PERSEPOLIS Movie Review

Persepolis_film

Persepolis merupakan film animasi karya perempuan Iran yang bernama Marjane Satrapi dan beberapa animator Perancis. Film ini ditayangkan di Jakarta Internasional Film Festival (JIFFEST) 2007 dan membuat pecinta film berbondong2 (lebay..) untuk menontonnya (Saya ingin sekali menonton tahun lalu, tapi kehabisan tiket, huhu..).

Film ini dibuat berdasarkan novel grafis, yang bisa dibilang merupakan memoar Marjane Satrapi sendiri. Pertama-tama, saya ingin bercerita dahulu mengenai bukunya. Persepolis bercerita mengenai kisah masa kecil Marjane hingga ia beranjak dewasa yang dibalur dengan atmosfer revolusi Iran di kala itu. Unik merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan bukunya.

Di sini, Marjane tidak menjual keindahan visualisasi. Goresan penanya yang sederhana merupakan kekuatan tersendiri, namun di beberapa gambar, ia dapat menjadi sangat detail. Hubungannya dengan teman-teman, pacar, dan khususnya kepada keluarganya dideskripsikan dengan jujur dan tidak bertele-tele. Ironi dan keabsurdan terblender dengan halus di dalamnya. Perhatikan setiap kata maupun kalimat, ada banyak punch line yang dapat menjadi bahan perenungan kita. Saya sendiri paling ingat kalimat di bagian terakhir buku itu, “Freedom had a price”.

Untuk filmnya, jangan khawatir. Meskipun tidak semuanya ia tuangkan di sini, namun dengan adanya gerakan dan audio, kamu bisa tetap tertawa ketika menontonya. Ya, Persepolis menjadi lebih lucu di film. Tapi seperti saran saya sebelumnya, jangan pernah membandingkan novel dengan filmnya, karena buku & film itu merupakan hal yang berbeda.

Pilihan Audio di film ini ada dua, yaitu bahasa Perancis atau Inggris. Sedangkan untuk teks, pilihannya adalah bahasa Inggris dan Spanyol. Itu kalo nonton DVD yang aseli ya.. hyehehehe.. (tumben amat Tiw lo nonton yg asli, ya iya minjem..).

Kalau kamu sempet, tonton juga behind the scenenya, lumayan menarik. Menonton ataupun membaca Persepolis mengingatkan saya akan buku A Thousand Splendid Suns karya Khaled Hosseini yang bersetting di Afghanistan. Sebagai perempuan, kita diinjak seperti bangkai dan dilepeh bagaikan ludah.

Meskipun di Indonesia sendiri perempuan terkadang masih dianggap rendah, tapi percaya deh, kalau kamu sudah membaca kedua buku yang saya sebutkan, kamu akan sangat2 berterima kasih pada Tuhan kalau kamu lahir di Indonesia.

Oh ya, alasan Marjane membuat novel ini ada di Introduction di halaman pertama bukunya. Intinya, ia ingin mengatakan pada dunia kalau image yang selama ini ditampilkan tentang orang-orang Iran tidak selamanya benar. Jangan karena beberapa ekstremis, maka semua orang Iran dianggap sama. Hem.. Ring a bell? To sum up, either the book or the film was great! or you can say EXCELLENT. Bukan hal yang mencengangkan kalau film ini menjadi nominasi Oscar untuk “Best Animated Feature” di tahun 2007. Ok, happy watching!!

25 thoughts on “PERSEPOLIS Movie Review”

  1. waw,
    kebetulan bgt saya ada DVD bajakannya (bukan yg asli nih..hihihi), dan blm smpet ditonton..
    ga tau sejarah tuh film gmn, cm ngandelin insting, dan membaca review mu tmbh membuat pgn ntn nih..tapi pgn baca juga Persepolis versi bukunya..
    ada info gak tiw bisa beli bukunya dmana??

  2. Ok, beli bukunya bisa di aksara book store (kemang lebih lengkap), atau di toko2 buku terdekat (ya iya,kalo rumah situ di kemang mah, aksara jadinya deket..hee..) Pernah juga saya liat di gramedia grand indonesia, bagian buku2 impornya. Cuma harganya booo.. 275.000 kalo gak salah.. ck ck ck.. makanya saya cuman minjem, hihi..

  3. Karena belum mengenal sosok yang diangkat, agak kesulitan juga untuk “masuk” dengan cerita yang ditawarkan.
    Sulit rasanya untuk bersimpati dengan Marjane. Dirinya kok seperti hidup di dunia dan waktu yang salah. Mungkin itu ya yang ingin dia ungkapkan.
    Tapi secara visual, film ini bagus banget. Pemilihan warnanya terkonsep kuat.

  4. Belom baca graphic novelnya Persepolis tapi kemaren liat graphic novel Satrapi yang laen, klo ga salah Chicken Plum apa gtuuu… But the Persepolis movie, oh.. love it!

  5. oh.. you should read it dear.. it’s so fuckin awesome!! she’s a riot indeed.. hyahaha.. Iya dia ngarang chicken plum juga.. *pinjem lagi sama temen yg kerja di aksara*

  6. WOI !! Aku baru beli iniii !!! DVD nya maksudkuh. Waaaa….senang !! Kalo diliat2,ga bakalan banyak orang yang mau nonton ini,tapi…now I know, I have you to share it with !!
    Ah,titiw..kamu emang keren !!

    nyahahahahaha.

  7. Akh.. *pingsan karena dibilang keren*
    Eh iya aku nanya resensi a thousand splendid suns kamu karena mau aku link di atas ituh.. Coba discroll ke atas..

    1. Biasanya sih dijual di toko2 buku impor macem aksar atau QB. Tapi kalo gak salah di gramedia juga ada kok. Ini kalo yg ori ya, kalo yg bajakan mah, coba liat di lapak depan rumah kamu.. siapa tau ada, heee..

  8. aldriana amir

    waduh, saya rada telat bgt nih hunting novel grafisnya marjane satrapi yg ‘persepolis 1&2’ skrg. susah bgt cari bukunya:'((. saya baru dapet yg ‘bordir’ & ‘ayam dg plum’ di gramedia. kalo ga salah ada terjemahannya judulnya ‘revolusi iran’ deh, tp bukan terbitan gramedia. salam kenal ya mba:)

    1. Oh ya..? Saya malah baru tahu tuh kalo persepolis ini udah diterjemahin. Yang saya tahu, baru chicken with plum sama embroidery doang yg baru ditranslate.. Kalo cari yang buku bahasa inggrisnya sih di gramedia gede macem di grand indonesia jakarta juga ada.. Salam kenal juga.. :D

  9. aldriana amir

    iya, teman saya punya yg terjemahannya. dulu saya sempat liat jg bukunya di gramedia, nyesel ga beli wkt itu. penerbitnya resistbook, kalo ga salah. ga tau msh dicetak ulang atau ngga. msh saya selidiki soalnya:P kayaknya lbh asik baca yg pake bhs indonesia aja deh:))) semoga gramedia segera nerbitin terjemahan persepolis yaaaa, amiiinnn…:)

  10. Oh gitu.. berarti persepolis ini udah diterjemahin ke BAHASA juga ya.. Yes yes.. good luck in searching the book! :D

  11. aldriana amir

    halo!!! mau ksh kabar aja, kalau saya sudah dapat buku yg saya cari. yaitu buku terjemahan dari persepolis dg judul ‘revolusi iran’. senang, senang, senang!!! ;D

    1. Well.. I’m happy for you, dear.. :) Makasih ya udah inget main2 ke sini lagi.. Kamu gak punya blog ya..? Gak bisa dikunjungi deh..

  12. ini beneran ga ada yg bahasa indo nya ya? huhuuu… mahal banget sih yg inggrisnya.. :((
    ga ada yang bisa dipinjemin pulak.. paling banter numpang baca di aksara :))
    salam kenal ya! :)

    1. Ada say.. liat komennya aldriana amir di atas kamu.. nah dia abis beli persepolis terjemahan yg berjudul “revolusi iran”.. :D iyah aku juga seringnya numpang baca di aksara.. hihi..

  13. adriana amir

    @dilla: kalau mau beli terjemahannya langsung pesan ke penebitnya aja di: [email protected]. di toko buku agak sulit nyarinya :)

    hoaaaa… udah lama ga komen di titiw.com, tapi aku masih sering main2 kemari kok.. ;)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pulau Padar Titiw

Titiw

Ngeblog sejak 2005

Female, Double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau lihat nomor angkutan umum doang. Virgo abal-abal yang sudah menjadi blogger sejak tahun 2005 yang pengalaman menulisnya diasah lewat situs pertemanan friendster.

Scroll to Top