Wedding Vendor: Review Chikal Catering

Sudah baca tulisan sebelumnya yang berjudul “10 Tips Memilih Catering Pernikahan“? Kalau udah, boleh lanjut baca ini. Kalo belum, boleh dibaca dulu agar segala sesuatunya dapat lebih holistik. Seperti layaknya calon-calon penganten yang berserakan di luar sana, test food dalam menentukan catering yang dipakai itu adalah sebuah keharusan. Fardhu ain. Sunnah nabi. Bahkan ada yang test food berkaaali-kalii di beberapa tempat yang berbeda-beda.

Sejujurnya, saya hanya test food di 2 tempat yaitu catering Nabila dan Chikal. Harga mereka bersaing, Nabila lebih mahal sedikit, namun marketingnya lebih baik dan informatif dibandingkan Chikal. Namun setelah test food Nabila, saya langsung ngedrop gila-gilaan karena sampah yang berserakan di lantai gedung. Entah itu tanggung jawab siapa, yang jelas ilfil, nek! Ya udah deh langsung cuss review Chikal Catering.

  • Harga yang saya dapatkan di internet lebih murah dengan harga yang ditawarkan Bu Sri, pimpinan di catering Chikal. Hal tersebut dikarenakan gedung Bulog yang saya pakai memiliki charge yang agak besar. Namun tetap di batas kewajaran karena harga Chikal di gedung yang lebih mewah, ternyata lebih mahal.
  • Chikal memiliki paketan. Namun kalau cuma memesan catering doang tanpa paket jatohnya lebih mahal daripada harga paketan yang udah sama dokumentasi, musik, pelaminan, dll. Aneh tapi nyata dan tidak tipu-tipu. Tips dari saya sih, kalo gak mau pake paketan dia, tetep aja ambilnya paket, tapi dilepas satu-satu. Chikal akan ngurang-ngurangin harganya, dimana charge akan mereka yang tanggung. Jadi kalo kamu dokumentasinya, bandnya, gak pake vendornya Chikal, charge tetep dibayarin Chikal sehingga jatohnya lebih murah dan gak ribet.
  • Untuk Review Chikal Catering, saya memesan cateringnya, dekor, dan peralatan (meja dan buku tamu, janur, kotak angpau). Okelah dekornya tidak spekta macam Sawargi ataupun Akasya (ya beda level juga), namun saya yang gak neko-neko ini yang penting si dekor senada dengan warna pelaminan dan mengikuti apa yang saya mau. Langsung liat bahan dan warna kainnya, kalo perlu main deh ke gudangnya dan pesen jangan sampe kotor ataupun ada yang sobek. Dan hasilnya di pernikahan saya: not bad.
Dekor Chikal Catering
Dekor Chikal Catering
  • Chikal ini agak sulit dihubungi via email, bisa dibales berhari-hari lamanya. Namun mudah dihubungi via sms dan telpon langsung ke Bu Sri. Tips: Nanya-nanya dulu via email, lalu telpon bu Sri, dan datanglah ke kantor Chikal langsung minimal 3 kali. Yang pertama untuk sreg-sregan, yang kedua untuk bikin fix paketan dan makanan, yang terakhir final check.
  • Saya sempat technical meeting seminggu sebelum pernikahan. Mereka mau-mau saja kok menambah ini itu sehingga lebih plong rasanya kalau mengadakan technical meeting dengan semua vendor dan mereka bersinergi bersama. Sinergiiii.. Bahasanya mengungkap usia gak sik?!
  • Sekitar 2 minggu sebelum hari H, kamu akan diberikan nomor kontak Kapten yang akan jadi PIC dari Chikal untuk perkawinan kamu. Simpan baik-baik dan tanya apapuuuun yang mau kamu tanya kepada beliau. Kapten saya kala itu bernama mas Muri yang setahu saya sampe sekarang belum pernah dapet Muri. *krik.. krik..*
  • Kala technical meeting, saya minta tambahan buket mawar putih dan request agar semua bunga yang disediakan Chikal untuk dekorasi berwarna putih. Belum lagi tambahan meja untuk galeri foto, tambahan background untuk band, dan juga tambahan taman pelaminan yang sebetulnya tidak termasuk dalam paketan yang saya minta. Chikal baik kok, asal kitanya asertif dan gak males-malesan menghubungi mereka. :)
  • Untuk Review Chikal Catering, saya sempat test food 2x yaitu di gedung Bulog dan di Patra Jasa. Sebenernya sih Chikal sudah punya tempat test food terpisah, tapi saya masuk langsung sebagai tamu biar bisa ngerasain secara real. Haha.
  • Yang kurang saat saya test food:
    1. Tissue yang tidak ada di tiap gubugan
    2. Sendok saji yang tidak ada di gubug sate
    3. Tutup softdrink yang ditaro di meja sehingga terlihat berantakan
    4. Pasta yang agak angus

Namun hal-hal tersebut sudah saya ungkapkan di depan kepada bu Sri sehingga hal tersebut sudah ditackle oleh Mas Muri selaku Kapten. Sisanya, lumayan banget dari segi rasa dan kuantitas. Namun ketika hari H, saya kurang ngeh dengan rasa makanannya.

Ya eyalaaaah secara eike lagi dipajang di depan. Namun menurut beberapa teman dan keluarga, rasanya lumayan enak dan best value lah. Dengan total undangan 500 (sama dengan 1.000 tamu), saya memesan 800 pax makanan, dengan 10 gubug yang tiap gubugnya bervariasi ada yang 200 – 350 pax.

Setelah selesai acara, makanannya masih ada sisa dan dengan cekatan pihak Chikal sudah membungkus makanan-makanan tersebut untuk dibawa pulang. Berikut saya update harga Chikal yang terbaru (per November 2014) yang saya ambil dari SINI. Harga yang saya dapet dulu sih lebih murah karena deal di bulan Desember 2013, tapi gak beda jauh kok. Dan ingat: Bisa diutak-utik dan customized.

Paket Chikal 1
Paket Chikal 2 (Nov 2014)
Paket Chikal 3 (Nov 2014)

Chikal juga tidak ngeselin soal pembayaran, DP yang saya bayar boleh berapa saja tidak harus 10% dari total biaya. Begitu juga pembayaran ke-2 dan ke-3 tidak ditagih-tagih, namun kami selaku penganten baru yang bijak dan taat pajak langsung membayar apa yang sudah jadi hak mereka. “Tapi tiw, kok dekor dll nya biasa banget ya? Penampilan cateringnya juga so so.

Ingat, ada harga ada rupa. Dan dengan harga dan level Chikal, menurut saya catering ini adalah salah satu catering yang bisa dipercaya dan amanah. In the end, I would like to say thanks to all Chikal team terutama Mas Wiwid yang membantu di bagian admin, Bu Sri selaku Owner, dan Mas Muri sebagai Kapten di hari H. You did a great job! To sum up: CHIKAL CATERING: RECOMMENDED for Budget Wedding. Cheers!

Chikal Catering
Jl. Kramat Aris RT 04 RW03 No.43, Setu, Cipayung, Jakarta Timur 13880
Telp. 021-84596430 – 021-70065532  – 0815 8611 6411 (Ibu Sri)
Fax. 021-84596347
Email: [email protected]

163 thoughts on “Wedding Vendor: Review Chikal Catering

    • titiw says:

      Hihi.. Nggak asli Bieb. Itu cuma dipake pas pengantennya lewat. Abis lewat dilepas lagih pakek karped biasa. :)

  1. thalique says:

    sayang karena harus pulang buru buru, nga sempat cobain semua makanan hehehe.. (ini nich contoh tetamu yang geragas hehe)

    • titiw says:

      Laptop aku abis diinstall ulang nih. Budget untuk catering masih di komputer lain. nanti kalo udah fix aku kirimin ya. Yang jelas harus dicamkan budget aku adalah budget yang sudah ditanyak sejak november 2013, jadi bisa saja berubah jika Erin tanya ke Chikal.

  2. erin says:

    Iya dong pastinya hihi buat pandangan aja…kalo bonus2an gubuk gt kira2 dikasih gaaa yaaa?huehehe harus ngroyok bgt dong ye biar dibonus bonusin :”)

    • titiw says:

      Gak kok. Bu Sri ini baek bgt.. dirayu dikit kasih bonus 50 pcs untuk 3 gubuk. Rayu dikit lagi dapet tambahan lontong cap gomeh pas akad 50 pcs lagi. Hehe..

  3. Mariana says:

    Kak Titiw..dekornya bagus ituuuu.. hihihi, suka jalan ke pelaminannya..
    Oia kak,boleh minta tolong juga gak kak Pl cikal yg kaka pake? Kalo boleh aku mau ya kak send ke email aku [email protected]

    Thanks a lot kak!

  4. bunga says:

    Mba Tiwi, halo halo ! Salam kenal, ya!

    Mba, aku juga ada angan2 mau nikah tahun depan, nih. Tapi untuk tahu berapa jumlah uang yang harus disiapkan, jadinya dari sekarang sudah cari2 vendor. Berhubung Chikal masuk ke daftar vendor yang terjangkau dan kebetulan mba juga membuat ulasannya, boleh ndak kalau saya curi curi pandang daftar dari chikal? hehehe. Kalau boleh loh.

    Makasi banyak yo, mba. Semoga langgeng pernikahannya juga, ya. ^^

  5. Sandrine says:

    Selamat siang mba, salam kenal.
    Saya Sandrine. Boleh tanya, untuk weddingnya jadi pake full paket dari chikal atau ada beberapa yang lepasan? Foto Video & Rias Busana?
    Terima kasih banyak ya mba.

    • titiw says:

      Halo Sandrine, untuk weddingnya aku pake Chikal untuk dekor dan catering, serta perlengkapannya aja. Yang lain dilepas. Tapi lebih murah kalo ambil paketan dan dilepas satu-satu. Video pake vendor lain, rias busana pake sanggar bugis.

  6. Grace says:

    Salam kenal mba Titiw..
    Saya lagi cari-cari catering yang pas nih.. setelah baca review mba titiw, jadi agak kepincut :)
    Saya mau juga mba di kirim pl nya chikal ke [email protected]
    Thank you so much mba…
    :D

  7. Endah F.A says:

    Halo Mba Titiw,,,

    Kebetulan saya juga akan menggunakan chikal tahun depan. Boleh tau ga mba, bonus2 apa saja yang di dapat dari chikal..
    dan menu apa saja yang diambil,,

    Terima kasih…

    • titiw says:

      Bonusnya tergantung kita mau ambil paket apa kak. Dan bakal dapet banyak bonus juga kalo langsung obrol sama Ibu Sri. Misalnya makanan akad cuma dapet 100, aku dikaish 150. :)

      • sevin says:

        Hallo mba titiw…
        Aq jg mw pake chikal ni paketnya sma sprt mba 500 undangan udah Dp tp blom smpat minta bonus ini itu karna blom ktmu bu sri dan blom kebayang apa aja bonus yg bsa ddpat boleh minta detailnya mba klo mba dpt bonus apa aja selain yg ada d pl?

        Terima kasih banyak mba titiw :)

        • titiw says:

          Bonusnya bisa beda tergantung kamunya juga. Tapi emang lebih enak kalo langsung ngomong sama ibu SRI. Aku waktu itu dapet bonus beberapa pax untuk 2-3 gubukan. Ada lagi bonus makanan akad. Sedangkan untuk printilan macem bunga tangan, vas, meja tambahan, dll langsung diomongin nanti sama Kaptennya mereka saat kamu ngadain gladi resik. Inget ya, harus ada gladi resik biar bener2 tau apa yang dimau. Good luck! :)

          • pina says:

            Dear mba titiw,
            salam kenal……
            Mba aku kan udwh dp di chikal, nah klo untuk nambah buket bunga, meja” buat foto, dan printilan”nya kira” kena biaya lagi g mba? Trs untuk gladi resiknya itu pas satu minggu sblm acara atau pas 1hri sblm acara mba? Boleh di share g mba foto” nikahan nya mba titiw….
            Thanks mba titiw

            • titiw says:

              Untuk nambah buket, meja, dll itu aku gak nambah apa2 lagi. Nawarnya langsung sama kapten yang in Charge sama kamu, pas gladi resik. Which is seminggu sebelum acara, tapi bukan pas weekend. Aku waktu itu kalo gak salah hari Jumat siang deh. Foto2 pernikahan belum aku naikin. Hahahaha.. Tapi bisa lihat sedikit di beberapa postinganku di categori WEDDING. Good luck pina!

  8. dewi dyah puspitasari says:

    salam kenal mba titiw..

    saya dpt recommend dr tmn ktr saya yg wkt wedding bln maret kmrn pake jasa chikal catering. bisa tolong kirimin pl nya chical ke [email protected]. rencananya thn dpn akumau nikah, moga bs dpt harga yg cocok di sinin hehheehee. makasih yaa mba.

  9. Dita Adhesti says:

    Hallo mbak titiw, salam kenal..
    Mbak aku boleh minta PL chikal gak ya? Pas banget nih ku juga mau ambil bulog.

  10. Chyntia says:

    Mba salam kenal, aku jg rencananya mau pake chikal tahun depan.
    itu aku lihat mba red carpetnya ada rose petalnya yah mba?
    Itu dpt dr chikal atau gmn mba? Soalnya pas aku nnya chikal carpet rose gru cuma digelar sebentat pas pengantin jalan, abis itu digulung lg.
    Terimakasih :)

    • titiw says:

      Halo chyntia. Iya itu rose petalnya cuma pas aku jalan aja. Abis pengantin duduk di depan.. digulung lagi. Aku malah gak ngeh bakal dikasih gituan. Dari chikal juga kok. Coba aja nego apa bisa gak digulung sampe acara selese. :)

  11. amanda says:

    Hi mba titiw salam kenal..

    Mba minta bantuanya untuk send PL ke email saya.. Makasih y mba untuk ulasannya.. So encourage ;)

  12. nurul says:

    Salam kenal mba titiw..mba kebetulan aku juga mo adain resepsi dgn adat bugis/makassar..untuk makeup dan pakaian pengantinnya dari chikal catering juga yah mba?..boleh minta pricelistnya ga mba ke [email protected] trmksh..

  13. Sisca says:

    Dear Mbak Titiw… review ttg chikalnya menarik sekali… apa lagi Soal bonus catering nya ;p
    Aku minta tolong dikirimkan PLnya yah Mbak… Ke email [email protected]
    Thank you soo much 4 ur kindness :)

  14. Rizki says:

    Hi, mba titiw….
    Salam kenal yah…

    Btw, thanks bgt nih atas review chikalnya, kebetulan thn depan mau nikah di bulog jg dan cateringnya pake chikal krn budgetable bgt, oia mbaa tp dr bbrp review katanya marketingnya kurang informatifnya, klo pic dr chikal sndiri mnurut mba titiw gmn? Oiaa… Boleh minta rincian yg dikasih chikal bwt acara nikah kemarin gak? Thanks ya mbaa..

    • titiw says:

      Gini, kurang informatif karena memang dia gak ada marketing. Jadi yang nangani kita itu langsung saudara atau orang2 chikalnya gituh. Memang gak terlalu yang cepet tektokannya kayak catering lain. Itu dia tantangannya. Asal kita mau rajin ke sana langsung sih lumayan kok. Aku total 3x ke sana dan alhamdulillah lumayan lancar. Cek email ya untuk PL. :)

  15. Baby says:

    Hai.. Mba Titiw..

    Salam kenal.. aku juga tertarik sama chikal. tapi masih belum yakin sih, karena baca dari testimonial orang2 vendor rias pengantinnya kurang bagus. bener g sih? aku boleh minta tlg dikirimkan PL chikalnya juga ya mba ke [email protected] .. trims :)

  16. Endah Eka says:

    Haiii mbak titiw salam kenal..aku endah rencannya endah jg mau pakek chikal utk tahun depan, kemarin sdh ketemu ibu sri utk minta bonus.. hihiihi… tp msh belum final karena belum dp dan jg belum pilih2 tema dekornya… mau tanya mbak lebih baik dp dulu atau pilih dekor dulu…? Karna takutnya klo qt sdh dp malah nanti ga bisa pilih2 dekor dan minta2 tambahan perlengkapan..hihiihi…oo iya mbak mau jg dong dikirimin PL nya dan apa2 saja yg didapat dr chikal. Tq bgt ya mbak…

    • titiw says:

      Hai Endah. Kalo menurutku mendingan DP dulu, jadinya enak pas kita mau nawar2 lagi segala macem. Loh yang ada mah kalo kita udah DP malah bisa lebih punya power untuk mutusin ganti2. Kalo belum DP, yang ada orang Chikal males nanggepin karena dipikir gak serius. Hehe.. Saya sih udah DP dlu baru minta macem2 tuh dulu. PL sent ya. :)

  17. Ivonne Pratiwi says:

    Hi Mba,

    Saya Ivon, cofoundernya KlubEvent.com โ€“ Komunitas online bagi para perencana event/wedding share review vendor event mereka. Saya sempat baca kalau mba sempat pakai Chikal catering utk nikahnya dan ingin bertanya bila mba berkenan untuk memberikan review pendek vendor ini untuk ditampilkan di KlubEvent.com? Tentunya review mba akan sangat membantu kawan-kawan lain yang sedang bingung mencari vendor untuk wedding/event mereka. Kalau berkenan, tolong dikirim email ke [email protected] nanti saya kirim review formnya. Terima kasih.

    • titiw says:

      Halo, makasih untuk penawarannya mbak Ivonne. Namun mohon maaf saya belum dapat menulis di sana. Terima kasih. :)

  18. hikmah says:

    Salam kenal mba titiw. Saya sangat tertarik dengan review mba di atas. Boleh minta PL chikalnya mba?? [email protected]
    Makasih banyak mba titiw. Semoga kebaikan mb titiw menshare info membawa banyak keberkahan. aAmiin. Saya tunggu ya mba :)

  19. chikal member says:

    Buat sistem antrian doong, males saya lihat keluarga keluarga alay yang tidak mau antri, sudah begitu ngerumpi di tempat, orang mah ngerumpi di lapangan, ke chikalnya hanya bayar ja, rapat atau ngerumpi..

  20. nurul says:

    Mba titiw, aku tertarik pake cara ny mba ngambil paketan ny chikal..
    Jd mba ambil catering, dekorasi, sm peralatan ny aja?
    Untuk pelaminan masuk dekorasi juga ga mba?
    Aku mau dong dikirimin juga rincian mba titiw paketan ny chikal sm harga ny.. makasih banyak yah mba titiww…

  21. sisca says:

    Baru kali ini aku ketemu blog yg sangat informatif tentang review serba-serbi mantenan, bahkan dikasih tips secara gratis, thank u for the good writer! ;)

  22. chacha says:

    Haiy Mbak, aku baru aja baca review dari MBak, boleh tau kalo make upnya pake chikal juga kah?? menurut Mbak gimana oke ga?? baju-baju kebayanya gitu juga oke??

    aku cuma agak ragu di make up aja sih.. thank in advance for the info ya Mbak

  23. mitha says:

    Hai.. numpang share ya..
    over DP sawargi catering service, 300 undangan
    tahun 2016, untuk tanggal masih bisa kapan saja.
    Harga 87 juta. Sudah DP 2 juta. Alasan pindah
    catering karena disuruh pakai catering langganan
    keluarga.
    Bagi yang berminat, silakan hubungi email
    [email protected] atau telp
    081294026434

    • titiw says:

      Kalo gak salah aku DP cuma 3 jutaan deh, itu gak nyampe 10% total. Tapi mendingan tanya langsung aja ya biar jelas. :)

  24. La Rossa Larasati Syarifatan says:

    Kak Titiw, salam kenal dari aku Rossa:)
    Boleh minta rincian budget yg dikeluarkan kak titiw pake vendor catering Chikal? utk perbandingan aja. Tolong kirimkan ke [email protected] ya, tks kak..

  25. Mbul says:

    Hi,
    Terima kasih ya atas reviewnya. Menambah masukan aku saat memilih catering.

    Awalnya aku rada ragu sama dekornya Chikal. Tapi kok lihat di fotomu “not bad lah”.

    • Mbul says:

      Maksudku, aku pernah lihat di gedung lain dekornya Chikal. Dan gak memuaskan.

      Pas cek beberapa wedding blog ternyata gak seperti yang kemarin kulihat. Dan tidak parah seperti yang kemarin aku lihat.

      Jadi agak lega, karena udah sreg sama rasanya ehehehe.

  26. Nuri Wulansari says:

    Mba, waktu itu kapten lapangannya Mas Muri ya?
    Mas Muri enak diajak koordinasi gak ya mba? Aku dapet kapten lapangannya Mas Muri juga soalnya.
    Thanks in advance โ˜บ

  27. Ajeng Putri Hartini says:

    Saya juga pakai Chikal Catering untuk acara pernikahan 18 Agustus 2018 kemarin. Alhamdulillah Chikal sangat membantu dengan all in package nya. Jadi hanya perlu 1 pintu sudah mencakup semuanya. Saya puas dengan service nya. Sangat fleksible, ga pelit kasih bonus, makanannya banyak pujian dari teman&tamu, dekornya sesuai pilihan. Benar2 bersyukur ga salah pilih.

    Saya ambil paket 1000 tamu. Tidak ada yang saya kurangi dari paket. Saya justru tambah video dan foto dari luar Chikal. Saya pakai jasa @bright_pict. Video nya cinematic, fotonya jg ciamik banget. Alhamdulillah bs mengobati foto video yang dari catering. Karena kalian pasti tau kl dokumentasi dari catering ga bisa berharap banyak. Apalagi macam foto video di instagram huhu..

    Siapa tau kalian juga mau kepo untuk foto video, nih saya kasih kontaknya Toni 0812.8214.5050.

    Indahnya berbagi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *