Kartun Menghukum Koruptor Versi G30S/PKI

Masih ingat postingan saya di SINI mengenai komik “Cara Menghukum Koruptor”? Di tanggal 30 September ini, ide saya ternyata telah dikomikkan oleh dik Eko Bimantara.

komik koruptor eko bimantara

Sekedar share sedikit mengenai sejarah korupsi di jaman itu yang diambil dari Wikipedia:

Nasionalisasi perusahaan-perusahaan Belanda dan asing di Indonesia tahun 1958 dipandang sebagai titik awal berkembangnya korupsi di Indonesia. Upaya Jenderal AH Nasution mencegah kekacauan dengan menempatkan perusahaan-perusahaan hasil nasionalisasi di bawah Penguasa Darurat Militer justru melahirkan korupsi di tubuh TNI.

Kolonel Soeharto, panglima Diponegoro saat itu, yang diduga terlibat dalam kasus korupsi gula, diperiksa oleh Mayjen Suprapto, S Parman, MT Haryono, dan Sutoyo dari Markas Besar Angkatan Darat. Sebagai hasilnya, jabatan panglima Diponegoro diganti oleh Letkol Pranoto, Kepala Staffnya. Proses hukum Suharto saat itu dihentikan oleh Mayjen Gatot Subroto, yang kemudian mengirim Suharto ke Seskoad di Bandung. Kasus ini membuat DI Panjaitan menolak pencalonan Suharto menjadi ketua Senat Seskoad.

Gemana? Punya ide sendiri untuk menghukum koruptor? Buruan kirim ide kamu di SINI dan nantikan buku kumpulan “Cara Menghukum Koruptor” di toko buku kesayangan Anda. Ganyang koruptor!

18 thoughts on “Kartun Menghukum Koruptor Versi G30S/PKI

  1. tomo says:

    pasti seru bgt yah, kalo ide, angan-angan atau khayalan kita menjadi nyata??minimal di komik??

    btw, yang mau dijadiin buku bener tuh tiw?
    *siap-siap ke Gramedia… huehehe

    • titiw says:

      Yes, kalo udah kekumpul 100 ide yang paling oke, bakal dibikin komik sama si ek bimantara ini. Ayo kamu juga share idee! :D

  2. macangadungan says:

    hukumannya adalah, diiket di kursi trus dipaksa harus nonton video andika kangen band lagi nyanyi dengan closep up ekstrim di bagian mukanya andika. dilakukan berturut2 selama 40 hari 40 malam nonstop.

    • titiw says:

      Subhanallah.. kejamnya dirimu nak! Bayanginnya aja aku udah mengalami goosebump gini.. :D Thx for sharing!

  3. fikamar says:

    si koruptor ditinggal sendirian, dengan barang2 dan uang hasil korupsi. lalu didatengin seluruh pengemis dan pengamen (pokoknya yang miskin abis) buat ngejarah. saat ia hendak menangis dan merebut, pengemis itu menendang mukanya. kalo uda desperate banget, sediain piso di dekatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *