Review E-Book Nasional.Is.Me Pandji

Nasional.Is.Me pandji

Pandji, sang rapper slash MC slash penyiar radio slash macem-macem telah meluncurkan bukunya yang berjudul Nasional.Is.Me bulan lalu. Uniknya, buku ini tidak dijual, berbentuk soft copy (ebook), dan dapat diunduh dari websitenya, pandji.com. Membaca ebook si penggiat Indonesia Unite ini, saya merasa membaca diary, membaca blog pribadi seseorang, dengan bahasa sehari-hari yang mengalir.

Tidak ada sesuatu yang “berat” di sini, karena memang tujuannya hanya memaparkan. Memaparkan apa itu Indonesia, siapa itu Indonesia, dari berbagai sudut. Mungkin kalian yang jiwa nasionalismenya di bawah garis nasionalisme akan mencibir buku ini. Benarkah kamu membenci Indonesia HANYA karena berita-berita di media cetak dan elektronik..? Dapatkah kamu membenci Indonesia jika sudah bertemu dengan orang papua yang ramahnya luar biasa..? Apakah kamu bisa membenci Indonesia jika sudah menapakkan kaki di putihnya pantai Samalona Makassar?

Inti yang saya tangkap dari buku ini adalah: Jangan pesimis dengan Indonesia. Jika kita pesimis dengan pemerintahnya, bukan berarti kita tidak bisa bergerak sendiri, bukan? Sekali lagi, tak kenal maka tak sayang. Oh iya, don’t judge a book by it’s cover ya, karena melirik cover buku ini kayak ngeliat buku PMP atau buku2 untuk penataran P4 pas masih kecil dulu. Selain itu? Sangat recommended untuk dibaca. Buku Nasional.Is.Me dapat diunduh di SINI

10 thoughts on “Review E-Book Nasional.Is.Me Pandji

  1. emge says:

    Keren banget……!!!!!
    Wawasan kebangsaan yang sangat polos dan apa adanya tetapi justru sangat memotivasi, segar juga bersemangat….
    Salutttt buat Mas Pandji…!!!
    Thanks jg buat Mbak Titiw yang udah share ini… =D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *