Tips Lebaran Hijau

Lebaran tiba! Saatnya shalat Ied, makan enak, silaturahim, dan lala lili bersama keluarga dan kerabat. Dan sekarang, saya ingin bagi-bagi tips Lebaran dengan cara yang lebih hijau. Sekedar share.. Kita kan care.. ;)

Selamat Lebaran Semuanya! :)

1. Ketika shalat Ied, daripada bawa koran untuk melapisi sajadah, lebih baik bawa tikar sendiri. Malahan karena tiker bisa buat rame-rame, silaturahim jadi lebih luas karena tikernya bisa dipake orang-orang di samping kita.

2. Kalau pas shalat Ied ternyata hujan dan becek, pake aja sendal jepit atau sepatu dari bahan jel (cewek2 pasti ngerti nih). Kenapa? Karena lebih mudah dibersihkan tanpa harus dicuci. Dicuci = butuh air lagi, butuh tenaga lebih.

3. Mengirimkan ucapan melalui kartu memang lebih manis. Tapi tidak cukup manis untuk pohon-pohon di luar sana yang harus ditebang untuk dibuat jadi kartu lebaran. Manfaatkan teknologi. Ucapkan selamat lebaran via sms, bbm, email, twitter, ataupun facebook. Ucapannya jangan yang template ya, biar lebih gemanaaa gitchu..

4. Gak usah mudik kalo gak penting2 banget. Gak ikut macet-macetan, gak menghabiskan bahan bakar, trus duit buat mudik bisa ditransfer aja buat keluarga di kampung.

5. Baju baru identik dengan Lebaran? Ya nggak dong, di sini kreativitas kamu dituntut. Pake baju lama, tapi tambahin scarf, kalung, atau kerudung yang bikin penampilan nampak beda.

6. Lebaran biasanya sowan ke rumah sodara. Jangan lupa bawa tas kain sendiri, siapa tau ada oleh2 atau makanan yang bisa dibawa pulang sehingga gak membutuhkan kantong plastik tambahan.. ;)

7. Kalo disuguhin makan di rumah tetangga atau keluarga, ambil secukupnya. Menyisakan makanan itu banyak mudaratnya. Makanan tersia-sia, dan piring lebih susah dibersihkan jika makanan masih sisa. Otomatis perlu lebih banyak air dan sabun untuk membersihkan. Untuk yang minum dari kemasan gelas, diinget-inget gelasnya yang mana, biar gak main ambil yang baru padahal minumannya belum abis.

8. Kalo kamu udah punya kewajiban bagi-bagi angpau, kasih duitnya gak usah pake amplop ya. Keponakan kamu juga ngerti kok..

9. Ke rumah tetangga anuh, ke rumah tetangga ituh, berkunjung ke rumah sodara sana , berkunjung ke rumah sodara sini. Lelah dan haus pastinya. Biasakan bawa botol minuman sendiri yang diisi penuh dari rumah biar tenggorokan kering kalo di tempat kita namu lupa nawarin minum.

10. Jalanan super lengang di kala Lebaran bisa dimanfaatkan dengan silaturahim ke rumah tetangga dan kerabat naik sepeda!

Sekian tips-tips berlebaran hijau dari saya. Monggo kalo ada yang menambahkan. Dengan postingan ini juga, Titiw mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriah. Minal Aidin Walfaidzin. Mohon Maaf dari Lahirnya dan Batinnya! :)

(c) Kartu Lebaran1 & Kartu Lebaran 2

13 thoughts on “Tips Lebaran Hijau

    • titiw says:

      Eh ada dek sandy yang tampan.. makasih ya dek.. diikutin ya tipsnya.. minal aidin juga buat kamyuuu.. *kecup*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *