Pohon Trembesi Untuk 14 Ex SPBU

Heyloowh!! Apa kabar dunia? Tambah panas? Tambah gersang? Jika jawaban kamu IYAH BANGET, kita punya problem yang sama, kawan. Sudah beberapa minggu yang anget-anget manja ini saya jalan kaki ke kantor saya di Achmad Dahlan yang letaknya tidak jauh dari Blok M Mall. Kenapa saya memutuskan untuk berjalan daripada naik angkutan umum lagi? Karena ngetem, kebanyakan karbon wira wiri di udara terminal, dan metromini itu muter dulu untuk ke kantor saya! Cih, jadilah mending badinding saya jalan kaki dengan penuh cinta.

Saya nggak masalah sih jalan kaki jauh, tapi kalo udara sepanas ini dengan polusi berdansa dengan nyolot di depan idung sih ya agak lebay juga kali yee.. Nah pas lagi jalan kaki itu, saya liat di depan Melawai ada SPBU yang sudah tidak beroperasi lagi. Tepatnya sih udah jadi puing-puing tanpa kenangan berarti. Halah. Saya jadi mikir, akan jadi apa sih SPBU-SPBU yang dibongkar ini? Seakan menjawab pertanyaan saya dengan maha cepat, Tuhan noyor kepala saya untuk baca koran yang saya bawa untuk seorang teman. Judul Headlinenya: “14 eks SPBU Siap Diubah menjadi Taman.

Mulut saya membentuk “Oooo” yang lama sebelum menyaringnya dengan benar. Ealah.. ternyata sampai ada 14 SPBU toch yang akan dijadikan taman kota.. Saya baca lagi koran tersebut, dan menemukan bahwa Pemerintah akan menanami pohon pelindung seperti Trembesi dan Mahoni. Eits tunggu dulu. TREMBESI..? Kayaknya kemarin-kemarin ada beberapa teman saya yang ngomongin tentang Trembesi deh.. *browse-browse mode: on*. Iyaaak, betuuul! Ada setidaknya 3 teman di dunia maya ini yang menulis tentang Pohon Trembesi.

Ini dia pohon Trembesi! Adem ya nampaknya..

Misalnya aja si Didut anak Semarang itu yang nulis begini tentang Trembesi di postingannya Kehebatan Pohon Trembesi:

Pohon trembesi mampu menyerap 28,5 ton karbondioksida setiap tahunnya. Bandingkan dengan pohon biasa yang rata-rata mampu menyerap 1 ton CO2 dalam 20 tahun masa hidupnya. Mungkin karena kemampuan menyerap CO2 inilah maka pemerintah meluncurkan program Penanaman 1 Miliar Pohon tahun 2010 dengan trembesi sebagai pohon utama untuk ditanam.

Wowww.. itu baru untuk untuk 1 pohon ciyyn! Gemana kalo pohon Trembesinya dibanyakiin..? Eish, ada lagi nih si Om Mbel yang ngemeng tentang Trembesi ditilik dari tampilannya yang bagus. Hal itu bikin dia teringat jalan-jalan di Singapura yang rapi, terawat, dengan pohon Trembesi di tepi jalan.

Dan yang satu lagi, si seleb blog ibu dari seorang putri lucu bernama Vaya, yaitu Mbak Zee. Kalo Mbak Zee malah sempet motret fotonya di jalan dan mempunyai pikiran bahwa semua pohon pasti punya perasaan. Jadi, dia ngasih tips-tips untuk nanem trembesi yang baik.

Kalau hendak menanam pohon trembesi di pinggir jalan, tentu jangan lupa memberi space yang cukup agar pohon bisa tumbuh dengan lega. Memberi kerangkeng pada pohon atau tanaman sama saja dengan memperpendek umur tanaman.

Semua tulisan di atas sangat bagus dan ngasih masukan lebih banyak untuk saya yang emang concern sama lingkungan. Moga-moga aja dengan ditanamnya Pohon Trembesi di tempat-tempat yang pernah dijadikan SPBU itu, Jakarta lebih banyak memiliki ruang terbuka hijau, dan acara jalan kaki ke kantor lebih nyaman karena karbon di udara sedikit demi sedikit terserap oleh si Trembesi yang dahsyat itu. Can I Have an amen for this, people..?! AMEN!

(c) Foto Pohon Trembesi

65 thoughts on “Pohon Trembesi Untuk 14 Ex SPBU

  1. perez says:

    amiiiiiiiinnnn

    sik…tunggu dulu…aq familiar bgd ma nama pohon trembesi! tapi aq lupa gimana penampakannya! tar ya ceu’ aq googling dulu..

    • titiw says:

      Jiyehehe.. manteeps deh kalo familiar sama pohon ini.. Abis googling balik lagi ke mari ya.. Laporkan penemuanmu nak! ;)

  2. nik.e says:

    bagus daaah kalo jadi taman. kalo jakarta ga bisa punya taman super gede di tengah kota, paling ga taman kecil2 nyebar di penjuru kota.
    cuma taman ini sementara atau gimana ya? saya mah suka agak trauma kalo ada yg bikin taman terus abis itu dibongkar berapa tahun kemudian buat bisnis
    mudah2an ga ya *ketokketokkayu

    • titiw says:

      Bener niks.. Seenggaknya meskipun SPBU ini kecil2 tapi nyebar dibandingin nggak sama sekali.. ;) Mudah2an gak sementara ya.. Kesian pohon2nya udah berusaha tumbuh eh ditebang sebelum sempat merasakan nikmatnya menyerap karbon yang berbahaya untuk manusia.. :D

    • titiw says:

      Waw.. kakak dian main2 ke blog akuuuh! :D Berarti kakak dian rumahnya gede dong bisa nanem trembesi..? ;)

  3. tya says:

    AMMMEEENNN AMMMEEENNN AMMMEEENNN…
    sebagai pohon peneduh, trembesi ini emang primadona jeng, serimbun beringin tapi dalam kecepatan tumbuh yang lebih cepat. katanya dalam umur 3 taahun aja batangnya udah menjulur2 kemana2, ayo kita tanam trembesi :)

    darlink!! maapkan daku baru baru maen2 kemari yaaa… klo bercinta sama komputer bodi susah banget diajak kompromi , huhuh.. T.T

    • titiw says:

      Iyh.. kamu tau juga toch ternyata ttg trembesi..? Hihi.. Gpp, aku tau deh kalo ibu2 hamil mah males gerak males ke mane2.. ;) Cup cup cup..

  4. Winarto says:

    Pohon trembesi juga tidak asing bagi saya, demikian juga besi. Di belakang rumah saya di Solo dulu ada banyak trembesi sebelum ditebang untuk dibuat rumah, kalau besi banyak ditemui di sekeliling. Kalau trem, nah itu masih asing banget buat saya :P

    • titiw says:

      Ahaha.. mas Winarto ini bisye aje deh.. :D Wah sayang ya trembesinya ditebang.. itu kayu trembesinya dijadiin bahan untuk bangun rumahnya atau cuma ditebang aja biar lahannya yg dibikin rumah mas..?

    • nik.e says:

      tuh bener kan..jaman dulu di Solo ada Trembesi..berarti bener ya kata Ibu saya :D
      semoga penanaman pohon dan taman di SPBU tak terpakai ini bisa segera deh..ga sabar!

  5. perez says:

    ceu’….i’m back….iyah..ternyata emang familiar! dulu di sekitar rumahku banyak pohon itu! di daerahku biasa disebut “wit meh” wit = pohon. fyi, pas kecil kami sering maen di bawah pohon itu, trus klo lagi berbuah (bentuknya kayak buah pohon kelor, tapi item) kami suka ngumpulin buat diambil bijinya yg sudah tua. abis dikumpulin trus disangrai di kuali tanah ampe rada gosong. trus…dimakan deh! rasanya sih gak enak, pait2 gimana gitu, tp herannya laku tuh dijual :), dibungkusin kecil2 pake plastik gitu kaya jual kacang goreng. bijinya disebut “mindhek,” tapi kayaknya kebiasaan makan biji trembesi di kampungku skr udah punah deh.

    • titiw says:

      Hwaaaa!! Tante senang sama anak muda yang riserc kayak kamu, nak.. ;) Oh gitu..? jadi biji trembesi itu dulu ada di deket rumah kamu..? Emang rumah kamu di mana..? Pasti pekarangan kamu luas deh kalo bisa banyak pohon ini di sekitar.. :D Jadi penasaran kampung kamu di menooongg.. :D

  6. jaya says:

    setuju banget. mobil nambah. cuaca panas. -_-‘ musti nambah pendingin nih … salah satunya dengan membuat taman kota kali ya … biar jakarta makin asri :)

    • titiw says:

      Setuju banget jjaaaayy!! Hihiihihi.. kalo nanem pohon masih gak ngepek juga, kita bikin tato ac aja apa ya..? :D

  7. perez says:

    ceu’….i’m back….iyah..ternyata emang familiar! dulu di sekitar rumahku banyak pohon itu! di daerahku biasa disebut “wit meh” wit = pohon. fyi, pas kecil kami sering maen di bawah pohon itu, trus klo lagi berbuah (bentuknya kayak buah pohon kelor, tapi item) kami suka ngumpulin buat diambil bijinya yg sudah tua. abis dikumpulin trus disangrai di kuali tanah ampe rada gosong. trus…dimakan deh! rasanya sih gak enak, pait2 gimana gitu, tp herannya laku tuh dijual :), dibungkusin kecil2 pake plastik gitu kaya jual kacang goreng. bijinya disebut “mindhek,” tapi kayaknya kebiasaan makan biji trembesi di kampungku skr udah punah deh. eh iya…tapi kami dulu suka dilarang buat maen di bawah pohon trembesi! karena bisanaya tu pohon dipake tinggal ma genderuwo :D

    • titiw says:

      Lohh.. kamu dobel posting darliing!! Heh..? pohon trembesi biasanya ditinggalin genderuwo..? aih matii.. kayak beringin2 gitu doongg!! Kenapa yak pohon2 gede itu selalu ada mitosnya..? huhuhu..

  8. nToel says:

    >>langsung nyari po’on trembesi terdekat buat dipelukcium
    *epek jomblowati

    amiiiin pangkat 10,8~! iyaaah ini panas abis mbaaa, tiap tidur ngungsi ke lorong yg rada adem..berasa gelandangan. Jadi pengen nanem trembesi dalam kos2an +kebanyakankartun+

    hokeh, dtunggu posting slanjutnyaaaah… *pergi nyiapin santet buat yg mo ngbongkar taman SPBU*

    • titiw says:

      Nya ampun yang jomblo liat pohon trembesi ganteng dikit juga langsung diembat.. Tuh lipstik benerin dulu deeh! :D
      Amin juga deh untuk aminnya.. Aku bergantung padamu untuk menyantet orang2 yang ngebongkar taman, nak!! Smoga sakseeess!! :D

  9. perez says:

    ceu’ aq komen lagi yah…
    kampungku di perbatasan jawa tengah n jawa timur! di kabupaten bojonegoro! dulu pas kecil banyak banged tuh pohon di sekitar rumah, maklum pekarangan blakang rumahku masih kebun dan ladang :D
    tapi pas jaman2 SD pohon trembesinya udah mulai berkurang karena ditebangin gitu…

    • titiw says:

      Kamu komen banyak2 di sini gak dilarang loh ciin.. Oh jadi kamu anak timur tengah toch.. Jawa timur & Jawa Tengah.. Hehe.. :D Loh.. pas SD kenapa ditebangin..? Syaang amat! Padahal pohon ini kan bisa hidup ame 100 th loh!! Mantep kan..?

  10. eko says:

    Wah keren,
    akhirnya pemerintah sedikit peduli dengan keadaan Jakarta yang bolak-balik 32-36 derajat celcius aduhai panasnya ini… mudah-mudahan pohon Trembesi bisa membuat saya yang selalu bermalas-malasan sambil minum es soda di depan kipas angin ini bisa semangat untuk jalan-jalan keluar rumah keliling Jakarta! Nice post Mpo Titiw!

    • titiw says:

      Amin ya Allah.. aduhai panasnya dunia moga2 sediikiittt aja bisa diademin sama Trembesi. Wah, minum soda depen kipas kayaknya seger tuh, moga2 besok jadi bisa minum soda sambil ngaso di bawah pohon trembesi. Makasih Ko! ;)

  11. anien says:

    wiiiirrrrr…trembesi emang ademnya puooollll.. apalagi kalo dahannya bisa dipasangin ayunan.. bedeeeuuhh.. mantep! bisa buat maen anak kecil sambil piknik dibawah puun siang siang..
    bisa buat boci deh.. bobo ciang! hehehehhe..

    bisa jadi ada kebiasaan kaya orang jepang tuh, hanami dibawah puun trembesi..

    mudah mudaan puunnya juga kuat kena terpaan angin, biar ngga pada tumbang kalo udah gedegede..

    eh eh.. ada efek secara ekologi ngga sih? kalo nanemnya trembesi yg (misalnya) bukan vegetasi lokal daerah tsb ada dampak ekologinya ngga tiw? *pertanyaan ilmiah biar kliatan pinter* :P

    • titiw says:

      Lahh.. Emang di Jepang ada pu un trembesi juga nien..? Wah.. saudara anin dari banyuwangi.. Pertanyaannya baguus.. mari kita search mbah gugel dulu.. Oke.. Setelah dilihat dari sedikit penerawangan mbah, Akarnya trembesi itu besar. Jadi kalo bisa, pas penanaman itu ada jarak dengan tanaman lain agar tanaman lain yg lebih kecil itu tidak “kalah”.. Begitu dik..

      • anien says:

        kamsutnya HANAMI nya yg niru.. kalo di jepang kan hanami di bawah puun sakura kalo kita di bawah puun trembesi..:P

        hooo.. akar nya besar ya.. hmm.. entah kenapa terbayang ade rai dengan urat uratnya yg liat itu.. hahahaha..

  12. nugi says:

    salut buat bang kumis..kalo usaha2 ‘meneduhkan’ jakarta gini makin digiatkan, saya percaya dalam jangka panjang akan mempengaruhi watak penduduk jakarta..sebab, kalo gak ada usaha ke arah situ yg membuat kota ini makin panas, penduduknya makin lama akan makin agresif & temperamen..(sok2 eko-psikoanalisis :D)

    • titiw says:

      Eits.. emang gitu ya..? jadi intinya makin adem suatu tempat makin gak temperamen orangnya..? Trus kalo orang2 Inggris yang pada nonton bola itu kenapa tetep agresif..? Padahal kan kotanya dingin.. Uhuk..

  13. anggit says:

    hmm trembesi itu termasuk keluarga pohon beringan nggak sih? dulu pohon akasia kayaknya rame juga deh di jakarta, di pondok bambu II juga banyak. kira2 efektifan mana?

    • titiw says:

      Hah.. akasia di daerah rumah kita banyak mas..? kapaaan?! Jaman gw belum lahir yak..? Pas pondok bambu masih sawah..? :))

  14. ibhe says:

    eh, di daerah rumahku (ciputat) ternyata banyak trembesi! Adem! dulu waktu kecil suka panjat2 sama temen2 :D. trus bikin ayun2 dari ban bekas. ternyata banyak manfaatnya ya (aku abis baca status fb kamu, bisa jadi tempe segala!!). TOP banget dah si trembesi ini!

    Sekarang masih berdiri kokoh tuh (kayaknya).

    btw, dapet salam dari yang coklat2 ti! haha kamu suka yang coklat2 kan? disini banyak! buluan pula :))

    • titiw says:

      Oh.. ayaknya emang daerah jakarta selatan tuh pohonnya masih dipelihara dengan baik ya.. secara trembesi ini juga umurnya bisa ampe 100 th bhe! Iya, dia bisa jadi tempe pula, buatannya anak UNAIR tuh! Hihihi.. coklat2 kulitnya maksudnya..? Kalo udah arabian nite gitu Ewww bangeets.. *muntah*

  15. didut says:

    weh blog saya dipromosiin yah :P … anyway semoga suatu hari nanti sempat melihat pohon ini seperti apa :) atau bs mengenalinya ketika melihatnya di jalan

    dan soal SPBU tadi, saya iriiiiiiii ..cih …knp di semarang pemkot tdk membongkar mall buat jadi taman kota LOL

    • titiw says:

      Ahahah.. seneng kaaan blognya dipromosiin..? ;) Loh emang di Semarang nggak ada trembesi dut..? kan luna maya beberapa waktu lalu ke sana nanem trembesi.. :D Hihi.. Yoi tuh, bongkar aja mall jadi taman kota.. sekalian yang gedeee gitu.. :D

    • anien says:

      jangaaaannn.. ntar semarang jadi kampung lagi! mending bongkar CL jadiin blitz megaplex.. trus si simpang 5 jadi hutan kota.. penuh trembesi.. maknyuuusssss..

      semarang bawah emang panas bgt!

      huhu.. jadi kangen makan es teler pake duren di bawah puun rindang depan taman makam pahlawan.. *nostalgila*

      • titiw says:

        CL apa sih..? Citraland..? hehehe.. Emang kenapa sih Nin kalo Semarang jadi kampung lagi..? kan lebih asoy.. lebih adem,, gak ada sikut2an kayak di ibukota.. Huh.. dasar anak (yg cuma kuliah) di Semarang! :D

  16. Adri says:

    wah, kayaqnya cocok nih buat lingkungan industri seperti pulogadung yang panas dan berpolusi akibat cerobong asap pabrik :)

  17. eman says:

    itu nanemnya dari kecil kan? kira2 butuh berapa lama buat sampe segede di gambar? keburu di gusur lagi deh tuh taman :p mari menanam pohon, 1 orang 1 pohon! :)

    • titiw says:

      Huaha.. sampe segede di gambar mah puluhan tahun man.. tapi kalau dibandingkan dengan pohon lain, trembesi ini tumbuhnya lumayan cepat lho. Dalam waktu 5 tahun, diameter batang bisa sampe 30 cm.. :) Thx for dropping by, eman.. :D

  18. mima aja says:

    hmmm… kalo saja halaman rumah saya sebesar halaman rumah bapak abdul latief di kapin sana pasti saya akan nanem banyak nih pohon, ck. akhirnya jakarta punya ide utk manfaatin ex SPBU itu ya buat nanem pohon, gak dipake buat bangun mall, apartemen atau apalah itu namanya. good…good….

  19. mima aja says:

    gw baru ngeh sama awal2 tulisan lo. lo jalan kaki ke kantor lo dari mana? pondok bambu????????? gak meletus itu betis??
    ah, aku tak yakin. minimal dari terminal blok m….

  20. Olivia aka Kte says:

    Trembesi…we want more tremmm bess sii,tremm bess ssiii,tremm bessi hurrah in tribe style hehe..,,dr fotonya aj dah bkin trasa ademm bgt cyinn…diharapkan ke 14 spbu ntuh bneran jd taman yg nyaman n ademmmm,,,amennn

  21. ega says:

    dari banyak poon ak paling suka trembesi..krn teduhhh, cepet tumbuhhh n karakternya bagus. betul bgt, di singapur cakep2 bgt trembesinya. oia, poon lain yg oke tuh sengon laut..masih sodaraan ama si trembesi tiw

    • titiw says:

      Hi EGA!! ih ibu hamdun main2 ke blogku lagi.. hihi.. iya, trembesi tuh emang adem banget yaaa.. aku malah belum pernah denger sengon laut. Hubungan persodaraan mereka gimana nih ga..? Beda bapak, beda ibu, sama pembantu..? Uhuk. Gemana kalo baby kamu lahir nanem 1 pohon ga..? ;)

  22. Amy says:

    dari banyak poon ak paling suka trembesi..krn teduhhh, cepet tumbuhhh n karakternya bagus. betul bgt, di singapur cakep2 bgt trembesinya. oia, poon lain yg oke tuh sengon laut..masih sodaraan ama si trembesi tiw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *