Entertainment

Belajar Planology dengan Bermain SimCity 4

Monday, 27 October 2008

Planology adalah ilmu yang mempelajari tentang tata kota. Yaa kurang lebih begitulah. Untuk detailnya saya kurang tahu, yang saya tahu bahwa ilmu ini mempelajari tentang penataan kota dan segala efek-efeknya. Atau ada juga yang bilang urban dan regional planning… boleh juga gpp. Pokoknya yang jelas ini bukan ilmu mengenai tanaman (plant) atau planet. Bukan juga nama ukuran kertas (plano).

Terus, apa kaitannya dengan SimCity 4? SimCity 4 adalah permainan simulasi tata kota dari Maxis yang juga terkenal dengan The Simsnya. Maxis terkenal dengan game-game “never ending” nya. Maksudnya adalah, endingnya terserah kamu. Mungkin kamu puas dengan target-target kecil di game itu, atau ada juga yang perfeksionis, memainkannya hingga berbulan-bulan.

Di SimCity 4, kamu adalah seorang walikota yang dibekali dengan sejumlah uang pada saat pertama kali dilantik. Sebagai walikota, kamu harus membangun kota dari nol. Dari sebuah lahan kosong yang isinya hutan, laut, dataran tinggi, dataran rendah dan sebagainya. Dengan menggunakan uang yang ada, kamu harus membangun sebuah kota menurut gaya kamu.

Zona/ Wilayah

Ketika pertama kali membangun kota, yang harus pertama diperhatikan adalah peletakan zona residensial (ZR), zona komersial (ZK), dan zona industrial (ZI). Masing-masing zone memiliki tiga kepadatan atau density. Small, Medium, and High. Peletakan zona ini sangat penting. Zona industri di awal-awal pembangunan memiliki tingkat polusi yang sangat tinggi sehingga jika diletakkan berdampingan dengan zona residensial dan/ atau komersial, maka zona-zona itu jadi tidak diminati dan menurunkan harga tanah. Jadi letakkan jauh-jauh zona industri. — Nah tapi masalah akan timbul lagi jika penduduk semakin bertambah. Jalan yang tidak memadai akan menimbulkan traffic congestion (macet) karena ZI yang relatif paling jauh dari ZR. Perhatikan terus persimpangan-persimpangan dan buatlah jalan alternatif.

ZR boleh diletakkan sedikit berdampingan dengan ZK. Yaa, walaupun ada juga beberapa penduduk yang tidak suka karena bising dan tidak tenang untuk hidup, tapi cukup amanlah untuk meletakkan kedua zona ini berdampingan. Disamping itu, warga bisa lebih dekat dengan tempat kerjanya dan akhirnya mengurangi kemacetan dan polusi. Meletakkan ZR dan dan ZK paling baik di pinggir laut, di atas bukit, atau di tempat yang jauuh dari polusi. Jika kamu bisa meletakkanya seperti itu, banyak loh orang-orang kaya yang mau tinggal disitu dan pada saat kamu menaikkan pajak, mereka pasti akan terima-terima aja.

Sampah/Landfill

Dimana-mana yang namanya orang pasti nyampah, bahkan di titiw.com juga ada section nyampah. Jadi, sebagai walikota kamu harus menyediakan TPU atau tempat pembuangan akhir. Yang jadi masalah adalah TPU ini harus jauh dari ketiga zona tadi. Tidak ada zona yang mau berdekatan dengan TPU. Ketika pertama kali membangun kota mungkin kamu hanya membutuhkan sedikit lahan untuk sampah. Tapi semakin bertambahnya penduduk, semakin banyak pula sampah yg dihasilkan. Sebaiknya awasi terus grafik pertumbuhan sampah ini. Sampah yang tidak terurus akan menimbulkan kualitas hidup yang buruk.

Jika uang kamu sudah cukup, kamu bisa membeli mesin pengolah sampah. Mesin ini mengurangi sampah secara signifikan, tapi sayangnya biaya maintenance per tahunnya juga tinggi. Pertimbangkanlah masak-masak antara budget yang tersedia dengan efisiensi mesin ini.

Selain itu, sampah juga bisa diolah menjadi listrik. Sekali lagi, alat ini akan mengurangi polusi sampah secara signifikan. Tapii yaa mesin ini juga mahal biaya perawatan per tahunnya. Jika budget anda cukup. Jangan ragu-ragu investasi mesin ini. Hasilnya kota anda akan bebas sampah dan listrik juga terjamin.

Utilitas

Listrik

Zaman sekarang nggak ada listrik, nggak ada kehidupan deh. Membangun instalasi listrik juga perlu diperhatikan. Di awal pembangunan, instalasi listrik besar yang tersedia hanya yang bertenaga BBM dan batubara. Ya kita tahu kedua jenis bahan bakar itu berpotensi menimbulkan polusi besar, jadi harus dijauhkan dari ZR dan ZK. Boleh diletakkan dekat dengan ZI yang sama-sama polusi. Ada juga sih pembangkit bertenaga angin yang non polusi. Tapi mesin ini hanya mampu melayani area kecil saja. Untuk hasil yang maksimal, mungkin kamu bisa kombinasikan pembangkit bertenaga BBM atau batubara dengan pembangkit tenaga angin. Perhatikan efisiensi dan biaya perawatan per tahunnya.

Bersambung ke SINI

← Next Post
Previous Post →

30 thoughts on “Belajar Planology dengan Bermain SimCity 4

  1. ga ada yg kpmen git…???
    emang git anak muda jaman sekarang susah di bilangin…!!
    gmn kota lo udah maju blom? perairannya harus lo perhatiin baik2 tu nggit!! dan ga hanya itu listrik sangatlah penting bung!!
    tiPs dari saya : jangan mainin nih game..susah Gilaaaaaaaaaaaaa!!!

  2. apy says:

    Wah kota gw sektor industrinya dah maju semua, high tech. Jadi ga ada lagi polusi di kota Industri, terus karena gw pas bikinnya di bukit, residensial bisa ikut dibawahnya. Kayak Sillicon Valley. Asik kan?

  3. Windu says:

    Aq juga suka game ini, tapi kalau g pake cheat susah (hal normal di genre simulasi). Btw, itu screenshootnya ngambil sendiri apa ngopi?, kalau itu kota sendiri, huebat bisa bikin commercial sampai bertingkat-tingkat.

  4. apy says:

    Mau bikin kota kayak gitu gampang kok. Tingkatkan kepandaian dan kesehatan penduduk secara signifikan dengan membuat sekolah-sekolah sesuai umur (perhatikan umur rata2 penghuni kota) dan RS sesuai kebutuhan. Ketika HT Industri sudah mulai terpancing, segera naikkan pajak industri lainnya, supaya industri kotor tidak datang. HT Industry boleh diletakkan berdampingan dengan rumah penduduk. Btw, bikin sekolah sama RS itu mahal biaya per tahunnya, jadi hati2 dengan budget.

  5. Windu says:

    Hmm gitu toh, jadi pingin mainin game ini lagi. Kalau bisa to be continued-nya jangan terlalu lama (aq tunggu guidenya).

  6. praja says:

    aku baru maen sim city 4, mau nanya emang bener di SM 4 ada bugnya , katanya kalau pajak kita naik kan penghuninya malah kabr dan.terus kalau emang kapanwaktu yng tepat untuk perluasan wilayah/pembangunan. dan cara mengundang High tech itu paa dengan pendidikan yang tinggi misal sekolah dasar + sekOLAH mENGENGAH + UNIVERSITAS, kalau pakae itu budget nya besar banget , punyak pabrik sering kebakaran itu apa ya sebabnya trimaksih entar aku tanya lagi ya

  7. apy says:

    pajak untuk residential area sebaiknya biarkan default aja. pajak untuk komersil sedikit demi sedikit boleh dinaikkan. nah filosofi membangun di Sim City adalah, bangun secara horizontal terlebih dahulu kemudian vertikal. jadi untuk start gunakan low density, kemudian jika demand bertambah (perhatikan RCI demand) naikkan jadi medium. nah untuk mengatasi pendidikan lihat dulu skala umur di kota anda. kebutuhan pendidikan apa yang paling tepat. kemudian setelah membangun gedung yang dibutuhkan, sesuaikan budget dengan query tools. turunkan sedikit demi sedikit sehingga demand lebih kecil sedikit dengan kapasitas. good luck…

  8. Nwfl says:

    aq jga ska game ney, aq jga uda bwat kota yang lumayan…
    tpi, di tengah permainan, scenery’a pada hilang, kayak pohon, mobil, kreta, air mancur! gmana cara ngembalikan itu…?
    mohon bantuan’a!

  9. Aaron says:

    aku barusan install ni game, , tapi aq gak bs maen, katanya harus insrt the correct disc. . Aq gak ngerti. . Tlg bntu dong. .

  10. amjadrm says:

    Hai prknalkn nma w amjad w ad masalah di instal gimana sih instal simcity 4/societies deluxe tlg ksh taw yah di sni plz!

  11. situn says:

    cara buat gedung2 bertingkat gimana ya…????
    udah banyak penduduk,tapi yang apartement nya masih segitu2 aja……

  12. lukas sebayang says:

    high tech itu apaan? mohon jawabannya ya

  13. bewe says:

    Sebenarnya ni game, bukan cuma blajar zoning plan, tp seharusnya game buat para calon dan wakil Bupati/Walikota/Gubernur, sehingga pada saat terpilih bisa jadi dasar utk pembangunan ….

    1. anita says:

      setuju bgt bgt bang….

  14. yusmar says:

    senang juga ketemu temen2 walikota se-jagad di sini, … senang juga main sc4, bisa bayangin jadi walikota beneran, gak heran kalo pilkada banyak yang nyalon, … tapi paling enak di sc4 ga ada bawahan yang korupsi!

  15. frendy says:

    mau tanya cui RCI d panel gw sering turun tp kok ttp fine2 aja yah mlh jd pd hidh tech sma tuh, truz gw punya cara tiap RCI yg gosong/ item2 gw ancurin trz yg pada muncul mlh yg lbh bagus n lbh gede bangunanya itu bener pa salah ya cara gw sperti itu menurut tata cara undang2 tata letak kota?????

  16. bot sp says:

    Sim City 4 adalah satu dari sedikit game yang saya sukai. Btw ada up grad terbarunya ga sih?
    Saya strateginya adalah membuat desa kecil terlebih dahulu. Yang 30% lahan saya biarkan hutan, 40% saya buat untuk pertanian (Agriculture Industry),20% Low Density ZR 5 % Low ZK dan 5% Low ZI.
    ZI biasanya saya letakkan berdampingan dengan Pembangkit listrik dan area pembuangan sampah. Antara ZI dengan ZK saya biarkan kosong, dan selalu saya lakukan penghijauan. ZK terletak antara ZI dan ZR, jadi kalao penduduk pergi kerja mereka pasti melewati ZK, sehingga konsumennya tetap banyak dan ZK bisa tumbuh. Kalau sudah pada level high density city, antara ZR dan ZI saya buat jalur by pass (tidak terlalu banyak persimpangan dan bangunan disisi jalan), untuk mengurangi kemacetan.

  17. Eko says:

    nanya nih gan… newby di game ini,gimana cara ngundang orang? perasaan kampung2 udah dibangun, eh orangnya kagak ada (0).

    tulung ya, thx

  18. amed says:

    kalo ZI sama ZR berjauhan, malah banyak yang nganggur.. gmn caranya??

  19. adit says:

    mau nanyak, cara bikin kereta api menjadi aktif gi mna y??

  20. yus says:

    ikutan …

    kalo lagi mod, aku bangun kota di SC4, lumayan bikin otak mikir dikit. Sekarang aku pakai SC4 deluxe, tapi belum lengkap juga fiturnya, masih belum ada jalan lingkar, dll, kalo ada bisa bantu, aku terima kasih sekali.

    Tahap awal, aku selalu bikin jalan dulu (road! bukan street, biasanya 5×5, terus ZR2 luasnya sekitar jangkauan sekolah SD, puskemas.
    lokasinya agak di pinggir kota tapi bukan paling pojok.

    Buat satu lingkungan dulu, zona pemukiman kedua dibuat sesuai perkembangan demand.

    terus sedikir aja ZK1, sekitar lima kali 3×1 di pinggir ZR2 tadi

    naikan pajak Co$$ dan Co$$$ 15%, karena mereka hanya mau datang saat kota sudah maju.

    lalu buat ZI2, di pojok, lengkap dengan listrik, TPU, jangan lupa
    letakan ditengah2 ZI2 dua ini kantor polsek dan PMK.

    Buat pompa air agak jauh dari ZI, kalau terlalu dekat, pompa bisa macet karena polusi air di ZI, jangan terlalu ngirit untuk buat jaringan pipa, murah kok. Jika kota mulai berkembang, buat penyaringan air, waspadai polusi air dan udara.

    buat jalan2 di kota berhubungan dengan kota tetangga, kalo bisa semua jalan, jangan satu dua, hal itu bermanfaat untuk jalur industri. bisa dengan road atau rel, jika pakai rel bikin stasiun kargo, tapi jangan dulu buat stasuin penumpang.

    Oh ya, untuk membuat penduduk datang ke kota kita, bikin jaringan
    taman, park untuk ZR, taman bunga untuk ZI dan plaza untuk ZK.

    Pesan saya, jangan pelit untuk biaya taman, polsek, PMK dan puskesmas, terutama taman yang kelihatannya sepele.

    Untuk melihat minat orang datang ke kota kita, pantau terus di desirability pada data views. jangan bangun area di tengah zona merah, dijamin tak ada yang datang.

    Zona merah dapat dirubah dengan fasiltas taman, kesehatan, sekolah, polisi, PMK, dll.

    Biasanya kota seperti ini akan mengundang sekitar 20K penduduk dengan cepat.

    Begitu dulu share dan care-nya, salam kenal

    1. vian says:

      sya bermain SC 2013, tp bingung nih, gmna sih cara untuk membuat jalan diatas/jmbatan gitu,juga gmna mmbuat saluran kotoran agar tidak tercemar ke area kota

  21. YUDIAN says:

    TPU = Tempat Pemakaman Umum.
    Klo Tempat Pembuangan Akhit ntu TPA.
    Jd TPA atw TPU?????

  22. pram says:

    salam simcity!!

    caranya bangun space portal sama area 51 gimane gan,,,
    butuh saran…

  23. diego says:

    Cara bikin ZK sma ZR biar jadi gedung bertingkat gmna ?

    1. apy says:

      wow masih ada yg main ini? mantab. setelah SimCity 4 emang nggak ada lagi yg bagus. supaya ZK dan ZR jadi gedung bertingkat kita harus menyeimbangkan kedua zona tersebut, buat ZK jadi sekitar 2-5% dari ZR, kemudian Zona Industri diperbanyak dan budget pendidikan dinaikin.

  24. Vanes says:

    Sekarang sudah muncul versi terbaru dari SimCity4. Yaitu SimCity(2013). Launching besok Maret awal. Dan untuk memainkan game ini, harus online, karena game ini akan melakukan full simulation. Dengan sedikit lebih kompleks dari SimCity4.

    Sumber : http://www.simcity.com/en_US

  25. Sim City says:

    Keren gan infonya, makasih ya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now