Titiw Inside

MLM? Ah Mendingan Jadi Gigolo daripada ikutan!

Monday, 20 October 2008

.!.

Sebelum saya mulai menulis, saya ingin menekankan bahwa tulisan berikut ini subyektif. Ada juga saduran dari sumber-sumber lain. Tapi saya cuma memilih satu sisi saja, yaitu saya membenci MLM. Saya tidak akan berusaha membela, atau menulis berimbang bisnis tukang tipu ini. Tulisan ini adalah Bagian 1 dari rencananya beberapa bagian.

Multi Level Marketing atau MLM, selalu menjadi sumber debat yang tiada henti. MLM memiliki pengikut fanatik, dan kadang-kadang berperilaku seperti pengikut agama-agama aliran sesat (bener loh mereka fanatik, tepuk-tepuk tangan pas seminar, yelling-yelling freak,semuanya bikin saya merinding, takutnya saya dimutilasi keluar-keluar dari ruang seminar). Berapa kali sih kamu dideketin (dengan caranya yang aneh) sama tetangga, temen, atau yang lebih parah, keluarga yang bilang “Eh sini deh, Gw/ Aku/ Inyong/ Awak/ Pakde/ Bude (pilih aja deh) punya bisnis yang ok banget nih.” Habis itu tanpa kamu sadari tiba-tiba kamu diajak makan siang, makan malam, atau sekedar minum teh untuk “berdiskusi”. Jebakan Batman ini acapkali digunakan para MLMers menjebak mangsa-mangsanya.

Kebanyakan dari kita sih biasanya langsung merasa kalau “ada apa-apanya” dikala kita diajak ke suatu tempat untuk berdiskusi.

Biasanya yang ada di benak kamu nih; “Jangan-jangan saya mau diajak ketemuan membahas tentang produk MLM, nih?”

SEBENARNYA APA SIH YANG SALAH DARI MLM?

Pasti, kamu mengenal seseorang yang pada satu waktu dalam hidupnya yang kesian bener, pernah menjual Amway, Herbalife, CNI, Tianshi, Mary Kay, dsb. Kebanyakan dari mereka akan berkata seberapa banyak mereka mengeluarkan, seberapa kecil mereka mendapatkan, dan meeting-meeting rasanya mirip rapat kaum fundamentalis (berapi-api, saling membujuk, dsb), dan juga bagaimana tekanan yang dihadapi ketika mencari “distributor” baru.

Bagaimana MLM Bekerja?

Untuk bisa begitu membenci MLM, kita harus tahu cara kerjanya. Sebelum saya ditawari all things MLM, saya nggak pernah sebenci ini. Jadi, semakin saya menilik ke dalam, semakin saya membencinya.

Multi Level Marketing Plan (Rancangan MLM) – atau biasanya para MLMer tidak mau disebut MLM, mereka lebih suka menyebutnya network atau matrix marketing – adalah sebuah cara untuk menjual barang dan jasa melalui distributor. Rancangan ini biasanya menjanjikan bahwa jika kamu mendaftarkan diri menjadi distributor, kamu akan mendapatkan komisi – komisi untuk penjualan rancangan barang dan jasa DAN untuk orang-orang yang kamu rekruit menjadi distributor. Rancangan MLM biasanya menjanjikan komisi ke dua atau lebih level perekrutan, atau biasanya dikenal dengan “downline”.

Di dalam standar MLM atau perjanjian network marketing, seseorang yang berasosiasi dengan perusahaan induk bertindak sebagai kontraktor independen atau pemegang waralaba (franchisee) dan dibayar sesuai dengan penjualan produk atau jasa yang mereka lakukan – dan juga penjualan oleh orang-orang yang kamu rekrut (downline). Pada dasarnya ini mirip dengan perusahaan waralaba dimana royalti dibayarkan dari hasil penjualan operasional waralaba tunggal kepada pemegang waralaba (franchisor) dan juga kepada manajer area dan manajer regional.

Di perusahaan MLM yang legal (yeah right!), komisi didapatkan hanya dari penjualan produk atau jasa yang dihasilkan dari perusahaan itu. Ketika merekrut, tidak dikenakan bayaran (“sign up fees”) tapi biasanya kita disuruh beli barang yang harganya bisa bikin Paman Gober sakit jantung. Jika, kamu menemui MLM dimana kita harus membayar pada saat mendaftar tanpa produk yang dijual ke kamu, jangan ragu-ragu… tusuk aja orang yang nawarin ke kamu atau Lapor Polisi tanya apa mereka mau ikut MLM juga. Pasti polisi-polisi itu lebih memilih jadi Polwan semuanya, yang cowok juga.

Beberapa perusahaan yang legitimasinya masih meragukan, meraup untung dari menjaring anggota baru dengan iming-iming bonus kemudian menjual ke mereka produk dan jasa yang nilainya meragukan (mahal iya, bagus kagak, yang ada basi iya) dengan harga seakan-akan Indonesia lagi inflasi hingga 1000%. Kita harus cerdas mengamati apakah barang-barang yang dijual ke kita memiliki nilai jual sehingga kesempatan bisnisnya pun terbuka. Atau apakah cuma barang-barang standar yg diberi embel-embel barang bagus, ajaib, dsb. Jika misalnya si MLMer mencoba menjual sebuah sabun mandi batangan seharga Rp 20.000/pieces, jangan beli, pasti itu SCAM. Moso’ sabun buat cuci ‘burung’ doang harganya Rp. 20.000, mendingan pake sabun colek plus abu gosok, Gyaaahahaha.

MLM memilik banyak masalah citra mengingat sulitnya membedakan legal MLM dengan MLM jebakan batman.

← Next Post
Previous Post →

59 thoughts on “MLM? Ah Mendingan Jadi Gigolo daripada ikutan!

  1. Anang says:

    apa jadinya kalo burung dicuci pake abu gosok. wow… aneh2 ae. tp ak benci bener ma mlm. orang mlm itu bilang akan dapat kebebasan waktu dan finansial. omongkosong. tiap hari tiap saat dan tiap orang adalah prospek. kerja 24/7 tanpa henti…

  2. apy says:

    ah betul tuh mas anang, saya sendiri kesel banget kalo ditawari MLM. Moso’ kenal kagak tiba2 pas ngantri di bank ada ibu2 nawarin CNI, norak ah. Terus ada lagi, saya ditipu, ngajak makan2 eh malah jebakan batman disuruh dengerin ceramah ttg MLM.

  3. toim says:

    yg pasti kalo aq gak mau jd gigolo jg gak mau jd anggota MLM :D

  4. jta says:

    MLM : Mau “Lebih” tp Maksa!!

  5. apy says:

    ayoo ayoo sapa lagi yg benci MLM, mampir aja ke situs ini….

  6. Fliep says:

    Enak jdi Gigolo kLo kyak itu!! kerjanya sdkit, enak, uangnya bnyak lgi, Hahahaaa…

  7. chuckiesd says:

    biasanya MLM ini yang untung nya adalah orang yang terawal..orang bawahan akan suffer..jadi berhati-hati dengan MLM..ditakuti orang bawahan itu adalah saudara mara kita semua..mahukan anda melihat mereka suffer?

  8. SITUTAUSENDIRILAH says:

    Arrgh….
    Mbenci MLM kok ndak masang banner anti MLM….

    :roll:

  9. apy says:

    oh emang ada bannernya ya? yawdah nanti buat sendiri deh.

  10. kuy says:

    saya dengan gagah berani mengatakan TIDAK PADA MLM!!!
    mereka seperti sekumpulan anggota sekte sesat yang berusaha untuk menaklukkan dunia….
    get a real job people!!!!

    btw kalau ada yang bikin banner anti MLM saya mau dong!

  11. nayla says:

    Ihh… Tmpt ngumpulyg Gagal mlm nih? Cari yg sukses ahh.. Mau?kalo mau you hrs jd downline ila ya mas..hihi.. Tp byk jg yg jd mantan co gw krn g tahan ngawal gw prospek.pdhl makannya paling byk.hehe..td baru aja putus. mgkn jg krn jarang gw ‘beri’ kalee.. Ai mendingan pilih uang drpd gituan deh.mudah lho mas cari member,member=duit. Udh punya duit baru cari cowok..nanti tak ajarin caranya ya..bye

  12. apy says:

    Nah ini dia yang salah dari MLM. Orang-orang butuh produk bukan keanggotaan, terus gimana dengan saturasi pasar? Apakah di MLM diperhitungkan? Ga bakal ada, karena penjualan dilakukan secara subtle.

  13. sapimoto says:

    Sip, perbanyak tulisan tentang penentangan MLM, biar masyarakat juga sadar akan bahaya dan kerugian dalam mengikuti MLM….
    Jangan paksa aku untuk ikut MLM-mu…. :lol:

  14. sapimoto says:

    Eh, itu yang terakhir kok ada Legal MLM??? Yang bagaimana tuh???
    Kata Mbah Mbel, segala bentuk MLM itu haram… :lol:

  15. apy says:

    Iya ML Malem emang haram kalau bukan sama istri kita atau suami kita. Hehehehe, tapi yaa MLM emang mestinya dibasmi aja. Enek banget dengernya.

  16. jet says:

    ane pernah didatangi ama orang CNI tiap hari selama 1 minggu, rajin banget, apa jawab ane …? meragukan mas.

  17. Arizona says:

    Waduuuwwwww, MLM, gak dehhh, gw pernah didatengin ama orang Tianshi, rajin banget bow, ampe pagi buta gw mau ngantor (jam 7 pagi) didatengin, ya gw damprat lah….

  18. apy says:

    Iya tuh, mereka persistent banget, soalnya emang diajarin via meeting-meeting yang mirip sekte itu. Terakhir saya lagi makan bakso, masa ada orang lagi prospek. Dah gitu yang denger ngantuk2 gitu, baksonya keburu dingin deh.

  19. ferry says:

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas perhatian anda!
    saya ingin mengenalkan MLM baru yang bernama RBC!

    RBC adalah MLM yang baru saja berkembang di indonesia!
    RBC grand launching pada tanggal 10 agustus 08!
    perusahan RBC merupakan perusahaan dari amerika yang kuat!
    karena perusahan ini sudah masuk di bursa saham NASDAQ selama 17 tahun!
    tidak semua perusahan amerika dapat masuk dibursa saham amerika!

    perusahan kita juga sudah bekerja sama dengan bank NISP!
    bahkan sudah satu server dengannya!ini salah satu bukti bahwa RBC bukanlah sembarang MLM!yang dapat memberikan jaminan akan LONG TERM!
    bukan cuma berjalan 2-3 tahun!seperti kebanyakan MLM!

    diindinesia sendiri RBC belum berkembanga secara maximal dikarenakan usianya yang masih sangat muda!

    sistem yang digunakan adalah HYBRID SISTEM!
    yaitu perpaduan antara sistem matahari(stair step) dan sistem bynari!
    dimana kita hanya mengambil kelebihan dari masing 2 sistem tersebut!

    bonus yang kita terima juga INSTAN!langsung ditransfer kerekening bank kita detik itu juga!
    meskipun kita mendapatkan downline jam 2 malem bonus nya tetep ditransfer detik itu juga!karena kita sudah satu server dengan bank NISP!

    RBC satu2 nya MLM yang memberikan bonus langsung perdetik!
    dan satu2 nya MLM yang bekerja sama dengan BANK NISP yang sudah berskala nasional!
    produk yang kami pasarkan adalah produk kesehatan/multi vitamin!

    sementara ini hanya ini yang bisa saya berikan infonya!
    kalo ada pertanyaan silahkan email saya

    ferryluki@yahoo.com

    anda silahkan mengunjungi situs kami

    http://www.saebo.co.id

    kami bersedia membantu siapa saja yang ingin menjadi LEADER/mengembangkan RBC dimana saja!
    diluar daerah/luar pulaupun akan kami layani!

    kami akan mengembangkan di jogya ,kalbar,makasar,bali,padang

    untuk bergabung disini sangatlah mudah ,simple dan tidak memberatkan!

    caranya join dengan biaya rp 850.000 sekali seumur hidup!
    anda akan mendapatkan produk senilai itu juga, buku dan vcd panduan!
    seperti hal nya MLM pada umum nya!
    anda hanya bertugas mencari downline dan menyuportnya hingga terbentuk suatu jaringan!
    bonus yang anda terima ada 2 macam!
    bonus yang pertama dari

    sistem bynari:
    1.bonus sponsor setiap down line yang anda dapatkan sebesar rp 150 ribu!
    2.bonus step 150-600 ribu infinity kedalaman/tidak terbatas kedalaman
    di MLM lain cuma 3-6 kedalaman !
    bonus step adalah jumlah
    kaki dikanan dan dikiri!(begitu juga sebaliknya)
    1 2 rp 150.000
    4 8 rp 300.000
    10 20 rp 650.000 —->posisi 10–20 disebut cycle!
    rp 1.100.000
    bonus step tidak ada batas waktu dan infinity kedalaman!
    seumpama dikiri 1000 dan dikanan 2000
    1.100.000 x 100=110.000.000

    3.bonus macthing sebesar 25%-100% dari bonus downline yang anda dapatkan!
    anda mendapatkan
    25% dari bonus 2 sponsor anda
    50% dari bonus 4 sponsor anda
    75% dari bonus 7 sponsor anda
    100% dari bonus 10 sponsor anda

    4.bonus reward dari laptop sampai mobil audi!
    di sini kita nggak akan meninggalkan downline!
    kita harus bantu mereka!disini kita harus mendukung down line karena:
    3 sponsor anda diposisi cycle anda mendapatkan laptop –7,5jt!
    disini para upline tidak bisa egois!begitu upline dapat laptop harus
    bantu downline dapat laptop
    3 sponsor anda mendapat laptop anda mendapat motor–15jt!
    3 sponsor anda mendapat motor anda mendapat travel 1 –35jt!
    disini sudah titik aman!karena mulai sekarang kita liat di kaki kedalaman
    2 orang dikaki kedalaman dapat travel 1 anda mendapat travel 2 –75 jt!
    2 orang dikaki kedalaman anda mendapat nissan livina –185jt!
    2 orang dikaki kedalaman anda mendapat audi a3 –550jt
    2 orang dikaki kedalaman anda mendapat audi a4 –700jt

    dari sistem bynari kita pasti dapat bantuan dari upline!
    karena di bynari hanya menggunakan 2 kaki!otomatis kalo upline dapat sponsor lagi pasti akan ditaruh dikaki downline!

    sistem matahari:
    1.bonus rabat pribadi 5-15%
    2.bonus gruop 5-15%
    3.bonus kepemimpinan/generasi
    2-6 generasi 5%
    4.bonus prestasi 1-8%
    5.bonus transportasi rp 500.000-2.000.000
    6.reward semesteran dari laptop sampai mobil audi tt
    7.bonus pool tahunan 1% dari omset nasional

    RBC satu2 nya yang mengunakan 2 sistem bonus!
    mari kita bekerja secara team membangun jaringan!

    ini lah penjelasan singkat mengenai bonus nya!
    sistem yang kita gunakan jauh lebih baik dari MLM pada umunmnya!
    karena kita disin tidak bisa seenaknya meninggal kan downline!
    karena disini keberhasilan para upline/leader tergantung pada downline!

    sementara ini hanya ini yang dapat saya jelaskan !
    kalo boleh tahu lokasai anda dimana?
    dan alamat surat menyurat anda dimana?

    thx atas perhatiannya!

    anda bisa liat di websites kami!
    http://www.saebo.co.id

  20. apy says:

    please donk ah, kita mau beli produk bukan beli konsep. mlm, sekali maling tetep maling, and there’s always a winner and a loser. everybody can’t be a winner at the same time. jangan jual mimpi2 deh sebaiknya… get a real job with real skill.

  21. apy says:

    oh satu lagi, disain situsnya jelek banget. tidak mencerminkan usaha berkelas internasional. go to hell lah lo..

  22. whitedemon says:

    sistem yang digunakan adalah HYBRID SISTEM!
    yaitu perpaduan antara sistem matahari(stair step) dan sistem bynari!
    dimana kita hanya mengambil kelebihan dari masing 2 sistem tersebut!
    HYBRID SYSTEM = Cool kyk mobil honda yang separuh batre separuh bensin
    BYNARI = wah wah pasti jago komputer nihh orang!
    heran ama orang2 MLM jualan tapi ndablek semua kaga mau juga dipaksa2 kyk kita punya hutang aja ama dia!!!

  23. ferry says:

    ok lah apy!
    kita nggak maksa orang untuk bergabung!
    kalo berminat silahkan!
    kalo nggak juga nggak papa kok!
    masa depan kita masing2 urusan kita masing2 kok!
    orang mau join mlm atau mau ngerampok bank atau maling pun
    bukan urusan saya!
    di mlm nggak ada yang namanya duduk manis dapet duit!haram hukumnya!
    di mlm kalo mau sukses juga harus kerja keras bro!
    bukannya cuman duduk manis dapet duit!
    masalah situsnya memang dibikin sesederhana mungkin!
    mungkin untuk mengantisipasi orang yang daya pikirnya “cetek” kaya anda!
    go to heaven aja lo!

  24. ferry says:

    hybrid sistem!
    bagi yang nggak ngerti paling pikirannya negatif!
    nggak bakal maju bro!
    kita nggak pernah maksa kok!
    kita cuma mempromosikan nya aja!bagi yang berminat silahkan!
    bagi yang nggak juga terserah!masa depan mu bukan urusan ku !ok

    be positif aja !
    biar sukses~

  25. bona says:

    dari dulu gw sama yg namanya MLM anti banget.

  26. whitedemon says:

    gyahahaha… santai aja boss ferry.. wakakak !!!!!!!!!!! LOL

  27. gumi says:

    wah..klo kata saya sih, yang jalanin MLM kayak gt emang ndak bener..tapi saya pernah kedatangan teman saya, dengan profesional dia jalanin. Trus, saya juga baca beberapa buku tentang bisnis. DOnald Trump jga saranin MLM, dan byk lg. jangan negatif aja.

  28. SALAM!

    SAYA INGIN MENGENALKAN MLM YANG DIPERUNTUKAN ORANG YANG SIBUK ATAU UNTUK ORANG YANG TIDAK PANDAI CARI DOWNLINE!

    DISINI KITA CUMA DIMINTA CARI 3 ORANG SAJA DALAM SATU BULAN!
    DAN BULAN BERIKUTNYA KETIGA DOWNLINE KITA DIMINTA UNTUK MASING2 CARI 3 SPONSOR SAJA!
    BEGITU SETERUSNYA HINGGA BULAN KE 9!
    PADA BULAN KE 9 ANDA PASTI AKAN MENDAPATKAN MOBIL AUDI A4 SENILAI 700JT!
    PLUS UANG MINIMAL 350 JT!

    INTINYA DISINI KITA PERORANG DALAM SATU BULAN MENDSAPATKAN 3 DOWNLINE!
    BUKANKAH SANGAT MUDAH DAN SIMPLE!
    CUMA 3 ORANG DALAM SATU BULAN!

    MASA DIDUNIA INI KITA CUMA TEMAN 3 ORANG?
    PASTI KITA MEMPUNYAI LEBIH DARI 30 ORANG!
    KITA CUMA PERLU MENGAJAK 3 ORANG DARI TEMAN KITA!
    MASA NGGAK BISA?

    UNTUK INFO HUB:
    ferryluki@yahoo.com

    http://www.royalbodycare.webs.com

  29. Leopratama L says:

    Selamat siang smuanya..
    =)

    Jangan menghabiskan energi untuk membenci.
    MLM emang buruk, tpi jangan diberi energi tambahan, dong.

    Tahu mengapa ajaran sesat cepat berkembang?
    Karena yang dari agama benar2 merusak, mengintimidasi, bahkan melakukan kekerasan.

    MLM sbnrnya sistem bisnis netral.
    Manusianyalah yang bermasalah.

    Saya sendiri sudah pernah join di Amway, Tiens, dllll…
    Sekarang ud mengerti, penyakit utama MLMers adalah mereka mengangap bisnis lan selain MLM ngga akan sukses.

    Saya orang yang objektif n terbuka.
    Itu yang menebabkan saya dapat menjalankan MLMdengan enjoy, sebagai hobi, jangan konsen di sistem, sistem, sistem.
    Lha, klo ikut sistem kn untuk mewujudkan kepentingan Anda sendiri, betul nda? (kita akan sama2 sukses, tidak bisa sukses tanpa downline jg sukses)

    =D ketawa aku.

    Ajaran agama saya mengajarkan kita harus membantu oranglain dgn tulus. klo tujuan atau dasar pikiran sudah untuk mencapai Level 1 lah, persen berapa, itu ud ngga bener.

    Sekarang saya menggunakan produk yang emang bagus untuk menyembuhkan orang yang perlu.

    Nah, apakahmungkin dalam satu perusahaan produknya bgs smua?
    Mustahil.

    Klo ud bgtu, karena ngga mau rugi, semboyan kecapku No.1lah yang dipakai.

    Saya begitu?

    Dulunya sewaktu pertama kali ketemu MLM yang mengiming2kan impian, juga begitu (maklum baru 4 SD), namun, perlahan, naluri saya mengatakn ngga blh bgt.

    Smp sekarang saya selalu memberikan produk terbaik dari beberapa MLM, n ternyata ngga rugi koq, tetap banyak teman.

    Saya senang berteman, punya banyak kenalan.

    o ya, satu lagi pedoman saya, berasal dar ajaran agama, yang menekankan perlunya “datang dan Lihatlah”, bukan “datang dan percayalah”, sehingga saya tidak terjerumus ke percaya dan pendewaan MLM.

    Untuk teman2 yang tertarik bertukar pikiran seputar pandangan thd MLM, dapat menghubungi saya di kunlunpotala@gmail.com atau kunlunpotala@yahoo.com.

    Tenang aj, saya tdk akan promosi MLM.

    =D

    Blm pernah ketemu pemain MLM dengan semangat kura-kura, Khan?
    Salam Kenal.
    Leopratama ^^

  30. cicikerdil says:

    MLM = Maling teLiak Maling

    sejak jaman mulai kuliah sampe skarang tetep aja nga berfikir objektif sama MLM. buku donal trump uda baca yg ada mlmnya, almarhum calon mertua 1 taon sebelom meninggal nawarin MLM, karna dia orang hebat kali yeee, langsung nongol mukenye dimana2, tapi gw slidiki skarang ternyata basenya dia di perusahaan kertas tapi point of interestnya MLM, Ko bisa?

    Karna manusia MLM pasti terbrain wash, apa aja dilakuin demi ngelakuin produknya dibawah alam sadar mreka, terhipnotis (aga b erlebihan ya), berasal di pertemuan akbar di ballroom besar smua orang pada becocot lebay dan samaaaaa smua apalagi yang di depan panggung wuiiiiih rempong da bebiii.
    Hayooo MLMers buka alamater kalian, jujurlah apa yang saya tulis ini benar?

    aduuuh, bicara cocok nga cocok dan suka nga suka. saya nga suka dan nga cocok, dan saya masi bingung sampe skarang kata2 yang ampuh untuk nolak MLMers itu apa yaa, biar nolaknya nga bikin mulut berbusa?

  31. deline says:

    say NO to MLM!!

  32. Sanji says:

    Pendiri MLM harus siap bertanggung jawab, harus bisa memastikan bahwa MLM-nya akan berjalan SELAMANYA.

    Sekali saja MLM-nya berhenti (apapun alasannya), maka dia telah merugikan banyak orang, yaitu downline paling bawah yang jumlahnya justru paling banyak. Mereka rugi karena MLM sudah berhenti saat mereka belum punya downline.

    Lagi, dari upline ke bawah, mencari downline, downline cari downline, dst…, sampai semua manusia ikut MLM semuanya, lalu downline yg terakhir mencari downline dimana? Di mars atau di venus? Padahal jumlah yg terakhir ini paling banyak.

    Kalo mau mengatakan komentar ini terlalu muluk-muluk, bukankah iklan MLM juga banyak yang muluk-muluk?

    Intinya adalah:
    Kalo tidak mendapatkan downline maka RUGI. Jadi kalo nggak ingin rugi, jangan mau jadi downline, jangan mau ikutan MLM.

    Peace ^_^

  33. DOTE says:

    wah wah wah semua kayaknya anti MLM neh
    memang tidak semua orang akan gaung MLM
    karena kalo semua gabung siapa yang jadi

    Tukang sapu
    cleaning Service
    pemulung
    tukang pel
    tuakng parkir

    saran dari saya ga usah lah menghina pekerjaan orang lain

    memangnya bapak mu dan ibu mu sudah pasti melakukan pekerjaan yang benar?

    saya tanya sama anda, apakah bukti bakti anda kepada orang tua adalah ketika anda datang pada mereka anda hanya dapat meminta meminta dan meminta… apakah itu bukti bakti anda terhadap orag tua.

    coba anda tanya pada orang tua anda apakah merekah suadh mendapatkan kualitas hidup yang mereka inginkan selama ini..

    jika tidak MLM lah jalannya…………….

    kalo anda terlahir sebagai orang miskin itu bukan salah anda tetapi jika anda meninggal sebagai orang miskin itulah salah anda…

  34. omyosa says:

    [INFO]HIDUP SEHAT ALAMI DGN MAKANAN BEBAS PENCEMARAN (Melilea GFO)

    TAHUKAH ANDA?? Apa yg masuk dalam tubuh manusia berdampak pada fungsi organ tubuh. Gaya hidup sehat organik mengatakan tubuh sakit karena gagal mengeluarkan racun atau toksin. Cara sehat alami adalah kembali kepada makanan bebas pencemaran. Silahkan baca terus utk tips hidup sehat alami, awet muda & umur panjang!

    – Sumber dari segala penyakit
    Kita semua pernah merasakan jatuh sakit. Menurut filsafat penyembuhan organik, dipercaya bahwa kesehatan kita dilawan oleh toksin-toksin. Hal ini seringkali terjadi sebagai akibat dari menumpuknya toksin-toksin di dalam tubuh kita. Toksin dapat berasal dari udara sekitar kita serta makanan yang kita makan yang mungkin berasal dari sumber-sumber yang telah terkena pencemaran.Makanan-makanan tersebut seringkali mengandung bahan pengawet, pewarna, perasa buatan dsb. Hewan ternak dan tumbuh-tumbuhan rentan terhadap penggunaan pupuk yang mengandung bahan kimia serta racun serangga.Ketika manusia memakan makanan dengan bahan-bahan kimia tersebut atau bernafas dalam unsur-unsur tersebut, secara bertahap toksin-toksin akan menumpuk pada sistim tubuh Anda dan dalam waktu singkat akan menyerang sel-sel tubuh dan sistem kekebalan tubuh.Dalam waktu tidak lama, racun-racun akan dapat menemukan jalan masuk kedalam saluran darah, menyerang sistim pencernaan (perut, isi perut, usus besar), sistem penyaringan (hati dan ginjal) dan sistim endokrin (kelenjar pituitary, kelenjar adrenal, kelenjar gondok), melemahkan badan Anda dan menyebabkan Anda sakit. Seperti contohnya, ketika seseorang mengalami susah buang air besar, sisa-sisa pembuangan yang tetap berada di tubuh Anda akan berpengaruh pada fungsi-fungsi sistem pencernaan, membahayakan kesehatan dan dapat menyebabkan sakit yang serius dalam jangka panjang.Para dokter percaya bahwa toksin-toksin yang terkumpul di dalam tubuh adalah penyebab utama datangnya penyakit bukannya kuman-kuman. Bakteri atau kuman hanya berdampak ketika terlalu banyak sisa-sisa pembuangan (toksin) didalam tubuh kita sehingga menyebabkan tubuh kita lemah dan daya tahan tubuh menurun.

    – Penyakit-penyakit kronis di zaman modern
    Bahaya makanan terhadap tubuh kita
    Diubah secara genetika (rekayasa genetika). contoh: Kacang kedelai, tomat, buah-buahan dll.
    Diberi formalin dan asam borak. Contoh: Ikan segar, ikan asin, tahu, mie.
    Pengawet, pewarna, perasa buatan. Contoh: minuman sirup, minuman dan makanan ringan, teh, beras.
    Antibiotik, hormon yang disuntik pada hewan. Contoh: ayam negri, daging sapi dll.
    Residu pestisida, ulat, kuman feces. Contoh: sayur-sayuran mentah, buah-buahan.
    Bisphenol A yang menganggu hormon. Contoh: botol plastik.

    Sistem kekebalan tubuh kita senantiasa diserang oleh:
    Antibiotik, sinar-x, kemoterapi, vaksinasi, alkohol & rokok, bahan kimia, pembedahan tidak perlu, gula & lemak, radiasi, asap kendaraan, stress, kosmetik dan makanan-makanan yang telah tercemar oleh berbagai bahan kimia.

    Penyakit-penyakit kronis di zaman modern:

    Tidak heran Zaman sekarang muncul berbagai macam penyakit yang pada tahun 70an sangat jarang di derita oleh manusia. Penyakit-penyakit seperti ini sering kita temukan diderita oleh salah satu rekan atau saudara atau bahkan diri sendiri. Semakin hari semakin banyak orang yang meninggal oleh karena sakit penyakit ini. Contoh: Kanker usus, Gondok, Diabetes Mellitus, Kanker paru-paru, Gagal ginjal, Kanker payudara, Penyakit getah bening, Ambein Dll.
    Salah satu faktor terbesar adalah makanan yang sudah tercemar dan kegagalan tubuh manusia untuk mengeluarkan racun/toksin yang ada dalam tubuh manusia.

    – Apakah itu kotoran tertahan ?

    Panjang sistem pencernaan manusia 6 kali tinggi badannya atau 10 meter, sangat panjang dan berliku-liku penempatannya, sehingga tidak mudah merawatnya. Umumnya kita makan 3x sehari, terkadang masih ditambah makan makanan ringan/snacks. Buang air besar (BAB) 1 x sehari, bahkan banyak orang BAB 2 hari atau 3 hari sekali, sehingga banyak sisa makanan yang tersisa dalam usus, menumpuk hari ke hari, bulan ke bulan bahkan puluhan tahun tidak terbuang. Sisa makanan tersebut mengeras dan menempel pada dinding usus yang telah berubah menjadi toksin/racun. Keadaan ini akan menjadi pemicu seseorang menderita kolesterol, rematik, wasir, gondok, asam urat, sakit jantung, lumpuh/stroke, alergi, berjerawat, lupus, kanker, tumor dll. Racun tsb dari hari ke hari menebal di usus kita yang membuat perut menjadi buncit/besar dan kotoran yang dikeluarkan semakin hari semakin kecil diameternya, karena toksin sudah menempel dan mengeras pada dinding usus. Sangat berbeda dengan bayi/anak2 di mana kotoran mereka masih besar karena usus mereka masih bersih.

    Suatu penyelidikan oleh sekelompok pakar Jepang menyimpulkan bahwa jumlah kotoran tertahan yang berada di dalam tubuh seseorang yang sehat rata-rata seberat 3 sampai 5 kg. Kotoran yang tertahan yang melekat pada dinding usus dapat diserap oleh lapisan mukosa dan akhirnya akan mengalir ke hati, dan selanjutnya dapat mengakibatkan:
    – Menghambat proses detoksifikasi
    – Memperlambat proses metabolisme
    – Keracunan dalam tubuh

    Survei menunjukkan, 90% penyakit yang diderita manusia saat ini bermula dari usus besar (kolon), karena efek timbunan racun (toksin). Ditambah dengan pola makanan jaman sekarang yang sudah tercemar dengan berbagai zat-zat yang membahayakan tubuh manusia.

    – Sakit adalah akibat kegagalan tubuh manusia menyingkirkan bahan buangan

    3 pertahanan detoksifikasi dalam penyembuhan alami
    Garis pertahanan pertama : Sistem pencernaan
    Garis pertahanan kedua : Sistem penyaringan – Hati, Rahim, Kulit, Ginjal
    Garis pertahanan ketiga : Sistem endokrin – Kelenjar Tiroid, Pituitari, Timus, Pankreas dll

    Sakit adalah akibat kegagalan tubuh manusia menyingkirkan bahan buangan, lendir/mucus, serta toksin yang menghalangi fungsi-fungsi normal tubuh manusia.

    Toksin bukan saja menghancurkan fungsi-fungsi pencernaan kita yang normal, tetapi itu juga dapat mengikuti peredaran darah ke berbagai bagian organ tubuh kita, lalu merusak system sirkulasi (pembuluh-pembuluh darah), organ-organ penyaring (hati dan ginjal), dan organ-organ pengeluaran/ekskresi (sistem, gastrousus)

    – Faktor-faktor penting untuk kesehatan dan panjang umur

    – Hidup harmonis dengan alam
    – Banyak minum air
    – Dapatkan cukup cahaya matahari dan udara segar
    – Berolahraga
    – Menjaga sikap dan emosi untuk mengurangi stress
    – Hindari rokok, minuman keras dan obat-obatan terlarang
    – Pilih makanan bebas pencemaran (organik)

    – Melilea Greenfield Organik makanan lengkap bebas pencemaran

    Dirumuskan oleh peneliti dan ahli organic terkenal, Dr. Henry Chang bapak dari teori organic.
    Makanan lengkap yang paling menyerupai susu ibu masa kini. Tanpa garam, gula, penstabil, pengawet, kanji, lemak, perasa dan pewarna tiruan.
    Memadukan 3 keampuhan terunggul di dunia:
    -Fungsi makanan organik
    -Fungsi Naturopati
    -Fungsi penyembuhan alami
    1. Fungsi makanan organic
    Bapak dari teori organic, Dr. Henry Chang, menyatakan bahwa makanan organic berarti semua jenis produk yang berasal dari pertanian yang bebas dari pupuk buatan, bahan kimia atau bahan tambahan mulai dari awal pemrosesan, dimana semua bahan berasal dari alam.
    Manfaat dari makanan organic termasuk: Mempertahankan dan meningkatkan keseimbangan ekologi.
    Mengurangi resiko kesehatan, karena makanan organik bebas dari bahan-bahan kimia. Bebas dari GMO (Genetically Modified Organism)/ rekayasa genetika. Bebas dari Bovine Spongiform Encephalopathy (BSE) atau penyakit sapi gila. Terbukti mengandung gizi yang lebih banyak dibandingkan dengan makanan yang berasal
    dari pertanian biasa/ tradisional.Mengurangi resiko infeksi pathogenic seperti E.coli dan mycotoxin.

    Melilea Greenfield Organik makanan alamiDibuat lebih dari 28 jenis sayur-sayuran, buah-buahan dan biji-bijian yang dihancurkan menjadi serbuk di bawah suhu rendah tanpa kelembaban dengan teknologi tinggi. Sehingga kandungan zat-zat yang bermanfaat seperti vitamin, mineral, enzim, zat hijau daun (chlorophyl) maksimal, berbeda dengan sayuran atau bijian yang dimasak dengan air atau minyak panas sebagian besar dari kandungan zat-zat tersebut telah hilang. Karena berbentuk serbuk yang sudah hancur maka dengan mudah diserap oleh usus manusia dan telah dirumuskan untuk menjadi secara sempurna dengan tubuh kita.

    2. Fungsi Naturopati
    Kekuatan penyembuhan alami -Tubuh memiliki kemampuan untuk membentuk, mempertahankan serta memulihkan kesehatan. Menetapkan dan merawat penyebab – Penyebab penyakit harus ditemukan dan dimusnahkan sebelum seseorang dapat sembuh secara keseluruhan. Cara-cara yang digunakan harus dapat memusnahkan gejala-gejala bukan menekannya. Pencegahan merupakan obat terbaik – Mengutamakan pembentukan kesehatan bukan melawan penyakit. Naturopati beranggapan bahwa seseorang menjadi sakit disebabkan oleh penumpukan toksin-toksin. Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan, kita harus membuka diri kita terhadap proses penyembuhan alami.

    3. Fungsi penyembuhan alami
    Filsafat penyembuhan alami adalah dengan lingkungan yang tepat, tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Tenaga penyembuhan tersebut akan membentuk kemampuan penyembuhan diri sendiri kepada setiap orang. Namun kemampuan penyembuhan diri sendiri tesebut akan dapat bekerja secara maksimum apabila tekanan telah dihilangkan serta jiwa dan raga telah seimbang. Rumusan makanan khusus dapat memberikan keseimbangan atau membersihkan tubuh Anda dari bahan-bahan berbahaya yang melemahkan kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri, sekaligus memberikan gizi alami dalam bentuk paling mudah diserap. Untuk memberikan kondisi terbaik bagi tubuh kita, kita memerlukan makanan bukan obat. Penyembuhan alami merupakan cara yang paling alami menuju kehidupan yang sehat di masa depan, bebas dari obat.

    – Melilea Greenfield Organik lima bintang diproduksi oleh Greenfield USA Corporation

    Pertanian organic memerlukan ladang yang bebas polusi. Sebelum ditanami, tanah harus dikosongkan selama 2 – 7 tahun; tanpa pencemaran dalam radius 30 km dari ladang penanaman, serta pencegahan dari orang banyak dan dari mobil yang keluar masuk ladang penanaman (kecepatan mobil yang diperbolehkan hanya 8 km/jam). Pemakaian zat-zat racun dan zat-zat kimia pertanian dilarang sama sekali. Tahapan-tahapan berikutnya seperti menanam, menuai, memproses dan mengemas diawasi secara ketat untuk menghindari kontaminasi bahan-bahan kimia seperti pewarna dan perasa buatan, bahan pengawet dan penstabil, serta zat-zat tambahan lainnya. Semua hal ini menjadikan Greenfield Organik dianugerahkan penilaian lima bintang oleh “Organic United Nations Friendship Association (OUNFA)”Melilea Greenfield Organik telah dijamin halal oleh “Islamic Food and Nutrition Council of America (IFANCA)”.
    Melilea Greenfield Organik diproduksi oleh Greenfield USA Corporation
    Merupakan pabrik pembuatan yang telah terdaftar pada cabang departemen Jasa kesehatan, makanan dan obat-obatan, negara bagian California. Pendaftaran telah memenuhi persyaratan-persyaratan berdasarkan peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh “Federal Good Manufacturing Practise (GMP)”(Pelaksanaan Pembuatan Barang Pemerintah Pusat) untuk makanan. Telah diuji aman untuk dimakan oleh berbagai laboratorium penguji yang diakui secara internasional.

    – Melilea Greenfield Organik cocok untuk segala usia dan kondisi
    – Anak muda, remaja
    – Untuk kesehatan
    – Kelemahan umum – Kelemahan tubuh
    – Kanker – berbagai penyakit kronis/menahun
    – Kekurangan berat badan/kelebihan berat badan
    – Orang tua/lansia
    – Susah tidur
    – Sembelit
    – Wasir
    – Datang bulan tidak teratur, menopause
    – Penyakit lemah syaraf
    – Sebelum dan sesudah melahirkan
    – Sebelum dan sesudah operasi
    – Rematik, radang sendi, denyutan nadi
    – Noda-noda penuaan, bintik-bintik, jerawat
    – Sistem kekebalan tubuh lemah
    – Sakit lever, usus dan perut
    – Untuk anak-anak 4 bulan dan wanita hamil

    – Sehat alami – Cara minum Melilea Greenfield Organik

    Siapkan gelas besar yang bertutup. Masukkan air dingin/biasa 300cc, jangan air panas, masukkan 1 sendok GFO, tutup gelas dan kocok 10x (jangan diaduk). Segara minum karena akan mengental. Setelah 30 menit minum lagi 300cc air putih. Usahakan minum air putih sebanyak mungkin yang akan membantu melepaskan toksin yang menempel pada dinding usus dan akan segera dikeluarkan melalui BAB (biasanya tidak mulas/mencret sehingga tidak mengganggu bagi mereka yang bekerja dikantor). Mungkin keluar di hari ke 3, 7 atau bahkan hari ke 21 setelah minum GFO tergantung reaksi tubuh masing-masing.Untuk hasil maksimal perlu niat yang besar untuk berpuasa, tidak makan nasi selama 7 hari saja. Minum GFO 3x sampai 6x sehari, dimulai pada pagi hari perut kosong, siang hari dan sore/malam hari, jika lapar hanya makan apel tanpa kulit dan minum air putih sebanyak mungkin. Selama puasa tidak makan nasi tidak perlu kuatir akan lapar, karena kandungan GFO ada beras, gandum, jagung, wortel dll yang ditanam secara organic, sehingga akan terasa kenyang. Bagi penderita sakit maag akan terbantu/sembuh. GFO adalah makanan lengkap, ada kandungan karbohidrat, vitamin, mineral dll dengan

    – Toksin-toksin yang dikeluarkan dari dalam tubuh

    Toksin/racun yang keluar bersama BAB. Biasanya keluar bersama BAB pada hari ke 3 atau ke 7 setelah konsumsi Greenfield Organic.

    – Kesaksian-kesaksian

    Kesembuhan setelah minum Melilea Greenfield Organic. Stroke, Diabetes, jadi langsing, Glucoma, Gondok, lebih muda, turunkan berat badan.

    INFO SELENGKAPNYA SMS KE 021-91719495

  35. ditta says:

    saia nggak anti MLM tapi saia nggak sanggup untuk menjadi anggota MLM manapun
    maaf ……..

  36. spiderman says:

    wah2 tenyata masih banyak orang yang berfikir kerdil, hai kalian para pembenci, enapa sih harus benci sama yang namanya MLM, jangan2 kalian yang komentar pernah gagal di MLM ya? kasihan deh, makanya negatif. coba kalau sukses ga mungkin kalian seperti itu. kalau kalian merasa gagal ya udah kenapa harus mengajak orang untuk mengikuti kegagalan kalian. di agama di ajarkan jangan kalian berbicara yang tidak tau ilmunya, dan jangan kalian mengajak sesat dan menyesatkan”. jadi buat kalian yang gagal di MLM berfikirlah dewasa dan menerima nasib bahwa kalian memang pecundang bukan pemenang.

  37. mr xxxx says:

    aku sorang hyper sex
    please call me 081363549678
    or e mail rumah_malam@yahoo.co.id

    1. apy says:

      jiaaahahaha ni rada2 spam nih tapi mau diapus sayang… ayo2 tuh yg hypersex, hubungi segeraaa :))

  38. titiw says:

    Syahahahhahahha.. iyah2,, ayo2 silakan hubungi doski di atas.. Ni website tambah kacaw aja nih yang berkunjung..

  39. groinkick anima says:

    EA
    uda tw brita ancurnya bisnis bernie madoff yg bwt susah & kolaps org sedunia termasuk org kaya( nah loh sbg mahasiswa ekonomi saya mo mluruskan anggapan org tentang kapitalisme yg artinya srg dbwt yg kaya tambah kaya, yg miskin tambah miskin. sebenernya di semua sistem ekonomi berlaku aturan yg AGAK mrp seperti itu. Tapi waktu membutkikan lain)
    saya g tw & g anti ama MLM, tp menurut akal sehat & perhitungan matematika pitagoras (halah) sistem ini memang dasarnya kwt krn smakin tinggi smakin lebar dasarnya samkin kwt fundamental sistem tsb, tp kelemahanya jika bawahannya berontak maka sistem ini akan runtuh
    ket resmi liat koran jawa pos komennya pak dahlan Iskan
    yg mana saya kagum sama dia tp g se7 ama komennya tentang org yg menemukan matematika lah yg bersalah & org macedonia yg menemukan uang yg salah.
    Sebenernya melihat kasus bernie & MLM sistem, faktor human errorlah yg plg berperan. sistem yg bagus tdk akan bertahan tanpa manusia yg gabus eh slsh lg yg bnr manusia yg bagus moralnya
    SEKIAN

    1. titiw says:

      You know what? I think you should watch your writing.. Cuz there are so much typo here and there honey.. And those make me dizzy. ‘Kay..?!

  40. Jay says:

    Kebanyakan sih salah di Oknumnya bukan systemnya. jangan di cap satu orang maling lantas satu kampung maling.. hehehehe.. peace

  41. groinkick anima says:

    mbak tulisannnya mbak yg dibawah komenku tuh bwt sapa mbak? trus artinya apa?
    maklum mbak, bang toepl & kang toyic (TOEIC) plt ngasih nilai mereka k aku mbak

    1. titiw says:

      Iya buat situ. Saya bingung sama tulisan situ yg memusingkan..

  42. anggit says:

    Tapii saya kan cuma mau beli sabun doank, buat cuci burung di kamar mandi, masak harus sign up dulu biar dapet diskon. Saya membutuhkan sebuah produk bukan tokonya…
    Daripada bisnis MLM knp juga ga bisnis yg biasa-biasa aja kayak jualan jasa service, kerajinan, dsb terus marketingnya via Search Engine (via website). Itu dah terbukti lebih cepat mendapatkan keuntungan dan jika pandai memanage pelanggannya, keuntungan jauh lebih stabil.
    Atau jika tidak punya produk, why not use Google Adsense? No expensive and awkward seminar, no stupid “jualan kecap”, no rejection, and Google works 24 hours 7 days.
    Saya lebih salut sama pengusaha2 yg sukses berkat Mesin Pencari.

    1. titiw says:

      “titiw like this” *FB mode: on*
      Ya.. kayak gw aja ya mas, punya blog, jualan netbook.. *teteup usaha*

  43. profitcenter says:

    Saya punya bisnis bagus.Saya sudah dibayar sangat banyak lebih dari $100.
    Coba daftar gratis di :
    http://simurl.com/rich-neobux

    Klik Iklan Dapat Uang !
    Dijamin pendaftaran gratis !

  44. Jual VCD Bokep sistim MLM, sapa minat? Djamin sukses! Ingat, peminat bokep ndak akan pernah sepi sampai kapanpun…

    1. titiw says:

      Waduh.. sakses deh buat situ gannn..

  45. nyomEN says:

    gwahahahaha…makin campur aduk nih. tp MLM vcd orang lagi ML, benar2 terobosan! semoga sukses dengan kerajaan bisnis anda yg baru, salam zuper…

  46. Mafia says:

    BISNIS FIKTIF… ya MLM aja…
    wkwkwk…

    CUMAN ORANG GOBLOK yg AMPE KETIPU AMA MLM…
    sukurin lo…

  47. Pro MLM Jujur says:

    @MAFIA :
    Gak semua bisnis MLM fiktif dan gak jujur. Saya juga termasuk orang yang pernah anti ama MLM bahkan benci dan mau muntah sama MLM. Tapi salah satu perusahaan Organik telah merubah cara pandang saya, yang telah menyembuhkan Migraen yang saya derita 9 tahun dan Obesitas hanya dengan mengkonsumsi produk tidak lebih dari 2 Minggu.

    Tidak seperti perusahaan MLM lain, Mereka tidak pernah menjanjikan keuntungan ataupun mimpi2, hanya manfaat produk dan bagaimana cara saya sembuh dari penyakit. Kalo kita mau menjalankan usahanya silahkan, gak mau juga gak apa2. Hebat banget nich MLM, ia berhasil merubah pola pikir dan pandangan negatif saya terhadap MLM, bahwa gak semua MLM brengsek dan penipu. Karena saya adalah korban dari beberapa perusahaan MLM penipu.

  48. 4ndy says:

    Kesalahan pendidikan di negri ini-lah yang bikin kebanyakan lulusannya selalu menjauhi resiko, perbedaan, sesuatu yang dianggap asing atau aneh-aneh. Dari kecil hingga mahasiswa kita dididik untuk menhindari resiko. Kita hanya melek huruf & angka, tapi tidak melek uang. Itu sebabnya kebanyakan pemula yang menjalankan MLM gagal ditengah jalan. Mereka memulai sesuatu yang baru, sesuatu yang belum pernah diajarkan di bangku kuliah. Dan sudah jd kebiasaan kalo seseorang gagal dalam pekerjaannya akan mencari sesuatu untuk dikambinghitamkan. Tentu saja mereka akan menyalahkan MLM karena ia telah gagal di bisnis itu. Tapi saya belum pernah melihat orang yang menyesal telah menjalankan MLM ketika ia sukses di MLM-nya.

    1. 4ndy says:

      Kesalahan pendidikan di negri ini-lah yang bikin kebanyakan lulusannya selalu menjauhi resiko, perbedaan, sesuatu yang dianggap asing atau aneh-aneh. Dari kecil hingga mahasiswa kita dididik untuk menhindari resiko. Kita hanya melek huruf & angka, tapi tidak melek uang. Itu sebabnya kebanyakan pemula yang menjalankan MLM gagal ditengah jalan. Mereka memulai sesuatu yang baru, sesuatu yang belum pernah diajarkan di bangku kuliah. Dan sudah jd kebiasaan kalo seseorang gagal dalam pekerjaannya akan mencari sesuatu untuk dikambinghitamkan. Tentu saja mereka akan menyalahkan MLM karena ia telah gagal di bisnis itu. Tapi saya belum pernah melihat orang yang menyesal telah menjalankan MLM ketika ia sukses dan meraup rupiah demi rupiah dalam di rekening MLM-nya. by: 4ndidarma@gmail.com

    2. apy says:

      lah situ juga mengkambinghitamkan pendidikan di negeri ini kan? banyak kok, usaha lain yang lebih cerah daripada MLM.

  49. hew_agung_how says:

    wahh wahh, sepertinya rame nih, hihi
    dan orang2 MLM tetep aja ya kukuh sama pendiriannya, salut2…

    sedikit pertanyaan aja nih buat yang ngejalani MLM,
    1. apa kalian ga sadar kalo yang sebenarnya membeli produk dari perusahaan yg kalian promosikan itu?
    2. apa ada orang yang telah sukse (menjadi kaya) dari bisnis MLMnya di indonesia?

    saya pernah dengar tentang kapal pesiar yang dijanjikan buat orang yang mempunyai banyak anak buah atau level brapa gitu. kalau ada, siapa namanya ?
    tolong di jabarkan ya mas-mas / mba – mba yang berbisnis di MLM…

    terimakasih sebelumnya,

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now