Entertainment

It’s adidas! It’s batik!

Monday, 11 February 2008

Batik (atau kata Batik) berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “titik”. Kata batik merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan “malam” (wax) yang diaplikasikan ke atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna (dye), atau dalam Bahasa Inggrisnya “wax-resist dyeing”.

Teknik membatik telah dikenal sejak ribuan tahun yang silam. Tidak ada keterangan sejarah yang cukup jelas tentang asal usul batik. Ada yang menduga teknik ini berasal dari bangsa Sumeria, kemudian dikembangkan di Jawa setelah dibawa oleh para pedagang India. Saat ini batik bisa ditemukan di banyak negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Sri Lanka, dan Iran. Selain di Asia, batik juga sangat populer di beberapa negara di benua Afrika. Walaupun demikian, batik yang sangat terkenal di dunia adalah batik yang berasal dari Indonesia, terutama dari Jawa. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.

Setelah beberapa waktu lalu batik menjadi bahan perebutan antara Indonesia dan Malaysia, sepertinya produk sport terkenal, yaitu ADIDAS mulai melirik batik. Yep, mereka menciptakan sepatu, topi, dan apparel lain dari batik!! YAY!! Tapi jangan terlalu berharap memilikinya karena cuma ada 1000 pasang yang disebarkan di dunia. Hiks.. Mau lihat kayak apa..?

sepatu adidas batik

Buat saya pribadi, sepatunya gak terlalu hooh. Tapi jaketnya itu loh.. jaketnya!! ARGH!! Thx buat Pandu yg udah ngasi info. Tulisan dan gambar diambil dari sini dan sini

Previous Post →

36 thoughts on “It’s adidas! It’s batik!

  1. thalique says:

    Nanti klaim siapa pemilik batik di appareal ADIDAS dilihat aja motif batik nya..Kan motif batik bisa menunjukkan itu batik dari negara mana..Sok tahu banget nga aku

    –> Yaa.. sotoy gak sotoy asal kumpul mass..

  2. TJ says:

    Waaaa… keren bangeeettt…
    cuma gw ga tau deh kalo produk yg kya gini bakalan dipake ama anak muda sini. anak muda sini kan (kebanyakan) ga doyan ama budayanya sendiri. apalagi batik itu kadang dianggap ndeso (mudah2an gw salah). tapi kalo udah dipake ama adidas ga tau juga sih.. kan adidas dari sonoo.. hahahaha..
    (sebuah kebingungan ama selera sendiri yang tidak pernah orisinil alias asal yg keren bikin or pake lantas ngikut)

    TJ Sudirman

    –> Hihihi.. kebingungan budaya yak? di satu sisi ogah mbatik, tapi pengen ngeadidas.. hihihi..

  3. Suwahadi says:

    Wah, hebat. Gwa lebih suka sweater-nya tuch. Keren banget dech. :D
    “MATERIALS OF THE WORLD INDONESIA”. bangga banget kan? :)

    –> Nah itulah.. berarti kita sama2 tau kan.. gak usah berkoar2 deh.. orang pinter, tau yg bener.. (lah aku ngiklan ginih?!)

  4. antik says:

    yang paling lucu topinya gak siiy? jadi inget jaman SMA dulu. tiap jumat pake batik. batiknya lumayan sama kayak gituuu… hihi.. nih..

    –> Iya, jaman smp dulu mah pake batik yak saban jumat. Thx udah kasi liat gambar batiknya…

  5. ntar lama2 ada Limp Bizkit maen musik ChongDut (Kronchong kawin ama Dangdhut)…

    –> CHONGDUT!!! hyaaahahahahah!!! kalo kroncong kawin ama dangdut, apa nama anaknya?? chongdut!! (kayak nama cina tapi separo jawa timur.. hehe..)

  6. herru says:

    harganya berapa tiw? gak kuat gua mah beli adidas…

    –> Waduh.. masalah harga juga kurang tau tuh bang.. gak kuatan mana, beli adidas apa angkat barbel 26 kg?

  7. ria says:

    aneh ah… terlalu maksa menurutku…terus dipake ma Missy Elliot gitu?

    *ngebayangin Missy ngerap dengan jaket, topi,en sepatu batik Adidas….*

    –> Ya kalo dia mau pake ya sok atuh.. hihihi..

  8. sepatunya keren…
    cuma kalau di Indonesia, bisa jadi kurang populer, kurang fungkeee

    –> Akh masa sih kurang fungkee? kalok gitu kasi deh aku jaketnya, pasti aku mau pake bgt, hoo..

  9. Mbelgedez says:

    Itu pelecehan seksual karya seni !!!

    –> Masa sih? kok doi gak ngadu ke komnas ham?

  10. ratie says:

    Hmmmphhhh.. Dasar kompie (kantor) butut!! Gw mesti jereng2 dulu ngeliat gambar2 adidas batik ituh, baru deh ngeh klo itu batik! Yg lo bilang jaket itu gw kira kemeja batik biasa yang ditempelin logo adidas emas.. *bener ga sih itu warnanya emas? Apa kuning??!* Dasar kompie BUTUT!!! >:(

    –> Hyahahhaha.. iya warna emas say.. tenang2.. inhale.. exhale..

  11. Rani says:

    oooh, baru liat aku tiw.. yah ga heran sih, secara sepatu2 dan baju adidas aslinya dibuatnya di indo.. (curhat)

    –> Hoo.. ember..

  12. Zee says:

    wah… keren banged.d…!!
    boleh pesen 1 , sepatunya… utk dipakek hr jumat, soalnya hari jumat kantor wajib batik… :D
    kl oada 1000 pasang, berarti indonesia kebagian brp pasang kira2 tiw…

    –> Waduh, itulah kenapa aku masuk komunikasi zee.. supaya lepas dari itung2an.. hehe..

  13. escoret says:

    keren juga tuh..!!!!
    tapi,aku kok mikir gimana cara cucinya..???

    U knowlah..batik pasti luntur…

    –> Itulah mengapa diciptakan yg namanya merang nak pepeng..

  14. funkshit says:

    Hueeeheheheh…
    klo saya pake jaket itu.. pasti semua orang akan memandang tkjub . .

    –> Karena mereka mikir “Gila, orangnya segitu doang tapi jaketnya keren abis..”
    Hohoho.. no offense pal.. :)

  15. jayakabajay says:

    temn gw jualan tuh replika jaketnya…mau???
    tetep gw mah jualan :p

    –> O rili? berapa duitan tu jay?

  16. stey says:

    wh..beneran inih?weeeekkks..keren juga yah?

  17. GuM says:

    apa ini gara2 zidane tempo hari ke indonesia pake batik itu ya?
    eh, mumpung musim ujan gini, mestinya mereka sekalian bikin jas ujan batik. hihihi..

    btw, ada tasnya juga lho ternyata. tapi nggak tau itu motif batik mana.
    trus ini another view of the shoe
    *halah, maksa inggris banget*

    –> Hoho.. kocak juga tuh, jas ujan batik yang transparan batik lucu gitu nekkk..
    Eh thx infonya..

  18. GuM says:

    wot?? moderated, tiw??
    ada apakah gerangan? apakah ada yg pernah mencoba melecehkanmu lewat komen, nak??

    –> Hah? moderasi? gak ah,, kata yang buat ini site kagak pernah dikutak katik.. wanda tahu deh.. tapi kan tetep aku eprup.. Ya toch?! Emang ada yang mau melecehkan aku lewat komen? boleh dicoba kakak.. Hyehehehe..

  19. LieZMaya says:

    wah keren, bangga dah, bangga bangetz!
    coba Indo punya tuh :P

    –> Coba indo punya apanya hayo..?

  20. saya says:

    tiw, tanya gih .. kali aja mereka punya produk berupa baju renang batik
    *mbayangin modelnya*

    –> Ahahaha.. nanya sapa pulak mbakk…. hehehe…

  21. Hamdiy says:

    Mau nge-claim aahh.. Yang ngasih info ke Pandu kan gwe, hohoho..

    Klo mau beli replika jaket *baca : bajakan*, temen gwe ada yang buat tuh, ahahaha..

    –> Heh.. lagi di sini kan? kenapa kemaren diriku mengsms tak dibalas? belagu bener ni orang malaysia wannabe..
    Iyeh, si jay juga (yg di atas) temennya jualan. Apakah kau mempunyai teman yg sama..?!

  22. mitra w says:

    jadi penasaran, batik yg kayak gimana yg bakal ditampilin ma adidas :)

    –> Lha itu udah ta taroh gambarnya jeung..

  23. evelyn says:

    Buset dah, itu jaket bisa dibuat begaya di mall dan topinya asik juga.
    Sepatu itu asik apalagi ada goldnya gitu.
    Kalau dipakai semuanya itu kece bok tapi agak norak juga.
    Masalahnya adalah yang diambil motif batiknya itu batik Indonesia atau Malaysia, ntar semua pada ngeklaim batiknya yang dipakai Adidas.
    Kalau begini pakai batik pasti nggak malu lagi, lha wong ada merek Adidasnya.
    Adidas aja cinta batik, masa kita nggak?.

    –> Ahahahaha.. dipake semua!! norak amat yak kalo begituh adanya.. Naah.. kalo motif batiknya cuba ditanyakan saza pada pihak adidas, kalo kapan aku jd PRnya adidas aku apdet deh, hehe..
    PS: aku cinta rupiah. Eh.. batik..

  24. Sepatunya lucu, unik, cuma jaketnya ga nahan… ^o^

    –> Ih aku malah suka banget jaketnyah.. paling disangka pegawai korpri aja.. hehehe..

  25. Ricco says:

    ternyata itu udah keluar dari winter 2006, disini malah ga ada… harganya ga tahannnn…

    –> Eh, kamu tahu harganya dari mana? kasi tahu doong..

  26. tasha says:

    bagus deh..
    tapi warnanya kurang bagus, kurang berani jadinya standart.. stuju sm TJ, anak muda jaman sekarang cm ngeliat sebelah mata untuk batik indonesia.. tapi kalo cm make hanya karna brand.. malu deh.. mendingan lo beli batik-batik hasil UKM lbih bisa ngebantu perekonomian mereka yang modalnya terbatas..
    yasudlah..
    duw..

  27. djoko kristiono says:

    harganya berapa? sepatu, topi n jaketnya. keren abizzzzz
    cara dapatnya gimana ya? katanya kan limited edition!!!!!

  28. fera says:

    wuihh… beneran ada tuh?
    valid g neh..
    keren abis, tapi jaketnya g bgtlah…
    qt harus usul sama adidas, kn masih byk model batik indo yg cute n eye catchin’

  29. fabz says:

    wew , jaket nya boleh juga tu ..
    bisa bwt ke undangan lgi ..
    btw di counter adidas ad kga?
    thx ya tiw informasina ….

  30. Gege says:

    Wah . . . wah . . .
    sumpeh dah . . . gw ngincer banget tuh jaket batiknya . .
    ke Kondangan kaga usah ribet lagi . . .
    heuheuheu . . .

    nampaknya mau gw tiru aja dah dengan motif batik yang lain . .
    soalnya dah pasti ga ada lagi stocknya . . .
    hehehehe . . .

    1. titiw says:

      Weish.. iya tuh Ge, gw juga dari semua gambar di sini, paling ngincer jaketnya.. haha.. Udah lo bikin aja, trus bikin ukuran S, kirim ke Gw ya, ditunggu kakak.. :D

  31. Putera says:

    [img]http://img35.imageshack.us/img35/1372/inatypeyesindonesia1.jpg[/img]
    ini sampe ada campaign nya…

  32. seno says:

    meh jaketnya keren tuh!! kira2 di poncol udah ada belum ya?

  33. era says:

    Yes, terima kasih utk sharingnya mas. berguna sekali
    bag ane yg sedang memulai berbisnis kopi, mohon restunya

  34. Sebuah hasil karya yang sangat menawan perpaduan antara dua nama besar di dunia yaitu Batik dan juga Adidas! J&J Jawa Jerman…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now