Traveling Bersama si Retro Samsung NX300

Sekitar satu tahun yang lalu, kamera poket saya rusak nggak bisa dipake lagi ketika terkena air di air Terjun Tiu Kelep, Lombok. Bete berat, tapi karena jalan-jalan hore saat itu sangatlah menyenangkan, saya sampe gak kepikiran untuk ngeributin rusaknya kamera tersebut. Sejak saat itu, saya belum punya kamera lagi yang mumpuni untuk dipakai ke mana-mana. Sempet terlintas untuk beli kamera pro DSLR karena fitur-fiturnya yang canggih. But since I’m not a fan of un-ringkes thing *halah*, maka pikiran tersebut hanya terlintas aja tanpa sempat saya sambut dengan positif.

Sampai bulan lalu Samsung mengeluarkan Samsung Camera NX300. Tampilannya yang ringkes dan retro udah menarik di mata, apakah hasil-hasil fotonya juga tidak mengecewakan? Dari situ, saya memilih untuk memakai NX300 yang berwarna coklat dari 3 warna yang ditawarkan, putih, coklat, dan hitam, biar kesan retronya lebih kental.

You know what? Tampilannya boleh retro, tapi rangkaian fitur-fiturnya super modern dan juara kelas! Tante puas! Seakan pake kamera-kamera pro yang segede alaihim itu tapi dengan ukuran yang pas di tangan. NX300 mengandalkan Sensor APS-C CMOS 20.3 megapixel yang mana prosesornya adalah teknologi terbaru bernama DRIMe IV. Lalu, kenapa bisa fiturnya canggih tapi bodynya compact? Karena Samsung NX300 sudah mirrorless.

Apa tuh mirrorless tante? Jadi, di bodi kamera itu ada kaca (mirror) atau pentaprisma yang tertanam. Kalau di kamera DSLR, fungsi dari mirror tersebut mantulin cahaya dari lensa ke viewfinder supaya si pemotret bisa liat image sebelum jepret sana sini. Jadi pas “cekrek”, mirror itu akan flip-up supaya cahaya nembak image sensor. Sedangkan di mirrorless camera, mirror tersebut dihilangkan, viewnya nyatu dengan LCD kayak kamera poket sehingga bodynya bisa lebih kecil dari DSLR. Cocok banget buat kamu yang hobi traveling tapi gak mau juga kalo punya foto ala kadarnya. Oh ya, ketika kamu beli si NX300, kamu akan sekalian dapet lensa kit (20-50mm), charger, dan external flash.

Keunggulan lain dari Samsung NX300 yang merupakan mirrorless camera?

  • Gambar lebih cepet diambil dibanding DSLR karena pantulan gambar langsung kena sensor tanpa ngelewatin si mirror dan karena prosesor canggih yang udah disebut di atas.
  • Kamera nggak berisik ketika capturing gambar karena gak ada mirror yang flip-up.
  • Cocok dibawa ke konser-konser yang biasanya nggak ngebolehin masuk kamera pro segede-gede dosa

Anyway, NX300 ini sudah saya bawa traveling ke Sumbawa, ke Pulau Seribu, kongkow sama temen-temen, dan saat event sport. Dan di semua tempat itu orang-orang pasti ada aja yang nanya-nanya tentang kamera saya ini dan ngoprek-ngoprek. Bahkan mas Dadang Tri, fotografer pro yang juga Owner Indonesia PRESS PHOTO muji kamera ini lho. Heu heu heu.. :D

Iklan Samsung dan Newmont
Aku dikerubutin! x)

Aaak.. Sebenarnya saya masih mau ngereview lebih lengkap tentang Samsung Camera NX300 yang super anyar ini nih, tapi saya gatel mau bagi-bagi fotonya. Jadi review lengkapnya di postingan berikutnya yes. Nah, dari foto-foto yang saya pajang di bawah, foto mana yang jadi kesukaaan kamu? Pilih deh salah satu beserta alasannya. Nanti bisa dapet vocer MAP dari saya lho. Mau? Good luck! :)

Samsung NX300
Tendangan tanpa bayangan!
Samsung NX300
Senja di Pulau Seribu
Samsung NX300
Kumuh dan Bahagia
Pulau Pari Pulau Seribu
Jurus Tapak Bumi
Samsung NX300
Bermain Layang-layang
Air Terjun Sekongkang
Air Terjun Sekongkang
Pantai Kertasari
Sendiri di Pantai Kertasari

87 thoughts on “Traveling Bersama si Retro Samsung NX300

  1. eka yunika arviani says:

    Aku suka “sendiri di pantai kertasari”. view laut dan langitnya bagus. suka ngeliatnya. jadi pengen kesana. :))

    • titiw says:

      Kertasari ini ada di Sumbawa Barat. Nggak nyesel banget kalo ke sini. ada tebing yang bisa dipanjat dan buat foto2 di atas. :)

  2. diki says:

    suka yang “tendangan tanpa bayangan” karena ekspresinya sangat spontan seperti tidak dibayangkan terlebih dahulu.

  3. efahmi says:

    Tiw, I really love “Kumuh dan tetap bahagia”. That’s a very nice environmental portrait! The photo you’ve captured in kid’s usual environment, as in his home or playground, typically illuminates the kid’s life and surroundings.

    I think, by photographing a person in his natural surroundings, you can illuminate his character better, and therefore portray the essence of his personality, rather than merely a likeness of his physical features. And I also think that by photographing a person in his natural surroundings, the subject will be more at ease, and so be more conducive to expressing themselves, as opposed to in a studio, which can be a rather intimidating and artificial experience.

    Thumbs up, Tiw!
    (y)

    • titiw says:

      Awww… Thank you mas Fahmi. Couldn’t more agree with you that people will be more comfortable in their natural surrounding. I’m pleased with your comment. Thanks again, master of photography! :D

  4. @Fieyu_ says:

    Aku suka yang “Air Terjun Sengkoang”. Viewnya keren. Ijo pepohonannya seger bikin melek mata. Hehe ^ ^
    Kayaknya seru disitu.. serasa hutan jadi milik sendiri. Jadi bisa ber-a-u-ooo ria disitu tuh. Pasti udaranya sger deh. Bisa ngilangin stress n jenuh juga disana.

    • titiw says:

      awww.. nikeeeh.. hihi.. maacih. Pantai ini cakep bener emang. Aku ada foto dari atas yang lebih gokil. Haha.. aku juga suka kamuh.. :*

  5. rasehaM says:

    Aku suka “Kumuh dan Tetap Bahagia” karena ironi nya. Selain itu karena lebih berteknik.

    Yang kedua, aku suka “Tendangan Tanpa Bayangan” karena untuk mencapture moment seperti itu, diperlukan kemistri dan timing yang tepat antara model dan sang fotografer.

    Kalo foto2 yang lain, lebih kepada bagus dari sononya. Pantai Kertasari, ya karena emg pantainya udah bagus. Pun begitu dengan Senja di Kepulauan Seribu.

    • titiw says:

      Aha. Komen yang menarik mas. Iya juga ya.. ga kepikiran sampe situ kalo foto lain bagus dr sananya. Tapi kadang komposisi juga main mas kyk foto yg di pantai kertasari. Ini sih kata Bram yg lebih jagoan moto daripada aku. X))

    • anakustad says:

      Serius banget mas kayak lagi sidang! Pengacara ya? Pengangguran Banyak Acara.. Hahahaha..
      Jangan mentang2 disuruh komen, trus langsung komen serius mas.. hahahah *digampar dah* #ForzaMilan *bawa2 agama*

      • titiw says:

        WAH WAH WAH.. nabuh genderang perang.. *buru2 ngadu* *ngadu layangan* *Putus* *emang gak bisa diomongin baik2?* *lah*

        • rasehaM says:

          Yah, kalo sekedar nulis #Forza [isi nama club] sih mudah. Yang susah itu nulis prestasi terkininya apa. Sebenernya gak susah sih, tinggal ada atau engga aja prestasinya.

          Lah, ini ngapah OOT banget yak?!

          Btw, enak aja gw dibilang Pengangguran Banyak Acara?! Lo gak liat gw hampir tiap malem ngojekin pegawai Inmark? Hah hah hah?!

          • anakustad says:

            Gpp lah yg penting ngga kayak club sebelah, agak kurang bisa berhitung(gelar).. #eh

            Lah gimana sih, pacar apa tukang ojek sih? pantes kalo abis nganter ga cium tangan.. :))))
            *mlipir

  6. Depitasari says:

    “Sendiri di Partai Kertasari” <—-Pertama kali liat foto itu,kesan yang ditangkap bukan sekedar "keindahan pantai" "eksotis pulau" atau "kesendirian" saja,tapi ada seolah perasaan "harapan" disana.Menurut ku ada perasaan yang tertinggal dari fotografernya saat mengambil gambar di foto itu.THUMBS UP!!!!

  7. Regy says:

    Kumuh dan tetap bahagia.
    Memenuhi kualitas teknis fotografi, komposisinya bagus, depth of field nya bikin objek makin “kuat.” Pemilihan background juga jeli. Penyatuan 2 hal kontras yang keren.

    Itu versi serius. Sekarang versi geng sampah.

    Kyaaa aku suka foto yang kumuh tapi bahagia kak, alasannya karna dia kumuh tapi bahagiaaa. Oiya usul kak, judulnya digamti yg lebih kece dong, kumuh tapi hepi x))

    • titiw says:

      HAHAHAHAHHAHAHAH!! TIDAAAAAK!! :)) pantes kamu sukanya kumuh tapi hepi. Secara kamu emang nyampah yaaa.. :’)

  8. anakustad says:

    bukan tukang poto aja hasil poto2nya bisa keren gini, gimana gw yg pake tuh Samsung NX300.. *berasa potograper propesional asal sunda* :))
    [OOT] Poster belakang titiw emang ho’oh asal jangan dari depan ya cyiinn.. masih mending banci thailand! buahahahaha

  9. anakustad says:

    Tuh khan saking semangatnya, mau nulis postur jadi poster.. Untung ga jadi baliho, lebar banget! Tp gpplah, itung2 nambah komen ya tiw.. *walaupun sampah* :*

  10. Bieb says:

    Secara aku suka sama foto2 langit, aku pilih yg “Senja di Pulau Seribu”. Warna langitnya ciamik!!! Membuktikan keindahan ciptaan Illahi. Subhanallah!! :)

  11. venus says:

    *toss lagi sama titiw* :))

    btw, aku suka komposisi foto yg main layang2. lha ternyata kamu jago motret ya? aku minderrrr hahahahaah

  12. tya says:

    aku suka kameranyaaaahhhh!!! berikan padakuuuh *ditendang* hahahahhaha

    aku suka foto senja di pulau seribu karna aku suka senja ;)

  13. Adiitoo says:

    ‘Kumuh dan Tetap bahagia’

    Lewat anak tersebut, daku jadi dibuat untuk lebih bersyukur. Dia yang tinggal di pemukiman kumuh saja, masih bisa tersenyum. Yah, aku tahu, pasti anak itu belum mengetahui betapa susahnya hidup yang sebenarnya.

    Paling tidak, kita yang jauh lebih beruntung daripada dia, harus tetap tersenyum sebesar apa pun kesulitan yang kita hadapi. *alah*

    Oia, harganya berapa? *mendadak naksir* *banyak naksir kamera yang direview blogger* *ngiler*

  14. didut says:

    postingan lo pas banget deh ah tiw soalnya gw mau ganti kamera pocket gw ke yg lebih advance hihihi

    pilih foto senja di pulau seribu soalnya ngambil foto dengan view seperti yang pas kek gitu handicapnya gede (walau gak segede pantat lo di air terjun sekongkang sih tiw *ditabok* ), plus tergantung cuaca juga bagus atau enggak, cuaca khan cuma di Atas yg tau hihihi~

    BTW ini kamera berapaan cynnnn?!? serius ini gw lagi nabung recehan buat beli next camera

    • titiw says:

      Harganya 7 komaan lah dut. Kalo kamu emang pen serius berkamera ria tapi gak mau ribet, this one is a dear. Gak rugi deh punya NX300. ;)
      PS: Aku emang backgenic kok dut.. uhuuuyy..

  15. Chicko says:

    Air Terjun Sekongkang. Pemandangannya bagus, dan Kak Titiw berani banget berdiri di pinggir tebing. Oh iya, Kak Titiwnya juga seksi di situ… >.<

  16. jarwadi says:

    Aku suku “Kumuh dan Tetap Bahagia”

    kenapa karena ekspresinya anak itu luar biasa keren, sedangkan kamu berhasil memotret rambutnya dengan sangat detail sedang blur background nya mengesankan foto itu mewah

    sekaligus menegaskan kontras antara bahagia dan kumuh

  17. titiw says:

    Setelah dilihat-lihat lagi, sepertinya saya memilih Regy yang memiliki alamat blog di avonturir.com. Kenapa saya memilihnya? Karena komennya bikin ngakaaaaaakk luar biasa. Belum dapet hadiah dari saya? sabar, minggu ini ada postingan baru yang bagi-bagi hadiah lagi. AHEEY! ;)

  18. Boz Rakun says:

    Bgus bunda fotonya :)
    Aq suka yg “kumuh n tetap bhagia”, mungkn ϑ¡ BW jd lbh dramatic
    Aq jg user nx300 bunda :)
    Alasan aq suka foto itu, emosiny kliatan bgt, POI nya punya makna, kmposisi jg pas antara subjek n background

    Maaf kalo ada salah kata bunda, soalny aq jg br blajar ftografi n cuma tkang foto jalanan :)

  19. Josephine says:

    tante titiw ternyata samsung nx300 nya ada 2 versi ya? Baru liat di websitenya samsung ada yg NX300M yg bisa diputer 180 buat foto selfie…di Bandung susah nyari kamera nx300 nya nih..bisa bantu ngga nih tante titiw..recomendasi buat beli kamera nx300 online juga ngga apa2.. Thank u tante sebelumnya…

    • titiw says:

      Yang kamu liat NX3000 kali, bukan NX300. Hehehe.. Kalo di Jakarta bisa jajan di JPC. Kalo di Bandung aku kurang tau neng. Ada yang bisa bantu Josephine di sini? :)

      • Josephine says:

        Bukan tante titiw…bukan nx3000..coba tante titiw liat deh sendiri di situs resmi samsungnya yg nx..disana ada nx300 sama nx300M..kalo yg nx3000 tau itu penerus nx2000

  20. jo says:

    saya juga tertarik mau beli NX300,
    tapi saya baca di web luar dan beberapa member di kaskus juga,
    katanya batrenya bisa habis/drain meskipun kamera dalam kondisi OFF,
    kalo ndak dipake, batre harus dicabut

    apakah agan pernah ngalaminya juga ?

    • titiw says:

      Saya belum pernah mengalaminya, jo. Tapi memang kalo saya tidak pakai dalam waktu lama, pasti batre dicabut. menhindari hal-hal yang tidak diinginkan saja. :)

  21. En says:

    Keren2 foto nya. Kak ada instagramnya gak? Kali aja ak pengen ngeliat hasil2 jepretan nx300 nya. Thanks before :)

    • titiw says:

      Ada kok. Coba main2 di @titiwakmar ya. Akhir2 ini lg gak pake kamera nx300 sih, lg pake hp doang soalnya ga traveling kmana2. :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *