Ketoprak Intel

Ketoprak1 Di Amerika ada badan Badan Intel yang disebut CIA. Dulu di bekas Soviet ada KGB, sementara di Inggris ada M16, dimana Bang Bond bekerja. Tapi di Pondok Bambu, kampung saya ini ada intel berwujud tukang ketoprak.

Salah satu tugas intel adalah mengamati, baik manusia maupun lingkungan sekitarnya. Tukang ketoprak ini jelas sekali telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Dia mengetahui betul situasi dan kondisi di Pondok Bambu. Tiap kali saya berpapasan dengannya, tiba-tiba dia berkata hampir berbisik dengan tenang; “Nggit, Ketoprak, Nggit…” seakan membeli ketoprak adalah membeli barang terlarang seperti narkoba. Yang anehnya lagi, darimana dia tahu nama saya dan kebanyakan semua orang di komplek ini?

Teman saya sekomplek selalu ditanya dengan format yang sama;

<satu suku kata nama panggilan>, ketoprak, <satu suku kata nama panggilan>

Misalnya; Ti, ketoprak, Ti.. Mat, ketoprak, Mat.. dan hampir semua orang di wilayah ini, dia mengenalnya dan menyapanya dengan format yang sama.

Here’s a theory… my extreme imagination
Markas sebuah agen rahasia. Seorang pemuda Asia, salah satu agen rahasia sedang dibriefing oleh atasannya untuk melakukan surveillance di salah satu wilayah di Jakarta. Rencana mereka tidak diketahui, mereka hanya memerintahkan sang agen untuk terus mengawasi wilayah yang dimaksud.
Intelejensi di Jakarta menyebutkan bahwa untuk bisa sukses memantau daerah target, sang agen harus menyamar menjadi salah satu warga di situ. Low profile dan tidak mencolok adalah faktor yang sangat penting dalam menyamar. Setelah berbagai pengamatan, diputuskan tukang ketoprak — a simple dish with nut dressing (begitu kata mereka) — adalah penyamaran terbaik.
Sang agen sebelum terjun ke medan harus mempelajari semua tentang wilayah target dan perilaku penduduknya. Handler (kalo di Alias, Michael Vaugh jadi handlernya Sidney) si agen menjelaskan bahwa akan ada agen lain yang juga menyamar menjadi penduduk biasa, bukan tukang ketoprak. Nama samaran agen tersebut akan diberitahu setelah tiba di wilayah target. Kata sandi untuk bisa berhubungan dengan agen tersebut berformat:

<satu suku kata nama panggilan>, ketoprak, <satu suku kata nama panggilan>

Ioncannon Setelah 2 tahun lebih, si agen yang menyamar jadi tukang ketoprak tadi melaksanakan tugasnya dengan baik. Laporan selalu disampaikan tepat waktu dan detail. Suatu hari dia menerima kabar dari informan yang tidak ingin disebutkan namanya bahwa koordinat wilayah target akan dijadikan percobaan titik jatuh senjata meriam Ion yang diorbitkan tepat di atas wilayah Indonesia. Sang informan juga berkata bahwa agen lain yang dikirim sebagai warga biasa telah MIA (Missing In Action).
Sang agen yang telah jatuh hati dengan wilayah target kemudian memutuskan untuk berhenti memberikan (feeding) informasi ke markasnya dan mencoba memberikan koordinat yang salah… (itulah sebabnya, pesawat Adam Air jatuh secara misterius, itu akibat dari pemberian koordinat yang salah sehingga meriam Ion salah target).
Sang tukang ketoprak agen tadi juga percaya bahwa rekannya yang Missing In Action masih hidup di suatu tempat di wilayah target. Wilayah target terlalu lovable untuk dihancurkan menurutnya. Hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun… perannya sebagai tukang ketoprak terus dijalaninya sambil mencari rekannya yang hilang dengan terus mengucapkan kata sandinya tiap kali bertemu orang. Dia berharap suatu hari nanti rekannya bisa menjelaskan semuanya dan semua ini bisa berakhir….

Makanya dia begitu ahli dan paham betul wilayahnya. Dia mengenal hampir semua orang walaupun dia sendiri merasa asing di tempat yang kini telah dicintainya. Sayang, walaupun ketopraknya lumayan enak, porsinya terlalu sedikit.

4 thoughts on “Ketoprak Intel

  1. thalique says:

    Ngomong-ngomong soal ketropak, jadi inget pertama kali ibu bapak makan ketoprak di Jakarta.

    Waktu itu pas mau wisuda di JHCC tahun 2000..Secara kalau pulang kampung saya selalu ditanggap istilah orang Jawa untuk cerita segala sesuatu tentang Jakarta..dan sering kali kalau sama ibu ngobrolnya ga jauh jauh tentang makanan..Nah kuceritain tuch apa itu ketropak …!

    Nah pagi mau wisudaku itu, ibu bapakku nyobain ketropak..Sialnya ibu bapak mencoba ketropak yang ada di Senayan ..Tahu sendiri para pedagang itu ada, kalau ada event aja di sekitar Senayan..Kasian mereka pertama kali nyobain ketoprak ga enak babar blas kata ibu bapakku,,wuih rasa ketoprak nya ga karu-karuan..mungkin juga si abangnya juga buatnya asal-asalan..ya sekedar comment aja lah..

  2. kuy says:

    anjrit!!! gue lagi riset ttg kesenian ketoprak malah nyasar kesini…
    parah loe Tiw!!!!

    kakakakakaka….
    mana gue baca lagi untuk kedua kalinya…

    parah loe kuy!!!

  3. apy says:

    gyahahaha, the power of search engine tuh… titiw.com memang memenuhi kata2 kunci penting dengan konten nggak penting, tapi itu semua karena kita care…. :))

  4. titiw says:

    Huahahahhaha!!! Gila gilaan ndro!! huaaaa.. guah gak bisa berenti ketawa, ini!! Site kita keren banget ternyata ya mas, hehehe.. Anyway, ke mana sekarang si bapak ketoprak nan gendut ituh ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *