Cibang Cibung @ Pulau Tidung (Bagian 2)

Sebelumnya, Cibang Cibung di Pulau Tidung Bagian 1 bisa dilihat juga lho.. Yang di bawah ini bagian ke-2 nya. Enjoy!

Minggu, 12 Juli 2009

05.00 Bangun

Siap2 lala lili untuk bersepeda lagi mengejar sunrise at the long bridge of Pulau Tidung. Dammit, anak2 udah duluan, jadi saya ngejar dari belakang. Sangking hotnya ngegowes, pedal sepeda saya coplok. COPLOK, sodara!!! Saya ulang: PEDAL SEPEDANYA COPLOK! Anjrit! lumayan jauh dan tuh jalan kaki ke dermaga yg kemaren. Mungkin pantat en selangkangan saya udah jenuh ber esek2 dengan jok sepeda, hingga mereka berdoa supaya saya jalan kaki aja. Yeah, your wish is granted, ass hole! (literally ass hole)

06.00 Foto2 sunrise & breakfast

Sunrisenya rada kayak sunset. Foto2 yang diambil sama Ricka lumayan keren2 nih di sini. Hpnya Rahmat nyemplung, dan doi nyemplung ke bawah deh. Mumpung dia lagi di bawah, kita karyakan dia dengan moto2 kita yg lagi di atas jembatan. Ha ha. Lanjut makan nasi uduk dengan lauk tahu tempe yg diembat sama Ime. Boong kalo kalian gak ngeces liat foto2 tante di bawah ini..

Lompat Kodok
Sam & Syal

08.30 Lanjut sepedaan ke Pulau Tidung kecil

Saya gantian sepeda ama mas Rian dengan jok yg memperkosa selangkangan, keras banget, men! Di perjalanan, kita ngelewatin ilalang2 dan menyeruak-nyeruak rumput liar gitu. Weish, lumayan deg2an lah sepedaan di sini. Selain itu, kita juga ngelewatin semacem balai penelitian dengan banyak bibit2 mangrove di depan balai tersebut.

Bersepeda ke Tidung Kecil

Semua sepeda berenti pas nyampe kuburan. Siyahahah.. serius! Di sini ada kuburan seorang Pahlawan dari Banten yg kurang tenar gitu. Tulisan di nisannya sih “Panglima Hitam”. Pulau Tidung kecil yg gak berpenghuni ini dijaga sama seorang bapak bernama Bapak Suharna yang bahkan dia sendiri bukan orang asli situ, melainkan orang Ciamis. Gak sendiri2 amat sih, bedua sama kucingnya yg warna kuning. Kita juga diliatin sumur tertua di sana. Sepeda ditinggal di depan rumah Bapak Suharna, dan kita lanjut jalan kaki ke arah pantai (bagian belakang pulau gitu). Di sini airnya surut. Dan banyaaaak banget bintang laut a.k.a Patrick. So watch your step, buddy.

Kuburan Sang Panglima
Treking ke tepi pantai
Patrick dkk

Foto2 pemanasan, foto wajib eike di pantai, buka baju, oles sanblok, RENANG!!! Karang di sini lumayan bagus. Tapi lumayan merana juga renangnya lantaran karangnya pendek2 dan ombak rada menggulung. Anak2 pada luka kakinya kena karang. Oh iya, di sini juga eike ketemu ubur2! Saking paniknya, gak tau deh saya nendang sapa itu di belakang saya. Hehe. Tips: Renang di sini jgn lupa pake sendal gunung ya anak2..

Pemanasan di kala udah panas
Gaya Meroda Andalan
ubur-ubur terdampar

11.00 Back to Penginapan

Pipis2 dulu (lah.. dari tadi lu di laut ngapain tong??!) dikarenakan kita mau lanjut snorkling di tengah laut!! Ke dermaga, trus naik perahu kurang lebih 40 menit ke tempat snorkeling. Perahu ini kita carter, dan kata si Bapak yg bawa perahu, perahunya punya bule. Ih.. gemana sih nih orang kita. Senyampenya di lokasi, tentu saja kamera bawah air Ricka banyak diperbantukan di sini. Duh, betis kebeset karang, rasanya perih abis. Saya gak terlalu lama nyelemnya, langsung naik ke perahu dengan susye payeh dan ngasi betis saya pake betadin dengan membabi buta. Ketika anak2 masih di aer, saya, Ime, Anin, dan Mbak Nyanyu merawanin kelapa2 yg udah dibawa dari penginapan. Airnya enak dan seger!! Lanjut gerogotin daging kelapa sama Anin secara barbar. Balik ke penginapan, sempet tidur di perahu.

Ketauan ga bisa berenang.. Pelampungnyaa kelihatan.. x)
Kelapaaa!

14.00 Makan siang & Mandi

In Cold Blood psp

Gak tau kenapa yg namanya cewek2 itu selalu dan selalu ijo matanya ngeliat basho. Jadi alih2 langsung balik ke penginapan, wece2 pada ngebaks-o dulu.. Set dah, baksonya segede pala bayi. Huahahaha. Saya mah pass, mandi duluan dan makan duluan. Laper banget, sampe nambah. Buset, eike makan pepaya ampe 4 biji. Moncor2 dah.

16.00 Siap-siap di Dermaga Pulau Tidung, Pulaaang!!

Pulangnya masih pake perahu carteran yg tadi anter kita snorkeling. Di perahu sempet main UNO, tapi enek, jadi tidur aje dah. Mana goncangan perahunya lumayan juga. Huhuhu.. rada deg2. Perjalanan agak lama, nyampe di Pelabuhan Muara Angke jam 7. Pipis. Foto2 lagi. Pulang deh nebeng Riri setelah sebelumnya beli otak2 Muara Angke dulu buat orang rumah (10.000 dapet 20 biji. Tapi cilik2 abis). Thx guys!! Sampe ketemu nanti di.. Eng.. Trip ke Sumatra awal Agustus? Hahahaha!!! LANJUTKAN!

Otak-otak Pekalongan rasa Muara Angke
See you on our next trip, guys! :)

Jadi, terjawab kan kenapa pantat dan selangkangan serta betis saya perih seperti sudah dibahas di Trip ke Tidung bagian 1..? Hehe.. Happy traveling!

98 thoughts on “Cibang Cibung @ Pulau Tidung (Bagian 2)

    • titiw says:

      Ada.. eh kok lu olang manggil semuanya mbak sih..? riri kan cuman beda setaun.. beda deh kalo ama si imeh *lirak lirik takut ada ime* Besok2 manggil gue juga mbak ya…. (feodal banget)

    • titiw says:

      Coba dikoreksi ya nak gilang.. itu tante bukan split, tapi lagi koprol.. eh iya gak sih..? Tante rada kurang kalo split, soalnya selangkanan masih perih kan..

    • titiw says:

      Harus ke sini boo.. masih di Indonesia kok.. di Jakarta, malah.. yg terkenal sama debu dan polusi itu..? bukan di sini tempatnya.. hehe.. Sama2.. :)

  1. pakacil says:

    benar-benar terlihat mantap pantai dan lautnya.
    nampaknya saya sudah menemukan benar-benar tujuan kalau ke Jakarta.
    *teguhkan niat, dan harus nabung*

    • titiw says:

      Weits.. ada aja sih yg bisa.. tapi ini gaya udah eike patenin ala peggy melati busuk yg matenin kata “Pushiiing”. Kalo rame2..? ah.. mereka2 yg udah pada renta ntar malah bikin susye, hehe..

    • titiw says:

      Pokoknya mah kemaren ini pan 250.000, udah all in.. ini karena pergi ber-19 orang dan udah paket lah istilahnya. gak tau deh kalo ngeteng..

    • titiw says:

      Iya mas.. yg adain mbak nyanyu.. kagak bakal dishare di fesbuk.. kita mau ke teluk kiluan yg banyak lumba2nya!! Ngeteg duluan gih!!

    • titiw says:

      ADA! Emang kamu gak meratiin beb..? waktu itu yg nemuin si mbak nyu sih.. ah kamu tau ah.. wong kamu juga ikut pegang2 kok..

    • titiw says:

      Nyeh..? KEMENG apaan tuh bu..? bahasa jaman malari dulu yak..? haha.. Yuk yak yuk bersepeda.. *bersepeda dengan kepang 2 ala th 60an*

  2. tya says:

    oohh begitu bentuk ubur2, ko warnanya gak pink ya?
    tiw klo mw daptar gitu2an dimana ya? minta kontek personnya dong sapa taw kapan2 pengen kesana,

    eniwei nice trip! ditunggu cerita selanjutnya! ;)

    • titiw says:

      Emang harusnya ubur2 warna pink ya..? kemaren eike liat sih transparan putih gitu kayak celana dalem sekali pake.. Ini juga sih sebenernya DISINYALIR ubur2.. wakakakak.. sotoy2 aja gituh maliih..

  3. mila says:

    tampak seru dan menggiurkan. ada contact person untuk pemesanan wisma ato penginapan di P. Tidung ga? pengen ke sana juga niy..

    • titiw says:

      Menggiurkan..? Hehe.. saya jadi gak enak.. kesannya ini tulisan kuliner.. wah.. gak ada CPnya tuh mbak, soalnya kemaren sama temen2 sendiri aja tuh yg ngadain.. Tapi ntar kalo ada aku apdet ya.. apa gak mau ke pulau peucang ujung kulon aja mbak..? kalo ke sana aku punya nomor orang yg guide kita ke sana..

    • titiw says:

      Wah.. gak ada tuh mas.. lagi abis.. hehe.. maaf soalnya bukan saya yg ngadain.. tapi entar saya tanyain ama engkoh2nya ya..

    • titiw says:

      ealah.. emang mbak joanne ini di mana..? di luar negri ya..? mending pulang ke indonesa mbak.. seru.. ada bom di mana2..

    • titiw says:

      Menghitam..? pastnya san.. tapi gw malah tambah doyan kalo tambah item, hihihi.. udah mana laki gw juga doyan bener ama gw kalo gw tambah item.. cucok toh..?

    • titiw says:

      Waduh tong.. ada poto yg cakep gua pacarin dah.. hehe.. eh? gak ada yg di banten.. saya orang makasar, lahir di jakarta.. *curhat* nah tempat cibang cibung kita ini juga masih masuk Jakarta.. Salam kenal juga.. :)

    • titiw says:

      Oh, kamu kampungnya di tidung..? wah bagus2.. di situ lebih aman, persentase kecelakaan di jalan sangat rendah soalnya.. hehe..

  4. Ika Setyaningrum says:

    Dear Tante Titiw,
    Aku & temen2 jadi pengen ke Tidung nih, mohon infonya dong:
    1. Nama + Nomor telp + harga utk Penginapan
    2. Nama + Nomor telp + harga utk sewa kapal (buat snorkling & balik ke jakarta)

    Thanks,
    Ika

    • titiw says:

      Waduh2 nak ika.. maaf sebelumnya ya sayang.. tapi tante gak segitu taunya tentang anuh2 ke pulau ini.. karena waktu itu temen tante yg manage, dan tante tinggal ongkang ongkang kaki tuh.. btw di sana adanya sewa sepeda.. kalo snorkel mah pinjem aja sama tmen2 kamu.. hihi.. ntar tapi tante tanya sama brondong yg ajak tante ke sini ya..

      Your welcome.
      T

  5. sawali tuhusetya says:

    saking asyiknya melihat foto, saya jadi ndak baca narasinya, mbak titi, hehe … makin membenarkan bukti ungkapan bahwa satu gambar lebih bermakna ketimbang 1000 kata, hehe …. foto2nya tampak alamiah dan sesuai warna aslinya. diam2 mbak titi fotografer hebat! salut!

    • titiw says:

      Eh bapak!! jangan gak baca dong pak!! Ini bikinnya udah pake jumpalitan kiri kanan lho! hohohoho.. Foto2nya bagus dong.. soalnya.. Bukan hasil jepretan aku.. heeee..

    • titiw says:

      Baru tau kalo apa mas..? Kalo ada pulau ini yak..? hehe.. iya, saya yg orang jkt aja juga baru tahu.. Thx for dropping by..

  6. Menik Tri Hernani says:

    Dear Tante Titiw,

    Akyu Menik, aku juga suka jalan-jalan kepulau seperti tante titiw but I expect to meet ubur-ubur instead of brondong ..hehe.. Anyway, October nanti akyu dan 18 orang teman-teman planning to visit Pulau Tidung 3-4 October 2009. Baca blognya tante, akyu tertarik sama boat sewaan itu, klu boleh bagi-bagi informasinya…masih simpan nomornyakah plus nomor telp untuk sewa wismanya itu lho. Thank you banget lho tante… ;)

    Cheers,
    Menik Tri Hernani

    • titiw says:

      Huaaa!! Kamu mo ketemu ubyur2 darling..? itu kan anuh! Eh sting tuh apa sih bahasa indonesianya..? Pokoknya menyengat! wah kalo ini itunya ttg tempat itu tante gak terlalu tau nak, karena teman tante yg ngadain, namanya Marli. Gini aja, nanti kalo Tante boleh ngasi tau kamu telpon atau imelnya si Marli ini, tante kabari lagi ya.. Jangan ragu untuk cibang cibung di pulau Tidung! hihihi.. CUP.

  7. manunk says:

    titiwtuitt..,
    wah keren artikelnya..
    jadi pengen sana, tempat snorklingnya ma pramuka bagus mana tiw?
    thanks,

    manunk

    • titiw says:

      Wah, kebetulan pulau pramuka malah aku belum pernah.. Insya Allah mau ke sana pasca lebaran ajah.. mau ke Pramukanya maksudnya.. tapi kalo kata temen2ku sih, paling bagus di pulau air, yg deket pulau pramuka..

  8. nita says:

    Tante Titiw aq jg minta donk emailnya marli tmn tante itu.. aq sm tmn2qu lbr lebaran ini mw ke pulau tidung,, jd mohon dgn amat sgt nih,, bth bgt info n cp.. makasih ya..

    • titiw says:

      Haha.. aduuh.. aku gak enak sama Marlinya nih say.. okeh.. jangan berharap banyak.. but i’ll try my best yaa.. :D

  9. Fia says:

    Hay titiw..

    Gimana caranya ikut jadi anggota,
    ku juga hobi banget jalan..
    sama kaya kamu semua tempat baru walau jauh ku dan teman2 pasti kunjungi..
    tapi lebih utama wisata air gitu kaya air terjun atau pantai..
    Hampir semua air terjun daerah Jawa Barat di Kunjungi begitu juga pantainya,,

    • titiw says:

      Wah.. kita tuh gini2 gak ada anggota2an say.. :) Ini murni temen2 ketemu di trip aja, yg jadi akrab dan tuker2an info ngetrip.. :D maaf ya..

    • titiw says:

      Saya kurang tau juga.. karena waktu ke tidung ini kita gak nyewa snorkel.. kalo penyewaan snorkel lengkap sih setau saya adanya di pulau pramuka..

    • titiw says:

      Kalo gak salah nyebrang ke tidur kapalnya Rp 32.500 pokoknya 30 ribuan lah. Dari muara angke kurang lebih 1,5 jam..

    • titiw says:

      Kalopun gak bawa kamera underwater, tiap to harus deket2 temen yg bawa mas.. hehe.. :D Biar tetep eksist.. :D

  10. Jacqueline says:

    Mba titiw, aku n tmn2 jg mau ke tidung weekend ini.. Cm skg jadwal kapal hr minggu yg mau ke jakarta jd jam 12.. Jd ga bs smp sore deh sayang.. Haha, oiya mau nanya dong.. Aku kan pake paket travel yg a liat di internet gt.. Terpercaya ga ya? Kita dimintain fotokopi ktp gt, ktnya org2 yg masuk tidung harus didaftarin di rt.. Minta infonya dong.. Aku pake web ini http://id.88db.com/Perjalanan-Wisata/Paket-Perjalanan/ad-451570/
    Kalo bs di bales asap ya mba.. Spy kita2 ada bayangan.. Haha, btw blog mba super fun!! Kl mau email ke saya aja.. [email protected] thanks ya.. :)

    • titiw says:

      Biasanya sih paket2 wisata gitu lumayan bisa dipercaya kok. Apalagi kalo perginya rame2. Aku udah liat websitenya, harga segitu emang standar, gak dimahalin banget. Aku sih waktu ke tidung yang bikin acaranya temen sendiri. Dia gak minta KTP tapi minta nama, nomor KTP, nomor telp dll buat asuransi sih, tapi gak tau deh apakah harus didaftarin RT atau nggak.

      Nah kamu kalo misalnya ke tidung gak asoy kalo gak inep, supaya di bisa sepedaan dan puas jalan2. Waktu itu aku bisa pulang sore karena kapal carteran sendiri, jadi gak naik kapal yang angkot bareng orang2 ituh.. Have fun! ;)

  11. Cuex says:

    template nya keren, sekalian info kemarin temen gw asli orang sana nawarin ke tidung murah,

    Kalo ada yang mau coba paket bisa dilihat disini … harga murah sudah termasuk semuanya (info lebih lengkap silahkan lihat http://www.hematwisata.blogspot.com hubungi langsung 02196253989
    murah gan minimal 5 Orang 300rb (kurang) dan kalo makin banyak tambah murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *