Komik Guru Berdiri Murid Berlari: Super Hilarious!

guru berdiri murid berlari cover

Dunia pendidikan, khususnya hubungan antara guru dan murid memang menampilkan sebuah realita sosial sehari-hari yang penuh dengan warna tersendiri. Sedikit atau banyak, perilaku pendidik memengaruhi pula kelakuan murid, atau peserta didik. Itulah yang membuat profesi guru atau pendidik menjadi tidak mudah, ia akan digugu dan ditiru. Banyak dilema antara guru dan murid yang bisa menimbulkan cerita tersendiri, baik dari segi positif maupun negatif. Hal inilah yang ingin digambarkan oleh Eko S. Bimantara, seorang mahasiswa seni rupa UNJ yang membuat komik strip pertamanya berjudul “Guru Berdiri Murid Berlari”.

Biar lebih gampang inget si Eko alias Ekotoon ini, masih inget portrait di SINI ? Nah itu yang gambar ya si nak Ekotoon ini. Cerita-cerita yang berada dalam komik perdananya ini menggambarkan keseharian yang sadar atau tidak, memang jamak terjadi di Indonesia, khususnya Jakarta. Misalnya saja, kejadian contek mencontek antar teman di kelas, pengalaman dimarahi guru, ataupun peristiwa dimana seorang anak murid yang kecewa ketika tahu hadiah menjadi juara hanyalah sebuah piala, bukan berbentuk uang. Tokoh-tokoh yang muncul pun seakan-akan sangat akrab bagi kita. Guru yang galak mengingatkan kita akan guru Bahasa Indonesia kala SMP, murid yang usil mengingatkan akan teman yang badung ketika SMA, sedangkan kejadian lain mengingatkan akan kelakuan kita sendiri yang pernah kita alami dalam menghadapi lika-liku yang terjadi di masa sekolah. Tak hanya sekedar melucu, Eko juga mengangkat beberapa isu pendidikan, semisal Ujian Nasional, ataupun mengenai kesejahteraan guru yang membaik.

guru berdiri murid berlari titiw

Lepas dari isi komik, ciri khas yang jelas terlihat dalam tiap goresan Eko ialah gambar mata dari tokoh-tokoh dalam komik. Semua mata tokoh yang ia gambar bagaikan keluar dari rongga mata. Selain itu pilihan kata untuk narasi komik ini sendiri juga cukup berbeda dan “keluar” dari kaidah bahasa yang dipakai sehari-hari. Misalnya kata “Aduh” dia ubah menjadi “Adah”, ataupun “Adow”. Dan yang paling bikin saya ketawa tiwi sama temen2 komplek waktu saya bawa komik ini ke kumpulan kami adalah kata “Tam” & “Par” yang menjadi backsound suatu gerakan menampar. Belum lagi kata “Ngabral ngibril ngubrul ngobrol” yang juga bikin kita2 menggila.

Komik ini tidak terlalu tebal, dengan merogoh kocek sebesar Rp 16.500, komik yang pastinya membuat Anda tersenyum ini sudah dapat Anda miliki. Cukup terjangkau untuk para pendidik yang honorer, ataupun murid SMA negeri yang sehari-hari naik sepeda ke sekolah. Mengenai sang pengarang, Eko, jika kamu pernah melewati jembatan di samping taman Ria Senayan, Anda akan menemui gambar “Buaya & Cicak” di bawah jembatan itu yang mengangkat tema mengenai korupsi yang baru-baru ini ramai dibicarakan. Untuk sekarang, Eko yang memiliki rambut kribo masih terus berkegiatan di komunitas seni rupa dan pendidikan “Serrum” di Jakarta Timur sambil mencoba menyelesaikan kuliah S1nya.

PS: Temen2 komplek saya suka banget lho Ko sama komik ini, ditunggu komik selanjutnya dan bundel KRL!

Tulisan ini juga ditulis di IndonesiaKreatif

11 thoughts on “Komik Guru Berdiri Murid Berlari: Super Hilarious!

  1. ade s says:

    …kata “Tam” & “Par” yang menjadi backsound suatu gerakan menampar.
    whahhahaa…ngebayanginnya aja aku udah ktawa-ktawa. jadi penasaran sama komiknya nih :)

    eh, eh, ada juga lho (semi) komik yang lucu dan peka sama masalah pendidikan. judulnya “Pengumuman: Tidak ada sekolah murah”. Yg bikin namanya Eko juga. Aku pikir ini adalah org yg sama dengan yg kamu tulis. ternyata eh ternyata, lain! namanya Eko Prasetyo. Doski bikin komiknya berdua sama Terra Bajraghosa. Komiknya lucuuu..Hohoho

    • titiw says:

      Iya de! Komiknya ringan, menghibur, tapi memberi pesan yang cukup dalam untuk dunia pendidikan. Oh gitu ya..? Maksudnya semi komik tuh apakah..? Ada linknya..? Jadi penasaran.. :D

  2. vitawahyu says:

    saya yang baca buku2 ini ngakak betul + teringat masa2 sma dulu, ketika super bandel.
    nice satir comic :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *