Rehab di Indonesia Sports Medicine Center Jakarta

ismc jakarta

Selamat malam sahabat Doraemon. Masih cerita mengenai cidera dengkul saya yang kopong boleh dong. Terserah. Bebas. Jadi.. Setelah terakhir saya divonis harus operasi oleh dokter awal saya periksa, saya pergi ke Indonesia Sports Medicine Center (ISMC). ISMC merupakan klinik pertama di Indonesia yang khusus menangani cidera ataupun masalah-masalah yang timbul karena olahraga. Tapi tetep, masalah hati mah masing-masing ya.

Di ISMC, saya diperiksa oleh Dr. Andi, dokter spesialis kedokteran olahraga yang menangani tim basket Indonesia Warriors. Setelah konsultasi dan melihat hasil MRI saya, dokter Andi bersabda “Kamu 100% nggak harus operasi. Tapi cidera kamu memang gak ringan, sehingga kamu harus terapi di sini.” Bahagiaaa rasanya denger gak harus operasi. Secara ya, kalo operasi udah mahal, kaki diudek-udek, belum lagi takut kalo cidera lagi. Kenapa sampe 25x? Kata dr. Andi sih, bisa aja kalo cuma mau 10x, tapi itu hanya sekadar menghilangkan rasa sakitnya saja. Sedangkan dia bilang dia akan treat saya sebagai atlet professional, yang mana kalo selese rehab 25x, saya akan jadi lebih sehat, lebih bugar, dan lebih kuat. Bukan main.

Dr Andi

Bentuk rehab ini sendiri bagaimana? Kalo fisioterapi lebih ke modalitas (setrum-setrum, angkat-angkat kaki, ultra sound, dll), di sini fisioterapi dipadukan dengan exercise. Mari kita kupas satu persatu bagaimana rehab saya:

1. Pemanasan awal adalah menggowes sepeda statis selama 10 menit.
2. Stretching. Badan akan ditekuk-tekuk dibolak balik oleh Personal Trainer (PT) yang kekuatannya berkali-kali lipat daripada saya yang ringkih ini.
3. Dikasi gel & di-ultra sound untuk membetulkan bagian-bagian dalem dengkul saya.


4. NMES (disetrum-setrum) bagian paha depan dan hamstring. Sebagai orang yang takut banget kesetrum.. Ini adalah sesi paling horor!
5. SLR. Intinya naikin kaki, turunin kaki. Tahan. Dari depan. Dari belakang. Dari samping. Terlihat mudah, namun saya melakukannya dengan kaki yang bergetar. Kalo udah beberapa kali rehab, dikasih beban. Bow.. Seakan-akan beban hidup gak berat deh, pake begini2an pula.
6. Gak tau apa istilahnya, pokoknya kaki dikasih rubber band yang kenceng. Nantinya kita narik-narik ankle, paha, yang ditahan oleh karet tersebut. Fungsinya tentu saja mengencangkan otot kaki, paha, dan pantat. Asioyyy.

7. Seakan gak mau hidup saya tenang, selanjutnya dengkul kopong ini ditarik2
pake pemberat, istilahnya VMO. Berasa jd songoku.
8. Deadlift sambil bawa barbel. Nah kalo yang ini agak-agak mirip sama salah satu adegan yoga. Fungsinya untuk balance dan menguatkan kaki.
9. Squat. Adegan duduk tapi gak ada tempat duduknya. Betis harus lurus, pantat yang ke belakang. Sebagai anak yang pantatnya rada kegedean, sesi ini susah setengah mati karena kayak mau ngejengkang ke belakang.

Penampakan ISMC

10. Di sini, kamu akan ditanya olahraga apa yang biasa kamu lakukan, dan rehabnya akan disesuaikan. Misalnya saya bilang saya biasa basket, latihan yang dilaksanakan adalah 1 Leg Dribble. Ngedribel bola basket hanya dengan 1 kaki, dan passing bola 1 kaki ke PT kamu.
11. Bridge. Semacam tiduran sambil angkat 1 kaki dan dorong betis ke bawah. Naik-turun. Masya Allah capeknya udah kayak ngebelah laut merah.
12. Core. Nahan badan kayak push up, tapi tangannya kayak anjing lagi duduk-duduk santai gitu. Seakan mudah, tapi kalo disuruh tahan sampe hampir semenit, saya mendingan dicium Brad Pitt. (selera anak lawas)

13. Klaar semua, saatnya sepeda statis sesi 2 tapi ditambahin kekuatan dan durasinya, yang dilanjut sama total body stretch lagi.
14. Terakhir, dengkul saya yang nyeri dibalut segambreng es batu. Perih. Kayak hati aku pas kamu tinggalin. Tapi harus ditahan-tahan kalo mau sembuh yes.

Begitulah kira-kira porsi latihan yang bisa makan waktu sampe 3 jam dan saya lakukan seminggu 3x itu. Capek? Pasti. Pegel? Tentunya. Tapi badan tuh berasa seger deh, baru dua kali rehab aja bunyi kletek-kletek dari dengkul saya udah ilang. Oiya, di ISMC ini kamu juga akan dipinjemin anduk kecil untuk latihan dan anduk gede untuk mandi. Fasilitas lain adalah aqua free flow *halah*, dan locker. Malah saya nitip sepatu terus tanpa saya bawa pulang. Hehe.

Untuk Personal Trainer, yang menangani saya adalah Mas Icuk, mas2 berasal dari Jogja yang bisa diajak ngobrol dari isu cidera, sampe curhat masalah percintaan. *Eyaaa* Dokter-dokter di sini juga kece-kece, selain dr. Andi, ada dr. Angel dan dr. Vera. Satu lagi yang bikin semangat rehab ialah: Banyak atlet-atlet yang rehab ataupun latihan di sini! Jadi inget jaman sekolah dulu pas ngefans sama atlet-atlet basket. Sayangnya kebanyakan brondi di sini, tapi siapa bilang sih cinta mengenal umur? *Eyaaa episode 2*. Sekarang saya udah rehab 8x, and still 17 rehabs to go. Doakan saya cepat sembuh ya teman-temaaan! \m/

Tim ISMC
Tim ISMC

Update: Alamat ISMC pindah dari Senayan ke Kemang yaa. Kabar baik bagi teman-teman di Selatan!

Indonesia Sports Medicine Center (ISMC)
Waktu operasi: Senin – Jumat (06.00 – 21.00), Sabtu (06.00 – 18.00), Minggu (08.00 – 15.00)
Alamat: WISMA ANUGRAHA 1st FLOOR Jl. Taman Kemang No. 32B Kemang – Jakarta Selatan 12730
Telp: (021) 2270-7600 / mobile : 0812-8772-2556
Email[email protected]
Twitter: @ISMC_ID 

43 thoughts on “Rehab di Indonesia Sports Medicine Center Jakarta

  1. Gaga says:

    Hellow fellow dengkul kopong,

    Confirmed nieh, untuk meniscus gaga perlu operasi, dan tanggal 11 April ini mau dilaksanakan. Mohon doanya yah supaya lancar. Terima Kasih.

  2. alia says:

    Mbak,
    Gimana lanjutan rehab di ISMC? Saya juga cedera padahal baru niat hidup sehat, pingin olahraga. Baru aja 1 bulan olahraga sudah cedera di dekat tulang ekor dan pantat kanan. Dokter specialist saraf bilang gpp, entar sembuh sendiri. Pokoknya jangan bungkuk-bungkuk dan angkat beban berat, kurangi jalan dan lari, lebih baik renang dan sepeda saja. Dokter gak suruh saya MRI, gak perlu katanya. Kayaknya dia nyantai aja. Saya cuma dites suruh berbaring terus angkat dua kaki bersamaan, angkat dua tangan terus mata dipejamkan, sama surah ngikutin tangannya waku digerakkan di depan mata. Tapi saya kok tetap ngerasa takut. Kayaknya setiap gerakan kok sekarang ada nyerinya. Mungkin saya stress terus jadi lebay. Tapi tetap aja itu menurunkan kualitas hidup saya ” woeek”
    TOlong tulis lanjutannya ya Mbak, gimana hasil terapinya. Terima kasih

    Alia

    • titiw says:

      Hi Mbak Alia. Saya juga sepertinya ada kecetit di bagian tulang ekor kok. Abis ronsen, emang katanya aku gak boleh angkat berat2 juga, dan sering2 renang bagusnya. Mungkin mbak alia mudah cidera karena juga kurang pemanasan atau sebelumnya jarang olahraga ya..? :) Saran aku, ganti kasurnya jadi kasur latex. Itu ngefek banget, emang sih sekali2 aku masih suka nyut2an kadang2, tapi jauh lebih mendingan dibanding pake kasur yang lama.

      Nah perihal ISMC ini, aku udah lumayan banget dengkulnya. Istilahnya, progress penyembuhan 70% udah. Kenapa gak 100%? karena saya waktu itu nggak dateng dengan kontinyu, agak madol2 dikit. Jadinya, sekarang diperkuat lagi dengkulnya dengan gerakan2 rehab di rumah. Coba deh tanya2 aja dulu ke ISMC, siapa tau bisa jadi lebih tau bagian mana yang mau diperkuat. Good luck! :)

      • alia says:

        Terima kasih mbak. Kasur latex ya….oke, saya juga benernya lagi mempertimbangkan ganti kasur untuk pemulihan. Kalo baca2 di blog lain malah ada yang disuruh tidur di papan gitu. Semoga cepat sembuh ya mbak

  3. Prima says:

    Hallo mbak saya Prima, wah nice post :) to be honest akhirnya saya nemuin orang yang punya masalah dengan saya :(. saya kena cedera lutut mbak gara2 overtraining lari :p . pas searching2 nemu blog mbak, yg ngebahas tentang rehab di ISMC, yaudah deh saya kesana, emang bener yang mbak bilang, disana semua staff sama dokternya ramah dan friendly bgt apalagi dokter andi. saya baru mulai terapi nih mbak hehehehe

    • titiw says:

      Halo kak prima.. wah kalo bisa sih saya gak mau punya masalah denganmu yaaa.. kita damai2 aja anaknya.. hahaha.. cedera lari emang paling common terjadi karena sikap lari yg kurang bagus dan pemanasan yg kurang. Skrg dengkulku juga rada kumat lagi karena kemaren lagi rajin martial art. Besok mau main ke ismc lagi. Siapa tau kita kapan2 ketemuan. :)

  4. Rini says:

    Mba, di ISMC itu bisa konsul dulu engga ya? Maksudnya, sy blm pernah ke dokter tulang soale takut bgt sama alat2nya..(pernah dtg ke RS siaga, tp ga jadi konsul/berobat)..kalo ngeliat foto2 peralatan di ISMC yg mba punya peralatannya ga semengerikan yg di RS Siaga. Saya wkt sekolah/kuliah aktif naik gunung, tp set nikah brenti total… 4 tahun blkgan pinggang saya dan bahu kanan sy sakit, prediksi saya krn aktivitas hikking itu (bawa carrier/tas gunung).. Mohon info ya mba…kalo berkenan japri via email sy..tks mba…

    • titiw says:

      Bisa konsul dulu kok. Aku dulu sih konsul dulu. Tapi biasanya akan dirujuk untuk ronsen dulu. Pas pertama kali dengkul bermasalah sih aku juga konsul dokter di RS Siaga. Dari situ diminta MRI, trus hasil MRI aku bawa ke ISMC. Tapi mending konsul aja deh biar jelas. Coba cari dokter Andi aja. Bilang dari titiw. Semoga cepat sembuh ya. :)

  5. Valiana says:

    Halo kak, aku juga pnya problem yg sama ! Mau tanya abis dr ismc bisa beraktivitas sperti lompat dan lari ? Totally nyaman ? Thanks before

  6. Alrizky says:

    mba saya punya permaslahan lutut yg percis kaya mba dan sekarang belum sembuh dikarenakan Basket juga mba.
    boleh tau biaya perobatan nya di ISMC brapa ya?
    thank you

    • titiw says:

      Kalo sekarang, paket per 10 x datengnya 3,2 juta kak. Tapi biar lebih jelasnya coba langsung telpon ya. Itu harga aku terakhir dateng pas 2 bulan lalu. Semoga cepat sembuh. :)

    • titiw says:

      Halo kak, hamdallah abis rehab sempet ikut lomba dan menang juara 2. Hehehe.. Kadang kambuhan juga kalo keseringan lompat agak sakit juga. Untuk contactnya ISMC uda ada tuh kak di bawah. Langsung aja nanya ke sana, orangnya baik2 kok. :)

  7. Bakti says:

    Halo kakak cantik… mo nanya dong, latihan2nya khusus untuk kaki yg sakit aja (kanan) atau dua2nya kak?
    Progress kakak gimana setelah kelar semua sesi di IMC? apa udah pulih lagi?

    • titiw says:

      Latihannya tetep untuk 2 kaki kaaak biar balance kata dokternya. Hamdallah jauh lebih membaik. Tapi di akhir 2014 kmaren agak sakit2 lg karena rutin zumba. Pdhl kata dokter aku bagusnya olahraga2 yg gak high impact. Nah pas latihan lg cuma 10x dateng dan gak yg terlalu intensif kayak dlu. Skrg baik2 aja si dengkul. :)

  8. Angga restu wibowo says:

    Oh iya kak biyaya sekali terapi brapa? Saya juga kena ligament , saat main futsal lutut kanan saya ketekuk kesamping kiri dan sakit nya bukan main,

  9. Rega says:

    Hallo Mba nice info….bermanfaat bgt tqu…
    Sy kbetulan punya masalah yg sama cedera lutut
    Sy instructor Zumba sangat tdk nyaman dg kendala cedera di bagian lutut ini
    Sy sangat butuh terapi seperti Mba tp sayang sy tinggal di Bdg,sedangkan IMC di jkt,klo ingin ikut terapi gmn carany ya untuk pasien luar kota?

  10. Juliyanto says:

    hai mba titiw… kenalin nih saya Jul stay Surabaya.
    mbaa sepertinya yg saya sarasakn sama seperti mba. saya cidera ACL. saya di rekomendasikan untuk MRI lutut saya. tapi sampe sekarang sayaa belum MRI hehehe nakal yah ^^. aku cidera pas main badminton nih mba. hasil kmrn dengan dr spesial orthopedi ku di diagnosa acl ku robel parsial. padahal cuma di pegang2 doang paling beberapa menit doang ya ALLAH tapi harganya mahal bed dah ya ALLAH. saya takut kudu dioperasi :( yg saya tanyakan itu dengan alternatif atau tidak dioperasi emang bisa sembuh mba?setauku itu sembuh jika dioperasi mba.

  11. Amy says:

    halo mba,
    saya amy (laki-laki loh ya..)
    baru2 ini saya cedera saat futsal dan divonis ACL robek parsial. saya lagi menunggu hasil MRI tapi dokter saya udah ngomong ini harus operasi.
    saya sangat ga pengen di operasi, selain biayanya sangat mahal, resiko2 lainnya ada juga kan ya..
    saya pengen nanya setelah rehab di ISMC apakah kalau hanya aktifitas sehari-hari aja udah normal seperti sedia kala ga ada sakit?
    apa sakitnya kambuh kalau olahraga aja?

    Apa mba titiw hanya rehab aja ya ga pake ramuan-ramuan herbal atau china?

    • titiw says:

      hai Amy yang mas-mas. coba deh ke ISMC buat second opinion. Nanti konsultasi sama dokternya. Coba tanya Dokter Andi. Tapi setahu saya kalo sampe sobek sih emang operasi. Tapi semoga nggak yaa. Setelah rehab enak banget sih, 3x dateng udah gak bunyi2 lututnya. Pas udah selesai rehab sempet ikutan lomba olahraga dan juara 2. :D

      iyes hanya rehab aja gak pake minum obat2an apa2. Well semoga cepat sembuh yaaa!

  12. Vina says:

    Duuud..
    Info terbaru, ISMC sudah pindah lagi ya, ke Kemang:

    WISMA ANUGRAHA 1st FLOOR
    Jl. Taman Kemang No. 32B
    Kemang – Jakarta Selatan
    12730, Indonesia

    Phone:
    pstn : (021) 2270-7600 / mobile : 0812-8772-2556

    Hours:
    Senin – Jumat
    06.00 – 21.00
    Sabtu
    06.00 – 18.00
    Minggu
    08.00 – 15.00

    Email:
    [email protected]

    • titiw says:

      Duluuuu banget masih murah. 25x datang hanya 4,5 juta rupiah. Kalo sekarang jauh lebih mahal kayaknya yaa. :)

  13. Denok Permatasari says:

    Mbak.. Mau tanya dong biaya berobat di ismc berapa ya untuk 25 x terapi dan latihan. Mohon informasi ya mbak

    • titiw says:

      Halo, kalo duluuu banget saya tahun 2013 sih 4,5 juta untuk 25x datang. Kalo sekarang bisa tanya langsung yaa ke ISMC :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *