Makna Tersembunyi Di Balik Naga dan Nanas Kota Bau-Bau

Bau bau Sulawesi Tenggara Pulau Buton (5)

Selayangkanlah pandangan di kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara, maka kamu akan menemukan gambar atau ukiran naga dan nanas di mana-mana. Mengapa naga? Mengapa nanas? Mengapa Jakarta macet mulu? Mengapa begini? Mengapa begitu? Aku ingin tahu.. Semua ini itu.. *nyanyi*

Kesan pertama yang saya rasakan begitu menginjak kota yang berada di Pulau Buton beberapa waktu yang lalu adalah: “Wah, kotanya cukup adem ya. Agak-agak mirip Bandung dipadu dengan Makassar“. Lalu sisi penasaran saya keluar ketika di mana-mana gambar buah nanas dan naga terpampang di sana sini. Ternyata, Bau-Bau memiliki filosofi yang bisa dihubungkan kepada nanas dan naga tersebut.

Bau bau Sulawesi Tenggara Pulau Buton (4)
Rumah petinggi di Bau-bau

Buah nanas dapat tumbuh di mana saja. Apakah itu di daerah berpasir, berbatu, ataupun dalam iklim yang bagaimanapun. Ini menyimbolkan masyarakat Buton dapat beradaptasi di mana saja. Nanas juga punya daun berduri yang berarti Buton punya kekuasaan yang tak dapat sembarangan diganggu. Meski demikian, nanas memiliki daging buah yang manis dan segar, pertanda bahwa orang-orang Buton walau punya kekuasaan, namun baik hatinya.

Bau bau Sulawesi Tenggara Pulau Buton (2)
Pineapple is a badass fruit!

Keren banget yes arti dari icon nanas yang terpampang di sini. Lalu, apa artinya naga? Ketika ngobrol-ngobrol dengan sopir Bentor yang saya tumpangi, ia bercerita bahwa naga dikenal sebagai binatang yang sakti serta cerdas. Ini melambangkan kerajaan Buton yang pernah berkuasa dan juga memiliki kecerdasan seperti naga. Hasedaaap..

Bau bau Sulawesi Tenggara Pulau Buton (1)
Monumen Naga Pantai Kamali

Itulah arti dari dua icon kota Bau-Bau tersebut. Jadi, jangan heran jika rumah-rumah warga di sana dipenuhi dengan gambar naga dan nanas. Biar tidak penasaran, siapkan waktu kamu untuk bersilaturahim ke Bau-Bau kota yang semerbak!

Notes:

  1. Mau berfoto dengan gambar naga yang besar dan matanya merah menyala? Datanglah ke Pantai Kamali.
  2. Jika ke kota ini dari Pelabuhan Raha,naiklah kapal cepat Cantika dengan harga sekitar Rp 70 – 80.000. Raha menuju Bau-bau dapat ditempuh hanya dengan waktu 1-1,5 jam
  3. Ingin perjalanan paling nyaman menuju Bau-bau? Naik pesawat dari Makassar, kurang lebih 45 menit, dengan harga Rp 350 – 450.000 dengan Lion Air atau Express Air.
  4. Alternatif lain menuju Bau-bau dengan jalan laut ialah naik kapal cepat dari Kendari seharga Rp 120 – 150.000 dengan sedikit “digoyang” di laut selama 6 jam.

33 thoughts on “Makna Tersembunyi Di Balik Naga dan Nanas Kota Bau-Bau”

  1. sampai sekarang aku masih bertanya-tanya hewan naga itu ada sungguhan ataukan cuma dongeng. Tapi kalau lihat banyaknya icon-icon produk atau simbol wilayah jadi berpikir kalau naga itu ada sungguhan..

    buat masyarakat di Bau-bau naga itu beneran ada ngga ya…

    1. hihihi. Aku sih inginnya percaya ya.. I do believe in fairytales. Bayangin di Cina tempo dulu ada naga2 terbang.. seruuu.. :))

    2. jaman dulu pulau buton punya naga beneran, yg di sebut naga trbang, dan buah nenas tuh tempat belindungnya naga

        1. Dan lawero itu naga yg bukan dalam artian naga seperti pada umumnya yg kita tau, tapi dia berkepala mirip seperti ayam jantan dan bertubuh seperti naga.

  2. Ada pengaruh kebudayaan Cina gak sih kak? Karena budaya asli Indonesia kayanya gak kenal naga deh, kenalnya mungkin rajawali raksasa yang bisa ditunggangin.

    1. yang jelas muka2 orang pulau buton ini kebanyak kayak muka2 orang ambon. Rajawaaliiiii.. indosiar doong.. -__-“

    2. baubau memang ada naga terbangnya pada zaman dulu, dan memilik negara tesndiri yg di sebut negara buutuni, pada thn 1961 brgabung dgn negara indonesia

  3. Eh, kirain karena bau bau penghasil nanas :| makanya dia pake logo nanas :p, ternyata ada artinya ya kaka ^^

  4. baubau dgn di kenal negara butuuni dan tdk prnah di jaja, hanya tdk di kenal di banyak negara, negera yg kenal kalau ada negara butuunk trmasuk belanda, cina, korea, india, jepang, tdk sprti indonesai yg masih presiden sukarno brkunjung ke nagara butuuni untuk memnta brgabung dgn negara indonesia

  5. yang saya tahu buton itu dulu sebuah negara yang berdaulat dan kalau dikitab kerajaan majapahit dikenal dengan negeri para resi (masih kepercayaan hindu budha), setelah masuk islam maka berubah kerajaannya dgn sistem kesultanan

    1. Wah. Hebat” yah comen.x kk’ semua.. gini loh kk. Yang saya tau tentang buton. Pulau buton memiliki raja pertama yg di beri gelar wa kaa kaa. Rajax ini adalah seorang putri raja dari kerajaan cina. Raja buton jga ini masih keturunan raja cina dlu. Dia di nobatkan sebagai raja oleh 6 orang yang pertama datang di buton yg d kenal dng sebutan “mia patamiana ” , simbol naga buton masih ada hbungannya dengan cina ..

  6. Hamba Allah Swt

    Naga di pulau buton di duga di bawa oleh tokoh Asia Timur.Orang Buton Percaya Bahwa Ratu Pertama itu Adalah Anak Kaisar China Kublai Khan yang Ikut dalam Ekspedisi Balam dendam di Singhasari.Ratu Wa Kaa Kaa di duga datang Dengan Panglima Perang Gao Xing yang menyamar menjadi Dungku Cangia.Di Buton itu Paras Mukanya Bermacam-macam ada yang Khas Asian,Eropa,Melayu,Arab dll.

  7. Obat Tipes Alami

    Waaah bagus sekali ya saya mau ke bau bau besok hari kami (4 mei 2017)… terimakasih udah share pengalamannya

  8. klw yg sya tau sih raja wakaa kaa itu berasal dari persia
    bkan cina
    klw nenas krna orng buton itu peka dngan mata batinnya klw kupas nenas pasti bnyak matanya bgitulah jg orng buton punya mata batin yg kuat n daun yg di atas nenas simbol meminta doa kpada allah SWT semata

  9. Laode dinul rahmadan

    Jawaban semua tentang pulau buton itu masih banyak d rahasiakan,tpi kata nenek saya raja pertama buton itu adalah wakaka yg mempunyai darah cina dan saya sebagai salah satu keturunan bangsawan buton merasa bangga menjadi orang buton dan harus belajar lebih banyak tentang pulau buton

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pulau Padar Titiw

Titiw

Ngeblog sejak 2005

Female, Double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau lihat nomor angkutan umum doang. Virgo abal-abal yang sudah menjadi blogger sejak tahun 2005 yang pengalaman menulisnya diasah lewat situs pertemanan friendster.

Scroll to Top