Sejauh Mana Pengetahuan Kamu Tentang Makassar?

Sejauh mana pengetahuan Anda tentang Makassar? Tengok beberapa trivia di bawah ini!

1. Fisik tembok Benteng Fort Rotterdam yang terlihat bolong-bolong adalah bekas peluru meriam jaman dulu.

Tembok Benteng Rotterdam

2. Masjid Anshar yang terletak di Jalan Somba Opu didirikan oleh Sultan Ternate, dan merupakan salah satu masjid yang tertua di Makassar.

Masjid Anshar

3. Nama-nama jalan di Makassar dilengkapi juga dengan bahasa kuno Makassar, yaitu bahasa Lontar (Lontara).

Bahasa Lontara

4. Di Benteng Fort Rotterdam yang sekarang telah dipugar, Anda bisa menemui pelukis senior Makassar bernama Zainal Beta. Konon ia dikenal sebagai satu-satunya pelukis di Indonesia yang menggunakan media tanah liat.

Zainal Beta

5. Kampoeng Popsa, sebuah foodcourt tepi laut yang sedang hits itu diambil dari nama organisasi Popsa di sebelahnya, kependekan dari Persatuan olahraga Perahu Motor dan Ski Air Makassar.

6. Angkot di Makassar memiliki julukan sendiri, yaitu pete’-pete’. Cara mengucapkannya, seperti kita mengucapkan kacang “mete”.

Kosong pete2nya Daeng? :D

7. Jangan bingung dengan logat Makassar. Peraturan dasarnya adalah: Mereka mengatakan sesuatu berakhiran “ng” menjadi “n” (pulang menjadi pulan), dan kata berakhiran “n” menjadi ng” (ikan menjadi ikang)

8. Untuk kalian penggila sambal, sambal di Makassar sangat dahsyat pedasnya, dan tidak ada yang mengecewakan!

Sekian trivia Makassar dari saya yang sudah menikmati kota ini. Jika ada trivia lain, silakan isi form komentar di bawah ini dan akan saya letakkan di postingan. Happy traveling! :)

20 thoughts on “Sejauh Mana Pengetahuan Kamu Tentang Makassar?

  1. Bieb says:

    Yang ngaku asli Makassar pasti tau kue Barongko dunk?? seperti yg saya bahas disinihttp://bieb.blogdetik.com/2012/11/18/kangen-barongko/ kakaaakk.. :D

  2. tya says:

    tulisannya kayak bangsa maya yah, kira2 anak sdnya diajarin gak ya cara nulisnya, aku ingin ke benteng rotterdamnya ituh, suka mrasa mistis sendiri deh klo ditengah2 lingkungan berbatu kek gitu hihi

    • titiw says:

      tergantung kak. Di beberapa tempat sih seafoodnya mahal juga. Tapi bedanya sama jakarta, seafoodnya ya jaoh lebih seger. Heee..

  3. silver price says:

    Salah satu oleh-oleh terkenal dari Makassar adalah Minyak Gosok Cap Tawon. Ternyata minyak gosok cap tawon ini telah ada di Makassar sejak tahun 1912, atau sudah 100 tahun. Awalnya minyak gosok ini diproduksi oleh Lie A Liat di bawah perusahaan bernama Boo Loeng. Sejak tahun 1974 perusahaan dikelola oleh salah satu cucunya yang bernama Eddy Matually dan nama perusahaan diganti menjadi PT. Tawon Jaya Makassar. Eddy Matually berhasil membuat minyak gosok cap tawon terkenal sampai manca negara. Jadi jangan khawatir kalau ke Makassar anda diserang masukangin. Minyak gosok cap tawon akan menolong anda meredakan penat dan pening.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *