Heello For Dummies

Heello semua! Sudah buat akun di Heello.com? Wah apa pula itu Helo? eh Hello Eh Heelloo? Argh.. Biar lebih jelas, mending saya share point-point tentang jejaring sosial yang baru ini di bawah seperti post Twitter For Dummies ya. Ayo, siapa yang bisa nebak tamu kita yang bakal ngejawab pertanyaan-pertanyaan tentang Heello? Siapa lagi selain Tante Titiw! Here you go!

1. Hai Tante! Duh makin bersinar aja mukanya.. Hihi.. Mau nanya dong Tante. Tante kan hits banget nih, jelasin ke aku dan temen-temen dong Heello itu apa..

Ehaaalooo kamuu.. Eserius muka tante makin bersinar? Haha.. Alhamdulillah sering-sering wudhu aja.. *umpetin Cefuck ke ketek*. Oh kamu mau nanya Heello itu apa? Heello gak jauh-jauh dari media mengupdate status, terutama buat kalian yang jomblo, ataupun suka ngomong dengan diri sendiri. Jika Google + mirip Facebook, maka tampilan dan fitur-fitur Heello mirip sangat dengan Twitter.

2. Siapa sih yang nyiptain Heello?

Pencipta Heello adalah Noah Everett (@noaheverett). Dia ini orang yang menciptakan Twitpic, sebuah layanan share foto di twitter. Rumornya sih, ini merupakan pembalasan Noah karena Twitter meluncurkan fitur upload foto dan bekerjasama denganΒ Lockerz yang merupakan pesaing Twitpic. Duh, gak di filem silat gak di dunia teknologi, pasti ada bales dendam ya! *pupuran lagi*

3. Gemana cara membuat akun Heello Tan?

Belum buat juga? Wah buruan, nanti username yang kamu pengen bakal diambil orang lho. Kalo kamu pengen make nama @Titiw, maaf sekali ki sanak.. Tante sudah mengembatnya duluan! Muah.. Muahahahaha! *ketawa ala penjahat di film tahun 80an*

4. Tante.. Sori motong.. Jadi pegimanah cara bikin akunnyaaa? -_-“

Oh iya, maaf jadi lost focus.. *benerin iket pinggang*. Caranya:

  • Buka www.heello.com. Jangan sampe typo ya, karena kalo kamu ngetik http://heeloo.com/,Β  ngarahnya ke website yang isinya cuma ada gambar 1 anjing..
  • Udah kebuka? Klik “Join Now” di sebelah kanan itu.
  • Isi form yang ada
  • Pilih usernama yang kamu mau. Kalo udah ada yang make, dikreatifin aja. Caranya lihat Twitter For Dummies point ke 16. FYI, tante seneng lho sama orang yang kreatif.. *kedip2 sampe bulu mata palsu jatoh*
  • Connect akun Heello kamu ke akun FB dan Twitter. Sebelumnya, kamu harus log in ke FB & twitter sendiri ya. Fungsinya, supaya status yang kamu share di Heello bisa dishare ke FB & Twitter juga.
  • Udah kelar semua? Hore, kamu udah punya akun Heello! :D

5. Yay, udah masuk nih Tan! Tapi belum jelas fitur-fiturnya. Jelasin donk!

Nah, seperti yang tadi udah dijelasin kalo Heello mirip Twitter, maka di bawah ini Tante taro perbandingan antara Twitter & Heello. Listen back Tante ya! ;)

6. Selain itu apalagi Tante? Ini ada fitur Message apaan?

  • Di Heello, kita bisa message siapapun meskipun kita/dia tidak saling listen. Twitter sendiri punya wacana untuk bisa kirim message ke siapapun, tapi sepertinya belum diimplementasikan deh. Sama aja kayak Om Joni yang selalu janji-janji kosong sama Tante tentang beliin tambang batu bara di Kalimantan! Cih!
  • Selain itu, Heello punya fitur untuk bisa kirim message segambreng ke group yang kita bikin sendiri. Misalnya kamu bikin group “Mantan pacar jaman kuliah” yang isinya adalahmantan-mantan pacar kamu yang berjumlah 20 orang. Sekali message di group ini, maka 20 orang tersebut baca message yang sama dari kita itu. Cukup efektif untuk ngirim undangan kawinan kamu sama pacar baru.

7. Kalo what’s Happening apa Tante?

What’s happening ialah streaming orang-orang sedunia yang punya akun Heello. Jadi streamingnya tuh turun teruuuuuus dan cepeeet… Kayak lagi ngoh eh ngok, eh, lanjut darling!

8. Jelasin tentang Home dong Tan. Ada apa aja di Home?

Jadi gini, di Home itu terdapat Timeline Ping dari orang-orang yang kamu listen, terus di replies adalah Timeline Replies dari orang-orang yang membalas Ping kamu. Sedangkan kalo pencet Profile, ya itu sama aja dengan liat Profile-nya Twitter, yang mana isinya adalah timeline Ping kamu sendiri aja. Ih, penjelasan tante clear banget yesh.. *bibir dibuat unyu*

9. Untuk gonta ganti biodata/profile gemana caranya?

Lihat nama kamu di pojok kanan atas? Klik Setting --> Account. Gonta ganti deh tuh username, email, password, sampe ganti kelamin. Asal jangan gonta ganti pasangan nak, ntar kena AIDS.

10. Wih, canggih, trus kalo mau customized background di mana?

Hampir sama kayak ganti Profile. Ke nama di pojok kanan atas, klik Setting --> Customize. Tante gak nolak lho kalo bekgron Heello kamu foto tante lagi sunbathing di atep rumah.. Oiya, bagian “Services” itu untuk connect ke FB & Twitter kamu. Udah connect dari awal? Berarti udah gak perlu lagi kutak katik Services.

Heello!

11. Ah, dari yang Tante jelasin, kok Heello ini sama aja sama Twitter ya? Yang beda apanya?

Kamu kritis bener bener deh kayak skor game bulutangkis Lilyana Natsir/Tantowi Ahmad di pertandingan Indonesia Open kemarin. Nih tante kasih pointers:

  • Inget cara message tadi? Heello bisa message ke siapapun yang punya akun heello, gak kayak Twitter yang cuma bisa kirim Message ke orang yang follow kita. Selain itu, dia ada pilihan kirim message berjamaah memakai Group.
  • Gak ada yang namanya profil digembok atau diprotek. Jadi siapapun bebaaas lihat-lihat Ping kamu. Di sinilah kamu bisa bersikap wise atas yang namanya pri-va-si. Makanya tante gak saling listen dengan Om Wicak. Takut ketauan Om Joni.

12. Kalo kelemahan Heello apa Tan?

Itulah.. Tante juga kurang suka sama brondi-brondi yang lemes. Eh, maksudnya kekurangan Heello? Hihihi.. Yang tante perhatiin sih, dia gak punya Link Shortener atau aplikasi yang bikin sebuah link jadi pendek sehingga gak boros karakter. Semacam bit.ly itu lho. Gak cuma itu, kalo ada listener baru, ada message masuk, atau apapun itu.. Gak ada notifikasinya ke email kita! Jadi ya harus rajin-rajin ngecek deh.

13. Wah, yayaya.. Aku jadi lumayan ngerti tentang Heello ini. Mungkin segitu dulu ya Tante, aku mau Taraweh dulu. Tante mau ke mana pake stoking jala-jala?

Eh oh.. Ini.. Tante juga mau Taraweh, tapi di daerah Menteng situ.. Sunda Kelapa.. Pake stoking biar kaki tante gak dingin. Maklum, di situ pake AC! Ihik ihik.. *jangan sampe gw ketauan mau ngobyek di Taman Lawang*. Yodah deh, kalo ada yang mau ditanya-tanya lagi, langsung kasih komen di bawah ya saiang.. See you when Tante see you! *sunbasah*

(c) Image

82 thoughts on “Heello For Dummies

    • titiw says:

      Bisa bieb.. ke nama kamu di pojok kanan atas, Setting, Account, ada pilihan deh tuh untuk ganti foto.. Selamat mencoba! :)

  1. Achie says:

    Sungguh apdeiiittt sekali tante yang satu ini :p

    mo tanya sebijiii aja boleh ya tan, ini ada limit karakternya ga ky twitah? Eik blum daptar soalnyah :)

    yowiss.. Lanjutkan mangkalnya tan.. eh :D

    • titiw says:

      Ngebales..? tinggal arahin kursor ke bawah ping, bakal muncul pilihan reply/echo. Kalo mau reply, klik reply aja deh! :D

  2. Adinda Annissa says:

    Ada lg kelemahannya, Ceu..
    CMIIW, gak kayak di Twitter pas baru join kita dikasih list referensi siapa temen2 yg udah mainan duluan biar gak bingung, macam who-to-follow gitu yes
    Eh apa akunya masi gaptek? Ahahaha *turun dr podium pelan2* *nasib timeline kosong melompong* :P

    • titiw says:

      AFAIK, dulu itu pertama twitter baru mulai juga gak ada list referensi.. itu baru ada setelah twitter tahunan kalo gak salah.. haha.. Jadi bukan dirimu yang gaptek, hanya sahaja heello belum punya begonoan.. :D

  3. sutrina says:

    semua langkah” di atas udh sya ikutin dan heeloo sya sdh jadi tapi pas sya logout trus mau login lagi heello sya ga bisa terbuka.. ada apa..???

    • titiw says:

      Kalo mau login lagi, isi user name, password, dan tekan enter.. Kalo dari mobile, sampe kemarenan masih misterius, tapi sekarang udah ada button log in kok.. :)

  4. aldriana amir says:

    ah, tante yg satu ini emang paling update deh sm yg kyk beginian! :D
    tan, aku cuma tau heello yg dinyanyiin sama rita sugiarto.. heello.. heelloooo.. heelloooo.. *digaplok tjefuk* :))

    ini artikel yg lucu dan informatif, tiw! :D

  5. Bella says:

    ahh , kalo aplikasi buat RP-RPan itu apa ? kan kalo misalnya di twitter bisa pake Sweet as Revenge , kalo di heello apa tan ?

    • titiw says:

      Kamu kan namanya Ditha.. @ditha uda kepake..? Kalo @_ditha gemana? Atau @dithaNR? Or.. @ditha_nr? Semoga belum ada yang pake yaa.. :)

    • titiw says:

      Iya niiih.. Aku udah nanya @heello juga.. aneh deh.. gak bisa diganti.. Berarti, kalo dari pertama gak bisa diganti, langsung pilih avatar paling kece.. hehe..

    • titiw says:

      Maksudnya ganti password..? Klik aja nama kamu sebelah kanan, trus taro password lama, dan isi password baru. Tapi kalo kamu udah masuk ke akun kamu mah, berarti gak usah ganti password.. :D

  6. sikecil says:

    aku coba kirim message ,kok tulisannya gini “You are currently not a part of any private message conversations.

    To privately message someone who is listening to your updates, use the form to the left to begin.”

    padahal katanya tadi bisa kirim pesaN KEsiapa aja walaupun ga saling listen, ama aja kayag twitter dong :'(

    • titiw says:

      HEm.. iya juga ya.. aku barusan ngetes kirim message ke kamu gak bisa.. padahal awal2 bisa lho.. kok sekarang bad request..? Will get back to you ASAP ya.. :)

  7. BANGSAT says:

    DASAR GOBLOG SEMUA , JELAS GA ADA LINK SHORTENER LAH , oRANG BELUM ADA HEELLO CLIENT , IBARAT TWITTER CLIENT : TWEETDECK,SEESMIC DLL , KALO LO SEMUA ONLINE TWITTER DAN HEELLO LEWAT WEB , EMANG GITU KADANG GA ADA LINK SHORTENERNYA , PALING ADA JUGA LEWAT APLIKASI CLIENT GITU DEHHHHHHH LOL

    • titiw says:

      Hem.. iya juga ya.. makasih masukannya. Mungkin kapan2 lebih asik kalo gak pake huruf kapital semua tanpa menyebut goblog ke pembaca lainnya. Thanks. :)

  8. abe says:

    mbuh ra mudeng…..usul yang mulia!, supaya dibuat rule aja, yang masuk ke blog kamu ini, kalo ga bisa ngelucu, minimal harus tampan huahuahua.dilarang pake bahasa yang kasar2, walaupun maksud sebenarnya bercanda, tapi tetep aja susah nerimanya, soale bahasa tulis kan tidak keliatan raut muka ama intonasi penulisnya!

    • titiw says:

      Yap.. begitulah.. the people is the message kalo kata buku2 kuliah jaman dulu.. Tapi yaaa.. namanya berkunjung ke rumah orang.. kalo belum kenal orangnya kan sebaiknya gak langsung mengeluarkan kata2 kasar kan..? ;)

  9. ZRumentang says:

    tan, kok aku nggak bisa ganti background. Pas diklik “save” eh.. tetep aja backgroundnya itu. Itu kenapa yah tan?

    • titiw says:

      Iya, sama kayak profile pic nih say.. udah diganti gak mau berubah.. biasanya baru berubah besoknya.. dicoba deh.. ;)

  10. Realodix says:

    Alhamdulillah Saya sudah punya heello. Kelihatannya heello banyak kelebihannya ya dibanding twitter, karena sudah bnyak blajar mungkin dri twitter..

    tuker-tukeran heello yuk.. :)

    • titiw says:

      hai hai.. aku pribadi malah nggak liat kelebihan heello dari twitter.. malah banyak kurangnya.. kayaknya yang bikin bener2 cuma iseng.. :D

    • titiw says:

      Aak.. Aku udah lama nih gak buka heeheee.. Tampilannya baru. Aku jadi bingung. Nanti kalo misalnya udah aku kutak kutik aku kabarin lagi deh. x)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *