Neon Genesis Evangelion

Overview

Neon Genesis Evangelion (Shin Seiki Evangelion), biasa disingkat NGE, Eva, atau Evangelion, adalah sebuah Anime Jepang dan Manga yang sukses baik secara kritik maupun secara komersial yang mulai beredar pada tahun 1995. Anime ini produksi Gainax, disutradarai Hideaki Anno si penulis setengah sinting yang jenius, dan TV Tokyo serta Nihon Ad Systems juga turut berpartisipasi memproduseri. Serial Eva ini banyak mengambil simbol dari Judeo Christian ditambah analisa psikologi dari karakter-karakternya. By psychology, I really meant it, kompleks, menarik, dalam. Hampir sepanjang kisah ini, tema psikologi terutama perilaku dan penyakit mental tiap karakternya selalu menjadi aspek utama. Hideaki Anno sendiri pernah mengalami depresi jauh sebelum menulis Evangelion. Serial ini pada dasarnya merupakan kanvas bagi Anno untuk mengekspresikan pengalamannya.

NGE, terdiri atas 26 episode dan pertama kali disiarkan oleh TV Tokyo dari tanggal 4 Oktober 1995 sampai dengan 27 Maret 1996. Kemudian Animax, menyiarkannya melalui jaringan televisi satelit. Serial ini diikuti oleh 3 film NGE berjudul: Death and Rebirth dan The End of Evangelion pada tahun 1997, dan Revival of Evangelion pada tahun 1998.

Synopsis
Kisah Evangelion dimulai pada tahun 2000, ketika para ilmuwan yang sedang melakukan ekspedisi di Antartika menemukan sebuah makhluk besar, yang mereka sebut Adam atau Angel pertama. Pada tanggal 13 September, mereka (para ilmuwan) bereskperimen dengan Angel; namun fatal akibatnya. Eskperimen mengakibatkan Adam meledakkan diri (pada saat peledakan, Adam menciut menjadi bentuk embryo) menyebabkan katalis yang kemudian disebut Second Impact. First impact adalah pada saat pertama kali bumi dihantam meteor pada zaman Purbakala dulu. Sebagian besar antartica hancur. Posisi bumi berubah oleh ledakan tersebut, menyebabkan terjadinya perubahan cuaca yang ekstrim. Hasilnya… jutaan orang tewas, dan kemudian diperburuk oleh peperangan di tahun-tahun berikutnya. Pada saat perdamaian telah tercapai, lebih dari setengah populasi bumi tewas. Kebenaran dibalik Second Impact dirahasiakan dari publik dengan membuat cerita bahwa sebuah meteor menghantam bumi dengan kecepatan cahaya tepat diatas Antartika.

Kisah Evangelion dimulai pada tahun 2015. Pada saat ini, manusia di bumi telah memulihkan diri. Tokyo-3, sebuah kota sipil-militer berlokasi di salah satu daerah kering di Jepang diserang oleh sekumpulan makhluk yang dinamakan Angel. Senjata biasa tidak berfungsi. Sebuah organisasi militer NERV, berhasil mengembangkan biomechanical mecha, Evangelion (Evas), yang mampu secara efektif menghancurkan Angel.

Tiap Eva memiliki pilot khusus. Tidak seperti mesin-mesin lainnya, mengendarai Eva jauh lebih rumit dan sulit. Eva dikendalikan melalui sinkronisasi jiwa (roh) dari pengemudinya dan Eva itu sendiri melalui cairan yang dinamakan LCL. Jadi di dalam kokpit tersebut, pilot direndam oleh cairan LCL ke seluruh tubuhnya sehingga sinkronisasi bisa tercapai. Menurut terminologi Evangelion, sebuah jiwa atau roh mengacu pada kesadaran akan keberadaan, struktur mental, dan identitas tiap manusia, bukan mengacu pada entitas supranatural. LCL bisa diibaratkan air ketuban di dalam rahim seorang ibu yang sedang hamil. Melalui LCL, jaringan saraf, pikiran, dan tubuh sang pilot tergabung ke Eva, sehingga kendali Eva dilakukan kebanyakan melalui pikiran dan aksi. Semakin tinggi rasio sinkronisasi, semakin baik pilot tersebut mengendalikan Eva nya. Kekurangan dari LCL adalah, sang pilot juga akan merasakan sakit baik secara fisik maupun mental seperti yang dialami Eva itu sendiri.

Rei, Shinji, Asuka

What I think
Kisah yang menurut saya a must see. Menonton film ini benar-benar seperti dicuci otak. Scene demi scene yang tidak nyambung sama sekali sering digunakan untuk menggambarkan perasaan tiap tokoh. Abstrak, absurd tapi menarik. Penggambaran analisa psikologi yang detail (menurut saya loh). Mungkin judulnya boleh Mecha, tapi film ini bukan tentang Mecha sama sekali. It’s about how you overcome your depression. It’s about logics through other’s perception. It’s about truth beyond your deepest thought.

2 thoughts on “Neon Genesis Evangelion

  1. groinkick anima says:

    hmmmmmm
    dulu pernah ditayangin d trns tp pas tgh mlm tp g dilanjutin
    uda nonton ampe OVA brp mbak?
    bc komiknya g?
    suka hentainya yg versi lesbi?

  2. kelana says:

    Wah,,reviewnya keren,jadi tau lebih banyak saya..bisa kasi saran dimana saya bisa dapat seluruh seri lengkapnya ga kak?sudah mencari kemana”cuma ketemu 1.0 dan 2.0 padahal saya sangat suka cerita ini..klo berkenan tolong reply ke [email protected].I’d..sekali lagi terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *