Events

KumKum 2010 yang Super Hijau!

Wednesday, 28 April 2010

Bulan April memang bulannya lingkungan. Untuk meramaikannya, KumKum sebagai tempat berkumpulnya komunitas-komunitas mengadakan acara yang seru di Museum Bank Mandiri tanggal 17-18 April 2010. Tunggu. Acara KumKum ini sendiri ngapain aja sih..? Ada bazaar, ada temu komunitas, ada pameran, tempat bermain anak, dan ada yang lain-lain yang ternyata SUPER HIJAU!

Lihat muka anak ini yg telah membangun mainan dari barang bekas. Priceless! :)

Kenapa saya bilang super hijau? Liat point2 di bawah ini kakak..

  1. Dalam menginformasikan acaranya, KumKum bergerilya secara online. Dengan Twitter, milis, serta blog. Tidak ada kertas yang terbuang percuma kan..?
  2. Untuk tempat, KumKum memakai Museum Bank Mandiri, yang mana di bagian dalamnya itu masih hijau dan banyak sekali pepohonan rindang.
  3. KumKum tidak menarik bayaran untuk acara ini, dan orang-orang yang berpartisipasi pun (yang buka stand) kalo tidak salah juga tidak dipungut biaya, kecuali yang jualan. Yang jualan pun tidak seberapa dipungutnya.
  4. Semua pihak yang berjualan tidak boleh menjual barang yang tidak ramah lingkungan, tidak boleh memakai plastik, dan tidak boleh pula memakai Styrofoam. Sehingga, saya makannya kayak jaman di kantin sekolah dulu, pake piring dan gelas. Saya lihat banyak orang yang bawa tempat makan sendiri.

Dan sebenernya masiih banyak lagi, tapi hanya itu yang saya inget, hehe. Oh ya, stand-stand yang berkesan bagi saya:

  1. Wiken Tanpa Ke Mall. Weekend masa ke mall terus? Ya nggak canggih dong, manfaatkan lahan terbuka hijau di sekitarmu untuk mendapatkan kesenangan! Program2 mereka antara lain: Jalan2 ke ragunan, baca puisi di Kebun Raya Bogor, dsb. Di sini, kita difoto ala anak gunung & Anak pantai! Hihihi..

    Wiken Tanpa Ke Mall. Yihaa!

  2. Astronomi. Di sini kita bisa minjem kacamata hitem khusus dari mereka untuk lihat matahari yang lagi nyolot2nya siang itu. Matahari terlihat bulat sempurna dengan warna orange menakjubkan.
  3. Stand Souvenir KumKum. Di sini, saya dan beberapa teman WWF (Priska & Mbak Ve) beli saputangan gede yang bergambar peta jalur Trans Jakarta & jalur Kereta Api Jabodetabek. Cool!

    Saputangan babuncu ampat nan geda dan berguna!

  4. Stand “Desa Sejahtera”. Komunitas di pasar minggu ini bertujuan untuk memajukan produk-produk organik lokal yang ramah lingkungan. Misalnya saja, di sana dijual tepung Garut, yang cocok untuk anak autis karena tidak mengandung gluten. Ada pula buah-buah langka yang dipajang. Kalo bisa nebak buah, kita dapet pin! Di sini pula kita ber4 si para gila belanja, membeli tas belanja keren bertajuk “Respect. Responsible Living”. Agak mahal sih, tapi entah kenapa tiap denger kata “Nanti pemasukannya akan disumbangkan kak..”, saya selalu luluh, huhu..

    Stand Desa Sejahtera, Tebak Buah & beli tas belanja keren!

  5. Stand yang jual kerajinan2 khas NTT. Di sini, karya2 rajutannya lucu-lucu banget, tapi duit udah menipis! Saya dan Lala masang tampang melas karena dompet udah kering. Tapi akhirnya saya kalah juga dan membeli tas clutch untuk ke pesta yang terbuat dari Rotan.

Selain itu, ada tempat untuk nyoba buah langka (Buah Menteng rasanya aseeem!), Komunitas Sioux yang menampilkan ular, dan juga komunitas yang emang “hijau” dan sehat yaitu komunitas Parkour yang turun dari lantai 2 tanpa bantuan alat apapun. Acara ditutup oleh Sanggar Roda yang memainkan musik2 etnik (brondong semua pula!), dan Cozy Street Corner, band yang lagu2nya enak, mencuci otak, dan beberapa malah bertema lingkungan. Kesemuanya kita tonton di atas rumput segar dan di bawah pohon nan rindang.

Sanggar Roda

Cozy Street Corner

Senangnya hari itu.. Saya berharap acara2 hijau seperti ini harus sering2 diadain lho. Dan ngelihat tawa anak2 kecil yang berlarian di hamparan kala itu sungguh tak ternilai rasanya. Congratz KumKum, bulan depan adain lagi yuuk! ;)

Green is all around us!

35 thoughts on “KumKum 2010 yang Super Hijau!

  1. perez says:

    wuih seru…pengen deh dateng ke acara macam begituan! kakak…bulan depan ada jadwal acara hijau2 lagi gak….

    1. titiw says:

      Hihi.. Kalo bulan depan ada say.. Penanaman pohon trembesi kalo gak salah, tapi di Demak. Hehe.. Sudahlah, pulang sajalah dirimu dari papuan nun jauh ituuuu biar bisa lala lili bersama! :D

  2. didut says:

    kelihatannya di semarang hrs ada yg bikin event reguler kek gini nih :) ..semarang ‘kering kerontang’ dgn event yg hijau hijau gini, bikin dung di semarang hihi~ *komenter ngelunjak*

    1. titiw says:

      Ah, ini juga di Jakarta baru sekalikalinya ada event hijau. Hehe.. Apakah kita harus bersatu untuk mengadakan gerakan hijau..? Misalnya, tanem pohon dari Semarang sampe Jakarta? Huahahahahahha.. PR juga tuuuh.. ;)

  3. Priska says:

    Kereeeeeeeeeeen abissssssss acaranya! Ga nyesel dateng ke sini.. Justru nyesel kalo ga dateng!

    Semoga Kum” berikut bisa menjaring lebih banyak pengunjung lagi!

    PS:
    Kaka Titiw, review tentang SaKe dan BaBe yang berhasil dikumpulin ga ada ya..? Katanya mencapai 100kg lebih loh! Keren yah!

    1. titiw says:

      Hah..? Aku malah gak tau.. wah keren banget bisa ngumpulin sake dan babe sampe sebanyak itu!! Setau aku sih, hasil sampah 2 hari itu cuma berapa kantong plastik sampah gede gitu. Yang mana berarti orang2 peduli sampah dan gak banyak sampah dihasilkan. Moga2 ke depannya bisa bener2 zero waste! :D

  4. nugi says:

    YOK! KITA BERDENDANG BERSAHUTAAANN..

    1. titiw says:

      Bener2 deh nih lagunya Cozy street corner.. tahan di benak sampe 3 hari!! BERGANDEEENGAAAN! :D

    1. titiw says:

      Ayok ayok ayokkk.. :D

  5. eMGe says:

    Dahsyat…. Acara yang begini ini yang perlu dicontoh dan diteruskan, terutama di tengah hiruk-pikuk metropolitan *Jakarta* yang semakin pengap dan membuat penat.. Fiuhhhhh….
    Kakak Titiw… sebelum lupa, saya mau nambahin dikit.. menurut saya disamping suksesnya acara tersebut yang telah menjadi ajang berkumpulnya Komunitas-komunitas serta menyedot cukup banyak pengunjung, hal yang juga penting adalah bagaimana masing-masing kita dapat mengaplikasikan “Sikap ramah lingkungan” dalam kehidupan sehari-hari… Inilah yang menurut saya menjadi tujuan besar KumKum: mensosialisasikan dan menularkan kesadaran pada setiap individu agar memiliki “Pola Hidup Hijau”, bersahabat dengan Lingkungan.
    “Mari bersama-sama kita mulai dari hal-hal kecil yang ada di sekitar kita..!!” :D “meminimalisir penggunaan plastik yang berpotensi menjadi sampah, misalnya..!”
    “Mari berikan contoh nyata, terutama kpd generasi mendatang..!!”

    1. titiw says:

      Betuul mas Emjiih!! Di sini, KumKum ingin agar acara ini tidak dirayakan dalam sehari dua hari aja. Dia ingin agar gaya hidup hijau itu diimplementasikan ke gaya hidup sehari-hari. Makanya yuk berenti ngerokoook.. *ngeloyor ditemani tatapan sewot mas MG*

  6. shanty says:

    @ Priska: BABE (barang bekas) yang dikumpulin pengunjung KumKum dihibahkan ke Yasmin (http://www.yasmin-barbeku.org/) untuk pendidikan gratis berkualitas. Katanya mereka kebanjiran BABE waktu KumKum & masih ada yang minta dijemput ke rumah :-)

    Kalau SAKE (sampah kering) yang dibawain pengunjung dari rumah/kantor/sekolah dan hasil pilahan dari sampah acara, udah sukses dikiloin sama panitia. Total sekitar 418 kg (nyaris 1/2 ton tuh). Uangnya cukup untuk bayar 37 galon air yang dibagikan gratis selama KumKum :-)

    Sampah acara yang dibuang ke TPA memang hanya sekitar 10 kantong plastik hitam.

    Pengennya bentar lagi bisa di release laporan keuangan KumKum…yang totalnya gak sampai habis 10 juta :-)

    1. titiw says:

      Waaaah.. mbak Shanty yang punya acara KumKum bertandang ke blog ini! Suatu kehormatan lho mbak.. :D Terima kasih banyaaak banget atas tangapannya dan laporannya. Gila ya, acara sekeren itu gak nyampe 10 juta dan sampahnya gak nyampe ratusan kantong sampah gede. SALUUTT BANGET POKOKNYA!!! :D

  7. -hni- says:

    aku..
    aku..
    aku…
    menyesal ga dataaaanngg ;'(

    1. titiw says:

      Hahaha.. sesalmu tiada batas mbak! Acara ini supeeer kereeen!! :))

  8. Noe² says:

    Weits keren banget … pasti seru tuh acara …

    1. titiw says:

      Weits.. seru gila2an! :D

  9. zee says:

    Wiken gak ke mall itu sebenarnya menyenangkan dan fun, terutama kalo berhubungan dengan alam ya Tiw. Sekarang kan banyak tuh tempat2 outbond keluarga, sering full kalau wiken. Nanti kalau vaya da gede, mau juga bawa dia kesana, biar makin cinta dengan alam.
    Tiw, gue penasaran dengan stand NTT, ga ada fotonya ya ? :D

    1. titiw says:

      Eh, emang di umur Vaya yg segini, belum bisa diajak ke mana2 ya mbak..? Hihi.. Eh stan NTT ada sih fotonya aku lagi megang tas rotan itu dengan jumawa.. Ahaha.. menyusuul! ;)

  10. nik.e says:

    salut salut salut dengan acara seperti ini
    kabarnya untuk promosi acaranya pun ga menggunakan kertas ya, semuanya lewat internet.
    harus ada yg kedua dan saya harus datang

    1. titiw says:

      Iyah neng nik.. Sayang banget lho kamu gak ke sini.. :D Yep, promosinya itu sangat2 minim kertas, jadi lebih ramah lingkungan, bukan..? ;)

  11. Plesiran says:

    Wah acara yang baru nich dan nggak terlalu hura-hura.
    Semoga sukses dan sarat makna.

    Salam hangat dari Plesiran – media untuk mempromosikan pariwisata daerah anda secara gratis. Pengirim artikelnya bahkan akan mendapatkan tali asih berupa sebuah buku yang menarik dan bermanfaat.

    1. titiw says:

      Hura2 sih tetep, tapi dengan cara yang tidak banyak sampah dan tidak memakan energi yang banyak. Ya, moga2 acara ini tambah sukses lagi dan bermakna bagi kita semua. Amin! :)

  12. jarwadi says:

    Let s go green Indonesia. Dulu saya sering menolak menerima tas plastik ketika belanjaan tidak banyak, Biasanya saya langsung memasukan belanjaan ke dalam tas punggung. Kemanapun saya terbiasa membawa tas punggung. Sekarang ini di banyak supermarket dan swalayan menyediakan tas plastik yang bisa didaur ulang, entah benar atau hanya dilabeli recycleable.

    Salam

    1. titiw says:

      Salam mas jarwadi.. Ah kalo plastik yang di supermarket itu bukannya juga tetep plastik..? Apanya yg bisa didaur ulang..? Mending baw ta sendiri udah titik. Hihi.. Makasih udah shariing ya.. :D

  13. thalique says:

    aku jadi punya ide tiw, bagaimana kalau kamu nikah nanti souvenirnya go green yha..kemaren sempat liat ada suatu acara simposium goodybag nya isinya tanaman dalam pot kecil..seru kan..cocok dech kalau kamu pas nikah souvenirnya begituan hehehe

    1. titiw says:

      Hihi.. waktu itu juga aku jadi penerima tamu temen komplekku, suvenirnya tanaman kecil gitu juga. Hehe.. Tenang mas, gak cuma suvenirnya, kalo bisa semuanya hijau dan hirau!! :D

  14. Nena says:

    Waaah, acaranya oke bangeeett!!! setuju banget dengan poin pertama: wiken tanpa ke mal!! kelihatannya itu perlu dibiasakan pelan-pelan, jadi pembangunan mall nggak sampai membabi-buta kayak di Jakarta gini.. :D sukses terus ya titiw!!

    *oiya, ini Nena yang waktu itu ketemu pas acara hut politikana*

    1. titiw says:

      Betul.. pembangunan mall gak membabi buta, sehingga daerah resapan air tidak terhimpit oleh kejamnya ibukota. hihihihi.. ;)
      Iya inget kok nena yang itu. Heyloooh!!! :D

  15. deesiey says:

    Wah, KumKum..love it…
    Salam kenal yaa..*blogwalking*

    1. titiw says:

      Yep, same goes here! Salam kenal jugaa!!

  16. seno says:

    acara ini bikin ngences kepengen!! gbr

    1. titiw says:

      Gambar udah. Kalo ada kumkum lagi pasti dateeeng! :D

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now