besarnya jadi anak yang rajind , tapi kok jadi pendiam yaa ?? huhu kasiaand …

    ooo , i love u doraemon .. ^_^

  212. ananto says:

    apakah indonesia, salah satu negara paling miskin dan kacau di dunia bisa ikut jejaknya nobita dalam serial di atas? well, kitalah semua yang akan emnentukan jawabannya. Selamat Hari Kemerdekaan yang ke-64!!!

  213. Amy says:

    Ending-nya bikin nangis ya ?
    Sampai sekarang masih nangis lohh :(
    Pokoknya doraemon bagus deh..!!!!
    Setia nih.. jadi pengemarnya.

  214. ocha says:

    doraemon sumpah ramme bgt ..
    g akan diluapin deh ..
    film doraemon in ..
    apalagi ending nya sdih bgt ..
    aahhhha …

  215. tessa.viennie.s says:

    dari doraemon muncul aku jg sukaaaaaaaa… banget ma doraemon
    cita2ku adalah pergike jepang dan ktemu sama Fujiko.F.Fujio….
    tapi skarang doraemon dah ending….
    tapi..AKU TETAP CINTA SAMA DORAEMON
    -I LOVE U DORAEMON-

    -TESSA-
    FANS SETIA&SEJATIMU…

  216. Lia amelia says:

    aduhh , doraemon kenapa mesti pake ending sih ?? kan gak seru klu ada ending’a .. pengennya nonton doraemon terus .

  217. nisa sada says:

    Doraemon….. udah berapa kali pun aku gak akan bosen sama cerita ending lo…. tapi kenapa simple banget aku mau yg lbh terharu aku cry nya blm full nih , I LOVE U DORAEMON <3……… Love u

  218. fIRDA says:

    wah KALAU ADA KOMIK SEPERTI ITU Di Jual disini Q pasti beli!!!!bikin lagi dong cerita yg kayak gitu!!!!
    menharukan sekali ceritanya!!!!!

  219. adi utomo says:

    ending yg mengharukan untuk cerita yg telah sekian lama menemani hidup gw,

    LOVE DORAEMON…………….

  220. Denny says:

    Meskipun ceritanya diulang – ulang…
    cerita doraemon emang gak da matinya…
    gak bikin bosenn….
    I Love U Full DORAEMON…

  221. ioga says:

    eh, ini kan salah satu versi dari tiga versi ending nya doraemon.. (http://en.wikipedia.org/wiki/Doraemon). ending versi ini yang paling ‘optimis’. salah satu versi lainnya adalah ternyata nobita itu lagi koma trus doraemon dan seluruh isi cerita itu cuma khayalan dia pas lagi ngga sadar. sucks banget :P

  222. cuembem says:

    sedih bgt klo d0raem0n mzti endin9
    gw fans berat d0raemon

    cita2 gw pn9en bisa pergi k jepan9
    trz bs ktmu lan9sung ma smua pers0nil2 y9 bwt d0raem0n

    d0raem0n ga suki desu
    t0tem0 suki desu

    LOVE U DORAEMON,,

    ,,kaZuhik0_kanEm0chi,,

  223. irvan says:

    hmm ending doraemon beda2 y, waktu itu g baca doraemon tuwh ending nya ternyata cuman mimpinya nobitaaaa..
    lgeann di ending ini nobita ko jadi profesor y???, setau g doraemon da nobita sering ke masa depan buat liat nobita di masa dpn, dan hasilnya nobita itu bego gk ad yg pinter..
    bahkann waktu itu perna nobita masa depan dtng ke nobita skrng suru nobita belajar biar pass gede pinterrr…
    ko yg ini dy jadi profesor, aneh..

  224. agung says:

    kapan y komik ini bisa d filmkan..???
    gw kenal doraemon sejak umur 4 tahun..
    waktu itu film doraemon hanya ada i stasiun TV RCTI..
    kalo g salah tahun 1992..

    pengen nunggu filmnya..
    pasti keren….

  225. arifendi says:

    doraemon……
    kau yang membawa perubahan dalam diriku.
    jd jgn pernah meninggalkan ku…..

    q syank sekali sma doraemon…..

  226. Eric Himawan says:

    Wah, cerita yang bagus…Tapi, aku baca di Wikipedia, kalau ini adalah salah satu dari 3 ending Doraemon yang tidak resmi, karena Fujiko F. Fujio, sang duo “Bapak”-nya Doraemon telah memikirkan bahwa..(Kali ini, tolong baca baik-baik)..

    “TIDAK ADA ENDING UNTUK DORAEMON”.

    Kaget..? Saya pun kaget. Cerita yang baik itu harus punya ending. Cerita tanpa ending sama aja kayak manusia anti koit kayak Hidan di Naruto.

    Mengapa begitu? Duo Fujiko F. Fujio berpisah, karena itu, ending Doraemon tak pernah didiskusikan.

    Sebenarnya, mungkin ada yang sudah tahu, kalau Doraemon punya 3 versi ending:
    1. Versi yang ini.
    2. Nobita anak autis sekarat yang membayangkan petualangannya di “deathbed”-nya untuk mengurangi depresi akan kematiannya.
    3. Nobita kecelakaan, terus koma. Doraemon menjual seluruh peralatan ajaibnya, tapi itu pun tak cukup untuk biaya operasi.
    Ups, apa tadi saya bilang “seluruh”? Sori, satu alat tersisa, yaitu alat yang mengijinkan Nobita pergi ke mana pun. Nobita bilang,

    “AKU INGIN PERGI KE SURGA.”

    Yah….kalo gitu ceritanya kok malah sad ending, gak kayak Manga Doraemon yang ceria, comical, fresh, dan ugal-ugalan plot-nya.

    Maka, kayaknya versi inilah yang pantas untuk mengakhiri mahakarya yang umurnya 39-40 tahun ini. Tapi, karena pengarangnya tidak pernah mendiskusikan ending-nya, jangan-jangan ini fan-made?

    Gak penting, ah! Yang, penting, ceritanya bagus!!!

    (Jadi, jangan harap chapter ini difilmkan, ya…’Kan gak resmi…)

  227. Belina Indriana Lubis says:

    Wuiiiiiiiiiiih….! Udah berkali-kali baca cerita ini, tetap saja cerita yang wonderful! Cool abiez!! Walaupun gak resmi, tapi buat filmnya dong! Pasti banyak yang suka. Oh I LOVE U Doraemon!!!

  228. TelorAsin_08 says:

    wah bagus juga….awal nya bahagia dan ending nya juga bahagia… :)
    mudah2an bisa di film kan…pasti banyak banget neh peminat nya…
    tapi sayang nya cerita ini tidak bisa di film kan…. :(

  229. flut emerald diprita sekartaji tari says:

    sayang…sayang!
    Cerita akhir doraemon tidak diresmikan!fujiko f fujio keburu wafat jadinya film ini gak didiskusikan…padahal saya sudah menantikan bahwa film ini ditayangkan dibioskop atau diDVD atau juga ditelevisi.
    Kalau ending doraemon difilmkan pasti banyak peminatnya atau malah bertambah banyak!
    Tapi kalau ditayangkan dibioskop biayanya jangan mahal2 cukup 25.000 saja…

  230. atut says:

    ending yang menyentuh… :D

    iya donk, harusnya semua film ada endingnya.. masa dari jaman aku SD ampe sekarang masih aja Nobita klas 5 SD.. coba difilm-in..

  231. tiwi says:

    cerita yang menarik n lucu..ending nya juga lumayan menyentuh..
    w suka banget..ga di sangka novita bkal jadi orang hebatt..^_^
    tapi ko komik nya ga terbit2 yaa..di indonesia???
    TERBITIN DONKK…
    biar w baca nya kga sah nungguin loading dlu…^_^

    I MISS U DORAEMON..YOU MAKE ME FUNNY WITH READ YOUR COMIC AND WATCH YOUR FILM…

  232. Dini Ichiban says:

    berkali-kali di baca pun ttp buat air mata q ngalir hiks ;)

    this is a wonderfull story sampai kpn pun.,.

    mgkin anak cu2 qt msh akan ttp mengenal siapa itu Doraemon dkk,.,

  233. anissa says:

    sungguh menyentuh hati juga yahcccc…..
    tapi qw harap cerita doraemon jangan ber akhir soalnya doraemon adalah salah satu cerita kartun yang aku gemari

  234. dida says:

    seperti apapun akhirnya atau tidak ada akhrnya pun kita tetap sayang ma doraemon^_^

    andai aja doraemon tu nyata ya pasti q dah peluk he…^_^
    doraemon i love you^_^

  235. senja says:

    knp mesti ada ending ky gt sedih bgt
    doraemon ga ada lg…..
    mesti nya ada pengganti fujiko f fujio

    thx y bwt doraemon

  236. togos says:

    hah doraemon tamat huuuaaaaaa!!! gak nyangka
    doraemon kan MY FRIEND

    kalau doraemon jadi nyata
    akan kuminta alat supaya
    doraemon gak tamat

    DORAEMON I LOVE YOU FULL!

  237. naughty Boy says:

    Wah….cerita yg mengagumkan, dari gw kelas 3 SD nobita kelas 4 SD, sekarang gw udh punya anak umur 2,5th nobita masih aja kelas 4 SD….. ‎​​​‎​​♣ :•♓ε♓ε♓ε♓ε•: :p bs buat cerita ke anak cucu nanti

    Yg pasti cerita versi ini lebih bs di andal kan di banding Versi yg SAD ENDING….!!

    Miss U Doraemon N Nobita

  238. deva says:

    kereennn …
    ternyata semuanya itu sangat sangat mungkinn ..
    doraemon emang ngga akan pernah mati. dia punya bagian tersendiri di hati siapapun.
    <3 moon .)

  239. CandIce says:

    Akhirnya baca jg ak ending Doraemon, kemaren2 cuman di kasih tau lwt mulut aja, ternyata kalo di baca lebih mengharukan T_T

  240. angelia says:

    lebaaaaiiiii………….seru juga kaga, sedih juga kaga…tuh dia ngasal buat tau…bukan cerita aslinya…

  241. adinda says:

    huhuhu! aku nangis nih! ya ampun ternyata akhirnya nobita bisa pintar dan menjadi profesor docktor juga ya! selamat ya nobita!kitaharus seperti nobita ya!

  242. me says:

    ceritanya bagus, tapi sayang bukan asli…

    Author of False Doraemon Ending Issues Apology
    posted on 2007-05-30 09:19 AEST
    Author of popular “ending” to Doraemon manga shares profits with Shogakukan, Fujiko Pro
    A 37-year-old man who wrote his own ending to Fujio F. Fujiko’s famous manga Doraemon and distributed it has issued an official apology to publishing company Shogakukan and copyright holder Fujiko Pro. He also shared profits from the sale of his “conclusion” of the Doraemon series with the two companies.

    The false ending of the Doraemon series first appeared as a story on the internet in 1998. Writing under the pen name “Yasue T. Tajima,” the author made the story into a manga in 2005 and began selling copies of it for about 500 yen (US$4.50) at bookstores. By the summer of 2006, the story had sold over 13,300 copies. According to Shogakukan, the “ending” takes place after Doraemon’s battery dies, rendering the robot cat immobile. Nobita, the main character of the series, grows up to become a robot engineer, which enables him to potentially revive Doraemon. Shogakukan admitted that the story and art are very similar to those of the original manga.

    Source: Jiji Tsuushin

  243. Harry Potter says:

    Sayang banget cerita terakhirnya untung nobita bisa jadi profesor . tadinya doraemon gk punya kuping skarang punya tapi (makin jelek). mungking doraemon rusak gara2 gk makan dorayaki ckckck . ending yg bagus yg bisa bikin orang pngen mnangis TERIMA KASIH . Tetap Berjuang

  244. dita says:

    huhu sedih
    tapi doraemon yg baru ga terlalu mirip sama yg lama,masa ada kuping nya :(
    cerita end nya juga terlalu singkat :(

    • cch says:

      lw g salah,
      doraemon kan memang dikirim oleh prof. nobita yg utk membantu nobita kecil(masa lalu),

      sebelmnya pun doraemon yg dulu memang ada kupingnya, tp lw g salah kupingnya di dibawa sama tikus,,

      shg doraemon jd g ada kupingnya,,
      itu salah satu sebab knp doraemon jadi takut dengan tikus,,

      secara tidak langsung, cerita ini kembali ke awal lg,
      krn si Prof Nobita bisa saja mengirimkan doraemon berkuping ini ke nobita kecil,,
      (sebelumnya akan terjadi insiden kupingnya doraemon dibawa tikus) truuuus sampai ceritanya akan kembali ke cerita ini lagi dan seterusnya,,karena cerita ini berhubungan dengan cerita ruang dan waktu, time paradox,,

      • uput rengganis says:

        terharu,,,,
        coba aja klo difilmin,,,,
        w akan nonton,,,,,,
        aku tunggu lho film doraemon endingnya,,,,,

  245. sendy says:

    makasi bgt ya uda share brita ttg doraemon…
    aq sayang bgt ma doraemon…

    aq salut ma persahabatan doraemon ma nobita…
    mski doraemon uda g ad tpi dy msi slalu dihati….

    AQ SAYANG SEKALI DORAEMON…..

  246. Nalsy says:

    Fyuh….Fyuh….Fyuh…
    Cerita yg MeNgesankan,Mengasyikkan N Mengharukan. Thanks, bwt Seseorang Yg dah menyempatkan Bikin & MenguploadnyA……

  247. gHiNa says:

    sedihh… coba film doraemon selamanya gk tamat-tamat….. petualangan masa kecilnya nobita dan teman2nya seruuu bgt!! doraemon aku syng km!!!

  248. adi says:

    si nobita udh gede jenggot ama kumisnya kagak di cukur2 apa ya??? mulutnya ketutupan, ampe kaya utan tuh janggot!!! hahahha…

  249. Hack Lutfi As says:

    w penggemar berat sekali Doraemon. cuma kalo emang betul endingnya kaya gini. huft….bener2 terharu nya w.si nobita yang tadinya ceroboh dan sering bermalas2an semenjak kehilangan doraemon,dia mau bangkit hanya untuk memenuhi cita2 nya. trimz

  250. wawan says:

    endingnya keren banget…………………

    npbita yang dulunya slalu dapatnol, akhirnya bisa menjadi orang terpintar se jepang….

  251. Ciko Galih 6913 says:

    Ending yang luar biasa……
    Salut buat Nobita yang bertekad kuat u/ menghidupkan Doraemon dan akhirnya berhasil……juga kagum u/ Dekisugi yang tidak merasa iri krn dikalahkan Nobita, bahkan Dekisugi juga yang berperan dalam penciptaan Doraemon mengenai Time Paradox.

  252. Tyo says:

    so Sad…ya, setiap yg hidup bakal mati kan, meskipun cuma manga, tp ng sy sndiri, kedekatan doraemon dg Nobita luarbiasa, jalinan emosionalya kuat//// so dgn teman or orng terdekat musti jd lebih baik, biar gak nyesel ntar ktk dah pada pergi semua…

  253. Aang says:

    senangnya bisa tau akhir cerita doraemon, tp sedih juga kasian nobitanya jd penyendiri sejak doraemon pergi,..,

  254. pipit gunawan says:

    ceritanya sungguh mengharu biru,,, tp sayang kependekan,,, kalo bs ceritanya jgn pendek,,, agak dipanjangin dikit,,, biar puas pembacanya,,, krn ini cerita detik” terakhir,,,

  255. Ega says:

    Nobitaaaaa…. akhirnya jadi jenius juga tanpa doraemon … ceritanya bagus banget tp sayang akhirnya ga gtu jelas . gue ga ngerti ni emang cerita aslinya kea bgini aph emang belom beres ???? tp sumpah keren banget !!! terharu gue .. huhu

  256. Gary says:

    paling sedih ngeliat reaksi Giant dan Suneo waktu Dekisugi bicara ttg Doraemon ,,, n endingnya , priceless !!! x’)) <3 Doraemon forever ,,,

  257. meyla says:

    ya… ampuunn ,,, ceritanyaa … seediihh bngett siihh ,,, aku baca’a sampe meneteskan air mata tadii ,, huhuhu .. aku cinta sekali doraemon ,, dan aku pun sayang bnget sma doraemon , i love you deraemon ,, mmuachh ..

  258. fairyteeth says:

    mewek bacanya… walau udah berkali2 baca tetep aja terharu…

    gimana doraemon bisa bikin nobita yang males bukan main jadi rajin bahkan jadi profesor demi “membangunkan” doraemon…. :'(