Tips Memilih Isi Seserahan Lamaran

Apa kabar duniaaa? Teteeeeep aseeek.. *ditoyor kak Nunuk* karena beberapa request yang masuk ke japri ataupun PO BOX pribadi tante, (PO Boooox.. jadi inget ngirim bungkus silverkuin jaman muda gak siiih?!), maka tante akan menulis kelanjutan dari acara lamaran yang dilakukan bulan lalu. Share foto-foto udah, kasih detail rundown udah, review vendor jugak udah lunas. Masih ada satu utang lagi, yaitu cerita-cerita tentang SESERAHAN!

Berapa banyak sih tante, seserahan yang dikasih masing-masing pihak?

Untuk seserahan buat saya ada 7 kotak, sedangkan seserahan untuk Mahe aslinya ada 3 kotak, tapi karena ternyata gak cukup, maka dijadiin 4 kotak. Kalo kata orang dulu emang bagusnya sih ganjil, tapi pegimana yak kalo kotaknya kagak cukupan. Masak itu celana dalem Mahe yang ukuran XL kudu di luar kotak? Bisa bubar jalan itu rombongan keluarga saya kalo begitu adanyah. Oh iya, untuk jumlah kotak ini sih terserah aja, tapi sebisa mungkin jumlah kotak buat calon pengantin wanita a.k.a CPP lebih banyak kuantitasnya dibandingkan yang buat cowok.

Baca Juga: Rundown Akad Nikah- IjabKabul

Itu kalo seserahan barang. Kalo seserahan makanan terpisah dari itu. Pihak saya dan Mahe emang gak macem-macem kudu ngikutin adat yang konon kudu banyak pisang, kudu ngasih makanan yang lengket-lengket, dan semacamnya. Tapi kebetulan aja karena hari itu ada sodara yang bawain makanan khas Makassar yang ada ketan dan gula merahnya, serta di bawaan Mahe ada pisang, jadi ya klop.

Apa aja sih tante isi seserahannya?

Seserahan saya:

  1. Perlengkapan Shalat (mukena, sajadah, tasbih, quran) >> Dijadiin masjid, Subhanalloh ya. Super sesuatu.
    Kotak traveling & perlengkapan shalat
    Kotak traveling & perlengkapan shalat
  2. Perlengkapan Pesta (selop, clutch, bahan kebaya dan kain, anting, gelang) >> Kalo lamarannya jauh-jauh hari sama kawinan, Bisa banget barang-barang di kotak ini adalah bahan baju kebaya akad atau selop buat resepsi nanti.
    Perlengkapan pesta
    Perlengkapan pesta
  3. Perlengkapan Casual (Tas, dress, baju atasan, celana panjang, sepatu heels, sepatu teplek, belt, aksesoris) >> Untuk bagian ini tanpa sengaja saya beli dengan tema batik semua. Dijadiin bunga-bunga sama tukang hias di Mayestik. Unyu! Tapi pas dibuka jadi agak lecek, jadi pas nanti mau dihias si seserahannya, wanti-wanti sama abangnya.
    Perlengkapan casual
    Perlengkapan casual
  4. Peralatan Mandi (Handuk, shampo, sabun, scrub, lotion, shower puff) >> Gak harus sepaket, yang emang kira-kira kepake aja buat kamu. Saya aja campur-campur. Semua deh ada di sini. *digampar teh Rina*
    Peralatan mandi
    Peralatan mandi
  5. Peralatan Makeup (lipstik, maskara, eyeliner, foundation, pensil alis, lipgloss, manicure set, brush set, palette eyeshadow, bedak, parfum, kuteks) >> Dari budget yang ditentukan, saya bagi yang paling gede di kotak peralatan makeup ini. Karena saya jaraang banget beli makeup. Jadi istilahnya subsidi silang aja antar kotak.
    Peralatan Makeup
    Peralatan Makeup
  6. Underwear (Bra 3 biji, CD 4 biji, lingerie 1 biji) > Belinya gawsah mahal-mahal. Online aja broh! :))
  7. Traveling gear (jaket outdoor, sleeping bag, sunglasses, travel pillow) >> Kotak ini lebih karena pengen 7 biji, tapi bingung 1 kotak lagi isinya apa, karena kalo mau kotak baju kerja, kantor saya gak formal banget, sehingga udah tergantikan di kotak perlengkapan casual. Bisa juga buku-buku yang pengen kamu beli, CD, atau apa gitu yang lebih spekta seperti meja pingpong, kalo emang muat di kotaknya.
Seserahan sebelum dihias
Seserahan sebelum dihias

Baca Juga: Wedding Vendor Cincin – Nagma Jewels

Seserahan Mahe:

  1. Peralatan Ibadah (baju koko, sajadah, kopiah bugis, tasbih, quran)
  2. Peralatan kantor (celana panjang, kaos kaki, batik, sepatu kerja)
  3. Peralatan casual (sepatu santai, tshirt, kaos olahraga, toiletries organizer)
  4. Underwear (boxer 3 & kaos dalem 2)

Sisanya seserahan makanan, buah-buahan, ataupun kue. Bebas berapa aja. Lauk yang dimakan pas seserahan itu juga boleh dibikin jadi seserahan kalo emang cucok. Untuk boxnya makanan bisa beli di tempat yang sama saat merias seserahan. Biar gak bolak balik.

Seserahan Lamaran (1)

TIPS:

  • Untuk seserahan ini enaknya sih udah ditentuin berapa budgetnya, dan yang belanja gak harus pasangannya biar tahu apa yang dimau.
  • Belanjalah pas lagi diskon! Mahe dapet sepatu wakai yang diskon 50%, dan saya dapet anting-anting seharga 10.000an padahal bagus-bagus banget.
  • Boleh dicicil, gak harus belanja semua jebret dalam satu waktu.
  • Pertimbangkan belanja online supaya gak buang-buang waktu dan ongkos. Saya waktu itu beli pas hari belanja online nasional, jadinya diskonnya lumayan daripada lumanyun.
  • Catet di mana, siapa yang beli, dan juga ongkos kirim yang dikeluarkan karena itu terhitung pengeluaran juga.
  • Ingatkan diri sendiri bahwa semua yang kamu beli WAJIB yang kepake, jangan cuma karena keliatan bagus ajah.
  • Jangan khilaf, inget itu sisa catering belon dibayar. *DEG*

Baca juga:Β Wedding Vendor Foto-Video: Derzia Photolab

Yak, sekian sekilas info mengenai apa dan bagaimana isi seserahan saya dan sang kodok pacar. Semoga membantu capeng (calon pengantin) dan cami (calon suami) *eyaaak* di luar sana. Kalo isi seserahan kamu apa aja sih? Share doong buat kita-kitaaah. Smell you later, happy hunting and happy shopping! :D

Disclaimer: Seserahan ini sebenernya adalah seserahan pernikahan yang biasanya diberikan saat akad. Namun kita sepakat pas lamaran aja biar gak rempong.

150 thoughts on “Tips Memilih Isi Seserahan Lamaran

    • titiw says:

      Nyahaha. Aji mungpung om. Biasanya kan aku jajan 2 th sekali.. :’) Hamdallah ya om ngasih jiwa raga aja ada yang mau. x)

  1. meong says:

    Kalo adat makassar gimana sih, penasaran :D

    Kalo aku kemaren lumayan adat jawa tp ga saklek. Soal adat ini sempet pusing, krn keluarga si mas dari madiun, kuatir kalo beda adat sama jogja.

    Utk seserahan lamaran, dari cowo nyerahin seperangkat bahan dapur (brambang bawang beras garam etc etc etc), jajan pasar, ketan, pisang raja. Itu yg wajib, krn ada maknanya, mis ketan biar hubungan kami makin lengket dan maniiis jieeeeh. Barang lainnya mah cuman syarat biar banyak aja hahaha. Waktu itu dari sana taunya sepengadeg alias seperangkat pakaian, tp dari keluargaku bilang, utk seserahan lamaran ga perlu sekomplit itu. Jadi isinya seperangkat kain batik+kebaya dan kue-kue.

    Dari pihakku ngasih makanan aja, kue-kue, buah. Sbg tanda terimakasih & oleh2.

    Nah pas utk midodareni, seserahan baru lengkap. Tapi lagi2 krn kami ga pake adat, diwanti-wanti seserahan ga usah lengkap. Jadi dr cowo ngasih sepengadeg (itupun ga berupa baju pesta & santai, pokoknya sepengadeg. Dari sepatu, tas, baju, sampe make up) dan mas kawin.
    Dari pihakku ga wajib ngasih balasan krn ga pake adat, tp utk pantes-pantes ya ngasih kue, buah. Walhasil seperangkat baju etc buat mas disembunyiin, ga diserahkan pas midodareni. :))

    Begitulah adat

    • titiw says:

      Oh.. Iya mbak. Kebetulan aku ini seserahan semuanya yang biasanya dikasih pas akad, sehingga terlihat banyak. Wih berarti kamu lumayan masih adat ya. Pasti seru, apalagi kerna disembunyiin duluu. Hahaha… :D

      • meong says:

        Yg seru karena kami berdua sama-sama ga ngerti secara adat harus gimana, cuma liat dari sodara-sodara dan gugling :))
        Bayangin dong, udah belanja seserahan, eee pas pulang jogja sambil bawa itu barang, komentar orang rumah adl, “lho ngapain beli ini? ga usah, karena ga ada kewajiban,”
        trus semalam sebelum hari H ada rapat panitia dari pihak cewe dan cowo utk membahas soal seserahan. Pusiiiing hahahaa

  2. Bieb says:

    Btw..itu makeup nya Astagah…Bodyshop sodara2!! pasti aji mumpung ya mba’. hyahahahaha. *minta dikeplak* :D

    Waktu aku lamaran, kebetulan pas Ultah. Jadi si cami ngasih birthday cake plus buah plus kue2 lainnya. Dan dari keluargaku balesannya masakan jadi (ngikutin apa kata tetua-tetua).
    Trus untuk seserahan nikah kebetulan memang ga ada tradisi u/ ngasih barang seserahan ke keluarga suami (kecuali kue dan buah), jadi yg disiapin cuma yg buat aku aja. Make up, CD+Bra+lingerie, Selop + tas, Mukena+quran+sajadah, dan perlengkapan mandi.
    Itu aja sih kaya’nya.

  3. thalique says:

    Ini seserahan pas lamaran? dulu pas saya melamar istri (yang sama keturunan orang Sulsel) pas lamaran nga sampai kasih seserahan segono banyak.. tp yha beda desa beda cerita, yg penting cari berkah

    • titiw says:

      Tolong dibaca dlu disclaimernya mas T, ini adalah seserahan kawinan. Tapi aku kasih pas lamaran biar ga repot. Untuk banyak nggaknya relatif ya. Nggak ada hubungannya sama orang makassar apa nggak. Kalo anaknya JK kawin mungkin jg ga sesedikit ini.

  4. rasehaM says:

    Moga semua barang yang sudah diserahkan dapat digunakan dengan baik dan bermanfaat ya. Barang2 dari kamu bagus dan fungsional semua! Thanks dear.

  5. Heru says:

    Mbak2 mau tanya yg beli seserahan itu siapa,,maksudnya yg belanja apa harus berdua ???cz aku pa;ling meualeeeeesss utk muter2 soping cari barang ,,,,:-),,,gmn kalau aku kasih uang ke calonku terus dia yang belanja sendiri itu elok ndak mbakkk???

    • titiw says:

      Bebas aja siapa yg mau beli. Kalo males, biarkeun ceweknya yg beli. Kasih duitnya ke dia aja biar dia yg milih. Elok2 aja kook, malah nanti kalo masnya yg paksain beli brg buat dia, dia malah kurang suka. Hehe :)

  6. nadia says:

    mau nanya, emng kalo seserahan harus ada barang buat cowonya ya?bukannya buat pengantin wanita?terus klo seserahan pas lamaran dan seserah pas acra resepsi beda ga?

    • titiw says:

      Nggak juga, cuma buat pantes2an kalo istilahnya pihak cewek juga cinta sama yang cowok. sehingga si cewek ngasih barang ke cowong, dengan jumlah yang lebih sedikit dari si cowok.
      Untuk seserahan pas lamaran dan resepsi itu ada yang dipisah ada yang digabung, kalo punya aku ini digabung pas lamaran biar gak rempong. Kalo mau dipisah, seserahan lamaran yang gak usah terlalu mahal-mahal, cukup makanan dan kue-kue aja, sedangkan untuk seserahan barang-barang nanti pas di hari H. Good luck. :)

  7. idra says:

    Mba titiw klo pas lamaran udah diserahkan smua seserahannya, pas akad nikah si cowo gak bawa apa2 lg dong ya? Cuma bawa mahar aja gitu ya?

    Tengkyu mb tulisanmu menginspirasi.. ;)

    • titiw says:

      Ini maksudnya yang digabung seserahannya apa acaranya? Karena kalo acara lamaran agak aneh sih kalo digabung sama akad nikah. Hehe. Kalo seserahannya yang digabung sok aja atuh, banyak kok yang seserahaannya barengan pas akad. Untuk barang seserahan, gak ada patokan sebenernya harus berapa. Ganjil itu biar gemana aja gituh.. Aku aja kemarin barang untukku 7, dan barang untuk suami jadinya 4 padahal sebelumnya 3. Itu karena kotaknya gak muat. jadi fleksibel aja sih. :)

      • Rikza says:

        Asslmualaikum
        Maaf mbak mau nanya 😊
        Kl buat seserahan lamaran bagusnya apa aja ya
        Soalnya ada yang bilang harus pake paket make up, kain, sendal
        Ada yang bilang lagi cuman pake jajanan ma pakaean aja mbak,
        Yang bagusnya yang mana y mbak

        • titiw says:

          Walaikumsalam. Aku coba jawab yaa..

          1. Semampunya kamu dan pasangan
          2. Apapun yang emang kamu mau yang sesuai budget
          3. Untuk makanan itu jatuhnya gak masuk dalam “seserahan” beneran. Itu cuma hantaran yang jadi semacam pelengkap.
          Pokoknya ikutin kata hati aja ya. :)

  8. Shantya says:

    teteh, maap yak mau nanya itu seserahannya yang baju akad, dikasihnya pas hari HA nya apa pas kita lamaran, apa itu teteh hari AKAD sama PESTA nya beda? makanya dikasih duluan,kalo saya seserahan pas dikasih hari pestanya kan besan datang tuh, tuh kalo lamaran gitu ga wajib bawa bawa sebanyak gitu kan ya teh ? thanks you ya teeh

    • titiw says:

      Gini Santya:
      1. Lamaranku januari, sekaligus seserahan semua ini. Baju akad gak wajib ada di dalam seserahan, tapi kalo seserahannya agak jauh-jauh hari dari pernikahannya, bisa diperhitungkan untuk dikasih di dalam seserahan. Tapi karena pernikahanku Maret dan takutnya mepet kalo jahit 2 bulan, maka baju di seserahanku itu cuma bahan aja.
      2. Akadku Maret sore, dan resepsinya malemnya. Gitu.
      3. Kalo seserahan pas akad juga boleh, cuma menurutku ribet karena nantinya sodara akan ribet ini itu, takutnya si seserahan jadi terlantar

      Semoga membantu ya. :)

    • titiw says:

      Kamu mau beli apa dulu. Kalo aku sih gak harus di 1 tempat. Kalo mau sreg ya beli langsung jangan online. Tp aku waktu itu belinya di bberapa tempat tp paling banyak di Zalora. :)

      • titiw says:

        Itu biasanya uang hiasan kan Mahar ya kak. Kalo aku maharnya berupa emas dan diberikannya pas akad. Kalo seserahan ini pas lamaran. Waktu lamaran aku gak tuker cincin. Kalopun tuker cincin pas seserahan, gak usah di dalem seserahan, di luar aja biar gampang ambilnya kan. Senang bisa membantu. :)

  9. irma says:

    Teh mau tnya donk
    Kalo seserahannya bwat cewe gak ada 1set baju kebaya itu gimana teh boleh gak nd diganti baju gamis

    • titiw says:

      Gak apa2 dong Irma. Seserahan ini kan apa yang kita mampu dan butuh. Kalo kamu gak butuh kebaya dan maunya gamis.. bebaaas :)

  10. melanie says:

    Terima kasih banyak mbak titiw smua infonya,. Banyak masukan n seserahan mbak sudah saya cantumkan ke perlengkapan lamaran saya.. tq

    1 lg mbak,. Seserahan saya dikasih pas nikah mbak,. Saya tdk ada acara lamaran,. Gak masalah kan tuch mbak ??

    • titiw says:

      Gak apa-apa kok. Asal pas nikahan itu ada orang yang bertanggung jawab untuk pegang seserahan itu biar nggak keteteran.

  11. NILA says:

    Wah, ini ok banget deh mba postingannya.. Aku lagi bingung barang apa aja untuk seserahan, postingan mbak Titiw membantu sekali :)

    Btw, boleh minta infonya kah untuk make up belinya di mana aja mbak? Maklum, jarang beli make up nih hehe

    • titiw says:

      Kalo makeup aku campur2 neng. Ada yg di bodyshop, sariayu, ada yang beli online. Kamu list aja dlu apa yg mau dibeli.
      – lipstik
      – bedak
      – foundation
      – dll

      Dari situ browsing deh yang bagus dan gak terlalu mahal. Kalo aku sih rekomen Sariayu yang package2 gitu. :)

  12. mpha says:

    Niatnya mau nyari recomment buah nambahin seserahan sepupu, ketemu blog asik ini.
    Sedikit share aja, aku sama kaya mba titiw jarang belanja jd pas seserahan minta banyak item deh.. hehehe…
    itemnya hampir sm kaya diatas, tp karna ayahku org betawi jd aku minta kangmas aku beliin sepasang roti buaya (buat sedikit menghargai ayah & keluarganya) ditambah mertuku baik bgd jd seserahanku ditambah perlengkapan dapur (blender, mixer, kompor gas, bahan olahan mentah, dll) *kayanya biar anaknya dimasakin istrinya sih* ^o^

  13. Nova says:

    Mbaakk.. aku mau tanya donkkk..
    Aku kayanya penganut pahamnya Mbak deh yang ga mau rempong bawa2 seserahan pas akad.
    Rencananya seserahan ini mau aku bawa pas lamaran aja.
    Nah yang jadi pertanyaan, kalo seserahan uda dibawa pas lamaran, nanti pas akad ga bawa apa2 lagi ya? apa gimana?
    Help me pleaseee… :D

    Makasih mbaakk,, :))

    • titiw says:

      Bebas aja sih kak.. rata orang 3 – 4 bulan ya. Kalo aku sih 2 bulan. Intinya lamaran itu woro2 kalau kita engage dan sudah akan menikah, nah jedanya itu masa2 ribet ngurus kawinannya. :)

  14. Feri says:

    nice articel sist..
    ini yg kucari..
    btw aku mau nanya ni teh,klo lamaran tu ga harus pake tuker cincin ya?
    klo tuker cincin pas akadnya ya?
    1 lagi teh, tuker cincin itu termasuk mahar bukan ya?

    • titiw says:

      Nggak harus ah, waktu lamaran aja aku tukerannya kalung sama sarung. Hahahaha.. Iya, yang jamak terjadi sih tukeran cincinnya pas akad ya. Nah, cincin itu biasanya bukan mahar, mahar itu di luar cincin. Misalnya aja kamu tuker cincin, trus mahar terpisah 5 gram emas. :)

  15. pratiwi says:

    Hy mbk. Ak mau nanya ni. Ak kan kayak mbk juga . Seserahan dibw pas lamaran.Isi seserahan nya bisa dibuka langsung atau nunggu selesai akad?

    Makasih info nya mbak

    • titiw says:

      Seserahan mah bisa dibuka terserah kapan aja nggak harus nunggu pas akad. Saya aja seserahannya ada sepatu kan, nah itu sepatu dipake pas married. Good luck yaa! :)

  16. dita says:

    terimakasih banget lo kak .. membantu sekali tulisannya. Aku ubek-ubek referensi buat nyiapin nikah akhir tahun, terus nyasar ke sini. Semoga bermanfaat terus yaa ..

  17. Tia says:

    Mkasih ya mbak sudah berbagi cerita, sangat bermanfaat, kebetulan aq skrng lagi mau belanja buat seserahan, oia kalo misalnya makeup nya beda prodak gimana mbak? Pantes gak yaaa?…

    • titiw says:

      Aaah gak apa-apa. Aku juga merknya campur-campur kok. Yang penting nanti pas dihias pake warna yang senada seirama. Inget, semuanya harus yang kepake sama kamu, sayang kalo bela-belain merknya sama tapi gak kepake. :)

  18. Wulansari says:

    Mbak, mau tanya. Kalau maharnya berupa seperangkat alat sholat dan cincin emas boleh kah mbk? Jadi cincin itu nanti yg saya gunakan. Jadi gda lagi emas di luar cincin kawin. Gimana mbk? Boleh kyk gtu kan?

    • titiw says:

      Sebenarnya boleh2 saja sih kak. Itu tergantung keputusan kedua belah pihak. Kmaren aku mau gitu tp pihak sana bilang cincin dibedain aja sama mahar. Yaudah aku nurut. :)

  19. Budiartha says:

    Wah, oke juga niih blog nya mba.

    Saya jadi banyak tau. Soalnya kemarin2 masih bingung banyak aplg soal seserahan.

    Sekarang yang masalah Mahar nih. Mau nanya.
    Td ada yg sempet nanya jg diatas cuma masih agak bingung.. Gini…

    Kalau saya dan pasangan udah beli cincin nikah sepasang. Apakah cincin2 itu nanti bisa di pake buat lamaran (ditaro dijari manis kiri)? Atau buat lamaran cincinnya lain lagi?

    Kedua, cincin yg saya beli sepasang itu, termasuk ke mahar ga? Kalo iya, yg disebutin cincin yg cwe nya doang dong ya?

    Terimakasih mba

    • titiw says:

      Halo kak Budi, saya usaha jawab ya:
      1. Boleh2 ajalah cincin yang tunangan sama ama cincin kawinan. Kalo ditaro di jarinya saya kurang paham, yang jelas sih kalo saya pas lamaran gak pake cincin, jadi gak tau ditaro di jari mana. :D

      2. Ada yang bilang mahar beda sama cincin, ada yang bilang boleh2 aja kalo emang memberatkan. Tapi kalopun jadi mahar iya yang disebutin emas yang ada di cincin cewek doang berapa gram, kan yang dirimu kasih cuma itu doang.

      Semoga membantu! :)

  20. Mita Silvia says:

    Kak Titiw, salam kenal dari aku di Bintaro, Alhamdulillah ih nemu blog ini, emang lagi bingung binggow cari tau barang2 buat seserahan nanti, Aku juga bukan tipe ciwik yang demen jajan2 gituh, jadi mau aku manfaatin ah moment ini. Secara kakanda syudah amanahin aku untuk pilih sendiri isinya dan disesuaikan dgn budget pastinya…
    HAHAHA *MODUS*

    Oh iya,, buat seserahan nanti aku mau tambahin boneka muslimah gitu kak, pake gamis bonekanya. Gemesssss!!
    Anti mainstream kan.. hihihi

    Thank you for sharing kak..

    • titiw says:

      Aaak! Bonek muslimah macem apose tuh kaaaak.. Mau liat dooonggg hahahahhaa.. Siipp semoga membantu yaaa ;)

    • titiw says:

      Gak aneh lah.. aku aja kasih.. tapi jatohnya parfum.. after shave cream.. sama tas toiletries buat traveling.. :D

  21. Wulan says:

    Makasih sharing nya kak. Aq baru mw mulai nyicil beli barang seserahan n sempet galau bimbang mw beli apa aja karena kebanyakan googling. ?

    Tanya sih kak,, kalau di seserahan udah ada baju kebaya buat acara akad, masih harus ada kain gak dalem seserahannya? Fungsi kain itu buat apa ya kak?

    Makasiihh..

    • titiw says:

      Fleksibel aja sih. Kalo udah ada kain buat akad, ya gak usah lagi. Buang2 duit. Hahahaha.. Aku aja kain yang pas seserahan (bukan buat baju akad) jatohnya belum dijahit2 nih. :))

  22. ricky says:

    ijin tanya mbak…kalo pas lamaran ga ada acara tuker cincin..cuma saya aja yg ngasih cincin buat pengikat..gimana tu mbak?? apa sahΒ² aja..tq

  23. susi says:

    Kak.. aku mau tanya niy.. cewe kan dikasih seserahan sama cowo yaitu semua perlengkapan yh dipake cwe dari ujung kaki sampe kepala..
    nahh kalo cw ngasih ke cwo juga ga? Tukeran seserahan gitu?

    • titiw says:

      Bebas aja kok, bisa diomongin ini maaah. Kalo aku sih kasih pacarku waktu itu daleman, kemeja, sepatu, sama parfum2an ajah :D

  24. Leo DJ says:

    Thanx info’y yaa,,tanteee
    Bdw, klo cincin yg tuk mahar tp nanti’y d’pke bwt tuker cincin tuh gmna ?? Gpp kan ??

  25. Eka says:

    Terima kasih mbak
    Akhirnya saya menemukan blog yang tepat sebagai inspirasi seserahan
    Berarti, acara seserahannya hanya pas lamaran ya mbak

    Kan biasanya ada juga yg bikin seserahan untuk lamaran n pas akad nikah juga.
    mnurut mbak gimana?

    • titiw says:

      Hamdallah ya kalo bisa membantu. Seserahan yang 2x itu juga bebas kok, gada larangan kalo emang mampu. Dibedain aja. Misalnya seserahan lamaran cuman makanan2 aja, tapi seserahan akad ya yang niat2 itu loh. :D

  26. Senly says:

    Ka titiw salam kenal..wah pas bgt nih ka aku lg cari2 mahar .aku.mnta sarannya dong ka tuk seserahan uang pas akad kaya uang kuno2 gtu masih jaman ga sih .. punya rekomen ga tempat yg hiasan yg murmer..hehe mngkin ada yg pnya pengalaman..πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

  27. salma says:

    Mba mau tanya nih ,mohon dijawab yaa
    kalo pas lamaran tpi ga bawa seserahan itu gpp? Tpi dari pihak cewek nyediain makanan jadi. Terus kan dri cowok cuma bawa cin2 lamarannya aja, klo dri cewek ga ngasih apa2 kan? Bingung tolong kasih pencerahan

    • titiw says:

      Gpp banget kak. Si makanan jadi itu istilahnya angsul2. Begituan kan seadanya dan semampu kita. Gak wajib. YAng wajib mah mahar. Nah aku aja gak pake cincin lamaran kok, pakenya kalung. Semoga jelas ya. :)

  28. aprilia says:

    mba aku masih bingung, kalau mau kasi barang buat cwo itu pas hari akadnya atau pas dia ngelamar? karna kan kalau barang2 seserahan aku dikasi pas akad, kalau ngelamar paling dia bawa mahar dan kue2 aja. jadi aku ngebalikin kasi barang ke cowo nya pas apa ya?

    • titiw says:

      bisa yg mana aja kak. Aku pilih pas lamaran biar pas akad gak rempong banyak barang. Jadi seserahannya waktu itu pas lamaran. Pihak cowok ngasih ke aku. trus pas pihak cowok mau balik kita kasih saat itu.

  29. Cilah says:

    Haloo mba titiw, alhamdulillah ketemu juga blog ini. Sampe aku capture2 loh yg mba titiw tulis buat contekan aku pas beli seserahan. Itu make up ada naked 2 yaampun mbaa semoga calon suami aku juga kaya gitu yaah beliinnya hehhee πŸ™ˆπŸ™ˆ

    Oh iya mba mau tanya, laki2 kan sebenrnya nggak boleh dalam islam pake cincin, nah tadi siang aku sama calon suami ke cikini beli cincin dan mahar dan akhirnya kita memutuskan untuk beli cincin 1 aja untuk aku, nah setelah pulanh calon suami juga mau beli cincin tapi bukan emas tapi bentuk dan modelnya sama itu boleh kan?

    Thankyou loh mba titiw 😘

    • titiw says:

      Halo Cilaaah! Hamdalah ya kalo postingan aku membantuu :D Cincin aku pake emas putih, cincin suami pake perak kak. Bisa dilihat review aku tentang cincin di SINI >ya. Model sama bentuk mah samaaa. Tapi bebas tauu. Kalo kamu mau emas biasa dan suami perak/paladium juga boleeeh. Cusss gada aturan baku kok. Semoga lancar2 yaaah :)

  30. karina says:

    Salam kenal mbak titiw,
    Mau tanya, kalau seserahan lamaran gadis minang gimana ya? calon prianya jawa sunda,
    apa sama saja dengan yang lain?
    makasih ya mbak infonya

  31. Luthfiahra says:

    Aaaaah terima kasih mbak tiw. Sgt bermanfaat. Sudah mulai nyicil ngelist apa aja untuk seserahan. Searching2 dan ketemu disini πŸ˜„

    Oh iya mbak, untuk seserahan ke laki-laki itu wajib apa tidak ya? Trims πŸ˜€

    • titiw says:

      Seserahan untuk perempuan pun sebenernya gak wajib kak. Pantes2an aja. Untuk seserahan ke laki.. Yaaa.. sekadar simbol kalo kita juga sayang kan sama dia.. gak usah sebanyak seserahan cewek. Misalnya angsul2 cewek ada 7, buat cowok 3 atau 5 aja. Yang penting sarung peci (kalo muslim), toilettries, sama baju kerja aja. Lancar2 yaaa :)

  32. Septia says:

    Salam kenal mba tiwi. kalo jarak lamaran ke akad cuma beda 4bln, bisa gak ya seserahannya pas lamaran aja?

  33. Zuh Rizal says:

    Neng.. makasih review supernya 😁
    Oya, seserahan untuk si pria apakh diberikan oleh wanita saat prosesi lamaran itu dilakukan?

    • titiw says:

      Halo mas Rizal. Iya, dikasihnya pas keluarga cowok mau balik ya.. Jadi pamit, trus seserahannya dikasih pas pamitan itu. Lancar2 yaah :)

  34. vivi says:

    Salm knl kak titiw nie ku mau tnya klau acra lmran trus nikhnnya msih lma tu hantaran.nya hrus sma atau gmna ?
    Pas hantaran lmaran ap harus ad perlengkpn underware jg kak .

    • titiw says:

      Bebas aja kok kak. Kalo nikahnya masih lama, hantaran lamaran/perkenalannya mah buah2an atau makanan dlu aja. Gak usah yang lengkap. Nanti lengkapnya pas mau kawinan ajah.

  35. Aude Beauty says:

    Bagus sekali penjelasannya mbak. Jelas dan tidak membingungkan apa saja yang perlu disiapkan untuk seserahan lamaran dan pernikahan. Terima kasih😊

  36. Lastri says:

    Siang kak titiw, salam kenal yaah..
    Thx buat ulasannya, sangat bermanfaat buat aku yg mau dilamar bulan ini hehee
    Aku mau tanya, klo seserahan lamaran cuma bawa buah & kue2 gitu gpp kan yah?
    Trus seserahan buat cowo wajib juga dikasih pas lamaran?

    • titiw says:

      Gpp banget aaaaah. Nanti seserahan yang niat ya waktu akad. Aku sengaja dibarengin pas lamaran biar barang-barangnya bisa dipake pas married, trus pas akad gak rempong. Secara nanti pas akad kan bakal ribet tuh takutnya malah barang2nya kececer. Iya buat seserahan cowo juga bisa dikasih pas lamaran. Gak ada betul gak ada salah kok. Lancar2 yaaa acaranya :D

  37. fanny putri says:

    Haaiii mba titiw, alhamdulillah ulasannya sangat bermanfaat sekali buat saya mba jd ada pencerahan dan masukan nih hehe
    Oh iyah mba mau tanya, kira” beli mukena yg murah dan bagus dimana yah ? Siapa tau mba nya punya referensi tempat buat hunting mukena, soalnya lg bingung nyari yg murah tp kualitasnya ga murahan nih hehe πŸ˜‚ terimakasih sebelumnya 😊

  38. Nabila says:

    Mbak, Mau tanya dong, budtget untuk hantaran ini kesepakatan kedua pihak ( Pria dan Wanita ) ? Trs yang beli hantaran nya itu dari pihak wanita semua ?

    Makasih

    • titiw says:

      kalo aku sih iya, budgetnya kesepakatan bersama. Yang beli hantaran bebas aja, tergantung siapa yang ada waktu kosong.. Kalo aku ada yang belanja sendiri, ada yang belanja bareng. Selama merk dan tipe barang calon suami udah tau sih gancii.

  39. Putri says:

    Kak tiw.. Mau nanya kalo seserahan cowo dikasih pas akad.. Angsul2/seserahan buat cowonya aku kasih pas kapan?

  40. oman says:

    Catringnya masak sendiriπŸ˜†πŸ˜†
    klo kita gk tau ukuran tubuh calon wanita,
    Gmn beli pakaian dlm nyaπŸ˜“πŸ˜“?

    • titiw says:

      Tentukan dulu berapa kotak mas. Lalu dari situ dibagi-bagi deh. Misalnya kalo muslim, untuk perempuan bisa: Kotak alat shalat, kotak makeup, kotak baju formal, kotak baju pesta, kotak alat mandi, kotak yang isinya hobi calon istri, sama kotak sepatu/sendal.

  41. Adel says:

    Haloo, Mba.
    Duh… Makasiii banget ini postingannya bermanfaat.
    Selain isinya si seserahan, itu bikin atau beli kotak seserahannya ya?
    Kalo liat-liat di google ternyata ada yg sewa, tapi ya kok ngeri kalo rusak.

    Maacih :)

    • titiw says:

      Kalo aku sih waktu itu minjem temen sama beli mbak. Lumayan banget harganya kalo beli semua kotak. Bisa abis 500-700ribu sendiri. Itu cuma beli kotaknya, belum yang dihias-hiasnya. Hhehe. Coba aja temen2 yang udah pernah married trus minjem. :)

  42. Umi says:

    Mb mau tanya
    Klo barang seserahannya dipake dlu barangnya lalu di kembalikan lg boleh atau tidak?
    Contoh : sepatu yg akan di buat seserahan krn sesuatu hal jadi dipinjem dlu lalu di balikin

  43. brasar says:

    Pakaian atau kain adalah salah satu isi baki seserahan. Selain baju atau kain, kamu juga bisa mengisinya dengan tas atau sepatu. Arti dari baki ini adalah bahwa sang calon mempelai pria bakal memenuhi segala perlengkapan sandang pasangannya.

  44. legicans says:

    hallo mba titiw
    sangat membantu banget blog nya..
    mbak mau tanya kalo seserahannya pas akad, itu nanti yang seserahan buat cowoknya dikasihnya baiknya kapan yah?

    maacih….

    • titiw says:

      Kalo aku karena dikasihnya pas lamaran, dikasih ke cowok pas pihak cowok mau pulang. Tapi kalo pas akad, kayaknya dipajang di acara aja. Nanti dibawanya sama piak cowok kalo mau balik.

    • titiw says:

      Halo Safina, Ini bebas aja, tergantung kesepakatan bersama. KAlo aku waktu itu, patungan 50% 50% sama pasangan, dari total itu, kita pake buat seserahan cowok dan cewek juga. Tapi kalo gak begitu, kalo bisa dari cowoknya aja, hehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *