Traveling

Abdul Hamid Sang Pahlawan Nasional

Friday, 27 July 2012

Abdul Hamid mungkin tak pernah menyangka bahwa dirinya akan menjadi seorang pahlawan nasional Indonesia yang gigih melawan penjajahan Belanda. Anak dari putra raja Hamengkubuwono ke-tiga yang dibesarkan di kalangan Keraton Yogyakarta dengan nama Raden Mas Ontowiryo tersebut tidak mau menjadi raja, dan lebih memilih untuk menjadi ulama dan pemimpin perang yang kita kenal dengan perang Padri.

Jadi, siapa sih Abdul Hamid ini? Kayaknya nggak pernah denger nama doski deh. Betul, karena Abdul Hamid adalah nama lain dari Pangeran Diponegoro. Nama itu ia ganti setelah menekuni agama Islam, dan mendapatkan nama Diponegoro ketika berperang. Setelah ditangkap tahun 1834, beliau beserta istri dan enam anaknya dijebloskan ke Benteng Fort Rotterdam Makassar dan meninggal di penjara tahun  1855.

Pintu Gerbang Makam

Alhamdulillah saya sempat berkunjung ke makam beliau saat ACI kemarin di akhir Oktober 2011. Kompleks makam tampak bersih, dengan sebuah musholla terdapat di sebelahnya. Penanggung jawab makam yang sekarang merupakan keturunan langsung Pangeran Diponegoro, tepatnya generasi ke-empat, yaitu Raden Muhammad Saleh Yusuf. Sedangkan orang yang kami tanya-tanya mengenai sejarah makam ialah Bapak Hamzah, anak dari penanggung jawab yang sekarang. Mukanya Jawa banget, tapi logatnya Makassar. Haha.. Oh ya, Makam Pangeran Diponegoro dan keluarganya bisa kita lihat di Jalan Diponegoro, Makassar.

Komplek Pemakaman

Buku Tamu

Trivia:

  1. Menurut Bapak Hamzah, meskipun Belanda memenjarakan Diponegoro, mereka tetap memberikan jaminan kesejahteraan terhadap keluarganya sampai sekitar masa kemerdekaan Indonesia.
  2. Istri pangeran Diponegoro merupakan srikandi pemimpin laskar perang wanita, yang memiliki keahlian memanah.
  3. Makam pangeran Diponegoro terlihat besar karena fisik beliau yang tinggi besar, dengan tinggi hampir 2 meter

Notes:

  • Tidak ada tiket masuk, hanya saja ada kotak sumbangan sukarela
  • Jangan memakai alas kaki yang sulit dibuka, karena kita harus membuka alas kaki jika ingin memotret makam dari dekat.

Makam Pangeran Diponegoro & Istri

 

8 thoughts on “Abdul Hamid Sang Pahlawan Nasional

  1. thalique says:

    wisata makam ada yang dekat rawamangun kakak, makam Pangeran Jayakarta di Jalan Alu alu rawamangun

    1. titiw says:

      Oh ya..? Kapan2 anterin aku ke sana dooong.. :D

  2. tya says:

    aku baru tau namanya pangeran diponegoro itu abdul hamid :o, agak lega jg pas tw beliau masih diperlakukan baik sm belanda walopun dipenjara… nice info darl! ;)

    1. titiw says:

      Iyah.. Somehow meskipun dipenjara, Belanda tetap respek karena biar gemanapun dia adalah anak raja. Hehe.. Thank you as usual darl! :)

  3. seno says:

    bagus, jadi lebih tau tentang Pangeran Diponegoro. dan itu buku tamunya asik! x))

    1. titiw says:

      Yoi, customized guest book!

  4. Sabung Ayam Online says:

    Pangeran Diponegoro mempunyai 12 putra dan 10 orang putri, yang keturunannya semuanya kini hidup tersebar di seluruh dunia, termasuk Jawa, Madura, Sulawesi, dan Maluku bahkan di Australia, Serbia, Jerman, Belanda, dan Arab Saudi.

    1. Titiw says:

      Terima kasih sudah sharing yaa :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now