Calon Skripsi

Sontrek pembuka: “Stop Look Listen” by The Stylistics

GOSH!! Udah pada tau kan kalo saya ini mahasiswi tingkat akhir yang sedang bergelinjang dengan skripsi dan konco2nya yang membuat hati dan bodi jadi celeng beginih?! *sotoy tingkat brahmana*
Begini ceritanya.. iya, saya lagi bikin skripsi dan dosen2 di UI (Unipersitas InsyaAllah) dengan tega nyuruh buat outline (FYI, otlain = proposal = bab 1-3) dengan waktu yang sangat imut, yaitu seminggu sajah!

Kocar kacirlah diriku ini.. rasanya sayah bagaikan dimutilasi pake cutter karatan nan tumpul. Saban ari ke perpus sampe akrab ama bapak2 di sana (serius, wong saya maen pingpong bareng si bapak inih..). Tapi masa selama 6 taun saya di sono, gak pernah sekalipun tuh saya punya kartu perpus.. Mahasiswi yang aneh..

Hotel Rwanda Sontrek di tengah2: “The Life of Riley” by Lightning Seeds

Nnnah.. Karena keterburu2an itulah makanya saya membuat outline dengan setengah mateng. Kalo telor ayam kampung mah enak, ditambah garem dikit ples madu bikin tambah strong di ranjang. Lah kalo peginian??! Jadi memble guah.. Mending kece..
Emang dari dulu saya mo bahas ttg blog, tapi gak tau dari sudut apa. Aktualisasi diri? Blog sebagai new media? Udah pernah ada yang buat. Setelah beberapa lama malang melintang membujur di blogosphere ini, saya menemukan sebuah benang merah antara satu blog dengan blog yang lain. Khususnya personal blog.

Iyah.. ada budaya yang terbentuk di dalamnya. Pemakaian bahasa yang sama, adanya kebiasaan2 yang hanya dimengerti blogger Indonesia, nilai2 yang dianut, hingga aturan2 tak tertulis di antara mereka. Pada ngerasa gak? ada bahasa2 kayak pertamax, kebiasaan tukeran link, saling kunjung, dan aturan gak boleh copy paste pdhl gak ada hukum tertulis, dll. Sehingga, dengan ke-soktahu-an luar biasa, saya bikinlah bab 1-3 itu selama seminggu. Yang jadi masalah, saya bego banget masalah judul perjudulan. Tapi karena waktunya mepet, saya buat begini kira2.. Tereng tereng.. Jreng jreng!! “BUDAYA DALAM BLOG SEBAGAI GAMBARAN IDENTITAS KOMUNITAS BLOGGER INDONESIA”. *Doraemon mode: on*

S1m0ne divx Kenapa saya cuma bilang budaya tanpa dikhususkan? Karena saya emang ngambil semua unsur2 budaya.. pemakaian bahasa, simbol2, kebiasaan, nilai, dan semuanyah. Kenapa saya bilang komunitas blogger Indonesia? Karena kalo kata Benedict Anderson (1983): “Nations are ‘imagined communities’. What this means is that the work of making a nation as a community depends on the use of symbolic resources and devices: because we can never know or interact with all those others with whom we share national identification, we need ‘things’ to coalesce a shared sense of identity around – a flag, a national anthem, a set of customs and rituals.”

Tapi sayang semilyar sayang.. dalam mata kuliah seminar, tema saya itu dibilang kurang khusus ama si dosen.. “Budaya yg gemana? blogger yang mana? manula? atau remaja? atau apa?” Jadiiii…. Saya minta tolong banget sama kamu2 yang lagi mampir sekedar liat2 ato emang mo komen.. Kalo ada masukan untuk Judul skripsi saya inih, tolong diberi masukan..
Saya akan sangat berterima kasih dan bakal kasi sekecup dua kecup ciuman dari kucing kampung saya yg namanya chiki.

Hwaduh.. udah jam 1.15 in the morning. Kenapa saya agak ngotot dengan blog pergoblogan inih? Karena saya ngerasa jadi bagian dari komunitas ini, dan ingin menyumbangkan sesuat yang cukup berarti bagi komunitas saya :)
Lagu yang lagi terdengar dari winamp adalah lagu “Everythings Gonna Be Alright” dari SweetBox. Moga2 skripsi saya ini emang akan bener2 alrite dan gak akan diubah apalagi ditolak pada sidang outline 2 minggu lagi. Amin Ya Allah..

PS: Kalo ada yang tau komponen2 dari cyberculture, tolong kasi tau yaa!! Oh ya, kalo ada yang mo jadi informan untuk wawancara mendalam, jangan ragu2 untuk mendaftar! Ketik daftar spasi informan blog, ke sms inih *nunjuk bawah tanpa tau apa yg ditunjuk* Jangan ragu2 manis, sms yang kamu dapet langsung dari henpon orang!!

28 thoughts on “Calon Skripsi”

  1. blogger yang mana? manula? atau remaja? atau apa?

    kalo untuk urusan budaya, sepertinya mencakup semua lapisan deh. liat aja. dari bloger yang seumuran anak SMP sampe blogger tua kriput bercucu 4, mungkin saja pernah bikin komen PERTAMAX.

    gitu gak sih?
    cmiiw miaw aw.. aw..

    –> Itulah yg bikin aku bingung.. ah.. mas Gum makin membuat aku bingung.. padahal situ bukan skripsiku.. bukan pacarku.. tpai kok bikin bingung.. Hyehehehe.. thx anyway mas..

  2. sawali tuhusetya

    “BUDAYA DALAM BLOG SEBAGAI GAMBARAN IDENTITAS KOMUNITAS BLOGGER INDONESIA”. *Doraemon mode: on*

    wah, sebenarnya menarik sekali topik ini untuk dijadikan sebagai bahan penelitian. Manrik karena yang saya tahu, blog juga belum banyak, bahkan mungkin belum ada, yak, yang menjadikannya sebagai objek penelitian dalam penyusunan skripsi atau tesis. Tapi, jujur saja, penggunaan kata budaya dalam konteks judul ini juga masih banyak menimbulkan tafsir. Budaya dalam hal apa? Posting, komentar, gaya penulisam, style bahasa, atau apa? kalau toh hal2 yang saya sebutkan tadi tadi memang ada budaya ngekhas, benarkan bisa menjadi simbol identitas bloger (menurut kaidah bahasa ejaan yang benar bloger, loh, hehehehehe :lol: bukan blogger) yang berasal dari berbagai latar belakang (suai pendidikan, kondisi geografis, dll).
    dari berbagai fenomena yang tampak dalam komunitas blogosphere, saya menangkap penggunaan style bahasa yang beragam dari para bloger. ada yang ngeaya kayak tika banget, mbelgedes, atau hoek soegirang. kalau skripsi mbak titiw diarahkan ke sana, wah, mesti akan lebih menarik. fokuskan pada satu topik tertentu agar lebih fokus. referensi pun mungkin juga akan lebih mudah dicari. gaya bahasa dalam blog, bisakah menjadi simbol identitas sang bloger? ini pertanyaan yang menarik untuk diteliti, hehehehe :lol: *maaf kalok sok tahu, mbak, hihihihihih :lol:

    –> Waw, ada pak guru!! Kalo yg ambil ttg blog sebagai penelitian atopun skripsi udah ada kok.. Yang setau aku belom ada emang ttg hal ini. Emang kaku juga ngerasa kalo udah mentok, yang aku ambil bakal cuma gaya bahasanya aja.. Jadi kalo ntar dosen2 masih ngotot, saya bakal bilang “Apaan sih, gak mungkin salah! wong aku aja dapet ide ini dari pak guru!” hyehehehe.. Makasih banyak banget untuk masukannya pak.. :D

  3. Wah, tiw.. Otak gw mo dipaksa kaya apa juga udah ga mau mikirin yg namanya skripsi or tugas akhir!! Hahaha.. Gudlak ya jweng!! Akyu bersedia kok jadi nara sumber! Hahaha.. *Blog masih cupu aja udah mo jadi nara sumber!* ;P

    –> Ehe.. gini nih kacang, lupa kulitnya.. lupa kalo pernah skripshit endebre2.. ahahaha.. iyah2 kalo kau mau kupake aku tinggal japri saja, kay? thx cinte..

  4. never too old to blog, he3 pepatah lama gaya baru. cabuuuuttt

    a comment from varendy.wordpress.com

    –> Hee.. makasih buat ungkapannyah..

  5. Hey titiw… sama nih lagi berjuang sama skripsi juga. Have no idea about the title, but wishing u gudluck :D.

    –> :) Makasih ya chi..

  6. gimana kalo budaya saling ngomen?
    kalo yg saya liat sih, budaya ramah-tamah ini sangat ada di antara bloger indonesia (bloger ato blogger?)
    padahal infrastruktur internet di sini belon bagus
    mangsutnya ga pada ngebut dan gratisan, contohnya saya
    mestinya kan bisa baca melalui rss
    tapi tetep ada kebutuhan untuk ngomen
    ntah promosi blognya, nyampah ato serius
    saya seringnya nomer dua
    itulah pendapat saya sbg bloger baru
    hihihi

    –> Budaya saling ngomen ini udah pasti akan aku masukin, tapi terlalu khusus kalo cuman budaya ngomennya inih.. Makasih kang edyh.. (eh gak pake ha ya..?)

  7. Kacian sekali nih anak…:)
    aku usul ya,Tiw :
    1. Peran Blog dalam meningkatkan personal branding di Indonesia : contoh kasus rahard.wordpress.com (ini blog dosenku yang ahli IT Indonesia)
    2. Gaya Bahasa Baru dalam Komunitas Blog Indonesia
    3. Peran Blogger dalam Integrasi Bangsa : contoh kasus …
    4. Blog sebagai media komunitas baru : COntoh kasus…
    5. Peran Blog bagi komunitas film Indonesia
    6. Menambah teman melalui Blog

    Kalo ada yang berguna, aku ga minta kecupan tapi tiket gratis nonton film LOVE deh ;)

    –>Ahahaha.. i’ll consider it mas.. Yakin gak mau kecap kecup ajah..? Tapi kalo kecap merknya ABC, ehe.. Thx banget lho jeung.. :)

  8. persis mbak… sama ama saya, sama” lagi bingung mo bikin skripsi apaan. judulnya mbak Titiw uda bener tu, cuman I think jadinya gini (ngaco mode on): BUDAYA jurnalistik DALAM BLOG SEBAGAI GAMBARAN IDENTITAS KOMUNITAS BLOGGER muda INDONESIA. gyahahah… ga make sense yah? abisnya yg dicerewetin dosennya kan di bagian” situ… jadi dibikin lebi spesifik aja gt. anyway, sama” ngedoain yuk, mudah”an skripsi kita berlangsung sukses dan ditempuh cukup dlm tempo sesingkat-singkatnya. amin.

    –> Hee.. kamu kuliah jurusan apa nduk? sapa tau aku bisa bantu nyampah2 dikit.. Ehh.. omongan kamu make sense banget kok, makasih banyak yah.. Ayo kita sama2 berjuang dan berdoa. Semangat nak!

  9. saran gw sih, ganti dosen pembimbing aja. cari yang bisa jalur damai. hehehe … :))

    –> Beuh.. emangnya ditilang di jalan pake jalan damai? akh nak jaya inih..

  10. ah ribet amat… nih contohnya: peranan blog dalam menggaet om om

    whuahahahahaa

    –> Itu udah pernah aku jalankan om, ternyata berhasil, meski untuk sebagian orang kurang reliable atopun valid. akh Yang penting sih aku udah ngegaet om2.. hyahahahah…

  11. LiSan Skywalker

    Wah bahan skripsinya keren, moga-moga cepet kelar yah, kalo aku belon kelar-kelar niey ^o^

    –> Emang kamu semester berapa lin? Hayoklah kita kerjakeun skripshit ini bersama.. Jangan jalan2 mulu!! ;)

  12. Ngambil judul mang kudu spesifik, gw aja dl pe gendek dtolak mulu. Masi bgsan jg dtolak cinta ma dosennya. Tp maap neng, gw gada ide euy. Cukup nyumbang doa wae. Sing sabar, sing ulet, sing kuat, singsingkan lengan bajumu, hayu smangat! Hayu qt saling mdoakan *hmm..naon sih?*

    –> Tambah satu lagi.. sing sing so.. *Lagu batak mode: on* heeee.. maksih doamu nak..

  13. anton ashardi

    mang gak ada judul yang lebih simpel en kira2 klo dikerjain cukup sehari jadi…judulnya kira2
    “CARA BIKIN BLOG”
    …kalo mo lebih kompleks lagi bisa ditambahin embel2 “…DENGAN BAIK DAN BENAR”.
    …kalo mo lebih terkesan religius (lagi trend!) ditambahin “…BERSAMA A.A GYM”.
    Dengan judul idatas dapat dipastikan waktu sidang tidak akan terjadi pembantaian atau debat kusir dengan para penguji…insyaAllah…

    –> Kyaaaa!! *teriak ala cewek2 jepang di komik* keren sekali idenya kakandah!! Makasih sangat buat masukannya. AMEN!

  14. Um…sbnrnya rada malu saia mau sumbang saran disini,tiw.. lah wong skripsi sendiri masih gak jelas statusnya – gadis apa ngesot – malah mau sok mikirin skripsi org.
    Tapi,kebaikan hati ini tak kuasa kutolak walau sudah minum jamu dari sidomuncul.

    Hum hum..
    gimana kalo…
    *jereng jereng ( baca : jreng jreng versi ian kasela )*

    saia email saja kamu ?!.

    hahahahhaha…..

    cuph !

    –> Yak, sudah kubuka sumbang saran dari dirimu nak, makaseh banyak yah.. pastinya akan kutimbang2 selayaknya aku menimbang jeroan di kala idul adha.. Cup.

  15. eh,yang di gmail ya,tiw…fufufufufu…dan tadi gue lupa bilangin..
    gue sama kae’ si ratie.. bersedia utk jd narasumber..
    asalkan….kecupan dari chiki benar terwujud..

    bwahahaaahh !

    –> Pastinya kau akan kupake nak, Untuk jadi nara sumber ataupun untuk nara cap *Bahasa balik mode:on* Ahahaha.. eek ah, tenang si chiki udah siap, tadi bibirnyah udah guah kasih vaseline biar geboy!

  16. wah menarik sekali. gimana kalau peran blog dalam membantu pendidikan anak-anak kurang mampu ? pernah dengar kan kasus bloggers for bangsari yang sukses besar itu?

    –> IYAH!! aku tuh kepikiran banget ttg hal ini!! Ini salah satu tema cadangan yang akan kubuat.. Makasih udah ingetin.. :)

  17. kwak kwik kwek

    Itu loh Jeung, katana orang Endonesa ini bukan masarakat pembaca dan penulis, tapi fenomena indonesian blogger ini kayaknya bisah jadi counter dan alat untuk membangun masarakat gila bacatulis. Lebay yah? Ya wis, saiki bobok dulu, besok pagi epriting is gonebi olrait, beibeh.

    –> Ya ampyun.. ide dan saran di sini semuanya udah kepikiran sama aku, tapi makasih banget ya udah diingetin lagi, biar terdokumentasi getoh.. Yap, i hope everything’s gonna be alrite, thx dear.. :D

  18. gimana kalau….
    Peran Blog dalam Penyebaran Nilai – Nilai Budaya
    jadi
    *mencoba membantu…

    tapi menurut gue sih informasi yang disalurkan lewat blog itu sedikit banyak juga menyalurkan nilai – nilai budaya tertentu kepada khalayak pembacanya, apakah itu nilai kebahasaan, nilai pergaulan, sampai nilai penjaskes…

    yah..sekian siaran nyampah dari akika…
    deee…neeek….
    sukses deh buat skripsing nye…

    –> Intinya yang mau eike ambil ya ini bo.. cuma bingung banget cari bahasa yg hooh buat judulnya. Ni dosen2 gw hoohin juga deh.. *Bahasa lampu merah mode: on* hihihihi.. Anyway thx ya neeekkk..

  19. ehe..eh…ehe….kayaknya penulisan gue rada katjaoe….tapi maksudnya situ ngerti khan…?
    *wink…

    btw komik ayamnya lucu tuh…

    –> Ngerti banget, kita kan udah pernah pacaran, gemana sih.. ;) Iyah, itu aku ambil dari sini

  20. Eh, kok komenku kepotong? :(
    td itu masih ada lanjutannya:

    Semester ini jg aku ‘terjebak’ skripsi ;))
    tp maaph,
    aku ndak bisa membantu ngasi masukan judul,
    karena selain aku ndak mudheng sm plajarannya,
    aku jg masih bingung sm judul sendiri ;))
    eh, tp pas seminar di dosen bilang udah bagus sih,
    pas mau nyari data malah bingung sendiri,
    qeqeqe xD

    *setooopp! knapa aku malah curhat? -_-!*

    –> Heeehhhhh.. klap skripshit yg gak kelar2 yak? ehe.. Tapi kamu masih mending dibilang udah bagus.. lah inih? ancur minahh!! eh makasih udah share lho.. :)

  21. andai skripsi diganti dengan kliping…

    –> Heh? diganti kliping? enak amat.. jadi inget jaman smp dulu, kalo ga ikutan lari di velodrome, kudu kumpulin kliping2 olahraga..

  22. -tikabanget-

    wawww..
    kemaren mo nulis bab blog, bingung mo nulis apa.. :|

    kalo dah kelar, kasih sayah satuh contekannya ya.. :D

    –> Hyahahha.. aku aja ini bingung nyari contekan dari manah. Huhuhu.. (bukannya nyari bahan malah cari contekan.. cah gembung, hoho..)

  23. hahaha… sama!
    saya udh hampir 4 tahun kuliah sm sekali ga punya kartu perpus, tuh!
    males ngurusnya, padahal cuma 1 minggu.
    masih lebih mending minjem kartu perpus temen kayaknya dr pd ngurus sendiri.
    *duh, betapa malesnya sayaaaa…*

    eh, kok sama ya?
    saya jg semester depan mau ambil TA.
    banyak yg saranin ttg blog aja.
    tp jg masih bingung, apanya yg mau dibahas?
    duh maaf mbak, ga bisa ngasih saran apa2.
    mikir TA utk diri sendiri aja sulit. :(
    mending nanya Mbak Ratie aja tuh yg udh ngerasain make toga. xP

    eh, tp gutlak ya buat skripsi nya! ;)

    –> Hoho.. maksih udah share ya.. :)

  24. Tiw… kok pake teori Imagined communities-nya Ben Anderson? hubungannya apa tuh ma topikmu?
    ada temenku yang barusan kelar skripsi ttg blog, tp ttg implementasi blog sebagai media komunikasi perusahaan (corporate blogging). tertarik? kali aja ada beberapa teori yang bisa kamu ambil…

    –> Makanya nih ri.. aku jadi mo nangis.. huhuhu.. teori sih udah kebanyakan, malah yg belum dapet itu adalah judul yg bener. Ahahaha.. aku kan gak sepinter kamu (sok merendah..) Thx for your offer anyway.. :)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pulau Padar Titiw

Titiw

Ngeblog sejak 2005

Female, Double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau lihat nomor angkutan umum doang. Virgo abal-abal yang sudah menjadi blogger sejak tahun 2005 yang pengalaman menulisnya diasah lewat situs pertemanan friendster.

Scroll to Top