Traveling

5 Ritual Wajib Sebelum Traveling

Friday, 15 May 2015

Perasaan di jidat saya gak ada tulisan 108 atau Google deh. Tapi banyaaaak banget orang-orang yang nanya tips-tips traveling seakan-akan saya kamus berjalan. Padahal traveling aja gak gitu seringnya. Kadang ada yang nanya-nanya santai dengan baik-baik lewat twitter, sampe ada yang niat ngirim email pertanyaan yang panjangnya ngalahin Bab 4 Skripsi saya dulu dengan SPOK yang bikin JS Badudu bisa ngelus dada

Pertanyaan-pertanyaan yang saya dapet pada umumnya adalah:

  1. Bagaimana sih cara mendapatkan tiket murah?
  2. Bagaimana sih supaya dengan budget yang tipis kita bisa tetap traveling dengan manis?
  3. Bagaimana sih ngatur itinerary kalo mau ke X tapi pake nginep, kalo mau ke Y tapi gak pake nginep, atau kalo X+Y=Z, ngatur itinerarynya gemana?
  4. Bagaimana sih cara menjaga kemudaan dan keseksian tante Titiw selama ini?
  5. Bagaimana sih cara menggaet wanita yang aku idam-idamkan sejak SMP hingga sekarang aku sudah kepala 4?

Oke, abaikan pertanyaan ke-4 dan ke-5, pemirsa. Masih ada banyak lagi pertanyaan seputar traveling yang saya dapatkan melalui email dan jalur-jalur kontak yang lain. Namun biar lebih afdol dan gak satu-satu jawabnya, sini deh dijabarin dikit apa sih ritual wajib saya sebelum traveling yang wajib, kudu, sunnah nabi, gak boleh dilupakan, ditinggal, maupun ditelantarkan. Syukur-syukur yang baca dapet pencerahan dan makin mudah traveling. Dan yang nulis tips ini makin lancar rejekinya hingga makin sering traveling lagi. Mana AMINnya, penontooon?! AAMIIN! Tanpa berpanjang kata ataupun berpanjang tangan, tangkep nih 5 ritual wajib saya sebelum bepergian!

1. Cek kondisi keuangan

Gini. Uang yang kita butuhkan itu bukan hanya SAAT Traveling. Tapi juga SESUDAHNYA. Jangan karena ngerasa punya tabungan sejumlah tertentu dan cukup nominalnya untuk ke Raja Ampat, maka kita habiskan seluruh harta karun di situ. Anak mudaaaa, kalo udah pulang dari sono mau makan apaaa?! Gemana biaya transport ke kantor sehari-hari? Gemana mau maintain si pacar yang kudu diajak jalan dan jajan tiap malem mingguan? Belum lagi, doi minta kawin cepet sehingga harus DP catering sama gedung kaaan?!

Intinya, hindari pergi traveling yang ambisius kalo kita masih punya kewajiban-kewajiban yang kamu anggap penting. Idealnya sih sisihkan tiap bulan pendapatan kamu di semacam dompet atau amplop khusus untuk jalan-jalan. Gak kudu gede kok, dengan menabung 200 – 300.000 per bulan, dalam bulan ke-5 kamu udah bisa mlaku-mlaku ke Yogya. Daan, kalo tiba-tiba di email masuk notifikasi promo tiket murah, bisa langsung pesen tanpa khawatir gak ada duit sama sekali. Bisa juga baca tulisan saya tentang atur budget di SINI.

2. Pantau harga tiket pesawat

Udah cek kondisi keuangan, saatnya pantau harga tiket pesawat. Kenapa kudu pesawat? Kan bisa juga naik bus atau kereta? Sekali lagi tante tekankan anak mudaaa.. Kalo cuman ke Paris yang Van Java mah bisa banget. Tapi kalo cita-cita ke Ora Beach mau diwujudkan ya naik pesawatlah jawabannya. Seperti kata soundtrack Dragon Ball, jawabnya ada di ujung langit. Apalagi kalo cuma dapet cuti 2 hari dan bela-belain gak pake pesawat. Yang ada cuman capek di jalan. Jangan-jangan belum nyampe tujuan, cuti kamu udah abis dimakan sang waktu. Ih amit-amit jabang none jakarte!

Buat yang udah sering traveling pasti tahu kalo tiket itu menyentuh titik ujung kemahalannya pas hari libur. Apalagi long weekend. Apalagi di penghujung tahun. Apalagi daerah yang hits macem Bali atau Lombok. Kayak manusia aja, makin kece makin sombong. *lah jadi nuduh* Mana si tiket pesawat itu kadang-kadang kayak emosi di kala PMS. Naik turun harganya tanpa ada kejelasan. Makanya kadang kita jadi terombang-ambing dalam lautan ketidak pastian.

Jadi gemana tahunya harga tiket lagi murah? Beberapa bulan terakhir ini saya pake Aplikasi Traveloka yang diinstall di handphone sehingga tiap ada promo ada notifikasi masuk. Syukur-syukur kalo promo Traveloka Appsolutely yang khusus buat app itu bakalan ada terus-terusan. Asoy kan? Makanya handphone dipake yang bener, jangan cuma buat stalking mantan aja. Nanti hidup jadinya malah kurang berkah, mendingan cari tiket murah. Haseeek.

3. Bikin itinerary

Gimana caranya bikin itinerary yang mumpuni namun caranya tetap mudah? Gak usah terlalu perfeksionis kalo zodiac situ bukan Virgo, nanti jadinya stress sendiri. Tinggal googling, nanya-nanya temen yang udah pernah ke sana, baca-baca blog orang, nah.. Tinggal rangkai deh variabel-variabel tadi menjadi 1 kesatuan itinerary yang canggih. Misalnya aja Itinerary Ambon – Ora Beach yang saya buat kemarin.

Emang sih, bikin itinerary itu makin detail makin bagus. Tapi traveling is all about a journey. Kejutan-kejutan sedikit dalam perjalanan itu yang membuat kita menjadi pribadi yang lebih seru. Yang penting di dalam sebuah itinerary itu ada:

  • Tanggal
  • Aktivitas
  • Harga
  • Keterangan (naik apa, apa nama penginapan, nomor kontak)

Tugas bikin itinerary juga bisa dibagi-bagi kalo mau pergi secara berjamaah. Kalo tante gemana? Yaaah.. Kadang bikin sendiri, kadang bikin bareng temen, tapi seringnya sih minta bikinin yang lengkap sama dek Rizki, brondong kesukaan tante yang jagoan bikin itinerary se-Jawa-Bali. Mau dibikinin itinerary sama dia juga? Boleh-boleh aja.. Sini lewat tante..*ujung-ujungnya jadi makelar itinerary*

4. Cek jadwal menstruasi

Kadang-kadang cewek-cewek suka sekip nih merhatiin jadwal tamu bulanan yang datengnya suka ngagetin ala-ala kuis Tok Tok Wow. Padahal dengan pahamnya kamu dengan rutinitas badan sendiri, akan bikin traveling lebih nyaman. Misalnya aja biasa dapet tanggal 1, travelinglah sekitar pertengahan atau akhir bulan. Karena pre menstruasi itu bikin mood lebih jelek, perut kram, serta badan yang juga lebih gak enak.

Bayangin kalo lagi wisata asik-asik sama temen di Monkey Forest Bali dan kamu lagi dapet. Ketika ada monyet yang deketin, kamu langsung nangis ngeraung-raung karena inget mantan kamu yang sekarang deketin kamu aja males. Tapi kenapa si monyet mauuu?! Trus juga ke pulau yang hewan-hewannya sensitif sama bau-bau darah, seperti Pulau Biawak yang saya pernah datengin dulu. Nyium amis dikit kita langsung dikecengin!

pulau biawak

Hayo tebak mana di antara mereka yang lagi dapet?

Intinya sih lebih enak jalan-jalan di luar waktu menstruasi. Gak repot gonta ganti pacar pembalut, gak worry bakal tembus, dan tentunya jadi ngerasa lebih bebas ketika nyemplung ke air. Di beberapa titik wisata tertentu seperti pura yang disucikan, wanita menstruasi tidak boleh masuk juga. Noh, ruginya berlipat-lipat kan?

Tapi bukan berarti kalo lagi dapet itu haram hukumnya untuk traveling. Boleh banget, cuman persiapan fisik dan mental harus lebih oke dibanding pas lagi nggak dapet. Informasikan tamu bulanan kamu ini ke orang lain atau guide sehingga kalo ada apa-apa mereka bisa lebih tahu apa yang kamu mau. *kedengerannya kok gak enak* x) Sekadar share, aplikasi yang saya pakai biasanya untuk ngecek jadwal menstruasi adalah My Calendar

5. Olahraga

Jangan sekali-sekali ngeremehin persiapan fisik. “Ah ke Manado doang, paling cuma wisata kuliner sama diving”. Jangan salah, diving itu melelahkan lho. Nyelem di air dingin berjam-jam sambil membawa tabung yang berkilo-kilo. Apalagi kalo ke tempat wisata yang harus jalan kakinya banyak seperti beberapa objek wisata air terjun. Trus mau lakuin gerakan-gerakan yoga ekstrim biar instagramnya kece. Itu semua bikin badan capek. Jangan sampai badan kaget karena diajak beraktivitas selama traveling dan menyebabkan itinerary kamu hancur lebur berantakan. Rugi kan kalo berhenti di jalan dan memutuskan untuk gak ikutan sama temen-temen karena capek luar binasa?

Makanya olahraga sebelum traveling itu penting. Tapi kan gym mahal? Duile, gak kudu ke gym, darling darling. Sebelum cedera lutut sih saya sering lari, tapi kalo sekarang-sekarang ini paling sepedaan di deket kantor atau yoga di rumah yang liat dari Youtube aja. Masih males juga? Jalan kaki aja deh kalo mau ke kampus atau kantor. Cara yang gampang, turun di 2 halte busway sebelum halte tujuan. Ini biasanya beberapa ratus meter aja kok. Tapi kalo dilakuin setiap hari bisa bikin badan fit. Biar semangat, pasang aplikasi music dan pedometer di handphone kamu biar semangat itungin itu langkah kaki. Saya biasanya pake aplikasi FootSteps di Ipod.

Kesimpulan

Hal-hal yang kita anggep kecil itu kadang ngefek banget untuk kelancaran sebuah perjalanan. Yang harus diusahakan sih emang fisik yang ok, duit yang cukup, itinerary yang pas, dan tahu jadwal menstruasi. Kalo tiket pesawat murah, serahkan aja sama kecanggihan teknologi seperti misalnya ke Traveloka. Nah sekarang giliran kamu berbagi, apa aja sih tips atau ritual yang wajib kamu lakukan sebelum traveling? Atau punya artikel semacam ini juga? Share linknya dong. Happy traveling! :)

16 thoughts on “5 Ritual Wajib Sebelum Traveling

  1. Ariev Rahman says:

    Ah, baru mau nanya bagaimana sih cara menjaga kemudaan dan keseksian tante Titiw selama ini? Karena saya sudah tak muda dan tak seksi lagi, terus gebetan yang saya incar dari SMA sudah menikah dan punya anak. :(

    1. titiw says:

      Kaaak.. AKu baca ini kok sedih yaaa.. :'(((

  2. Fahmi says:

    No 4 kayaknya cuma buat cewek doang ya kak :P

    1. titiw says:

      Bukan “kayaknya” lagi kaaak. Emang buat weceee. Nyahahahahha.. Eh kecuali kamu juga bisa bedarah darah yaaa.. UHUK

  3. BaRT says:

    Cuma mau komen satuuu aja: saya Virgo lho! :-D *komen gak penting*

    Hmm tapi bagus ini jawabannya lengkap, besok-besok kalau ada yang nanya lagi ke saya soal persiapan menjelang traveling, saya referensiin kesini aja deh :-)

    salaam kenal yaaa …

    1. titiw says:

      *toss dada virgo* Hahahaha, aseeek referensiin temen2nya pada kmari ya kakkk.. Apalagi yang wece2 pada lagi dapet.. *Eh*
      Btw namanya Bart beneran? Aku koleksi Bart Simpson lhoo :D

  4. Alris says:

    Tipsnya okeh…
    Kalo kondisi keuangan lagi bagus tentu gak perlu check harga tiket ya :)
    Kalo yang enak itu ya traveling dibayarin haha…

    1. titiw says:

      Ahaaaa.. Yang enak2 emang yang gratisan kaaaak… :))

  5. Tips no 4, penting banget! Jangan sampe kaya eyke, udah tahu tanggalnya pas, sok-sokan ga mau minum Primolut (pil hormon pengatur haid) pas mau ke Komodo. Walhasil, 2 hari trekking di sana nemplok terus sama Pak Ranger.

    *sekalian kesempatan sih*

    1. titiw says:

      Huwaaaw.. Aku barutau kak ada pil ituh. Nyahahahaha.. Untung mensku bisa aku atur secara manual. *eh gemanaaa* *peluk komodo*

  6. Pantes aja banyak yang tanya mbak soal travelling.. Emang ahlinya..Tuh postingannya lengkap dan jelas… Thanks ya mbak.

    1. titiw says:

      Sama2 kakaak :0

  7. Arini says:

    Saya suka dengan point: Cek Jadwal menstruasi hehe…. Setuju banget, jangan asal travelling aja, Kan bisa prepare kalau sudah cek mah..

    1. titiw says:

      Betuuul. Biar pas jalan-jalan gak ribet dan sakit perut mules2.. :D

  8. Vika says:

    ” Gak usah terlalu perfeksionis kalo zodiac situ bukan Virgo, nanti jadinya stress sendiri. ”
    Hahaha… Bener banget ituh, Mbak!
    Salahkan tanggal lahir yang bikin ribet bin stres kalau bikin itinerary! :(

    1. titiw says:

      Hihihi.. Kamu juga virgo ya kaaak? *toss pat2*

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now