Microsoft Volunteering Day

Microsoft Indonesia yang berpartner dengan Yayasan Mitra Mandiri (YMM, kantor saya), mengadakan hari volunteers bagi para karyawannya, yang diimplementasikan dengan mengunjungi sebuah rumah singgah di bilangan Kemanggisan, Jakarta Barat. Acara yang diadakan pada Sabtu, 16 Mei 2009 di rumah singgah “Street Kids Ministry” yang dipimpin oleh Bapak Asmoro adalah lomba foto antar volunteers dan lomba lukis untuk anak-anak di sana. Btw tempatnya tuh kumuuuuuh bener dengan orang2 bermata pencaharian buruh, pengais sampah, dll.

Sekotor-kotornya kali yang pernah saya lihat
Pekerjaan sehari-hari si Emak

Saya yang baru kali ini “kerja” di hari Sabtu, bangun pagi dan menempuh perjalanan tercepat rumah-kantor. Cuma 20 menit sodara! Kalo hari biasa mah sejam lebih deh (haha.. OOT bener guah). Nah, kali ini, saya diminta tolong untuk mencari juri lomba foto. Waduh.. Kesannya saya kenal gitu ama Darwis Triadi atau Nicoline Patricia? Oke, akhirnya saya ajak aja Mira, temen saya yang kalo minjem motornya harus beli bensin, dan biasanya minta saya jadi model foto dia biar gratisan. Selain Mira, yang jadi juri adalah Arbain Rambey dari Kompas, dan seseorang dari Media Indonesia, yang panas2 tetep pake syal dan ketika melihat dia, Gay-dar saya langsung berkedip2.

Street Kids Ministry

Acara dimulai jam 09.00 WIB pagi, dan sembari menunggu volunteers yang lain datang, beberapa kakak dari Microsoft dan YMM (iya, dipanggilnya “kakak” bo.. hihi, berasa muda dyeh eike..) mengajak anak-anak bernyanyi. Mana itu bocah2 kagak mau pula diajak nyanyi lagu anak2. Mau sih, abis itu tereak “KAK!! St.12 dong!!” What..? Saint twelve? Huh, akhirnya nyanyi si lagu “Ayam sori” itu deh.. Shit, gw rada apal men.. Setelah itu semua anak yang berjumlah 50 orang diberikan kaos dari Microsoft, ada yg muat, ada yg jadi kayak pake sarung karena kegedean. Kocak banget!

Baju kegedean yang penting senank!

Acara diadakan di lantai dua, dimulai dengan kata sambutan oleh Bapak Drajat selaku Corporate Affairs Director. Lalu volunteers dari Microsoft dan YMM membagikan kertas dan alat-alat gambar untuk lomba lukis untuk anak-anak. Lomba gambar dimulai, volunteers dari Microsoft ikut membantu mereka menuliskan nama, dan tentu saja mengambil foto-foto yang nantinya akan diikutsertakan dalam lomba foto bagi para volunteers. FYI, anak2 di sini yg umurnya di bawah 4 tahun lucu2 banget! Ada Pipi, si anak yang Cina di antara teman2nya yg melayu, tapi kakaknya dia, si Ongky bukan Cina. Pas saya Tanya, “Ongky, ini si Pipi adek kamu?” Dia jawab “Iya..” Terus pergi, dua detik kemudian di balik lagi ke saya bilang “Tapi dia adek angkat”. Yeah right, you read my mind, young man…

Ciye meja baru buat lomba gambar :D
Volunteers membantu anak-anak

Selesai anak-anak mengumpulkan gambarnya untuk diperiksa, diadakan games yang hadiahnya itu berisi celengan dan kaos yang saya tawar mati2an di Jatinegara. Mereka terlihat antusias dan bersemangat dalam mengikuti arahan kakak-kakak dari Microsoft. Selain games, Ibu Tati selaku sekretaris Bapak Tommy, CEO Microsoft Indonesia menjelaskan arti Microsoft secara sederhana, “Jadi ya anak2 pada tau komputer kan..? Nahh.. Microsoft itu tuh otaknya komputer, jadi yang menjalankan komputer.” Oke, meskipun dijelaskan dengan bahasa mudah, kok saya rada mikir ya..? Hyahahah.. Dasar IQ tiarap. Pemenang lomba gambar diumumkan tepat pukul 11.30, dan mereka langsung turun dari lantai atas dan pulang. Gak terlalu lama acaranya karena sebagian dari mereka ada yang sekolah siang, Sebelum pulang, mereka diberikan goody bag, dan juga makan siang kentaki untuk dibawa pulang ke rumah.

Aku mana, aku mana?

Setelah anak-anak pulang, semua volunteers duduk berkumpul dengan mendengarkan sekelumit kisah mengenai rumah singgah “Street Kids Ministry” tersebut yang diceritakan oleh Pak Asmoro. Bapak Asmoro yang juga pendeta dan dosen teologi itu bercerita, ia membangun rumah singgah ini sebagai wadah bagi anak-anak usia sekolah di lingkungan itu agar mereka mendapat pendidikan yang lebih baik dan tidak berkeliaran untuk meminta-minta. Tenaga pengajar selain beliau adalah mahasiswa-mahasiswa, atau siapapun yang mau membantu di situ. Ia juga menegaskan bahwa lebih baik kalau kita tidak memberi uang kepada anak jalanan, karena hal itu hanya akan membuat mereka malas sekolah dan lebih suka berada di jalanan.

Berdasarkan survey kecil-kecilan yang pernah ia lakukan, Asmoro menemukan bahwa ada 1789 lampu merah di Jakarta. Dengan hitung-hitungannya, ditemukan kalau kita sedikitnya menyumbang Rp 1,5 milyar per bulan hanya untuk “membuang” uang receh pada anak-anak tersebut. Sedangkan sumbangan dari pemerintah saja untuk 5 lapas anak-anak “hanya” Rp 300 juta. Sehingga, Pak Asmoro menyarankan agar kita lebih baik memberikan mereka makanan, susu, ataupun buku, asal bukan uang. Dengan begitu, mereka akan lebih sehat dan tidak lagi mencari uang di jalanan.

YMM team & bapak Asmoro

Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba foto yang dibacakan oleh Arbain Rambei. Ada dua nomimasi, yaitu potret yang menggambarkan sandal dan sepatu anak2 kecil dan orang2 Microsoft serta YMM yang berderet di lantai bawah. Kata mas Arbain Rambey, hal itu menyimbolkan kebersamaan. Ada sandal mahal, murah, jelek, bagus, besar, kecil, tapi tetep sejajar dan berdampingan. Sedangkan foto yang satu lagi adalah foto dari Ibu Sita Supomo dengan karyanya yang memperlihatkan kali kotor dan kawasan kumuh di balik gedung-gedung bertingkat di Jakarta, berjudul “Slumdog Millionare”. Yang menang fotonya Bu Sita, tapi.. secara pribadi, saya lebih suka foto sandal dan sepatu. Hadiahnya sendiri diserahkan lagi kepada Bapak Asmoro selaku pengurus rumah singgah. Selain itu, rumah singgah ini juga mendapatkan bantuan materi dari Microsoft.

Arbain Rambey & Bu Sita pemenang lomba foto

Untuk merangkum semuanya, acara volunteering pertama yang diadakan Microsoft, dengan total volunteers Microsoft yang datang sebanyak kurang lebih 25 orang ini bisa dibilang berjalan lancar dan sukses. Sepulangnya dari sana, saya berasa kalo badan saya rada bau kali karena tadi abis dipeluk sana sini sama anak2 yang ingusnya meler2 dan kukunya kotor tersebut. Ah, sebodo amat, yang penting cantik entar bisa mandi lagi. Biarin bau badan, yang penting hati saya wangi *najis surajis*. Ealah.. Pas ketemu sahabat saya Jatu di Citos, dia rada mau muntah gitu nyium saya. Ahahaha.. Ah I do love kids so much.. Ada yang minat jadi volunteers untuk acara2 kantor saya? Diterima dengan dada yang lapang dan besar loh.. CUP.

Thanks for the great job, guys!

20 thoughts on “Microsoft Volunteering Day

    • titiw says:

      Eeh.. ntar kantorku mau adain volunteers day.. kalo emang minat, kamu aku daftar ya.. tunggu tanggal mainnya, hehe..

    • titiw says:

      Eh, ada si pemenang lomba.. hehe.. Gemana kalo aku yang jadi blogger untuk Microsoft? Tapi bahasa aku rada nyampah sih mbak, gak sesuai ya.. hoho.. Anyway, your very welcome mbak.. :)

  1. zee says:

    Mau dong jadi volunteers, but nanti yaa… begitu kesibukan tdk terlalu mengejar gw yg sibuk urus anak semata wayang, gw ikutan.

  2. Caroline Mathilda says:

    HI Mba titiw, aku Mathilda, kalau masih inget, aku yang ada di salah satu foto di atas, yang judulnya “Volunteers membantu anak-anak menulis nama” ^^

    Aku baru dapet info dari bu sita nih website titiw.com ini (thank u bu sita^^). Kebetulan aku butuh info, nama daerah kumuh ini persisnya apa ya Mba? Aku sedang nyusun skripsi, dan akan ambil daerah kumuh ini sbg populasi penelitianku.

    Mohon infonya ya mba , thanks so much looh sebelumnya ^^

    Best, thilda

    • titiw says:

      Hai hai.. wah nice banget mau bikin skripsi ttg anak-anak jalanan. Keren.. Aku tanya sama temenku dulu ya.. Soalnya waktu itu aku cuma volunteer, yang ngurusin temenku di kantor LSM yang dulu.. WIll get back to you ASAP.. :)

    • titiw says:

      Haihai.. Ini aku baru inget bales.. alamat sanggar ini di Jl. Budi Raya No. 80B
      Kemanggisan, Jakarta Barat. Sedangkan kalo mau menghubungi Pak Asmoro-nya sendiri di Jl. Sinar Budi No.16
      Jembatan Dua, Jakarta Utara
      Telp.: +(62) 21 6627685
      Faks.: +(62) 21 6627685
      HP: +(62) 81514015008
      Email: [email protected]
      Semoga membantu! :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *